Cara Mudah Optimasi Blog

Cara Mudah Optimasi Blog

Jika anda baru belajar membuat blog atau toko online, anda wajib membaca artikel ini sampai selesai ūüėÄ , Karena saya akan membahas cara mudah optimasi blog agar muncul di nomor satu di mesin pencari atau minimal empat besar. Saya tahu mungkin¬†search engine optimization (SEO)¬†merupakan hal yang tidak mudah untuk untuk anda¬†karena banyak hal yang harus dipelajari.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara agar web anda bisa jadi nomor satu di google atau minimal empat besar saya mau membuat disclimer dulu.

“Bahwa dengan mengikuti panduan yang saya tulis ini, saya TIDAK GARANSI anda bisa mendapatkan ranking tinggi di Google.”

tidak memberikan garansi
tidak ada garansi web anda muncul di halaman satu google

Karena apa yang akan anda dapatkan sangat bergantung dengan pengalaman, insting serta ilmu anda, serta uang anda untuk membeli tools-tools untuk mensupport anda. Setelah membaca disclimer maka segala resiko menggunakan informasi di halaman ini 100% ada di tangan anda.

Pada tutorial kali ini saya akan membahas beberapa teknik seo dari apa yang saya pelajari dari berbagai sumber, pada dasarnya tahapan dalam mengoptimasi SEO ada 3 hal yang harus anda lakukan.

Tiga Tahapan Dalam SEO

  • Keyword Research,

    Proses mencari keyword yang memiliki potensi pencarian yang tinggi dan memiliki tingkat persaingan rendah ataupun sedang. proses awal ini wajib anda lakukan, karena hasil dari riset yang anda lakukan sangat menentukan cepat atau lamanya web anda masuk di halaman pertama google.

  • On Site SEO

    Proses pembuatan website yang tersetruktur dengan baik dimulai dari memilih nama domain, pemasangan theme wordpress yang teroptimasi dengan baik,plugin-plugin pendukung untuk memudahkan anda dalam proses optimasi website anda, serta konten-konten yang berkwalitas yang akan anda sajikan dalam web.

  • Off Site SEO

    Ini merupakan proses membangun backlink, authority domain, social profile di situs sosial populer, pembelian backlink PR tinggi, cara-cara mendapatkan backlink gratis dan juga sosial bookmark.

Dari ketiga hal yang saya jelaskan di atas, untuk saat ini akan saya bahas tentang optimasi on site, sedangkan dua yang lainya akan saya bahas lebih detail di artikel yang lain.

Optimasi Artikel

Menulis artikel di web selain memperhatikan faktor keterbacaan terhadap manusia anda juga harus membuat artikel yang bisa dibaca oleh google. Agar artikel anda bisa terbaca oleh google artikel yang anda buat harus memuat empat hal ini:

  1. Artikel yang anda tulis minimal memuat 500 kata
    wajarnya artikel yang membahas suatu niche idealnya memiliki 500 kata atau lebih, sehingga apa yang akan di sampaikan benar-benar bisa di tulis dengan detail dan yang membaca artikel tersebut bisa mengerti dengan apa yang anda sampaikan.
  2. Mengandung dua gambar
    Dengan mengunakan gambar akan membantu pembaca dalam mengilustrasikan apa yang di sampaikan, selain itu, orang yang mengunjungi webste anda akan lebih nyaman. Agar gambar yang anda gunakan bisa terbaca oleh google anda harus mengatur Title, Caption, Alt texs dan Description, lihat gambar

    optimasi gambar
    Cara mengoptimasi gambar
  3. Mengandung H3 Dan H4
    Heading ini sangat penting dalam sebuah artikel, dengan heading anda bisa melihat tema suatu artikel. Format yang bagus peletakan H3 dan H4 dalam setiap artikel adalah meletakan h4 di antara h3.

    Cara-Membuat-Judul-di-HTML1
    contoh besar huruf h1 sampai h6
  4. Mengandung Internal Linking.¬†Internal linking adalah link yang menghubungkan antar url yang masih dalam satu web. tujuan utamanya adalah agar pengunjung yang membaca web anda bisa membaca artikel lain yang masih memiliki hubungan tema. Sehingga pengunjung akan lebih lama berada di website anda dan itu akan memberikan efek positif pada website yang anda kelola, contoh ini adalah “ contoh internal linking ” jika anda mengklik tulisan yang berwarna biru tersebut anda akan di arahkan ke halaman utama di web ini.

Belajarlah membuat artikel dengan format yang saya jelaskan tadi minimal satu hari satu untuk latihan agar skill menulis anda terasah dan dapat membuat artikel yang enak dibaca. Untuk tutorial selanjutnya saya akan menjelaskan lebih detail tentang plugin-plugin yang harus anda instal di web anda.

Artikel Terkait :  Belajar Dari Mengembala Ternak

3 thoughts on “Cara Mudah Optimasi Blog

Leave a Comment