Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan

Kerajinan Tangan dari Sedotan – Siapa sangka bahwa sedotan yang selama ini hanya digunakan sebagai sedotan untuk minuman ternyata di tangan orang yang kreatif bisa diubah menjadi kerajinan tangan yang cantik. Oleh karena itulah banyak orang yang mencari tahu cara membuat kerajinan tangan dari sedotan.

Mereka ingin mendaur ulang sedotan sehingga bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang mencemari lingkungan. Saat ini banyak berkembang aneka bentuk kerajinan baru dan lebih modern dan mewah, banyak orang yang mulai menganggap kerajinan tangan dari sedotan sebagai sesuatu yang jadul.

Meski begitu kerajinan tangan dari sedotan masih banyak orang lakukan karena selain bahannya murah juga bisa dijadikan berbagai hiasan rumah dan bisa juga dijual dengan nilai jual tinggi. Bila dibandingkan dengan bunga plastik memang bunga yang terbuat dari sedotan plastik lebih murah, tapi yang murah belum tentu “murahan” kan.

Karena di tangan para pebisnis peluang usaha dari sedotan ini sangat menjanjikan. Salah satu kelebihan bunga sedotan dari bunga asli adalah bunga dari sedotan lebih tahan lama asal disimpan ditempat yang sejuk dan terhindar dari panas matahari secara langsung, karena akan memudarkan warna.

Dasar-dasar Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan

Bahan dan Alat untuk Membuat Bunga dari Sedotan
flickr.com

Jika kamu memiliki waktu luang cobalah untuk belajar membuat aneka kreasi dari sedotan. Selain kamu akan mendapatkan berbagai hiasan cantik, dan bisa dijadikan hobi baru untuk mengusir kebosanan di waktu luang.

Tapi sebelum membuat kerajinan dari sedotan kamu harus belajar dasar-dasar membuat bunga dari sedotan. Untuk membuat bunga dari sedotan, ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu:

1. Menyusunnya secara bertumpuk seperti saat membuat aneka kreasi bunga tulip, mawar, anggrek, terompet, lili dan juga bunga sakura.

2. Cara kedua dengan menjahitnya dengan menggunakan kawat. Biasanya cara ini digunakan untuk membuat bunga yang memiliki ukuran sedang dan besar seperti bunga teratai dan bunga krisan.

Artikel Terkait :  Pengertian Seni Rupa Murni di Nusantara

Alat dan Bahan yang diperlukan Untuk Membuat Bunga dari Sedotan

Untuk membuat kerajinan tangan dari sedotan diperlukan beberapa bahan serta peralatan sederhana untuk memudahkan dalam merangkai bunga dari sedotan. Alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah

  1. Sedotan plastik dengan berbagai warna
  2. Putik dan kelopak plastik
  3. Silet, cutter, atau pisau kecil yang tajam.
  4. Tang
  5. Lem plastik
  6. Jarum untuk menjahit
  7. Kunci bekas
  8. Lilin serta korek api
  9. Kawat atau lidi yang memiliki diameter sekitar 2 meter
  10. Kertas krep atau kertas pita
  11. Vas bunga atau bisa juga menggunakan botol plastik warna

Nah bila semua bahan serta peralatan yang diperlukan telah siap, sekarang kita bisa memulai membuat kreasi bunga dari sedotan. Berikut ini adalah beberapa cara membuat aneka bunga dari sedotan dengan berbagai variasi serta karakteristik.

Cara Membuat Bunga Teratai dari Sedotan

Kerajinan tangan dari sedotan Bunga Teratai
denys-fajar.blogspot.com

Bunga teratai adalah salah satu bunga yang memiliki keindahan pada bentuk serta warnanya. Biasanya bunga teratai hidup di perairan dengan cara mengapung.

Tanaman ini hanya hidup di atas perairan yang aliran airnya tenang. Salah satu keunikan dari bunga ini adalah, ketika bunga ini tumbuh di perairan yang keruh bunganya semakin cemerlang, semakin keruh airnya semakin cerah warna bunga. Berikut ini kita akan membuat bunga teratai dari sedotan.

  • Untuk membuat satu tangkai bunga teratai memerlukan 12 batang sedotan, 1 sedotan dibagi menjadi 4 bagian.
  • Gunting 2/3 pada bagian lebar sedotan. Kemudian gunting dari arah secara melengkung dan buatlah ujungnya menjadi lancip.
  • Bukalah potongan sedotan tadi lalu lipat ke arah dengan mengikuti garis sedotan. Lipat balik lagi pada bagian pangkalnya sedikit saja.
  • Langkah selanjutnya adalah menusuk pangkal sedotan tadi dengan menggunakan jarum kemudian masukan ke kawat ke dalam lubang yang telah dibuat pada kelopak bunganya dan masukan semua kelopak bunganya.
  • Ikatlah kelopak bunganya dengan cara melingkarkan beberapa kali dalam satu sisi kawat ke sisi yang lainnya. Kemudian serut agar kelopak bunganya menyatu.
  • Tambahkan putik dan kelopak plastik ke bagian bawah bunga teratai. Dan bunga teratai hasil kreasi kamu sudah selesai dibuat.
Artikel Terkait :  Cara Membuat iPhone Desk Stand dari Kardus Bekas

Cara Membuat Bunga Lili dari Sedotan

Bunga Lili dari Sedotan
dbagus.com

Bunga lili adalah salah satu bunga yang memiliki warna yang sangat indah, bunga yang banyak ditemui di daerah pegunungan ini sangat cantik serta mudah untuk dibuat tiruannya dari sedotan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kerajinan bunga lili dari sedotan.

  • Gunakan sedotan yang pipih atau gepeng, bagi sedotan menjadi tiga bagian
  • Gunting sedotan menjadi 2/3 bagian dari lebarnya, kemudian bentuk sedotan tersebut agak membulat di ujung kiri atas
  • Serut lah sedotan tadi buatlah supaya bentuknya agag melengkung di bagian ujungnya
  • Tempelkan double tape pada bagian bawah sedotan, bagian atas adalah bagian yang melengkung. Kemudian susun menjadi seperti kipas
  • Susun dan bentuk supaya menyerupai corong dengan bagian bawahnya lebih kecil dari bagian atas
  • Tempelkan kembali dauble tape pada bagian sekeliling di bawah bunga
  • Siapkan kelopak bunga lili serta putiknya, kemudian rekatkan kelopak di bagian bawahnya
  • Masukan putik dengan menggunakan gunting untuk mendorongnya ke dalam
  • Tambahkan tangkai, dan bunga lili hasil kreasi tangan kamu sudah selesai dibuat

Itulah beberapa cara membuat kerajinan tangan dari sedotan. semoga bisa menambah wawasan kita dalam membuat kerajinan tangan yang unik.

8 thoughts on “Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *