Cara Membuat Curriculum Vitae

Contoh Curriculum Vitae CV yang Efektif dan Menarik

Contoh Curriculum vitae – Contoh CV atau daftar riwayat hidup biasa juga disebut dengan resume merupakan salah satu dokumen yang berisi tentang gambaran dari diri Anda. Oleh karena itu ketika akan membuat sebuah surat lamaran kerja selalu diminta untuk melampirkan curriculum vitae.

Lalu bagaimana contoh curriculum vitae yang bagus agar bisa menunjang surat lamaran kerja sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Curriculum vitae adalah salah satu dokumen yang akan dilihat pertama kali oleh sebuah perusahaan untuk menilai rekam jejak seorang pelamar kerja.

Oleh karena itu penulisan CV yang baik sangatlah penting, karena akan menimbulkan kesan pertama perusahaan pada Anda. Kalau boleh dibilang bahwa apa yang telah Anda tulis di CV merupakan sebuah usaha self-branding dan menjual keahlian sehingga bisa terpilih sebagai orang yang akan mengisi sebuah posisi kerja yang dibutuhkan.

Oleh karena itu menulis curriculum vitae yang baik dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan idaman. Lalu bagaimana cara menulis CV yang efektif dan menarik?

Artikel Terkait : Contoh Surat Pengunduran Diri

Membuat Curriculum Vitae yang Baik dan Efektif

Contoh Curriculum Vitae atau Resume
Contoh Curriculum Vitae atau Resume – palcomtech.com

Sebelum membahas tentang cara membuat curriculum vitae yang efektif, terlebih dahulu akan kami bahas tentang apa itu CV atau resume, dan apa yang dimaksud dengan curriculum vitae. Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang memberikan penjelasan secara ringkas mengenai siapa diri Anda, hal apa saja yang telah Anda raih pada masa lalu, bagaimana relevansi pengalaman yang Anda dapatkan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, serta alasan hal-hal lain yang membuat Anda menjadi orang yang tepat untuk mengisi posisi sebuah pekerjaan dibandingkan dengan kandidat yang lain. Sederhananya CV atau resume merupakan sebuah gambaran ringkas tentang diri Anda ke dalam sebuah tulisan. Curriculum vitae yang baik akan membuat orang yang membaca CV tersebut bisa membayangkan dengan baik orang yang ada di dalam CV tersebut sebelum bertemu secara fisik.

Artikel Terkait :  Contoh Surat Penawaran dan Cara Membuatnya

Lalu apa saja kegunaan curriculum vitae?

CV atau resume biasanya diminta oleh perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk memudahkan dalam mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar yang mempunyai relevasi dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

CV atau Resume digunakan oleh para pelamar kerja untuk menuliskan kemampuan serta kompetensi yang dimiliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Apa saja jenis curriculum vitae

Curriculum vitae berdasarkan urutan kronologis Jenis CV inilah yang biasanya digunakan oleh banyak orang. Curriculum vitae ini lebih mengedepankan penulisan pendidikan dan pengalaman kerja dalam sebuah urutan kronologis.

Biasanya jenis CV model ini sangat baik digunakan oleh orang yang memiliki tipe pekerjaan yang sama sepanjang karirnya, sehingga akan terlihat perkembangan Anda di dalam pekerjaan yang pernah dilakukan. CV model ini juga disenangi oleh beberapa perusahaan karena format penyusunannya yang dimulai dari pengalaman terbaru.

Curriculum vitae berdasarkan keterampilan Curriculum vitae model ini lebih berfokus pada kemampuan yang dimiliki dibandingkan dengan pengalaman kerja. Fungsi dari CV model ini adalah untuk menyakinkan perusahaan bahwa Anda memiliki ketrampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Jenis curriculum vitae yang ini cocok untuk para pencari kerja yang baru lulus sekolah atau orang yang ingin ganti cabang pekerjaan lain untuk mendapatkan pengalaman kerja baru. Pilihlah curriculum vitae yang cocok dengan keadaan saat Anda saat ini. Yang harus diperhatikan adalah CV ini digunakan untuk menuliskan nilai-nilai positif dari diri Anda, sehingga akan memperbesar kemungkinan diterima kerja di perusahaan tersebut.

