Oigami Kertas

Cara Membuat Origami Bunga Mawar

Cara Membuat Origami – Siapa yang mau diajari cara membuat origami dengan bentuk sederhana? Pasti pada mau kan. Origami merupakan salah satu kesenian untuk melipat kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu. Kegiatan ini cukup banyak digemari, terutama oleh anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Membuat origami merupakan hal yang mudah karena tidak memerlukan banyak bahan, cukup dengan kertas krep atau kertas biasa yang bisa dilipat. Sebelum belajar membuat aneka bentuk origami ada baiknya untuk mengetahui sejarah dan perkembangan origami.

Sejarah dan Perkembangan Seni Origami

Cara Membuat Origami
Cara Membuat Origami

Adakah yang tahu kesenian origami itu berasal dari mana? Jepang? hemm,,, Ya, biasanya bila ditanya asal dari origami pasti banyak yang menjawab dari Jepang. Mungkin itu dikarenakan di Jepang origami cukup maju ya. Padahal origami sendiri awalnya berasal dari Cina sekitar 200 M -300 M dan dibawa ke negara Jepang oleh orang Cina yang menjadi utusan kerajaan Jepang.

Setelah dibawa ke Jepang origami berkembang sangat pesat dan menjadi bagian kebudayaan di negara tersebut. Saking populernya origami di Jepang, sehingga banyak yang mengira bahwa origami berasal dari Negeri Sakura dan menganggap sebagai salah satu kebudayaan dari negara tersebut. Kata origami sendiri berasal dari dua suku kata yaitu “ori” yang di dalam bahasa Jepang berarti “melipat” dan “kami” yang berarti “kertas”. Jadi arti dari origami adalah seni melipat kertas.

Peluang Usaha dari Membuat Origami

Bisnis Kertas Origami
Bisnis Kertas Origami
Sumber Gambar:alicdn.com

“Bisakah seni origami bisa menghasilkan uang? Cuma melipat-lipat kertas doang, memang bisa dijual? Origami diperuntukan untuk anak kecil saja?” Banyak orang yang memiliki anggapan seperti itu, mungkin kamu juga salah satunya. Padahal saat ini origami tidak cuma seninya saja, origami tidak hanya sekedar melipat kertas lalu dibuang begitu saja.

Origami juga tidak diperuntukan untuk anak kecil saja tetapi juga memiliki nilai jual. Di Indonesia pengetahuan orang tentang origami memang masih terbatas, sehingga bentuk yang diketahui juga cuma itu-itu saja. Padahal di Jepang bentuk origami sudah bermacam-macam.

Tetapi akhir-akhir ini banyak yang membentuk sebuah komunitas pecinta origami, hal ini terbukti dari banyaknya komunitas atau klub origami yang samakin bertabah. Berbicara tentang origami, ada beberapa jenis origami yang memiliki nilai jual.

Salah satunya adalah bentuk origami Washi Doll (boneka washi) dan Kawasaki Rose. Origami Kawasaki Rose biasanya digunakan untuk hiasan di meja atau diberikan pada kekasih hati sedangkan Washi Doll dijadikan pajangan karena lucu dan menggemaskan.

Cara Membuat Origami Bunga

Ada beberapa jenis bunga yang bisa kamu tiru untuk dijadikan origami dari kertas. Membuat origami bunga sebenarnya cukup mudah, tetapi kemungkinan sebagian orang ada yang mengalami kesulitan karena belum terbiasa. Fungsi dari origami bunga adalah untuk dijadikan hiasan ruangan kamar, untuk acara ulang tahun atau bisa juga sebagai hiasan ruang tamu.

Jenis bunga apa saja yang biasa dibuat origami? Sebenarnya hampir setiap jenis bunga bisa dijadikan origami, tetapi karena untuk pemula sebaiknya membuat origami bunga yang mudah terlebih dahulu. Salah satu jenis origami bunga yang mudah adalah origami bunga lily, origami bunga sakura dan bunga lainnya.

Membuat Origami Bunga Mawar

Untuk membuat origami bunga mawar diperlukan sedikit ketekunan dan ketelatenan, karena prosesnya yang cukup panjang dan rumit. Tapi kamu bila kamu bisa melalui prosesnya akan merasakan kepuasan ketika melihat hasil dari origami yang dibuat. Baiklah langsung saja ikuti langkah-langkah cara membuat origami bunga mawar berikut.

Sediakan Alat-alat yang dibutuhkan seperti berikut:

Sepotong kertas persegi ukuran 20 cm x 20 cm dengan warna sesuai dengan bunga yang akan dibuat.

  1. Pinset
  2. Ballpoint untuk membuat pola pada kertas
  3. Pensil atau bisa menggunakan pena untuk melengkungkan kelopak
Cara Membuat Origami Bunga Mawar
Cara Membuat Origami Bunga Mawar
Sumber Gambar:ngulik.com

Langkah pertama adalah ambil kertas yang akan dibuat origami. bentuk kertas lipat dua, buka kembali kertas tersebut dan lipat setiap ujung lipatan. Ulangi proses lipatan sampai terbentuk pola seperti yang ada di dalam gambar.

Setelah proses satu selesai saatnya untuk membuat lipatan terluar seperti yang ada pada gambar pertama. Lipat kertas sampai memenuhi tepi lipatan. Ambil sudut kanan kertas dan lipat secara diagonal. Buatlah lipatan sebaliknya. Ulangi proses ini sampai keempat sisi kertas terlipat seperti proses no satu. Bila langkah kamu benar akan terbentuk pola seperti yang ada pada gambar.

Membuat Origami Bunga Mawar
Membuat Origami Bunga Mawar
Origami Bunga Mawar
Origami Bunga Mawar
Origami Bunga Mawar Biru
Origami Bunga Mawar Biru
Panduan Membuat Origami Bunga
Panduan Membuat Origami Bunga

Proses pembuatan origami bunga mawar ini memang sedikit rumit. Ikutilah langkah demi langkah apa yang telah diperlihatkan pada gambar sampai jadi origami bunga mawar yang indah.

Origami Bunga Mawar dari Kertas
Origami Bunga Mawar dari Kertas

Itulah tutorial cara membuat origami dari kertas. Lain kali kami akan update artikel ini untuk panduan membuat origami yang lainnya. Kamu juga bisa membuat kerajinan lainnya dari kertas, seperti membuat kincir angin.

Artikel Terkait :  Kerajinan dari Kayu Sederhana yang Mudah Dibuat

Leave a Comment