Kerajinan Ayaman Bambu dengan Cara Membuatnya

Anyaman bambu atau kerajinan anyaman dari bambu merupakan salah satu jenis dari berbagai macam hasta karya yang anda di Indonesia. Di tambah lagi iklim tropis yang ada di Indonesia sangat mendukung perkembangan tanaman bambu yang. Sehingga ketersedian bahan baku untuk membuat anyaman dari bambu sangat melimpah.

Selain digunakan sebagai anyaman bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga. Tapi bambu paling banyak dimanfaatkan sebagai anyaman. Anyaman bisa dibuat dari bahan yang hemat tapi bisa menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang memiliki banyak manfaat dan juga nilai ekonomis yang tinggi.

Sudah sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan bambu sebagai bahan anyaman. Berbagai barang rumah tangga dibuat dengan anyaman bambu seperti tampah, kap lampu, piring, loka penyajian makanan, meja, dipan, dan juga topi caping.

Berbagai benda dari anyaman bambu ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Oleh karena itu tidak heran bila banyak berkembang usaha rumahan membuat usaha kerajinan tangan dengan memanfaatkan bambu. Baca artikel lainnya tentang : Membuat Anyaman Kertas

Contoh Hasil Kerajinan Anyaman Bambu

Hasil anyaman bambu tidak hanya memiliki sekedar fungsi praktis tetapi juga memiliki fungsi estetis. Dengan kreativitas banyak tercipta berbagai karya dari anyaman bambu yang telah dibuat oleh masyarakat. Bentuk yang unik membuat anyaman bambu bisa juga dijadikan aneka ragam souvenir baik sebagai oleh-oleh khas daerah dan juga souvenir pernikahan. Berikut ini adalah berbagai kerajinan dari anyaman bambu yang memiliki nilai estetika dan juga nilai jual yang tinggi.

Aneka Tempat Tisu dar Anyaman Bambu

Ayaman bambu bisa dibuat berbagai souvenir yang memiliki nilai estetis. Dengan membuat tempat tisu unik dari anyaman bambu kamu bisa mendapatkan pendapatan tambahan dengan menjualnya untuk dijadikan penghias ruangan dengan meletakan di meja tamu. Berikut ini adalah berbagai model tempat tisu yang terbuat dari anyaman bambu.

Tempat Tisu Cantik dari Anyaman Bambu

Sumber Gambar : handicraftunik.wordpress.com

Tempat Tisu dari Anyaman Bambu

Sumber Gambar : pengerajinbambu.blogspot.com

Tempat Tisu Elegan dari Anyaman Bambu Tempat Tisu Unik dari Anyaman Bambu

Tempat Tisu Sederhana dari Anyaman Bambu

Aneka Lampu Hias dari Kerajinan Anyaman Bambu

Anyaman dari bambu bisa dibuat berbagai lampu hias yang unik dan mempunyai daya pikat tersendiri untuk dijadikan sebuah aksesoris untuk mempercantik tampilan ruangan kamu. Bila kamu mendesain ruangan kamar atau ruangan kerja kamu dengan tema tradisional kamu wajib menambahkan lampu hias dari anyaman bambu ini.

Lampu Hias dari Anyaman Bambu

Sumber Gambar : esaartgallery.blogspot.com

Lampu Hias dari Kerajinan Anyaman Bambu

Lampu Hias Gantung dari Anyaman Bambu

Lampu Dinding dari Anyaman Bambu

Aneka KerajinanĀ dari Anyaman Bambu

Anyaman bambu memang tidak ada habisnya untuk dibuat berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai guna dan juga nilai seni yang tinggi. Contoh sederhananya ada pada gambar-gambar kerajinan dari anyaman bambu dibawah ini.

