Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Cara Membuat Daftar Isi – Daftar isi merupakan salah satu komponen yang selalu ada dalam setiap buku, makalah, jurnal, atau skripsi. Hal ini berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam membaca sebuah buku. Tetapi sayang, masih banyak orang yang tidak bisa membuat daftar isi di Microsoft Word secara otomatis. Padahal di dalam office ini sudah menyediakan fiturnya untuk memudahkan dalam membuat daftar isi.

Daftar isi di Microsoft Word bisa dibuat secara manual, tetapi cara ini cukup memakan waktu yang cukup lama sehingga sebaiknya Anda menggunakan cara otomatis ini. Cara membuat daftar isi otomatis ini cukup mudah untuk dilakukan, hanya memerlukan beberapa langkah.

Secara garis besar cara membuatnya hanya memerlukan dua langkah. Langkah pertama yakni membuat judul dan sub judul mana saja yang akan dimasukan di dalam daftar isi. Langka selanjutnya adalah memerintahkan Microsoft Word untuk membuat daftar isi berdasarkan judul dan subjudul yang dibuat.

Membuat Judul dan Subjudul untuk Daftar Isi

Untuk membuat daftar isi terlebih dahulu harus memilih judul dan subjudul yang akan digunakan sebagai daftar isi. Caranya adalah dengan blok judul kemudian aplikasikan style Heading 1. Cara paling mudah untuk mengaplikasikan style Heading 1 dengan cara berikut ini.

  • Pada Word 2003 dan sebelumnya: klik Style box pada menu Formatting kemudian pilih Heading 1
  • Pada Word 2007, 2010, dan 2013: klik Heading 1 pada grup style di menu Home
Membuat Heading untuk Daftar Isi
Membuat Heading untuk Daftar Isi

Format heading 1 hanya digunakan untuk judul utama disetiap bab, sedangkan untuk subjudul bisa menggunakan heading 2, heading 3 dan selanjutnya. Bila tidak menyukai jenis huruf, warna dan ukuran huruf dari berbagai huruf heading tersebut, Anda bisa mengubahnya dengan mengklik menu “modify” pada heading tersebut.

Membuat Daftar Isi

Setelah judul dan subjudul yang akan dijadikan daftar isi dipilih , maka saat untuk membuat daftar isi tersebut. Untuk membuat daftar isi pada Microsoft Word terdapat perbedaan pada Microsoft Word 2003 dan Microsoft Word 2007. Berikut ini adalah cara membuat daftar isi dengan menggunakan Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya.

  • Klik pada halaman kosong di mana Anda ingin membuat daftar isi
  • Tampilkan jendela Table of Contents dengan cara buka Insert Index and Tables (Word 2000) atau buka Insert Reference Index and Tables (Word 2002 dan 2003)
  • Klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK

Sedangkan cara membuat daftar isi untuk Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013,  Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini:

Membuat Daftar Isi untuk Microsoft Word 2007
Membuat Daftar Isi untuk Microsoft Word 2007
  1. Langkah pertama untuk membuat daftar isi di Microsoft Word 2007 pilih menu references kemudian klik table of contents
  2. Pilih opsi pertama dan kedua yang ada pada menu tersebut. Keduanya akan membat daftar isi secara otomatis sesuai dengan judul dan subjudul yang telah dipilih.
  3. Jika ingin membuat daftar isi secara manual, maka silahkan pilih opsi nomor 3. Opsi yang ketiga ini sangat tidak direkomendasikan karena akan memakan banyak waktu, bahkan langkah memilih judul dan subjudul akan sia-sia.
  4. Selain kedua pilihan di atas, Anda juga bisa memilih opsi “Custom Table of Contents” pada bagian bawah untuk membuat daftar isi sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
Artikel Terkait :  Cara Mengikat Tali Sepatu Model Anyaman

Bila Anda telah melakukan langkah-langkah di atas maka pada halaman kosong sebelumnya akan muncul tabel daftar isi. Daftar isi tersebut akan berisi judul dan subjudul yang telah Anda isi sebelumnya. Hasilnya akan menampilkan daftar isi standar office, bila Anda kurang puas maka bisa mengeditnya dengan tutorial berikutnya.

Cara Merubah Tampilan Daftar Isi

Sebenarnya bila Anda mengikuti tutorial di atas sudah bisa membuat daftar isi. Tetapi terkadang hasilnya kurang sesuai dengan keinginan misalnya dari jenis huruf, ukuran, warna dan jaraknya. Anda bisa memodifikasinya heading yang telah dibahas sebelumnya.

Perhatikan cara memodifikasi hurufnya, jangan sampai menggunakan menu format > paragraf atau menu format > font, karena hal itu akan merusak susunan daftar isi. Selain itu, jangan merubah hurufnya dengan cara manual. Pastikan untuk selalu merubah daftar isi dengan melakukan perubahan pada header agar tampilannya selalu konsisten.

Selain melakukan perubahan pada judul dan subjudul, Anda juga harus bisa melakukan perubahan pada tampilan daftar isi itu sendiri. Langkah pertama, buka jendela pengaturan kemudian pilih Custom Table of Contents dengan cara berikut ini.

Untuk Microsoft Word 2000: klik daftar isi tersebut kemudian buka Insert > Table of Contents

Untuk Microsoft Word 2002 dan 2003: klik daftar isi tersebut lalu buka Insert > References > Table of Contents

Untuk Microsoft Word 2007 ke atas: klik daftar isi kemudian buka References > Table of Contents > Insert Table of Contents

Cara Mengedit Daftar Isi
Cara Mengedit Daftar Isi

Setelah jendela pengaturan terbuka, Anda bisa mengubah beberapa elemen dari daftar isi tersebut. Yang pertama yanag harus dirubah adalah tingkatan judul dan subjudul. Secara default biasanya Microsoft Word akan menampilkan 3 tingkatan judul dan subjudul di daftar isi. Anda bisa mengubahnya dengan menambah atau menguranginya sesuai tingkatan judul dan subjudul pada daftar isi.

Cara mengubah daftar isi selanjutnya dalah dengan merubah syle atau gaya dari daftar isi yang dibuat. Secara default ada 2 pilihan style yang bisa Ada gunakan. Tetapi Anda bisa membuat style sendiri atau mengunduhnya syle lainnya pada situs resmi Microsoft Office.

Artikel Terkait :  Contoh Proposal Kegiatan Pensi Sekolah

Tips dan Trik Membuat Daftar Isi

Setelah membaca tutorial cara membuat daftar isi di atas, tentu Anda sudah bisa membuatnya dengan baik dan benar. Pada bagian ini, Anda akan belajar beberapa tips dan trik tingkat lanjut agar daftar isi yang dibuat semakin sempurna lagi.

Cara Update Daftar Isi

Cara Update Daftar Isi
Cara Update Daftar Isi

Daftar isi yang telah Anda buat tidak bisa melakukan update otomatis ketika Anda menambahkan judul dan subjudul baru. Oleh karena itu agar daftar isi bisa update ketika ada judul dan subjudul baru, Anda harus mengupdatenya. Caranya adalah dengan menaruh kursor pada halaman daftar isi kemudian tekan tombol F9 pada keyboard. Anda juga bisa mengupdate daftar isi dengan cara manual, pilih menu References > Update Table. Selalu gunakan pilihan “Update entire table”

Lihat Tutorial Membuat Daftar Isi di Situs Microsoft

Agar Anda bisa lebih jelas lagi dalam membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word, tentu cara yang paling efektif adalah dengan melihat tutorial yang telah dibuat oleh oficial office tersebut. Pada video tutorial tersebut berisi langkah-langkah praktis membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word dari versi lama sampai versi terbaru.

Anda bisa melihat tutorial tersebut dengan mengunjungi web resmi Microsoft di sini. Bila Anda kesulitan memahami tutorial dalam bentuk bahasa Inggris, Anda bisa melihat tutorial video dalam bahasa Indonesia di bawah ini.

Bedakan Teks Daftar Isi dengan Teks yang Lain

Daftar isi yang telah dibuat akan dianggap field dan bukan sebagai teks biasa oleh komputer. Nah untuk membedakan hal tersebut Anda bisa membuat field tersebut menjadi warna abu-abu. Tenag saja, warna abu-abu tersebut tidak akan tercetak ketika Anda mencetak dokumen tersebut melalui printer. Berikut caranya.

Word 2003 dan sebelumnya: buka Tools > Options > View, kemudian rubah opsi Field Shading menjadi “Always”.

Word 2007: buka logo Office, pilih Word Options > Advanced, setelah itu pada bagian “Show document content” rubah Field Shading menjadi “Always”

Word 2010 ke atas: buka File > Options > Advanced, lalu pada bagian “Show document content” rubah Field Shading menjadi “Always”

Itulah langkah-langkah membuat tabel daftar isi otomatis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Dengan menggunakan cara ini Anda akan menghemat banyak waktu daripada membuat daftar isi secara manual. Selamat mencoba, dan praktek tutorial ini, bila dirasa bermanfaat bantu sebarkan ke teman-teman Anda dengan membagikan di sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *