Pengertian dan Contoh Karangan Eksposisi yang Baik

Contoh Karangan Eksposisi – Sebelumnya kita telah belajar bagaimana membuat paragraf-paragraf eksposisi. Nah, dari keseluruhan paragraf eksposisi tersebut jika digabungkan akan membentuk sebuah karangan eksposisi.

Karangan eksposisi memiliki tujuan untuk memberikan informasi sedetail mungkin kepada para pembaca, dengan gaya penulisan yang akurat dan padat. Karangan eksposisi bersifat imiah disertai fakta-fakta yang ada, disesuaikan dengan topik yang dibahas.

Apa Itu Paragraf Eksposisi

learniseasy.com

Fakta-fakta tersebut disusun secara runut dengan menggunakan kata sambung seperti sebab akibat “dengan demikian, oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi” , kata sambung konsesif “namun, akan tetapi, meskipun demikian” dan juga kata sambung kronologi “kemudian, lalu”.

Bahasa yang disampaikan menggunakan bahasa baku dan penyampainya bersifat mengajak namun tidak memaksakan pembacanya.

Karangan eksposisi memiliki beberapa karakteristik yang harus diketahui, untuk karakteristik yang pertama yaitu karangan ini memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada pembaca. Kedua pembahasan topik yang diangkat benar-benar terjadi.

Ketiga bersifat mengajak namun tidak mempengaruhi atau memaksakan pembaca. Keempat menyajikan analisis terhadap fakta-fakta yang ada. Dan yang terakhir menyatakan sebuah proses kerja atau peristiwa yang terjadi.

Cara Membuat Karangan Eksposisi

Cara Membuat Karangan Eksposisi

Cara Membuat Karangan Eksposisi

Bagi Anda yang ingin menyusun atau menulis karangan ekpsosisi bisa ikuti langkah-langkah pembutan karangan eksposisi, diantaranya:

1. Sebelum membuat karangan, cobalah tentukan terlebih dahulu topik yang akan dibahas.
2. Setelah memilih topik kemudian dirincikan sesuai urutan kronologisnya.
3. Selanjutnya tentukan pula tujuan dari karangan eksposisi tersebut.
4. Buatlah kerangka karangan terlebih dahulu secara lengkap.
5. Kembangkan kerangka karangan tersebut, sehingga ciri-ciri dari karangan eksposisi bisa tersalurkan dalam karangan tersebut.
6. Perkuat tesis dengan sebuah kesimpulan di akhir paragraf.

Contoh Karangan Eksposisi

Contoh Karangan Eksposisi

Contoh Karangan Eksposisi

1. Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan

Penyakit kencing manis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, kini di Indonesia penderita kencing manis terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kecing manis atau disebut juga penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan kurangnya hormon insulin yang dihasilkan pankreas, hormon insulin tersebut berguna untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Jika tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan baik, maka kadar gula dalam darah meningkat, hal ini disebut juga Hiperglikemia.

Diabetes disebabkan karena beberapa faktor seperti faktor keturunan, usia, virus, kolestrol, hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Saat ini penyakit ini hanya bisa dikontrol, yaitu membatasi kadar gula didalam tubuh. Ada beberapa gejala awal dari penyakit ini diantaranya seperti sering buang air kecil terutama dimalam hari, dehidrasi hal ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan, berat badan turun drastis, lelah, kesemutan, serta jika luka dikulit sulit disembuhkan.

Gejala diatas merupakan gejala awal penyakit diabetes, dan diharapkan penderita untuk periksakan diri ke dokter. Diabetes sendiri memiliki 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2.

Untuk tipe satu merupakan diabetes yang disebabkan keturunan, dan tidak bisa dicegah. Sedangkan diabetes tipe dua merupakan diabetes yang dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Untuk menghindari diabetes tipe dua, didalam kehidupan sehari-hari kita bisa menerapkan gaya hidup sehat. Dengan cara rutin berolahraga, mengatur pola makan yang sehat, dan juga menjaga berat badan tetap ideal. Dengan gaya hidup sehat tersebut kita bisa mencegah penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya diabetes.

2. Contoh Karangan Eksposisi Tentang Pencemaran Lingkungan

Karangan Eksposisi Pencemaran Lingkungan

bukanbocahbiasa.com

Indonesia merupakan negara yang sering terjadi kebakaran hutan, biasanya kebakaran hutan terjadi di pulau sumatra dan kalimantan.

Kebakaran hutan tersebut bukan hanya merusak hutan itu sendiri tetapi menyebabkan pencemaran udara, sehingga mengganggu kesehatang dan juga aktivitas penerbangan.

Kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan bukan hanya memenuhi beberapa kota besar di sumatra dan kalimantan, bahkan kabut asap tersebut sampai ke negara tetangga seperti Singapura dan Kalimantan.

Kebakaran hutan biasanya terjadi di musim kemarau yang panjang, sehingga api sangat susah sekali di padamkan. Ditambah dengan adanya lahan gambut yang semakin mudah terbakar, dan sangat sulit dipadamkan sehingga munculnya kabut asap dimana-mana.

Dengan terbakarnya hutan menimbulkan berbagai macam polemik, permasalahan yang muncul salah satunya kabut asap. Kabut asap sangat menggangu lingkungan masyarakat sekitar.

Bukan hanya permasalahan kabut asap yang ditimbulkan, permasalahan lainya seperti rusaknya hutan dan banyak binatang kehilangan habitatnya. Adanya kabut asap membuat aktivitas mayarakat menjadi terganggu.

Kabut asap menimbulkan masalah kesehatan yang serius di masyarakat, penyakit yang ditimbulkan seperti iritasi, bronchitis bahkan ISPA.

Masyarakat yang terus menerus terpapar kabut asap akan menderita penyakit tersebut, jika kabut asap tidak ditangani dengan segera akan banyak masyarakat yang mengalami infeksi, alergi, dan peradangan.

Paling parah dari dampak kabut asap adalah penyakit ISPA atau disebut dengan penyakit inspeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang daya tahan tubuh manusia dikarenakan lingkungan yang kurang sehat.

3.Contoh Karangan Eksposisi Tentang Budidaya

Contoh Karangan Eksposisi Tentang Budidaya

eramet.com

Ikan merupakan salah satu hewan air yang banyak dipelihara oleh manusia, mulai dari untuk hiasan rumah hingga jualan. Memelihara ikan, terutama ikan hias akan memberikan ketenangan serta kesegaran ketika orang lain melihatnya. Memelihara ikan perlu perawatan yang rutin sehingga ikan kita tidak mati.

Dalam memelihara ikan hias yang harus dilakukan adalah mempersiakan kolam atau akuarium, tata sebaik mungkin aquarium tersebut sehingga memberikan kenyamanan orang yang melihatnya.

Isilah aquarium tersebut dengan air bersih serta masukan pula ikan hias yang sebelumnya telah disiapkan. Untuk memilih ikan carilah ikan yang kondisinya lincah dan tidak cacat.

Untuk pemberian pakan haruslah teratur, biasanya dilakukan tiga kali dalam sehari. Jangan terlalu banyak memberi pakan agar air tidak keruh, dan ikan tidak mati. Carilah pakan ikan yang sesuai dengan jenis ikan yang dipelihara.

Pearawatan seperti pembersihan aquarium dan juga penggantian air harus rutin dilakukan minimal seminggu sekali. Sebelum aquarium dibersihkan sebaiknya ikan-ikan ditaruh terlebih dahulu di dalam ember yang berisi air bersih.

Dalam memelihara ikan sebaiknya jangan satukan antara ikan kecil dan ikan besar, hal ini agar tidak terjadi kanibalisme. Untuk peletakan aquarium bisa diletakan diruang tamu, atau juga ruang kerja. Kesegaran yang diberikan oleh pemandangan ikan di aquarium merupakan salah satu obat stress, dan membuat orang bersemangat lagi.

4.Contoh Karangan Eksposisi Tentang TIK

Contoh Karangan Eksposisi Tentang TIK

kompasiana.com

Media komunikasi merupakan sarana dalam berkomunikasi, media komunikasi juga merupakan alat yang digunakan untuk berbagai kegiatan komunikasi.

Media komunikasi juga banyak sekali macamnya, ada yang berupa media cetak, dan juga media elektronik. Media cetak seperti salah satunya surat kabar, sedangkan elektronik salah satunya internet dan juga televisi.

Di era globalisasi ini, perkembangan media komunikasi semakin berkembang dengan didukung teknologi-teknologi terkini. Sekarang ini dikenal adanya teknologi informasi, dimana teknologi ini membantu manusia seperti membuat, edit, simpan, berkomunikasi, serta menyebarkan informasi.

Dengan adanya teknologi informasi ini sehingga mempermudah pertukaran informasi semakin cepat dan efisien. Bahkan seseorang yang tinggal di daerah bisa berkomunikasi dengan saudaranya berada diluar negeri.

Teknologi informasi juga semakin berkembang, seseorang bisa mencari informasi dengan cepat dimanapun ia berada. Salah satu teknologi sekarang ini adalah internet, internet merupakan teknologi informasi dan komunikasi yang kini paling banyak dipakai seperti untuk pendidikan, bisnis, dan juga lainnya.

Internet untuk pendidikan seperti adanya perpustakaan online sehingga mempermudah pelajar ataupun mahasiswa untuk mencari buku-buku tanpa harus ke perpustakaan dikampusnya. Selain itu internet juga dipakai sebagai tempat untuk diskusi, sekarang ini orang dengan mudah dapat berdiskusi melalui jejaring sosial yang terdapat di internet.

Artikel Terkait :  Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan dan Skripsi

Leave a Reply