Contoh Laporan kegiatan

Contoh Laporan Hasil Kegiatan Sekolah yang Baik

Contoh Laporan Hasil Kegiatan – Bukan hal yang baru jika seseorang mengikuti sebuah kegiatan yang resmi. Biasanya, seseorang ditugaskan untuk mengikuti sebuah kegiatan, dan kemudian diwajibkan untuk membuat sebuah laporan hasil kegiatan. Meskipun mengikuti kegiatan bukanlah yang baru,  namun tidak semua orang sudah  terbiasa membuat laporan hasil kegiatan. Oleh karena itu, hingga saat ini masih banyak sekali orang yang membutuhkan contohlaporan hasil kegiatan untuk menyelesaikan laporannya.

Sebelum Anda langsung melihat contoh laporan hasil kegiatan, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu format dan bagian-bagian yang harus ada pada sebuah laporan hasil kegiatan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat laporan hasil kegiatan. Meskipun biasanya membuat laporan hasil kegiatan membutuhkan waktu hingga beberapa hari, namun Anda juga tidak perlu khawatirakan merasa sangat kesulitan, karena sekali lagi tidak ada yang terlalu sulit jika Anda inginmelakukannya.

Tips Dalam Membuat Laporan Kegiatan

Contoh Laporan kegiatan
Contoh Laporan kegiatan
  1. Bab I

Pada bab pertama laporan hasil kegiatanberisipendahuluan.Pendahuluan ini mencakup Latar belakang kegiatan hingga tujuan dilakukannyakegiatan tersebut. Itu sebabnya, Anda harus benar-benar serius ketika  mengikuti kegiatan sehingga Anda akan lebih mudah untuk menyusun bagian ini.

  1. Bab II

Bagian inilah yang menceritakan isi laporan Anda.Disini akanmembuat banyak hal, mulai dari judul dan tema kegiatan, tempat dan waktu kegiatan berlangsung, apa saja yang Anda lakukan dan lain sebagainya.

  1. Bab III

Bab tiga ini hanya berisi penutup.Tidak banyak halyang  perlu Anda masukan dalam bab ini. Namun, jika anda memiliki dokumen yang perlu dilampirkan, Anda bisa memasukannya disini.

Setelah paham dengan urutan tersebut, kini barulah saatnya Anda mengetahui contoh laporan hasil kegiatan.Berikut contoh laporan hasil kegiatan yang bisa Anda jadikan acuan dalam membuat laporan hasil kegiatan.

Artikel Terkait :  Contoh Naskah Drama Singkat Anak Sekolah

 

Contoh Laporan Hasil Kegiatan Sekolah

Cara Membuat Laporan Kegiatan
Cara Membuat Laporan Kegiatan

LAPORAN HASIL KEGIATAN

KUNJUNGAN KERJA DAN INDUSTRI

SMK PANCASILA

 

BAB I

Pendahuluan

  • Latar Belakang Kegiatan

Pada era sekarang ini, dunia bisnis dan industri memang berkembang semakin pesat saja, terlebih di Indonesia.Hal ini mengharuskan pelaku usaha dan industri memberikan terobosan terbaru dan meningkatkan standar kerja dan produk yang ada pada bisnis mereka.

Mengingat kemajuan dan persaingan yang terjadi diera dewasa ini,sudah bukan halyang rahasia lagi jika materipembelajaran yang diberikan disekolah terkadang masih dirasa belum maksimal karena hanya sebatas teori saja.

Oleh karena itu, maka diputuskan diadakannyaKegiatanKunjungan Kerja dan Industri yang akanmendatangi beberapa perusahaan.Tidak hanya sekedar untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan berjalan setiap harinya, kegiatan ini juga akan memberikanpara murid pengalaman yang akan sangat mereka butuhkan nantinya dimasa depan.

  • Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Memberikan pengalaman berharga bagi murid SMK Pancasilatentang dunia kerja dan industri.
  2. Memberikan pemahaman yang lebih dari teori yang selama ini diajarkan disekolah pada dunia nyata.
  3. Memberikan gambaran bagaimana dunia kerja dan industri di Indonesia.

 

BAB II

Laporan Kunjungan Industri

  1. Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan kunjungan kerja dan industri SMK Pancasila dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 21 Mei 2017.Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari termasuk perjalanan dari Yogyakarta hingga Jakarta.

Di Jakarta, kegiatan dilakukan di PT. Maju Indonesia. PT. Maju  Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi barang-barang elektronik. Perusahaan ini sendiri sudah berdiri lebih dari sepuluh tahun, sehingga tidak heran jika perusahaan sudah memiliki nama yang lumayan besar pada pasar Indonesia.

Selain PT. Maju Indonesia, kami juga mengunjungi Universitas Jakarta.Pada universitas ini, kami disambut oleh mahasiswa dari berbagai jurusan sehingga sangat membebaskan kami mengetahui apa saja mengenai jurusan yang ingin kami ambil nantinya.

 

  1. Jadwal Kegiatan1. Hari pertama

16:00 – 17.00        = Berkumpul disekolah dan pelepasan

17.00                     = Berangkat ke Jakarta

  1. Hari kedua

08.00                     = Tiba di Jakarta

08.00 –09.30         = Bersiap melakukan kunjungan dan sarapan

09.30 – 10.00        = Berangkat menuju PT. Maju Indonesia

10.00 –12.00         = Kunjungan di PT. Maju Indonesia

12.00 –13.00         = ISHOMA

13.00 – 13.30        = Berangkat menuju Universitas Jakarta

13.30 –14.30         = Kunjungan di Universitas Jakarta

14.30 – 15.00        = Menuju tempat oleh-oleh

15.00 –19.00         = Berbelanja oleh-oleh dan bermain

19.00 –19.30         = Menuju Penginapan

19.30                     = istirahat dan acara bebas

  1. Hari ketiga

08.00 –09.00         = Persiapan pulang dan sarapan

09.00 –20.00         = Perjalanan pulang

 

  1. Hasil Kegiatan

Hasil dari kegiatan dari kegiatan kunjungan kerja dan industri kali ini adalahmemberikan pengetahuan dan gambaran yang jelas mengenai dunia industri  yangnantinya akan dimasuki. Selain itu, kunjungan pada salah satu universitas juga akanmemberikan gambaran pada siswa yang nantinya akan menjadi mahasiswa.Karena meskipun SMK memang difokuskan untuk mencetak generasi yang cerdas dan mandiri, juga masih banyakdiantara mereka yang memutuskan untuk belajar kembali agar bisa mendapatkan pegangan ilmu yang lebih mumpuni.

 

BAB III


Penutup

  1. Kesimpulan

Dunia industri terus menerus berkembang, sehingga sebagai anak muda juga diharapkan bisa terus belajar dan mengasah diri agar nantinya tidak tenggelam pada perkembangan  dunia kerja dan industri yang terjadi.

Peralatan yang digunakan dalam memproduksi barang-barang elektronik juga semakin maju saja setiap tahunnya.

  1. Saran

Bagi Anda yangakanmengikuti kegiatan kunjungan serupa, sebaiknya sebelum kunjungan dilakukan sudah menyiapkan beberapa pertanyaan agar ilmu yang bisa didapatkan lebih optimal.

 

Dengan contoh laporan hasil kegiatan kunjungan di atas, semoga saja bisa membantu Anda yang sedang kesulitan dalam membuatnya. Isi dari laporan bisa saja sedikit berubah disesuaikan dengan kegiatan yang Anda lakukan.

Leave a Comment