Contoh Surat Dinas dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Contoh Surat Dinas – surat dinas untuk memberikan perintah, undangan atau hal lain yang berkaitan dengan kegiatan kelembagaan. Lalu bagaimana contoh surat dinas yang baik? Sebelum lebih jauh membahas tentang surat dinas, tentu alangkah lebih baik bila terlebih dahulu mengerti apa itu surat dinas? Lalu apa fungsi dari dibuatnya surat dinas? Bagian-bagian apa saja yang harus ada di dalam surat dinas? Dan segudang pertanyaan lainnya. Anda akan mengetahui jawabannya bila membaca artikel ini sampai selesai.

Tujuan dibuatnya surat dinas adalah untuk memberikan sebuah informasi antar instansi dengan media surat. Bagi yang pernah menjadi anggota OSIS pasti sudah tidak asing lagi dengan surat dinas, karena organisasi ini biasanya menggunakan media surat untuk menyampaikan informasi kepada anggotanya.

Banyak sekali contoh-contoh surat dinas bertebaran di internet, tetapi sangat jarang yang membahas bagian-bagian dari surat tersebut serta bagaimana cara membuatnya. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas tentang surat dinas.

Baca Juga : Contoh Surat Resmi yang Baik dan Benar

Pengertian dan Contoh Surat Dinas

Contoh dan Cara Membuat Surat Resmi

Contoh dan Cara Membuat Surat Dinas

Surat dinas adalah salah satu media komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi tentang kedinasan, dibuat oleh lembaga, pejabat, organisasi atau instansi pemerintah maupun swasta.

Karena surat ini dibuat oleh seseorang yang memiliki kedudukan tinggi di pemerintahan atau perusahaan, maka surat dinas sering juga disebut dengan surat jabatan. Selain itu surat dinas juga bisa disebut dengan surat resmi karena biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi seperti pemerintah atau perusahaan swasta yang memiliki kewenangan untuk membuat surat tersebut.

Jenis-jenis Surat Dinas

Surat dinas sendiri terbagi dalam berbagai jenis tergantung dari fungsi dan siapa yang mengeluarkan surat tersebut. Ada juga surat dinas yang dikeluarkan oleh perorangan untuk mengundang seseorang motivator atau traner untuk meningkatkan kinerja. Ada juga surat yang dibuat untuk menyampaikan informasi. Berikut jenis-jenis surat dinas.

Surat Permohonan Surat Dinas

Surat permohonan ini berisi tentang permohonan atau permintaan sesuatu pada pihak lain. Misalnya permohonan kepada seseorang untuk mengisi dalam suatu acara seperti seminar. Atau permohonan izin, permohonan pindah tugas/mutasi dan juga pinjaman sesuatu.

Surat ini biasanya dikirimkan kepada instansi yang secara structural organisasi yang lebih tinggi. Sementara itu untuk instansi atau pejabat yang memiliki kedudukan lebih rendah lebih tepat disebut dengan surat permintaan atau penugasan. Di dalam surat permohonan wajib disebutkan beberapa hal pokok berikut.

  1. Identitas pemohon
  2. Isi permohonan.
  3. Tujuan dan alasan pemohon.
  4. Batas waktu maksimal untuk menjawab permohonan.
  5. Pernyataan kesungguhan dalam memohon.
  6. Surat Pemberitahuan

Surat ini biasanya berisi tentang suatu informasi baru yang akan disosialisakan agar diketahui oleh pihak lain yang terkait dengan informasi tersebut. Surat ini bersifat hanya menyampaikan informasi oleh karena itu tidak memerlukan tanggapan atau balasan dalam bentuk surat. Secara umum surat pemberitahuan dibuat dengan sistematik seperti berikut.

  • Bagian pembuka, berisi masalah utama dari dibuatnya surat.
  • Bagian isi, berisi rincian, uraian, keterangan, atau penjelasan dari masalah pokok yang akan diberitahukan.
  • Bagian penutup, berisi harapan agar pihak yang dituju memaklumi hal yang disampaikan.
  • Surat Keterangan

Surat ini biasanya berisi tentang keterangan resmi tantang status atau kondisi seseorang yang dikeluarkan oleh pejabat yang memiliki kewenangan. Contohnya surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan sehat dan terbebas dari narkoba yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Selain itu ada juga surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan dan juga surat pengalaman kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan. Surat keterangan biasanya diterbitkan oleh pemimpin atau pejabat tinggi dalam sebuah institusi atas permintaan seseorang yang mempunyai kepentingan. Berikut hal-hal yang harus ada dalam surat keterangan.

  1. Data pribadi dan jabatan pihak yang membuat keterangan.
  2. Data pribadi pihak yang diterangkan.
  3. Isi keterangan.
  4. Keterangan tanggal berlakunya surat.
  5. Pernyataan bahwa keterangan yang dibuat adalah benar.

Artikel Terkait : Contoh Surat Penawaran Barang

Memo dan Nota Dinas

Memo Note

Memo Note – bonjourlife.com

Memo merupakan singkatan dari kata memorandum yang berasal dari kata memory yang memiliki arti ingatan. Sedangkan istilah note yang memiliki arti catatan. Memo atau nota dinas merupakan salah satu surat khusus yang dipakai antar instansi atau pejabat di lingkungan suatu lembaga.

Penggunaan memo resmi tentu sangat berbeda dengan memo pribadi. Memo pribadi biasanya digunakan oleh perseorangan dan bisa dikirimkan kepada siapa saja, asalkan orang tersebut sudah mengenal dengan baik dengan pengirim memo.

Cara Menulis Surat Dinas

Dalam penulisan surat dinas biasanya menggunakan bahasa baku. Ada beberapa syarat dan kaidah yang harus dipenuhi dalam membuat surat dinas diantaranya menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia yang memiliki ejaan yang berlaku.

Sedangkan untuk format surat dinas juga memiliki peraturan khusus diantaranya harus mengandung kepala surat atau kop surat, nomor surat, hal, lampiran jika ada, tanggal pembuatan surat, alamat yang dituju serta salam pembuka dan penutup. Cara pembuatan surat dinas sudah pernah ulas lengkap pada artikel contoh dan cara membuat surat resmi.

Contoh Surat Dinas yang Baik

Contoh Surat Dinas yang Menarik

Contoh Surat Dinas yang Menarik – taromapriyanto.com

Walaupun sudah dijelaskan di atas tentang surat dinas beserta bagian-bagian yang ada di dalamnya terkadang untuk membuatnya masih merasa kesulitan. Oleh karena itu kami akan memberikan contoh surat dinas untuk dijadikan referensi, sehingga bisa membuat surat dinas dengan format yang baik.

Inilah beberapa contoh surat yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber yang bisa dijadikan sumber referensi dalam membuat surat dinas.

Contoh surat dinas sekolah

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 21 YOGYAKARTA
Jl. Jayakarta 12 yogyakarta, Telp 6361612172

Yogyakarta, 2 mei 2015
Nomor : 299/smk21/2015

Lampiran : –
Perihal : Undangan Wali Murid

Yth. Orang Tua / Wali Murid
SMK Negeri 21 Yogyakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb., salam sejahtera bagi kita sekalian
Dalam rangka memperingati hari jadi SMK Negeri 21 Yogyakarta, Kami selaku pengurus OSIS SMK Negri 21 Yogyakarta akan melakukan acara peringatan dan santunan kepada anak yatim piatu, kami mohon kiranya para Orang Tua / Wali Murid dapat berpartisipasi acara tersebut, oleh karena itu kami mohon kehadirannya pada :

Hari / tanggal : Selasa / 20 mei 2015
Tempat            : Gedung serba Guna SMK Negri 21 Yogyakarta
Acara                : Partisipasi dari Orang Tua / Wali Murid

Mengingat pentingnya acara tersebut, di mohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Mengetahui,
Kepada Sekolah SMK Negeri 21 Yogyakarta                                               Ketua OSIS

 

( Tanda tangan )                                                                                             ( Tanda tangan )

 

Contoh Surat Dinas Resmi

Contoh Surat Dinas Resmi

Contoh Surat Dinas Resmi

Surat Perintah

KOP SURAT
_________________________________________________________
Berdasarkan hasil rapat tahunan kecamatan Bumiayu tentang pelaksanaan acara tahunan menyambut kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -70 dengan ini;
Nama :
NIP :
Jabatan :

MEMERINTAHKAN
Nama :
NIP :
Jabatan :
Untuk menyusun rencana kegiatan dan mengatur proses pelaksanaan acara tahunan menyambut kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 70 di sekitaran desa wilayah Bumiayu.
Surat perintah ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.
Bumiayu. 3 Mei 2015
Kepala Camat Bumiayu
Nama
________________
NIP

Yups cukup dulu ya, jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu yang membutuhkan supaya bisa lebih banyak lagi yang merasakan manfaat dari artikel ini. Oh, bila kamu ingin membuat curriculum vitae saya sarankan untuk membaca artikel saya tentang contoh curriculum vitae yang efektif dan menarik.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Aquascape di Aquarium dengan Cara yang Mudah

2 Comments

  1. Sugeng
  2. sabar

Leave a Reply