Cara Membuat Power Point

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Cara Membuat Power Point – Jaman sekarang melakukan presentasi di depan umum sangatlah mudah, karena dibantu dengan beberapa peralatan presentasi seperti infokus dan juga laptop atau PC. Jadi seseorang bisa memeparkan dengan lancar didepan umun dengan bantuan peralatan presentasi tersebut. Namun, dalam membuat PowerPoint persentasi mungkin menjadi kesulitan bagi sebagian orang.

PowerPoint biasanya digunakan untuk persentasi berbagai macam kegiatan seperti penyuluhan, workshop, seminar, dan lain-lain. Kini penggunaannya sudah cukup luas, bahkan sekarang mengajar untuk sekolah dasar pun menggunakan powerpoint.

PowerPoint yang sering digunakan untuk persentasi adalah aplikasi Microsoft PowerPoint yang merupakan salah satu program aplikasi Microsoft Office. Aplikasi ini di khusukan untuk persentasi dengan menyajikan slide-slide PowerPoint. Biasanya dalam melakukan persentasi untuk menampilkan slide PowerPoint ke layar yaitu dengan bantuan infocus. Selain Microsoft PowerPoint, ada beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuat slide powerpoint diantaranya:

  • OpenOffice Impress
  • KPresenter
  • Corel Presentation
  • IBM Lotus Symphony Presentation
  • iWork KeyNote

Mengenal Ribbon Microsoft PowerPoint 2010

Cara Membuat Power Point
Cara Membuat Power Point – forbes.com

Ribbon merupakan sekumpulan menu untuk mempermudah pembuatan presentasi Power Point 2010, pada Microsoft PowerPoint 2003 masih menggunakan sistem Tab Menu. Sistem Ribbon sudah berlaku sejak PowerPoint 2007, didalamnya berupa tab menu dan juga berupa ikon. Dalam Microsoft PowerPoint 2010 memiliki Ribbon menu utama diataranya Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review dan View. Untuk lebih jelas bisa lihat penjelannya dibawah.

1. Tab Home

  1. Ribbon Tab Home terdapat pada bagian kiri atas, tab Home memiliki 4 group tool diataranya:
  2. Clipboard, pada bagian ini memiliki beberapa sub seperti copy, paste, cut, dan format painter.
  3. Slide, terdapat sub add slide, layout, reset dan delete.
  4. Paragraph, terdapat sub bullet and numbering, line spacing, dan yang lainnya.
  5. Drawing, terdapat sub Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects.
  6. Editing, terdapat sub Find, Replace, dan Select.
Artikel Terkait :  Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis, Serta Contoh Paragraf Persuasi

2. Tab Insert

Ribbon Tab Insert berguna untuk menyisipkan obyek seperti gambar ataupun launnya. tool didalamnya diantaranya:

  • Tables, bagian ini berfungsi untuk menambahkan table.
  • Images, bagian ini berfungsi untuk menambahkan gambar, clipt art, screenshot dan fhoto.
  • Illustrations, bagian ini berfungsi untuk menambahkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart.
  • Links, bagian ini berfungsi untuk menambahkan link ke halaman slide lain atau file lainnya.
  • Text, bagian ini berfungsi untuk menambahkan teks box, header dan footer, WordArt, tanggal, penomoran pada slide, dan obyek eksternal.
  • Symbol, bagian ini berfungsi untuk menambahkan symbol seperti rumus matematika dan lainnya.
  • Media Clips, bagian ini berfungsi untuk menambahkan file sound atau video kedalam slide.

3. Tab Design

Ribbon Tab Design merupakan tab yang berisikan group tool untuk mendesain slide presentasi, group desain memiliki beberpa tool, diantaranya:

  • Page Setup, bagian ini berfungsi untuk mengatur ukuran slide.
  • Themes, bagian ini merupakan pengaturan thema, Anda bisa memilih thema sesuai keinginan untuk kebutuhan presentasi.
  • Background, bagian ini untuk mengatur latar belakang slide agar lebih menarik.

4. Tab Animations

Ribbon Tab Animations merupakan tab yang berisikan tool untuk mengatur animasi di dalam presentasi. Terdapat beberapa tool bagian diantaranya:

  • Preview, bagian ini berfungsi untuk melihat hasil pratayang dari animasi pada slide.
  • Animations, bagian ini berfungsi untuk memilih animasi pada objek didalamnya terdiri dari animate dan custom animations.
  • Advanced animation, bagian ini berfungsi untuk mengatur animasi lebih lanjut.
  • Timing, bagian ini berfungsi untuk mengatur waktu slide.

