Melawan Rasa Takut

Cara Melawan Rasa Takut

Apakah anda memiliki ketakutan terhadap sesuatu yang menurut logika orang banyak itu sangat aneh, nah itulah yang pernah saya alami dulu. Atau anda mungkin mempunyai rasa takut yang sampai sekarang ini masih mengganggu anda, saya akan berbagi pengalaman saya dalam mengatasi berbagai ketakutan yang saya saya alami dulu. Dengan membaca artikel ini bisa membantu anda untuk mengatasi rasa takut yang anda alami.

Mengatasi Rasa Takut
Foto Anak Yang Sedang Ketakutan

Ketakutan Dengan Orang Lain

rasa takut
seorang anak yang takut untuk berbicara di depan kelas

Masa lalu yang kurang menyenangkan biasanya menjadi penyebab seseorang takut yang membekas dan terekam di alam bawah sadar, dan entah mengapa bila anda mengalami kejadian itu maka memori lama akan teringat kembali sehingga memunculkan perasaan takut, padahal apa yang anda takutkan itu sebenarnya tidak ada, hal itu sama dengan apa yang saya alami waktu kecil dulu. Kedua orang tua saya berkerja sebagai buruh tani yang setiap hari harus pergi keladang untuk berkerja, beliau berangkat pagi dan pulang sore harinya, dan meninggalkan saya dirumah sendirian tanpa seorang temanpun. Hal itu berlangsung beberapa tahun sampai saya lulus dari sekolah dasar, tanpa saya sadari membuat saya susah bergaul karena terbiasa sendiri sehingga kalau ada orang lain yang dekat saya merasa kurang nyaman, dan hal itu berlangsung sampai saya lulus sekolah menengah kejuruan (SMK), dan efek lainya adalah saya susah sekali untuk berkenalan dengan orang baru. Alhamdulilah masalah itu saya bisa atasi dengan berlatih melakukan apa yang saya takutkan itu, saya berlatih dengan mengajak berkenalan orang yang belum perna saya temui sebelumnya dan mengajaknya mengobrol. Walau awalnya sangat berat dan rasa takut, bahkan sampai gemeteran badan 😀 ,tapi lama-lama hal itu menjadi terbiasa.

Mengatasi Rasa Takut

melawan rasa takut
cara menghilangkan rasa takut

Oke dari pengalaman saya di atas akhirnya membuat saya tertarik dengan psikologi, dan akhirnya saya membaca buku-buku tentang psikologi. Dan ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mengubah atau melawan rasa takut.

  • Mengenali ketakutan

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi rasa takut adalah mengenali ketakutan yang anda rasakan. Anda harus tahu dulu apa yang menyebabkan ketakutan anda, dengan mengetahuinya ketakutan anda akan berkurang. Dan ketika sudah menyadari apa yang menjadi ketakutan anda cobalah untuk berdialog dengan diri anda sendiri untuk mengatasi rasa takut

  • Melawan ketakutan

Jika anda takut pada sesuatu maka cara yang paling baik adalah melawannya, anda harus menentang dan menghadapi ketakutan itu, Misal anda takut naik pesawat terbang maka cobalah anda naik pesawat dan anda bisa tidur atau mendengarkan musik untuk mengurangi rasa takut anda.

  • Mengendalikan mental

Cobalah untuk belajar mengendalikan mental anda, dengan mengendalikan mental, anda bisa menghindari rasa takut itu. Jika perasaan takut itu muncul kembali cobalah untuk melawanya dengan mengalihkan perhatian atau menghentikan rasa takut yang muncul di benak anda.

  • Relaksasi

Cara ini adalah salah satu cara favorit saya untuk melawan rasa takut, ini adalah langkah terakhir yang harus anda lakukan, bila rasa takut yang ada di dalam benak anda sudah anda lawan dengan cara-cara yang telah saya jelaskan tadi maka untuk mengoptimalkannya anda harus melakukan relaksasi dengan melakukan meditasi ataupun yoga. Dengan yoga atau meditasi akan meningkatkan rasa percaya diri anda, dengan meningkatnya rasa percaya diri anda maka dengan sendirinya rasa takut yang anda alami akan berkurang.

Ketahuilah bahwa, ketakutan itu akan berpengaruh pada tubuh Anda. Ketakutan memanglah hal yang wajar, tapi jangan biarkan itu mempengaruhi pikiran Anda. Untuk itu, Anda harus segera mengatasinya.

Artikel Terkait :  Fenomena Alam Yang Menakjubkan

Leave a Comment