Cara Membuat Undangan Pernikahan Simple Elegan

Pernikahan merupakan sebuah momen spesial bagi yang menjalaninya. Oleh karena itu biasanya diadakan pesta dengan mengundang saudara, kerabat atau teman yang dikenal dekat. Oleh karena itu biasanya diperlukan sebuah undangan yang bagus.

Banyak yang menyediakan undangan dengan berbagai desain dan model yang keren. Tetapi terkadang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Oleh karena itu banyak sekali yang mencari cara membuat undangan di internet.

Menyewa jasa tentu merupakan sebuah solusi praktis yang bisa diambil. Tetapi pilihan tersebut tentu akan membebani keuangan kamu bukan? Oleh karena itu alternatif lainnya adalah mendesain sendiri undangan yang akan dibuat.

Dengan berbekal software Corel Draw kamu bisa membuat undangan sesuai dengan tema yang diusung. Bila kamu belum bisa menjalankan software ini, tenang saja tutorial kali ini sangat newbie friendly. Berikut ini adalah tutorial membuat undangan untuk pernikahan dengan menggunakan Corel Draw.

Bahan dan Alat yang Digunakan Untuk Membuat Undangan

Untuk membuat undangan seperti yang ada pada gambar di atas diperlukan beberapa peralatan serta bahan. Untuk itu sebelum melanjutkan membaca artikel ini sebaiknya kamu menyiapkan bahan dan alat berikut ini.

  • Laptop / Komputer dengan spesifikasi baik, minimal bisa menjalankan aplikasi Corel Draw
  • Software Corel Draw versi berapa saja, yang penting masih bisa berjalan dengan baik.
  • Foto pasangan yang akan di jadikan background undangan. Usaha membuat foto yang mesra sehingga akan membuat undangan kamu makin menarik.
  • Ornament : Wediing Icon, Basmallah dan Wedding Love birds on flowers. Untuk mencari gambar-gambar tersebut kamu bisa memanfaatkan mesin pencari seperti google images atau bing images.
  • Jenis Font yang akan digunakan untuk desain seperti: Jellyka Saint Andrews balllroom Waltz, Arial, Dolce Vita Heavy.
Artikel Terkait :  Cara Budidaya Kroto Dengan Bambu yang Baik dan Menguntungkan

Setelah semua hal yang disebutkan di atas tersedia barulah melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu membuat undangan untuk pernikahan.

Membuat Undangan Pernikahan dengan Corel Draw

Membuat Undangan dengan Corel Draw

Membuat Undangan dengan Corel Draw @ kompasiana.com

Corel Draw merupakan software yang banyak digunakan oleh para desainer untuk membuat berbagai gambar atau desain lain seperti poster, kaos, stiker dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Oke langsung saja bila kamu sudah memiliki software Corel Draw langsung saja jalankan aplikasinya melalui short cut atau dari tombol start dan cari aplikasinya.

Setelah aplikasi terbuka, untuk membuat lembaran desain baru pilih New Blank Document. Pada tutorial ini menggunakan Corel Draw versi X6, kamu boleh menggunakan versi berapa saja tetapi mungkin akan terdapat sedikit perbedaan tanpilan interfacenya.

Setelah memilih Blank Document, langkah berikutnya adalah meng-konfigurasi bagian document dengan kriteria sesuai dengan keinginan. Atau bisa juga ikuti ukuran yang dijelaskan pada gambar.

Setelah pengaturan konfigurasi selesai, langsung saja mulai membuat kreasi undangan dengan Corel Draw. Langkah awalnya adalah membuat kotak persegi empat dengan ukuran sesuai dengan keinginan. Untuk membuat kotak tersebut, kamu bisa menggunakan menu Rectangle tools seperti yang ada pada gambar.

Cara Membuat Undangan Pernikahan dengan Corel Draw

Cara Membuat Undangan Pernikahan dengan Corel Draw @ Kompasiana.com

Setelah kotak telah selesai dibuat ubahlah ukuran kotak tersebut menjadi ukuran yang sama dengan ukuran kertas A4. Caranya mudah tinggal klik bagian ukuran ukuran dan rubah sesuai dengan ukuran kertas A4. Secara default ukuran kertas A4 memiliki lebar 29.9 cm dan tinggi 21.0 cm.