Membuat-Kerajinan-Anyaman-Bambu FunitureAnyamanBambu Handicraft dari Anyaman Bambu Aneka Perabot dari Anyaman Bambu Rumah-Dinding-Anyaman-Bambu

Cara Membuat Anyaman Bambu

Anyaman Bambu

Bila kamu tertarik membuat kerajinan tangan dari bambu mungkin kamu bisa mulai belajar membuat anyaman bambu yang sederhana. Selain bisa dipakai untuk keperluan sendiri kamu juga bisa menjual anyaman tersebut dengan harga yang lumayan. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat anyaman dari bambu.

  • Langkah pertama untuk membuat anyaman dari bambu tentu kamu harus menyiapkan bahan utamanya yaitu bambu. Pilihlah bambu yang sudah matang tapi jangan pilih bambu yang terlalu tua, karena akan susah dibentuk menjadi kerajinan tangan. Sedangkan bila kamu menggunakan bambu yang masih muda akan susah juga karena masih banyak memiliki serat bamb yang tajam.
  • Selanjutnya ketika memilih bambu yang akan ditebang perhatikanlah ruas bambu. Pilihlah bambu yang memiliki ruas yang saling sejajar.
  • Setelah bahan baku bambu tersedia persiapkanlah alat-alat yang akan digunakan untuk membuat anyaman dari bambu seperti gergaji, pisau surut, paku ukuran kecil dan juga parang.
    Setealah semua bahan dan alat tersedia semua saatnya untuk memulai membuat anyaman bambu ini. Sebagai langkah awal dalam belajar membuat anyaman, kamu bisa membuat kerajinan tangan sederhanan seperti kipas, dan juga bilik anyaman.
  • Untuk membuat anyaman kita harus membelah bambu secara singkron dengan buku-bukunya. pangkas dengan rapi menggunakan parang atau bisa juga menggunakan gergaji.
  • setelah bambu terpotong rapi, keringkan bambu di bawah sinar matahari secara langsung. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kandungan air yang ada pada bambu. Jemur beberapa hari sampai bambu benar-benar kering.
  • Setelah bambu sudah kering dan sudah tidak mengandung air lagi, belah bambu menjadi 2. Belahlah bambu secara vertikal sehingga kamu bisa mendapatkan lekukan bambu yang konkaf.
  • raut potongan bambu memakai pisau yang tipis dan tajam, lalu rautlah bambu dengan menjadi beberapa potongan tipis dengan hati-hati. Jangan sampai rautan bambu terlepas di tengah jalan.
  • jika semua sudah siap langkah selanjutnya adalah menganyam. Kunci dari membuat anyaman adalah memiliki ketrampilan dasar dalam menganyam bambu. Selain itu kamu harus memiliki ketekunan serta keuletan dalam membuat anyaman bambu ini.
  • Selanjutnya kita masuk pada proses menganyam bambu. Siapkan dua helai potongan bambu, satu bambu menghadap ke daging, yang satunya lagi menghadap ke kulit.
  • Setelah itu siapkan sumbu anyaman berupa satu helai potongan bambu yang panjang. Sumbu satunya baiknya menggunakan ukuran zig-zag, hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam menganyam bambu lebih mudah untuk dibalik.
  • Buatlah sebuah sudut anyaman dengan cara menyilangkan kembali anyaman loka sebaliknya. Setelah itu lipat irisan bambu agar sejajar dengan bagian sumbu bagian tengah.
  • Untuk hitungan pada anyaman sebaiknya menggunakan hitungan satu tiga satu. Hitungan anyaman ini yang paling sederhana dalam membuat sebuah anyaman.

Cukup sekian dulu artikel saya tentang anyaman bambu semoga bisa membantu kamu untuk sedikit memahaminya. Selain anyaman bambu kamu juga bisa membuat kerajinan tangan dari sedotan bekas.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Hanya dengan 3 Langkah Mudah

4 Comments

  1. Davina
  2. Pingback: usaha kerajinan kulit sapi | Juragan kulit
    August 17, 2016
  3. stephanoe yoibro
  4. khurniaresthu
    • ellyclarissa

Leave a Reply