5. Tab Slide Show

Ribbon Tab Slide Show digunakan untuk mengatur btampilan slide presntasi, didalamnya ada beberap group tool bagian lagi, diantaranya:

  • Start Slide Show, bagian ini digunakan untuk slide dari mana dijalankan.
  • Set Up, bagian ini berfungsi untuk merekam, menyembunyikan, dan menentukan urutan slide yang akan ditampilkan.
  • Monitors, bagian ini berfungsi untuk mengatur resolusi slide.
Artikel Terkait :  Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Pidato Pendidikan

6. Tab Review

Tab Review digunakan untuk mereview slide presentasi yang sebelum telah disimpan, ataupun telah digunakan untuk persentasi. Didalamnya ada beberapa tool diantaranya:

  • Proofing, bagian ini digunakan untuk pengecekan ejaan tata tulis pada sebuah slide.
  • Language, bagian ini digunakan untuk mengatur bahasa yang digunakan.
  • Comments, bagian ini digunakan untuk menambahkan catatan komentar.
  • Compare, bagian ini digunakan untuk mengatur komentar yang telah ditambahkan.

7. Tab View

Tab View memiliki beberapa tool yang sering digunakan dalam pembuatan slide, diantaranya:

  • Presentation Views, merupakan tool yang digunakan untukkeseluruhan dari slide yang sudah Anda buat.
  • ShowHide, tool ini berfungsi untuk membantu dalam pebuatan slide yaitu untuk menampilkan ruller adan juga garis bantu.
  • Zoom, bagian ini berfungsi untuk memperbesar slide dari ukuran normal.
  • Color/Grayscale, bagian ini berfungsi untuk menentukan color yang digunakan slide nantinya akan diubah menjadii hitam putih atau berwarna.
  • Window, bagian ini berfungsi untuk menata tampilan windows powerpoint.

Selain 7 tab Ribbon diatas masih ada lagi tab-tab Ribbon lainnya, seperti transition, Format Shape Word Art, dan lain-lain. Namun ketujuh ribbon diatas merupakan Ribbon utama yang sering digunakan dalam pembuatan PowerPoint untuk persentasi.

Langkah-langkah Mebuat Presentasi dengan Menggunakan Power Point 2010

Membuat Power Point
Membuat Power Point

1. Bukalah Microsoft PowerPoint 2010, maka Anda akan disuguhkan dengan halaman presentasi tepatnya halaman kosong yang memiliki dua kotak ditengah dengan teks “Click to add title” dan “Click to add subtitle”.

2. Selanjutnya pilihlah tab file pada layar kiri atas, lalu akan muncul sub menu dan pilih New, pilihan New untuk membuat halaman presentasi baru.

3. Jika Anda tidak mau dengan tampilan default, Anda bisa memakai template presentasi cara memilih pada bagian Sample template, disini akan disuguhkan beragam template untuk persentasi Anda.

4. Selain menggunakan template, untuk mempercantik powerpoint bisa menggunakan pilihan thema bawaan Microsoft PowerPoint, yaitu dengan cara klik menu New, klik sub menu Themes. Nanti Anda akan disuguhkan serangkaian thema, dan Anda bisa pilih salah satu thema yang Anda sukai.

5. Nah, setelah thema dipakai selanjutnya proses pembutan page 1 untuk membuat judul. Pilih dan klik kotak “Click to add title” dan “Click to add subtitle” ganti teks tersebut dengan judul presentasi Anda. Misalnya Judul “Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web” dan Subtitlenya “Study Kasus: CV. Maju Jaya”.

6. Setelah membuat page judul, selanjutnya membuat page isi, dengan cara memilih tab Slide dan pilih sub menu New Slide. Dalam membuat page slide baru juga bisa dengan menggunakan jalan pintas Ctrl+M.

7. Selanjutnya, pada halaman slide baru tulis informasi yang akan Anda butuhkan untuk presentasi nanti. Anda bisa mengikuti cara diatas dalam membuat slide baru, usahakan powerpoin untuk presentasi hanya berupa ringkasan saja atau point-point saja.

8. Setiap halaman slide yang berisi informasi bisa berupa grafik, video, ataupun gambar. Jika Anda ingin menyisipkan gambar ke slide presentasi yaitu dengan memilih tab insert, lalu pilih bagian picture. Nanti akan muncul halaman browse, dihalaman tersebut pilihlah folder yang berisi gambar yang akan ditambahkan kedalam slide persentasi. Klik Insert untuk menyisipkan gambar.

9. Sedangkan untuk menyisipkan grafik dengan cara mengkopi paste grafik/chart yang sebelumnya disiapkan pada microsoft excel, paste ke halaman slide. Maka akan muncul chart tool pada Ribbon, dengan pilihan Desain, Layout, Format.

10. Selanjutnya Anda bisa pelajari satu per satu menu Ribbon yang ada pada Microsoft PowerPoint tersebut. Dan jangan lupa simpan setelah selesai membuat presentasi, dengan cara pilih menu file, lalu pilih save.

11. Jika ingin menampilkan slide show dari powerpoint yang dibuat yaitu dengan cara klik “From Beginning” pada bagian kiri atas, atau bisa pilih F5 pada keyboard.

Semoga Bermanfaat..

Leave a Comment