Klik pada kotak yang telah dibuat tadi lalu ubah ukurannya sesuai dengan gambar. Setelah itu tekan enter pada keybord, maka secara otomatis kotak yang dibuat tadi akan memiliki ukuran kertas A4.

Langkah selanjutnya adalah membagi kotak ukuran A4 tadi menjadi 2 ukuran. Klik kotak lalu masukan atau tambahkan perintah pembagian / di satuan unitnya pada lebar / panjang ukuran sesuaikan dengan gambar. Setelah itu tekan tombol enter maka akan terdapat tampilan seperti gambar.

Membuat Desain Undangan dengan Corel Draw

Membuat Desain Undangan dengan Corel Draw @ kompasiana.com

Artikel Terkait : Cara membuat Proposal Usaha

Melakukan Desain Pada Undangan

Setelah selesai membuat kotak dengan ukuran A4 dan membuat duplikatnya, langkah selanjutnya adalah membuat Guideline. Caranya cukup mudah yaitu dengan drag dan drop menarik garis dari samping kiri hingga berada pada posisi tengah seperti yang diperlihatkan pada gambar.

Guidline ini digunakan sebagai acuan garis lipatan pada undangan. Karena undangan yang akan kita buat menggunakan model lipat maka buatlah guideline ini pada posisi tengah.

Langkah berikutnya adalah membuat duplikat kotak rectangle yang di kiri dengan cara copas lalu posisikan kotak tersebut di posisi kanan seperti yang dijelaskan pada gambar. Setelah dua kotak dengan ukuran sama terbentuk saatnya untuk berkreasi membuat desain undangan dengan font dan gambar favorit.

Membuat Desain Undangan Pernikahan

Membuat Desain Undangan Pernikahan @ Kompasiana.com

Bila kamu kesulitan mendapatkan font dan ornament bisa mendownload melalui internet. Banyak situs-situs besar yang menyediakan gambar gratis dengan kualitas tinggi seperti pixabay, Bucketlistly, Picography, Pexels dan masing banyak lagi sumber gambar lainnya. Oke bila telah memiliki font dan ornament, kita lanjut pada langkah berikutnya.

Bahan yang diperlukan adalah foto kamu dan pasangan yang sudah diedit terlebih dahulu di photoshop serta dengan font yang unik.

Langkah pertama masukan terlebih dahulu photo ke dalam dokumen dengan cara import gambar. Setelah itu pilih gambar yang ingin di masukan dengan cara browser pada direktori di komputer kamu. Atur gambar backgaround tersebut dengan drag & drop gambar dari posisi kiri atas ke kanan pojok bawah sampai terbentuk gambar seperti ini.

Setelah undangan memiliki background yang bagus, saatnya berkreasi dengan font serta ornament. Buatlah sesuai dengan selera kamu atau bisa juga mengikuti panduan gambar di bawah ini.

Undangan Pernikahan Sederhana

Undangan Pernikahan Sederhana @ kompasiana.com

Setelah desain selesai dibuat terus bagaimana langkah selanjutnya? Ya, tentu desain tersebut harus di cetak dan diantarkan pada orang yang mau diundang ke pernikahan. Untuk mencetak undangan kamu bisa menggunakan jasa cetak undangan yang cukup mudah ditemui.

Yang perlu diperhatikan adalah format file yang desain yang akan dicetak disarankan untuk menggunakan format pdf atau file asli Corel Draw.

Hal ini untuk menjaga kualitas gambar yang dicetak agar tidak rusak. Untuk menyimpan desain dalam bentuk PDF atau CDR bisa mengikuti langkah sebagai berikut. Klik menu file pilih Export, lalu pilih Save As Type nya menjadi PDF lalu Save.

Sampai di sini dulu tutorial cara membuat undangan pernikahan dengan menggunakan software Corel Draw. Semoga bisa memberikan manfaat, jangan lupa bantu share. Agar makin banyak orang yang merasakan manfaat dari artikel ini. Untuk hasil terbaik, kamu harus mencetak undangan pernikahan tersebut dengan print yang berkualitas. Salah satu print yang bisa digunakan adalah printer dtg, kamu bisa mendapatkannya di tepat jual printer dtg.

5 Comments

  1. wisata murah bandung
  2. bayu
  3. Jesica-us

Leave a Reply