Artikel Terkait : Contoh Surat Lamaran Kerja

Apa Saja yang Harus Dicantumkan dalam Sebuah Curriculum vitae

Contoh Curriculum Vitae yang Baik
Contoh Curriculum Vitae yang Baik – tipskarir.com

Data Pribadi

Bagian ini berisi tentang sebuah data pribadi Anda saat ini, seperti nama, nomor kontak, handphone, alamat rumah, serta identitas pribadi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Pendidikan

Pada bagian ini Anda bisa mengisi dengan latar belakang pendidikan yang telah dijalani mulai dari pendidikan dasar sampai ke jenjang perguruan tinggi. Tuliskan juga pendidikan non formal yang pernah Anda ikuti, karena hal ini akan menjadi poin plus dari diri Anda.

Pengalaman Kerja

Bagian ini biasanya merupakan hal yang sering diperhatikan oleh perusahaan yang ingin merekrut karyawan. Pengalaman kerja akan memberikan gambaran apakah Anda cocok untuk mengisi posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Pada bagian ini perusahaan akan mengetahui kemampuan, jam terbang dan apakah nantinya Anda bisa langsung menyesuaikan diri di tempat kerja yang baru atau malah sebaliknya. Oleh karena itu pada bagian ini Anda harus menuliskan secara detail apa yang Anda kerjakan di tempat kerja yang lama, posisi Anda, dan job desc yang sehari-hari Anda lakukan.

Ketrampilan yang Dimiliki

Di dalam sebuah curriculum vitae Anda juga harus menjelaskan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan tersebut diperoleh apakah hanya dari proses belajar atau berdasarkan pengalaman dari pekerjaan yang sebelumnya. Sebaiknya jangan menirukan kebiasaan banyak orang yang menuliskan seperti :

mampu berkomunikasi dengan baik, bisa bekerja sama dengan tim, cepat belajar hal baru atau kata-kata umum lainnya. Kata-kata seperti itu tidak akan memberikan nilai tambah pada diri Anda karena banyak orang juga melakukan hal serupa. Pada bagian ini sebaiknya Anda bisa mengisi dengan kemampuan nyata yang dimiliki seperti menguasai dua bahasa, serta terampil dalam menggunakan aplikasi-aplikasi komputer.

Training apa Saja yang Telah Diikuti

Masukan daftar pelatihan apa saja yang pernah Anda ikuti selama ini, dan juga berikan keterangan tentang perkembangan dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Bila Anda pernah mengikuti banyak training, jangan masukan semua daftarnya karena akan akan sangat panjang. Pilihlah beberapa training yang memiliki “nama” atau yang mungkin relevan dengan apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini.

Kegiatan Ekstrakulikuler

Bagian ini akan memberikan gambaran perusahaan tentang aktivitas Anda di masyarakat. Bila Anda mengisi jabatan tertentu maka sebaiknya diisi sehingga akan menambah nilai dari diri Anda. Hal ini menunjukan Anda memiliki keahlian dalam membagi waktu sera wawasan yang luas tidak cuma sebatas kemampuan dalam pekerjaan.

Bagaimana membuat CV yang efektif dan menarik? Apa tips dan trik dalam membuat CV yang menarik?

Perbarui Resume Anda Sekarang
Perbarui Resume Anda Sekarang – duniaprofesional.com

Rapi dan Mudah Dibaca

Hal ini merupakan sebuah syarat yang harus dipenuhi bila ingin membuat sebuah curriculum vitae yang efektif dan menjual. Penampilan curriculum vitae yang Anda buat akan menjadi kesan pertama bagi perusahaan bila ingin melanjutkan ke tahap selanjutnya atau melemparkan CV Anda ke tempat sampah karena susah dibaca.

Sedangkan kerapian akan menggambarkan bahwa Anda seorang yang disiplin, tertib, teratur dan sistematis serta memiliki kemampuan bekerja sama dengan tim. Jadi pastikan dalam membuat curriculum vitae Anda harus menggunakan jenis huruf yang baik, ukuran normal dan spasi jangan terlalu rapat. Ejaan serta gaya bahasa juga harus disesuaikan, gunakanlah bahasa baku yang baik dan benar.

Memberikan Informasi Lengkap

Curriculum vitae yang bagus adalah yang menyajikan informasi dengan ringkas dan lengkap dan memudahkan orang yang membacanya untuk mengetahui informasi yang diberikan. Gunakan bahasa formal serta penyusunan kalimat yang baik dan konsisten dalam sebuah dokumen yang Anda buat. Selain itu faktor penting yang jarang dipubilkasi adalah tulislah tentang diri Anda dengan jujur dan akurat.

