Cara Memulai Bisnis Kuliner Rumahan yang Menguntungkan

Untuk kamu yang hobi memasak tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha kuliner di rumah. Banyak orang yang kurang percaya diri untuk membuka bisnis kuliner ini, padahal banyak sekali peluang yang bisa diambil. Buat kamu yang tidak bisa memasakpun bisa mengambil peluang ini.

Banyak sekali resep-resep masakan yang betebaran di internet yang bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan menu dalam bisnis kulinermu. Memulai sebuah bisnis itu memang gampang-gampang susah, anda perlu beberapa trik dan konsistensi agar sukses di bisnis ini.

Cara Membuka Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

Cara Membuka Bisnis Yang Menjanjikan
bucks.happeningmag.com

Jika kamu bisa menerapkan hal ini pada bisnis kuliner yang kamu buka, maka kesuksesan bukanlah lagi sebuah mimpi.

1.Cerdas Dalam Menentukan Jenis Makanan

Langkah awal untuk memulai bisnis kuliner adalah menentukan jenis makanan apa yang akan kamu jual. Sebaiknya kamu memilih jenis makanan yang telah kamu kuasai resep dan cara pembuatanya. Susunalah prioritas menu apa saja yang bisa kamu buat, misal kamu sudah jago dalam membuat pecel lele, maka jadikanlah menu pecel lele itu sebagai menu andalan untuk menarik pelanggan.

2.Lakukan Survei Pasar

Riset pasar merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis yang baru kamu buka. Lakukan survei mengenai daftar pesaing mengenai makanan apa saja yang dijual dilingkunganmu, harga yang mereka tawarkan dan berapa banyak jumlah pesaing yang membuka usaha yang sama dengan kamu. Buatlah menu yang belum ditawarkan oleh kompetitor.

3.Buatlah Pembeda Pada Produk

Tentukan Unique Selling Point
www.flintlockstudios.co.uk

Satu lagi yang harus kamu lakukan bila membuka bisnis yang memiliki banyak pesaing, yaitu dengan memberikan nilai tambah pada produk yang kamu jual. Kreatifitas kamu dituntut disini, sebagai contoh bila kompetitor kamu banyak yang menjual nasi goreng.

Bila kamu ingin menjual nasi goreng juga kamu harus memberikan nilai tambah pada nasi goreng yang kamu jual. Misal kamu membuat nilau tambah pada bumbunya, jadi nasi goreng bumbu rempah, atau mungkin bisa membuat nasi goreng dengan level kepedasan. Hal ini akan lebih menarik pelanggan kamu.

4.Tentukan Harga Jual

Ketika memulai bisnis kuliner buatlah harga yang menarik pelanggan untuk datang. Misal lakukan promosi terbatas dengan harga yang murah. Perlu diningat walaupun harga yang ditawarkan lebih murah, tetap lah memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan kamu.

5.Bersikap Ramah Terhadap Konsumen

Bersikaplah yang ramah terhadap pelanggan kamu, buatlah pelanggan kamu yang merasa nyaman dan ingin kembali lagi ke tempat kamu.

6.Jagalah Kebersihan Tempat Usaha

Jagalah kebersihan tempat usahamu agar pelanggan yang datang merasa nyaman. Kebersihan tempat usaha merupakan hal yang vital untuk bisnis kuliner. Bisa kamu bayangkan sendiri bila tempat makanmu berantakan dan tidak terjaga kebersihanya, pasti kamu tidak akan suka makan di tempat seperti itu. Nah begitu juga dengan pelanggan kamu pasti mengingikan hal sama juga.

7.Management Yang Baik

Setip bisnis pasti membutuhkan management yang baik agar mampu bertahan. Begitu pula bisnis kuliner, management yang baik akan memudahkanmu untuk mengotrol dan mengawasi bisnis kuliner yang kamu jalankan. Hal yang perlu kamu atur dengan baik seperti karyawan, jam operasional dll.

Management karyawan sangat penting untuk dilakukan agar mereka bekerja secara baik dan maksimal. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar karywan kamu bekerja secara baik adalah memberikan punisment dan reward. Berikan hukuman bila mereka malakukan kesalahan dan berikan hadiah bila mereka bekerja dengan baik.

Artikel Terkait :  Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *