Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan dan Skripsi

Contoh Kata Pengantar – Menyusun sebuah kata pengantar biasanya gampang-gampang susah. Contoh kata pengantar bisa didapatkan pada banyak karya ilmiah seperti makalah, skripsi, laporan dan lain sebagainya. Susunan kata pembuka dari sebuah karya tulis ini biasanya terletak di halaman awal.

Meski banyak digunakan di berbagai karya tulis, ada sebagian orang yang merasa kesulitan dalam menulis sebuah kata pengantar.

Keberadaan kata pengantar dalam sebuah karya tulis biasanya dibuat secara singkat dan padat. Isinya berupa rasa syukur karena telah menyelesaikan karya tulis serta berbagai ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu.

Penyusunan kata pengantar selayaknya dilakukan dengan baik karena pada bagian inilah pembaca memberikan kesan mereka terhadap karya yang dibuat.

Pengertian dan Cara Membuat Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar
Contoh Kata Pengantar – aelixa.pt

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah “kata pengantar”? Tetapi tahukah Anda apa pengertian kata pengantar?

Kata pengantar biasanya terdapat di awal sebuah karya tulis seperti skripsi, makalah, atau buku. Menurut kamus bahasa Indonesia kata pengantar adalah pandangan atau paparan umum yang ditulis secara singkat dan jelas yang berfungsi sebagai pendahuluan isi sebuah tulisan (makalah. skripsi, dan buku).

Secara umum kata pengantar diisi dengan berbagai ucapan syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu serta harapan dari penulis terhadap karya yang dibuatnya.

Kalimat yang digunakan di dalam kata pengantar harus mudah dimengerti, singkat, padat, dan tidak bertele-tele. Kata pengantar biasanya hanya satu halaman atau paling banyak dua halaman saja. Isi dari kata pengantar hendaknya dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca isi karya tulis selanjutnya.

Cara Membuat Kata Pengatar

Untuk membuat kata pengantar cukup mudah, hanya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar.

  1. Kata pengantar biasanya diawali dengan kalimat pujian kepada kepada Allah Subhanahu wa ta’ala seperti ungkapan rasa syukur karena telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan karyanya dengan baik.
  2. Memberikan gambaran dari karya tulis yang Anda buat secara ringkas. Jangan lupa juga menuliskan tujuan dari karya tulis yang Anda buat.
  3. Mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang membantu dalam proses pembuatan karya tulis. Misalnya dukungan dari keluarga, teman atau kerabat, serta berbagai pihak lain yang memiliki peran dalam pembuatan karya tulis.
  4. Kata pengantar juga berisi harapan dari penulis pada karya yang telah dihasilkan, misalnya harapan karya tulis yang telah dibuat bermanfaat bagi pembacanya.
  5. Bagian yang terakhir adalah permintaan maaf kepada berbagai pihak apabila masih ada kekurangan dalam karya yang dibuat. Selain itu juga perlu menuliskan untuk memberikan kritik serta saran dari pembaca.

Itulah poin-poin penting dalam membuat kata pengantar. Bagaimana mudah bukan? Dengan memahami isi setiap bagian Anda akan bisa membuat kata pengantar jenis apapun.

Kumpulan Contoh Kata Pengatar Makalah, Laporan dan Skripsi

Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Kata Pengantar Makalah – infokekinian.com

Setelah membahas cara membuat kata pengantar yang baik, tidak lengkap rasanya kalau tidak sekalian memberikan contoh kata pengantar yang digunakan pada berbagai karya tulis. Dengan adanya contoh kata pengantar ini bisa Anda jadikan refrensi dalam menyusun sendiri kata pengantar pada karya tulis yang akan dibuat.

Setiap karya tulis mempunyai ciri khas tersendiri oleh karena itulah kata pengantar  pengantar yang digunakan hendaknya menyesuaikan. Dengan begitu karya tulis yang dibuat akan lebih lengkap. Berikut adalah berbagai contoh kata pengantar yang digunakan pada sebuah karya tulis.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru
Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru – pixabay.com

Biasanya ketika sudah masuk ke perguruang tinggi sering mendapat tugas membuat makalah atau laporan singkat tentang suatu penelitian obyek tertentu. Dalam membuat makalah tentu harus memperhatikan bagian-bagian dari karya tulis tersebut diantaranya adalah kata pengantar.  Berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar untuk makalah.

Kata Pengantar Makalah Ekonomi

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala karena telah memberikan kesempatan untuk menyelesaikan Makalah Ekonomi Pembangunan ini tepat waktu.

Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan Makalah Ekonomi Pembangunan ini. Tanpa dukungan dari berbagai pihak mungkin makalah ini tidak bisa selesai tepat waktu.

Kami menyadari makalah yang kami buat ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Akhir kata kami mengharapkan Makalah Ekonomi Pembangunan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Jakarta 20 Oktober 2016

Penulis

Kata Pengantar Makalah Sederhana

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan kami berbagai macam nikmat, sehingga aktivitas hidup ini banyak diberikan keberkahan. Dengan kemurahan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik.

Ucapan terima kasih tidak lupa kami haturkan kepada dosen dan teman-teman yang banyak membantu dalam penyusunan makalah ini. Kami menyadari di dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian.