Disajikan Secara Ringkas

Curriculum vitae atau resume yang baik yaitu yang memberikan informasi dengan lengkap, tetapi resume yang Anda tulis harus panjang. Cobalah untuk menuliskan informasi penting tentang diri Anda secara mendetail ke dalam 1-2 halaman.

Konsistensi Karir

Maksud dari konsistensi karier adalah bila Anda bekerja dalam suatu posisi tertentu secara konsisten. Sudah menjadi rahasia umum bila perusahaan akan mengutamakan orang-orang yang konsisten dalam melaksanakan pekerjaannya dalam rekrutmen berikutnya. Pihak perusahaan akan memilih para spesialis dalam bidang tertentu untuk mengisi pos pekerjaan yang dibutuhkan.

Karir Progresif

Jenjang karir Anda di perusahaan lama akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk merekrut Anda menjadi bagian dari mereka. Karena hal inilah yang menjadi salah satu indikator yang paling nyata apakah Anda mampu untuk memberikan performa maksimal dalam posisi pekerjaan yang diisi. Sehingga Anda akan mendapatkan ganjaran dari prestasi yang diraih.

Achievement

Cantumkan juga prestasi apa saja yang telah Anda raih dalam tiap jabatan yang diisi sebelumnya. Inilah kesempatan Anda untuk menunjukan kemampuan dan juga prestasi sesungguhnya kepada perusahaan yang akan merekrut Anda. Dengan melampirkan berbagai penghargaan yang Anda raih akan memperbesar kesempatan Anda untuk diterima bekerja di tempat tersebut.

Custom Made

Yang dimaksud disini adalah membuat sebuah curriculum vitae sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini bukan berarti memanipulasi informasi yang disampaikan tetapi lebih ke memilih informasi apa saja yang akan disampaikan dan informasi yang tidak perlu disampaikan. Tulislah kompetensi yang Anda miliki yang mendekati kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Contoh Curriculum Vitae yang Menarik

Contoh Curriculum Vitae
Contoh Curriculum Vitae – teropongbisnis.com

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi :

Nama : Maulana Malik

Tempat, Tanggal Lahir : Magetan, 5 November 1982

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Alamat : Jl. Gorang gareng No. 24 Magetan Jawa Timur

Telepon : 0813 6464 8915

Latar belakang Pendidikan

Formal 1996 – 1999 : SMPN 1 Magetan 1999 – 2002 : SMK 2 Magetan 2002 – 2005 : LP3I Madiun

Non Formal

1999 – 1999 : Kursus Komputer di Bina Info Madiun

1999 – 2000 : Kursus Bahasa Inggris di Toec Jawa Timur

2002 – 2003 : Kursus Akuntansi di Lembaga PAPP

Kemampuan Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi. Salary Calculation, Project Data Updating, Journal printing & Calculation, Ledger, Calculation, Inventory Controls Teller & Petty Cash Payroll  ) Kemampuan Komputer (MS Excel, MS Word, MS Access, MS Outlook, MS PowerPoint dan Internet) Memahami Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja Praktek Kerja Lapangan: Praktek Kerja di : PT Astra Karawang Periode : April 2005 – Juni 2010 Tujuan : Persyaratan kelulusan SMK 2 Magetan Posisi : Administrasi Rincian Pekerjaan: – Mengupdate data konsumen – Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen – Menyiapkan surat-surat penawaran untuk konsumen – Menyiapkan tagihan Bekerja di PT. Andess Coklat Mandiri Sejahtera Banda Aceh Periode : Januari 2010 – Mei 2013 Status : Karyawan Tetap Posisi : Staf Finance Rincian pekerjaan : – Melakukan surat menyurat bisnis – Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok – Mengelola kas kecil – Mengontrol persediaan peralatan kantor – Penggajian (payroll) Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya. Magetan, 13 Maret 2015 Maulana Malik

Untuk menambah wawasan Anda tentang cara pembuatan resume dan curriculum vitae, kamu bisa melihat diagaram di bawah ini, semoga bermanfaat.

Ketahui yang HRD cari dalam Resume
Infographic oleh Karir Rakyat – Portal Lowker Indonesia
Kesimpulan:

“Kalau Anda ingin bisa melewati tahapan pertama dari sebuah rekrutmen, tidak ada yang bisa dilakukan selain berusaha sebaik mungkin membuat CV atau resume yang “menjual” dan mampu meyakinkan pihak perusahaan atau headhunter mengenai kemampuan dan kompetensi yang dimiliki”

3 thoughts on “Contoh Curriculum Vitae CV yang Efektif dan Menarik

Leave a Comment