Contoh Karya Tulis Ilmiah

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pengaruh Facebook Terhadap Remaja Usia Sekolah

Karya tulis ilmiah mungkin sudah tidak asing lagi bagi pelajar maupun mahasiswa, bahwa untuk mereka menulis karya tulis ilmiah sangat dituntut untuk bisa. Karya tulis ilmiah tidak seperti halnya karya tulis fiksi, dimana karya tulis ilmiah berisikan fakta-fakta yang ada di lapangan dan disesuaikan dengan aturan dan metode penelitian.

Karya tulis ilmiah itu sendiri adalah suatu karangan yang ditulis berdasarkan keilmuan dengan didukung oleh data dari hasil pengamatan, peninjauan, serta penelitian pada suatu bidang tertentu. Penulisan karya tulis ilmiah disusun secara sistematika dengan bahasa yang santun dan isinya juga harus bisa dipertanggung jawabkan kebenarnya.

Ciri-ciri karya tulis ilmiah yaitu bersifat obyektif, netral, sistematis, dan logis. Sedangkan untuk kebahasaan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar serta sopan atau bahasa formal. Karya tulis ilmiah bertujuan untuk membuktikan suatu hipotesa dengan memberikan penjelasan, penilaian, saran, serta sanggahan dari penulis.

Tahapan Membuat Karya Tulis Ilmiah

Cara Membuat Karya Ilmiah
Cara Membuat Karya Ilmiah

Bagi Anda yang ingin menulis karya tulis ilmiah, sebelumnya harus melakukan tahapan demi tahapan terlebih dahulu agar mendapatkan karya tulis ilmiah yang baik. Dibawah ini ada langkah-langkah bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah, yakni.

Tahap Pemilihan Tema

Pemilihan tema merupakan tahap awal yang harus disiapkan, hal ini karena tema merupakan pokok pikiran. Carilah tema yang menarik untuk diangkat agar menghasilkan karya tulis ilmiah terbaru.

Tahap Pembatasan Tema

Pertama tema yang dipilih sangatlah luas, namun agar mempermudah penelitian tema tersebut harus dipersempit. Ini agar penulis bisa fokus terhadap permasalan utama yang akan digarapnya.

Tahap Menentukan Maksud dan Tujuan

Adanya maksud dan tujuan dalam sebuah karya tulis ilmiah, hal ini agar pembaca mengetahui dan faham maksud dan tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah tersebut. Tujuan karya tulis biasanya disesuaikan dengan jenis karya tulis jadi tidak semua sama.

Tahap Pembuatan Outline

Outline atau garis besar merupakan suatu rencana kegiatan dalam membuat suatu karya tulis ilmiah yang akan digarap.

Tahap Pengumpulan Data

Tahap ini merupakan tahap yang sangat penting, dimana penulis harus menyusun instrumen, menguji instrumen, dan juga mengumpulkan data. Untuk pengumpulan data bisa melakukan observasi ke lapangan dan juga study literatur.

Tahap Analisis Data

Setelah data terkumpul data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data, biasanya peneliti atau penulis menggunakan 2 teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitaif. Teknik kualitatif merupakan teknik yang tidak berhubungan dengan angka biasanya hasilnya berupa kesimpulan. Untuk teknik kuantitatif merupakan teknik analisis yang berhubungan dengan angka, biasanya dengan menggunakan rumus statistik.

Tahap Penyusunan Kerangka Laporan

Setelah data telah teranalisis, saatnya mulai melakukan penulisan karya tulis ilmiah yaitu berypa draft atau kerangka laporan. Biasanya kerangka laporan ini dikembangkan dengan study literarur, data dilapangan, data hasil analisis, dan kesimpulan yang telah diperoleh.

Tahap Revisi

Agar karya tulis ilmiah memiliki isi berbobot dan sesuai dengan apa yang telah diteliti, maka revisi harus dilakukan. Misalnya skripsi, dalam karya tulis ilmiah skripsi sangat dibutukan sekali revisi dari mentor atau pembimbing skripsi. Hal ini agar skripsi yang dihasilkan lebih berkualitas dan juga berbobot.

Tahap Pelaporan

Tahap ini merupakan tahap presentasi hasil karya tulis, dan Anda selaku penulis harus mempertangungjawabkan hasil karya tulis tersebut didepan penguji atau pihak pembaca melihat presentasi Anda.

Macam-macam Karya Tulis

Menulis Karya Ilmiah
Menulis Karya Ilmiah

Ada bermacam-macam jenis karya tulis ilmiah diantaranya makalah, laporan penelitian, kertas kerja, skripsi, tesis, disertasi, karya tulis ilmiah populer, dan orasi ilmiah. Diantara karya tulis ilmiah diatas yang paling populer adalah makalah dan skripsi, terutama bagi pelajar dan mahasiswa.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Laporan Penelitian

Judul: Laporan Penelitian Tentang Pengaruh Facebook Terhadap Remaja Usia Sekolah

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan internet kini sudah dirasakan semua orang mulai dari untuk mencari bahan ajar untuk mereka yang berprofesi sebagai guru, untuk melacak letak lokasi bagi mereka yang sedang kebingungan mencari lokasi. Kini perkembangan internet sudah dirasakan oleh kalangan masyarakat, pendidikan dan juga usia. Dan bahkan hampir semua golongan akrab dengan namanya internet.

Internet semakin hari perkembangannya semakin pesat disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya website dan juga berbagai aplikasi smartphone yang terhubung dengan internet. Salah satu website yang paling terkenal saat ini yaitu website jejaring sosial facebook, yang dimana pengguna bisa berinteraksi, chat, dan juga video call. Pada Proposal penelitian ini penulis meneliti dan menganalisa dampak dari sosial media facebook terhadap remaja terutama anak sekolah atau pelajar.

1.2 Rumusan Masalah

Dibawah ini beberapa rumusan masalah yang disesuikan dengan judul proposal ini.

a) Apakah yang dimaksud facebook dan kegunaanya?

b) Kenapa remaja usia sekolah banyak yang menggemarinya?

c) Apa saja dampak dari penggunaan facebook bagi remaja?

1.3 Tujuan Penelitian

a) Mengetahui penggunaan facebook sebenarnya

b) Mengetahui alasan kenapa remaja menggemari facebook

c) Mengetahui dampak negatif dan positif penggunaan facebook

1.4 Hipotesis

Berikut hipotesis dari penelitian ini:

Ho : Tidak adanya pengaruh facebook bagi pelajar terhadap prestasi belajar

Hi : Adanya pengaruh facebook bagi pelajar terhadap prestasi belajar

BAB II

METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskritif. Dimana dalam metode penelitian ini kami gunakan laporan hasil penelitian dengan beberapa indikator.

2.1 Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif, hal ini dikarenakan penelitian yang dilakukan hanya sebentar.

2.2 Lokasi Penelitian

Lokasi penelitian yaitu di lingkungan SMKN 1 Kepu

2.3 Metode Pengumpulan Data

1. Metode Observasi

Metode observasi merupakan metode yang dilakukan secara langsung ke lapangan, dengan melihat situasi dan yang ada dilapangan.

2. Metode Study Pustaka

Kajian literatur ini untuk membantu metode observasi, study pustaka meliputi sumber internet, surat kabar, dan juga buku.

2.4 Populasi dan Sampel

Populasi yang penulis teliti yaitu seluruh siswa siswi SMKN 1 Kepuh, dengan hanya mengambil 20 sample dari berbagai kelas dan jurusan.

BAB III

PEMBAHASAN

3.1 Sejarah Facebook

Facebook merupakan salah satu website jejaring sosial paling besar, pertama kali dikenalkan yaitu pada tahun 4 Februari 2004 dengan pendirinya Mark Zuckerberg. Tepatnya pada Juli 2007 situs ini memiliki jumlah pengguna paling banyak dibandingkan dengan yang lainnya. Dan Kegunaan facebook yang sebenarnya yaitu untuk mempermudah penggunanya untuk berinteraksi sosial melalu internet walaupun jarak terbentang jauh.

3.2 Dampak Positif Facebook

a. Mempermudah penggunanya dalam melakukan diskusi secara bersama melalui fitur facebook seperti facebook group.

b. Mempermudah melakukan messanging dengan teman tanpa mengeluarkan data banyak.

c. Tempat sharing atau berbagi pengalaman paling efektip.

3.3 Dampak Negatif Facebook

a. Terkena autis

b. Anti sosial

c. Boros

d Kesehatan terganggu

e. Kurang belajar

f. Tersebarnya data pribadi

g. Rawan perselisihan

h. Rawan penipuan
3.4 Alasan Remaja Usia Sekolah Menggunakan Facebook

1. Mempermudah diskusi masa pelajaran disekolah

2. Untuk mencari teman baru

3. Hiburan

3.5 Pencegahan dalam Penggunaan Facebook

1. Jangan terlalu banyak upload photo profile cukup 1 saja, hal ini agar terhindar dari pencurian data pribadi kita seperti poto.

2. Sosial media bukan sebagai ajang perselisihan.

3. Kesopanan juga harus dijaga.

4. Update status yang berguna dan baik.

BAB IV

PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa facebook suatu media sosial atau jejaring sosial yang memiliki sisi negatif dan juga sisi positif. Facebook juga banyak manfaat bagi pendidikan terutama sebagai tempat diskusi belajar, namun juga memberikan dampak negatif. Tapi Semua itu tergantung pada diri kita sendiri sebagai pengguna facebook. Namun, orang tua dan sekolah harus ikut andil dengan melakukan memberikan arahan menggunakan facebook yang baik dan benar agar tidak menyimpang.

4.2 Saran

Penggunaan facebook bagi remaja harus dibatasi karena mereka harus ingat bahwa belajar merupakan hal lebih penting dari bermain facebook atau menggunakan facebook. dan untuk pihak sekolah melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada remaja agar remaja mengetahui dampak buruk dari facebook.

Artikel Terkait :  Contoh Jenis Karangan Teks Deskripsi Terbaik

1 thought on “Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pengaruh Facebook Terhadap Remaja Usia Sekolah

Leave a Comment