Cara Membuat Gambar Doodle Art Sedehana

Cara Membuat Doodle Art – Mungkin belum banyak orang  yang tahu apa itu doodle art, dan mungkin lebih banyak lagi yang belum bisa membuat doodle art. Tetapi mungkin juga secara tidak sengaja kamu telah membuat sebuah gambar doodle, pasalnya doodle art merupakan sebuah gambar yang dibuat dalam bentuk abstrak.

Membuat gambar doodle merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengusir kebosanan. Beragam gambar biasa kamu aplikasikan dalam bentuk doodle misalnya gambat, binatang, nama dan jenis gambar lainnya. Jadi doodle art bukan hanya sekedar coretan tanpa tema. Meskipun awal pembuatan tidak disengaja, tetapi saat ini doodle art menjadi tren di kalangan remaja dalam menyelurkan bakat seni yang dimiliki.

Apa itu Doodle Art atau Seni Doodle?

Cara Membuat Doodle Art
Doodle Art – ytimg.com

Seperti yang sudah disinggung di awal doodle art merupakan sebuah gambar yang dibuat tanpa sadar dan tanpa tujuan tertentu. Bentu dari karya seni ini bisa bermacam-macam, mulai dari bentuk hewan, tulisan, huruf, ataupun hanya sekadar coretan abstrak.

Sebenarnya setiap orang bisa membuat sebauh karya doodle art, contohnya bisa dilihat pada buku seorang pelajar. Biasanya di dalam buku tersebut penuh dengan coretan dan gambar abstrak yang dibuat untuk mengusir kebosanan selama proses belajar.

Saat ini makin banyak seniman yang menekuni doodla art, hasil karyapun beraneka ragam mulai dari yang mengambil tema nama, gambar, binatang, dan ada juga yang masih mempertahankan tema abstrak. Dan kebanyakan dari mereka menyisipkan sebuah pesan dibalik doodle art yang dibuat.

Alat untuk Membuat Karya Doodle Art

Alat untuk Membuat Doodle Art
Alat untuk Membuat Doodle Art – pixabay.com

Untuk membuat sebuah karya seni ini tidak banyak peralatan yang dibutuhkan. Sebenarnya asalkan ada pensil dan kertas, kmau sudah bisa membuat sebuah karya doodle art. Tetapi saat ini membuat sebuah doodle art menjadi kebanggan tersendiri, sehingga karya yang dihasilkan banyak menggunakan warna-warni.

Nah untuk membuat sebuah karya doodle art yang disukai oleh banyak orang maka kamu harus mempunyai peralatan yang lengkap. Umumnya peralatan yang dibutuhkan untuk membuat karya ini seperti yang disebutkan di bawah ini.

  • Buku sketsa
  • Pensil
  • Tinta pena
  • Stabilo
  • Spidol marker
  • Pulpen
  • Beberapa alat penunjang lain, berupa: arang, kapur, pensil warna, dan cat

Bila semua peralatan sudah kamu miliki saatnya kita mulai belajar membuat doodle art. Ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan gambar doodle yang menarik.

Membuat Doodle Art dengan Tema

Untuk kamu yang ingin serius menekuni seni doodle art tentu harus membuat sebuah karya yang disukai orang banyak. Agar lebih mudah dalam membuat karya ini maka perlu menentukan tema dari doodle art yang akan dibuat. Dengan begitu kamu akan mudah dalam menemukan ide dalam membuat gambar doodle.

Kamu bisa membuat doodle art dengan tema yang disukai oleh kalangan umum seperti doodle nama, doodle dengan tema binatang dan doodle dengan tema bunga. Berikut adalah beberapa tema doodle art yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam berkarya.

Doodle Art Tema Hewan

Doodle Art Tema Hewan
Doodle Art Tema Hewan – kbaig93.tumblr.com

Gambar hewan merupakan salah satu sumber inspirasi yang menyenangkan untuk membuat doodle art. Alasannya sederhana karena banyak sekali jenis hewan yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat doodle art. Apalagi bila kamu menemukan hewan yang lucu dan mungil pasti sangat menyenangkan mengabdikan hewan tersebut dalam sebuah karya doodle.

Artikel Terkait :  Karya Seni Rupa Terapan yang Ada di Nusantara

Berikut adalah beberapa inspirasi yang bisa kamu gunakan dalam membuat kerya doodle art tema hewan.

  1. Kamu bisa medapatkan berbagai ide dari hewan yang hidup di air seperti ikan, gurita, dan berbagai jenis hewan lain. Agar karya kamu makin sempurna bisa mengkombinasikan antara hewan dengan batu koral dan kerang.
  2. Inspirasi doodle art dari hewan juga bisa kamu dapatkan dari berbagai hewan yang hidup di hutan. Kamu bisa menggambar hewan buas, hewan lucu ataupun aneka burung yang terbang di angkas.
  3. Selain dari hewan biasa kamu juga bisa membuat imajinasi dari hewan-hewan yang ada seperti membuat gambar doodle singa yang mempunyai sayap, naga terbang, kuda terbang dan berbagai hewan lain hasil imajinsi kamu.

Doodle Art Nama

Jenis doodle nama merupakan jenis doodle art yang banyak disukai oleh orang. Ya, kamu bisa menjadikan nama seseorang menjadi sebuah karya doodle art yang menarik. Tema ini sangat cocok untuk belajar doodle art karena tidak susah untuk mendapatkan ide dan juga mudah diaplikasikan dalam sebuah doodle.

Yang harus kamu lakukan hanya menyusun huruf-huruf sehingga menjadi nama seseorang. Kamu bisa menggunakan nama sendiri ataupun nama orang lain. Berikut beberapa tips dalam membuat doodle art nama.

  • Menulis nama dengan menggunakan font yang berbeda untuk setiap hurufnya.
  • Merubah-rubah ukuran huruf, misalnya memulai dari huruf ukuran kecil dan semakin membesar begitupula sebaliknya.
  • Mencoba menulis nama dengan bayangan huruf, hal ini cukup mudah untuk dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun.

Membuat beberapa variasi singkatan dari nama yang ditulis. Misalkan Naufal ridwan abdilah, NR Abdilah, Naufal RA atau Naufal R. Abdilah dll.

Membuat Doodle Art Tema Bunga

Doodle Art Tema Bunga
Doodle Art Tema Bunga – etsystatic.com

Doodle art tema bunga merupakan tema yang banyak disukai karena bentuknya yang sederha dan menarik. Seperti yang sudah diketahui bunga merupakan tanaman yang mempunyai aneka warna dan bentuk yang unik. Bila kamu mengabadikannya dalam sebuah doodle tentu akan menjadii sebuah karya yang sangat menarik.

Ada beberapa tips agar doodle art tema yang dibuat menjadi semakin menarik mungkin kamu bisa menerapkan hal-hal berikut ini.

  • Kamu bisa mengambar sebuah taman yang dipenuhi dengan berbagai bunga sebagai hiasanya.
  • Bisa juga mengabar vas yang dilanjutkan dengan menggambar bunga untuk memenuhi vas tersebut.
  • Membuat salah satu jenis bunga yang kamu sukai secara mendetail seperti kelopak bunga, tangkai, dan daun bunga.

Membuat Doodle Art Wajah

Membuat Doodle Art Wajah
Membuat Doodle Art Wajah – deviantart.net

Membuat gambar obyek wajah tentu lebih susah dibandingkan menggambar obyek lainnya. Tetapi untuk menggambar doodle art wajah tidak harus dibuat dengan sempurna. Cukup membuat goresan-goresan yang menyerupai bentuk wajah. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat doodle art wajah.

  • Kamu bisa menggambar wajah diri sendiri, kekasih, teman, dan juga publik figur.
  • Buatlah gambar wajah apapun yang muncul dari benak Anda, meskipun bentuknya konyol.
Artikel Terkait :  Contoh Teks Negosiasi Paling Ampuh (Sangat Sederhana)

Doodle Art Suara

Doodle Art Suara
Doodle Art Suara – cliparts.co

Tidak hanya objek yang bisa dijadikan sebuah gambar doodle. Kamu juga bisa menjadikan suara sebagai tema untuk membuat doodle art. Maksud suara di sini bukanlah menampilkan suara tetapi mengambil inspirasi dari suara dan hal apapun yang didengar untuk dijadikan sebauh karya. Nah, berikut ada beberapa ide membuat doodle art dengan tema suara.

  1. Gambarlah berbagailah yang kamu dengar dari guru teman atau dari siapa saja. Contohnya kamu bisa memnggambar berbagai hal dari materi pelajaran seperti planet, dan lain sebaginya.
  2. Gambar doodle karakter dari sesuatu yang dibicarakan dengan teman tetapi kamu belum pernah mendengarnya.
  3. Gambarlah apapun yang kamu pikirkan ketika mendengar sebuah lagu seperti perasaan sedih, senang atau hal apapun yang bisa kamu bayangkan dari sebuah lagu tersebut.

Doodle Hasil Kreasi Sendiri

Tema yang terakhir adalah tema bebas, artinya kamu bisa membuat doodle sesuai dengan apa yang kamu inginkan tidak tergantung dengan tema. Tentu hal ini bisa kamu lakukan dengan baik bila sudah menguasai seni tentang corat-coret ini.

Kamu bisa membuat sketsa doodle terlebih dahulu. Gabungkan berbagai objek seperti hewan, nama, suara, dan hal apapun yang kamu bayangkan. Gunakan imajinasi untuk membuat sebuah doodle art yang menarik.

Membuat Doodle Art Sesuai dengan Imajinasi

Membuat Doodle Art
Membuat Doodle Art – ytimg.com

Nah bila sebelumnya kita membuat doodle art mengikuti tema yang telah dibuat, cara yang kedua ini merupakan cara yang paling mudah yakni membuat doodle art sesuai dengan imajinasi. Cara ini biasanya digunakan oleh para pemula untuk berlatih membuat sebuah doodle art.

Meski terlihat mudah tetapi prosesnya tidak semudah kelihatannya, perlu jam terbang untuk membuat sebuah doodle art berkualitas. Dengan kata lain kamu harus mengasah imajinasi kamu sehingga bisa memunculkan berbagai ide yang menarik. Berikut langkah-langkah membuat doodle art sesuai imajinasi.

Mencari Inspirasi

Mendapatkan inspirasi pagi seorang pemula dalam membuat karya seni adalah hal yang sangat sulit, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk membuat doodle art. Mendapatkan inspirasi membuat doodle art tidak akan serumit seperti profesional dalam membuat kerya seni lukis.

Kamu bisa menggunakan berbagai hal yang terlihat, terdengar dan terasa untuk membuat doodle art. Untuk pemula jangan terlalu memikirkan hasilnya yang paling penting adalah mengasah imajinasi dan ide-ide untuk diaplikasikan dalam doodle art. Dengan begitu akan meningkatkan skill dalam membuat doodle art.

Ekspresikan dengan Bebas

Gambar doodle tidak mempunyai peraturan yang jelas sehingga kamu bisa mengekspresikan kreatifitas dengan bebas. Misalnya saja kamu ingin menggambar bintang kemudian dilanjutkan dengan gambar makanan dan ditambah gambar huruf.

Intinya kamu bisa menggabungkan semua imajinasi yang ada di kepala. Karena pada dasarnya karya seni ini bebas tidak mempunyai urutan ataupun aturan yang baku. Oleh karena itu kamu bebas membuat gambar doodle sesuai dengan minat. Tetapi bila ingin dijadikan bisnis tentu kamu harus membuat karya yang disukai oleh masyarakat umum.

9 thoughts on “Cara Membuat Gambar Doodle Art Sedehana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *