Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Hanya dengan 3 Langkah Mudah

Cara Membuat Kincir Angin – Kincir angin merupakan sebuah kipas yang digerakan oleh angin. Di negara-negara maju biasanya kincir angin digunakan sebagai salah satu pembangkit energi listrik, salah satunya adalah Belanda. Di negara tersebut banyak sekali kincir angin yang dimanfaatkan sebagai sumber energi, maka tidak heran bila Belanda mendapat julukan negara kincir angin.

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas kincir angin yang digunakan sebagai pembangkit energi tetapi kita akan membuat sebuah mainan kincir angin yang terbuat dari kertas. Kincir angin kertas biasanya dibuat untuk dijadikan mainan anak-anak, selain itu kincir angin juga digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik dekorasi ruangan.

Kincir angin juga biasanya dipakai ketika acara pesta yaitu dengan cara membuat kincir angin dengan aneka warna yang menarik. Membuat kincir angin kertas sangatlah mudah, bahkan anak kecilpun bisa melakukannya hanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membuat Kincir Angin

Cara Membuat Kincir Angin

Artikel Terkait : Cara Membuat Gelang dari Tali

Cara Membuat Kincir Angin dengan Menggunakan Kertas Warna

Sebelum masuk pada tutorial cara membuat kincir angin terlebih dahulu kamu harus menyiapkan semua bahan serta peralatan yang diperlukan seperti yang disebutkan dalam daftar di bawah ini.

  • Kertas warna tebal yang berkualitas baik. Gunting kertas tersebut dengan bentuk persegi dengan ukuran 17,5 x 17,5 cm. Atau bisa juga menggunakan kertas untuk scrapbook yang memiliki ukuran 20,3 x 20,3 cm.
  • Pensil untuk membuat pola kincir angin yang akan dibuat.
  • Penggaris digunakan untuk membuat lipatan kertas agar lebih rapi.
  • Cat, krayon, spidol untuk menghias kincir angin atau bisa juga menggunakan gambar dari majalah.
  • Lem kertas (lem kertas diperlukan bila kamu ingin menempelkan gambar pada kincir angin bila tidak maka lem tidak diperlukan).
  • Jarum tusuk dan Jarum pentol
  • Manik untuk digunakan sebagai hiasan di belakang jarum.
  • Tongkat kayu untuk digunakan sebagai tiang kincir angin (panjang dan besar kayu disesuaikan dengan ukuran kincir angin).
  • Palu.

Bila semua alat dan bahan yang disebutkan diatas tadi sudah tersedia semua, saatnya untuk lanjut pada langkah berikutnya yaitu membuat kincir angin.

1 Of 3 Menggunting Serta Menghias Kertas untuk Membuat Kincir Angin.

Cara Membuat Koncir Angin

Langkah Sederhana Membuat Kincir Angin

Gunakan penggaris untuk membuat pola persegi yang memiliki ukuran 17,5 x 17,5 cm di sebuah kertas kosong. Garis kertas tersebut menggunakan pensil lalu gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang dibuat. Kamu bisa juga membuat ukuran persegi yang berbeda dari ukuran yang ada pada tutorial ini. Semakin besar ukuran persegi maka akan semakin besar pula ukuran kincir angin yang dibuat, begitu pula sebaliknya.

Gambar empat persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17,5 x 17,5 cm. Gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas dengan area yang tepat, bagian tengah kertas harus berada pada titik 8,75 cm. Gunakanlah pensil dengan bahan lunak untuk membuat garis lipat ini, tujuannya agar tidak meninggalkan bekas goresan yang susah untuk di hapus.

Warnai keempat bidang yang telah dibagi tadi dengan cat atau bisa juga menggunakan kertas warna lain dengan cara menempelkan kertas warna tersebut dengan menggunakan lem. Usahakan keempat bidang tersebut menggunakan warna yang berbeda. Selain menggunakan kertas warna kamu juga bisa menggunakan lapisan alumunium sehingga kincir angin yang kamu buat akan tampak berkilau bila terkena sinar matahari.

Tunggu kertas yang telah diwarnai tadi sampai mengering sempurna, agar saat dilipat kertas tidak mudah robek. Selain itu bila kondisi lem masih basah akan membuat benda-benda kecil menempel pada kertas sehingga akan memperlama proses pembuatan kincir angin.

Artikel Terkait : Cara Membuat Bros dari Pita

2 Of 3 Membuat Bagian Kincir Angin

Membuat Kincir Angin

Langkah ke dua Membuat Kincir Angin

Setelah kertas yang diberikan warna selesai langkah selanjutnya adalah membuat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah. Buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah sampai mencapai sudut yang berlawanan.

Buatlah gambar garis setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. Ulangi proses di atas pada ada setiap sudut yang ada sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah. Gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat tadi, jangan menggunting terlalu panjang.

Sisakan jarak sekiatar 3 cm dari titik tengah. Setelah itu berikan label di setiap garis misal A, B, C dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf sebagai tanda.

3 Of 3 Membentuk Kipas Kincir Angin dan Memberikan Tiang

Membuat Kincir Angin dari Kertas

Membuat Kincir Angin dari Kertas

Lipat lah kertas pada sisi yang telah ditandai A, B, C, dan D ke tengah persegi. Gunakan jari kamu untuk menahan lipatan setelah itu masukan jarum pentol tepat di pusat lipatan A, B, C dan D semuanya bertumpuk menjadi satu. Kemudian pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang tajam.

Setelah itu letakan kincir yang sudah jadi, lalu ambil tiang kayu yang telah disiapkan lalu basahi kayu dengan menggunakan air lalu tekan jarum pada kayu tadi sampai menancap. Palu jarum secara berlahan agar jarum menancap kuat pada kayu. Kincir angin yang cantik telah siap untuk dimainkan.

Bagaimana mudah bukan? Kamu bisa membuat kincir angin dengan kreativitas serta imajinasi sendiri. Dengan begitu kamu akan memiliki kincir angin dengan bentuk dan warna yang unik. Untuk membuat kerajinan tangan yang lain kamu bisa mencoba membuat berbagai kerajinan dari kain flanel.

Artikel Terkait :  Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Unik dan Kreatif

One Response

  1. Ridwan

Leave a Reply