Oleh karena itu kami meminta maaf atas ketidaksempurnaanya dan juga memohon kritik dan saran untuk kami agar bisa lebih baik lagi dalam membuat karya tulis ini.

Harapan kami mudah-mudahan apa yang kami susun ini bisa memberikan manfaat untuk diri kami sendiri,teman-teman, serta orang lain.

Bandung, 15 November 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan

Contoh Kata Pengantar Laporan
Contoh Kata Pengantar Laporan – pixabay.com

Dalam menyusun sebuah laporan kegiatan umum, praktikum, observasi, ataupun penelitian harus disusun dengan baik. Salah satu bagian yang sering diabaikan adalah kata pengantar, padahal bagian inilah yang memberikan kesan pertama bagi pembaca. Oleh karena itulah dalam membuat kata pengantar untuk laporan harus dibuat dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah beberapa contoh kata pengantar laporan yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Kata Pengantar Laporan Praktikum

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya untuk Allah atas segala berkat, rahmat yang sangat besar, laporan Praktikum Kimia ini bisa saya selesaikan.

Dalam penyusunannya, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Anto yang telah memberikan bimbingan, dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dukungan dari keluarga dan juga teman-teman dekat juga membuat saya bersemangat dalam menyelesaikan laporan ini. Semoga laporan praktikum kimia ini memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari laporan praktikum saya ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun Kesempurnaan itu sepertinya hal yang mustahil. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas makalah praktikum kimia ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya mengucapkan terimakasih, semoga hasil laporan praktikum saya ini bermanfaat.

Bandung, 11 Maret 2016

Penyusun

Kata Pengantar Laporan Kerja Praktek

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat membuat dan menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Kerja Praktek ini tepat waktu.

Kerja Praktek ini merupakan salah satu kurikulum yang wajib ditempuh di Departemen Elektro Politeknik Negeri Bandung. Laporan Kerja Praktek ini disusun untuk melengkapi kerja praktek yang telah dilaksanakan lebih kurang satu bulan di PT Maju Jaya Indonesia, khususnya di divisi Telekomunikasi.

Laporan kerja praktek ini bisa diselesaikan tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :

1. Dosen Pembimbing
2. Pimpinan PT Maju Jaya Indonesia
3. Karyawan PT Maju Jaya Indonesia

Penulis menyadari bahwa banyak kekurangan dari laporan ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat masih kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

Terimakasih.

Bandung, 11 Maret 2016

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi
Contoh Kata Pengantar Skripsi – pixabay.com

Seperti karya tulis ilmiah yang lain, dalam pembuatan skripsi membutuhkan kata pengantar yang diletakan di bagian awal sebelum daftar isi.

Fungsi dari kata pengantar ini adalah untuk menyampaikan pesan dari penulis kepada pembaca mengenai perjuangan dalam menulis karya ilmiah tersebut.

Oleh karena itulah dalam kata pengantar selalu didahului dengan ucapan syukur dan juga terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam pembuatan skripsi. Berikut beberapa contoh kata pengantar skripsi.

Contoh Kata Pengantar Skripsi Mahasiswa

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul: Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Anak Kelompok B3 di TK Adi Permai Surabaya.

Ini untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan studi untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Strata Satu pada Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Penghargaan dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada keluarga yang telah mencurahkan segenap cinta dan kasih sayang serta perhatian moril maupun materil. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmat, Kesehatan, Karunia dan keberkahan di dunia dan di akhirat atas jasa yang telah diberikan kepada penulis.

Penghargaan dan terima kasih penulis berikan kepada Bapak Drs. H. Muh. Sukar, M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Hadriana, S.Sos, M.Pd selaku Pembimbing II yang telah membantu penulisan skripsi ini. Serta ucapan terima kasih kepada :

Bapak Dr. Syifa Nur, M. Hum selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya

Bapak Drs. H. Muh. Natsir, M.Si selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Bapak Anwar Said, S.Si selaku Ketua Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya
Ibu Kepala TK Adi Permai Surabaya.

Terima Kasih Kepada semua murid TK Adi Permai Surabaya
.
Sahabat-sahabatku (Yono, Ina Fitriana, Bunga Dahlia, Rani, Junarlan) dan rekan-rekan mahasiswa khususnya program studi S1 PGAUD.

Seluruh teman-teman Asrama Putri (Persahabatan dan kebersamaan kita tak akan kulupakan), buat orang terdekat saya (Ramadhan) yang selalu membantu di dalam penyusunan skripsi dan juga ucapan terimakasih atas perhatiannya selama ini terhadap penulis, Wa Ode Surianti, Hasnawati, Julianti terimakasih atas doanya. Dan juga Rika Astuti, Febriana, Ahmad Alfarezi, Kakak cinta kalian.

Akhir kata penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu, penulis memohon saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaannya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin

Surabaya, Maret 2016

Penulis

Cukup sekian dulu artikel kali ini. Semoga artikel tentang contoh kata pengantar makalah, laporan dan skripsi ini bisa membantu permasalahan Anda. Berikut beberapa contoh kata pengantar tambahan sebangai sumber refrensi kamu dalam membuat kata pengantar untuk makalah, laporan maupun skripsi.

Artikel Terkait :  Contoh Teks Anekdot Penjelasan Struktur Analisis Lengkap

One thought on “Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan dan Skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *