Contoh Laporan Kegiatan Acara yang Baik dan Menarik

Contoh Laporan Kegiatan Acara

Contoh Laporan Kegiatan – Jika anda bekerja pada sebuah instansi, biasanya melakukan sebuah kegiatan bukanlah hal yang aneh untuk dilakukan. Setiap kegiatan tentu saja memiliki tujuan tertentu untuk dicapai, namun meskipun begitu, laporan kegiatan acara yang dibuat biasanya tidaklah jauh berbeda. Jadi, jika anda sudah pernah membuat laporan kegiatan acara sekali saja, maka selanjutnya anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya.

Sayangnya, belum semua orang bisa menyusun laporan kegiatan acara sehingga masih membutuhkan contoh laporan kegiatan acara. Jika anda baru saja akan membuatnya, sebelum langsung menuju contoh laporan kegiatan acara, anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal mengenai laporan ini terlebih dahulu.

Tips Menulis Laporan Kegiatan Acara

Contoh Laporan Kegiatan Acara

Contoh Laporan Kegiatan Acara – pixabay.com

Dalam membuat surat laporan kegiatan harus memperhatikan detail kegiatan yang dilakukan. Hal ini akan memudahkan anda dalam menyusun laporan.

Selain itu susunan dari laporan kegiatan yang dibuat juga harus diperhatikan, biasanya di dalam laporan kegiatan ada beberapa bab yang berisi judul, pembukaan dan penjelasan inti dari acara yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun laporan kegiatan acara.

  1. Laporan kegiatan biasanya terbagi menjadi tiga bab. Bab pertama berisi pembukaan, bab kedua yang akan menjelaskan isi dari kegiatan tersebut, dan bab ketiga yang dijadikan sebagai penutup. Dalam setiap babnya anda sebaiknya bisa memuat setiap informasi yang dibutuhkan dengan lengkap, namun tidak berlebihan.
  2. Laporan kegiatan acara merupakan laporan resmi, jadi anda harus bisa memilih bahasa yang anda gunakan di dalamnya. Bahasa yang harus anda gunakan ialah bahasa yang baku dan juga sopan.

Selain kedua hal di atas, anda juga sebaiknya mengetahui manfaat dari laporan kegiatan acara. Manfaatnya adalah sebagai berikut :

  1. Manfaat pertama dari laporan kegiatan acara ialah dapat digunakan sebagai arsip, yang sewaktu-waktu dapat dimasukkan atau digunakan kembali pada program rencana kerja.
  2. Dari laporan kegiatan acara anda juga bisa mengevaluasi acara tersebut, jika memang pada acara pertama masih terdapat kekurangan, maka pada acara selanjutnya anda bisa melakukan perbaikan dibagian tersebut.
  3. Sedangkan manfaat laporan kegiatan acara terakhir ialah dijadikan sebagai bukti bahwa kegiatan atau acara tersebut benar-benar telah dilakukan.Bukti ini yang nantinya akan anda berikan pda pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan
Artikel Terkait :  Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta Lengkap Beserta Format Dokumennya

Yang tidak kalah penting dalam laporan kegiatan acara sebelum masuk pada contoh laporan kegiatan acara ialah format laporan itu sendiri. Hal ini yang nantinya akan and jadikan acuan  dalam menyusun laporan kegiatan acara. Berikut format laporan kegiatan acara yang paling dasar dan umum :

  1. Pendahuluan

Pada pendahuluan ini anda akan menceritakan alasan anda melakukan acara tersebut pada Latar belakang. Setelah latar belakang, anda juga masih harus menuliskan maksud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan.

  1. Isi Laporan

Pada bagian inilah anda memberikan laporan secara real mengenai kegiatan tersebut.Bagian-bagian yang ada pada isi laporan kegiatan acara ini biasanya berupa tempat dan waktu acara dilangsungkan, panitia yang bertugas, peserta kegiatan, pelaksanaan kegiatan itu sendiri hingga anggaran dana yang dibutuhkan.

  1. Penutup

Sedangkan bagian terakhir dalam laporan kegiatan acara ialah bagian penutup. Bagian ini biasanya tidak terlalu panjang, namun jika anda memang memiliki data yang perlu dilampirkan, maka anda bisa melampirkannya pada bagian penutup ini.

 

Setelah anda paham  dengan beberapa hal mengenai laporan kegiatan acara di atas, maka barulah anda memahami contoh laporan kegiatan acara berikut.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Skripsi yang Baik

Contoh Laporan Kegiatan dan Pertanggung Jawaban

Cara Membuat Laporan Kegiatan Acara

Cara Membuat Laporan Kegiatan Acara

KEGIATAN PESANTREN KILAT

SMA WIRATAMA

 

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

Bulan suci Ramadhan selalu dijadikan moment yang tepat dalam menambah amalan baik sekaligus memperbanyak ilmu keagamaan. Janji Allah untuk menambahkan lipatan pahala pada bulan ini juga membuat siapa saja semakin bersemangat dalam beribadah.

Mengingat hal tersebut, maka SMA Wiratama akan melaksanakan Pesantren Kilat bagi seluruh siwa-siswinya untukmeningkatkan rasa semangat dalam bulan Ramadhan ini.

  1. Maksud Dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini ialah:

  1. Memberikan ilmu agama yang lebih mendalam bagi siswa siswi.
  2. Menumbuhkan rasa kebersamaan diantara para siwa.
  3. Memupuk rasa semangat dalam menyambut dan menjalankan bulan Ramadhan

 

Isi Laporan

  1. Nama dan Jenis Kegiatan

Kegiatan ini disebut dengan  Pesantren Kilat SMA Wiratama. Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan dimana siswanya diwajibkan untuk menginap disekolah selama tiga malam. Tidak hanya belajar ilmu agama, ada beberapa kegiatan lains yang dilaksanakan seperti outbond dan pertunjukan yang harus dilakukan para siswa.

 

  1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan Pesantren Kilat ini akan dilaksanakan pada tanggal  1 hingga 3 Agustus 2017. Dan akan dilangsungkan di SMA Wiratama.

 

  1. Susunan Panitia

Susunan Panitia kegiatan Pesantren Kilats SMA Wiratama terlampir dilampiran

 

  1. Peserta Kegiatan

Pesantren Kilat SMA Wiratama wajib diikuti oleh seluruh siswa siwi yang sudah kelas dua dan kelas tiga.

 

  1. Anggaran

Rincian anggaran biaya baik pemasukan dan pengeluaran terlampir dillampiran.

 

  1. Pelaksanaan Kegiatan

Adapun rincian jadwal pelaksaan kegiatan adalah sebagai berikut.

Hari Pertama

09.00 – 11.00              = Pembukaan Pesantren Kilat SMA Wiratama

11.00 –13.00               = ISHOMA

13.00 – 15.00              = Materi Pesantren Kilat pertama

15.00 – 17.00              =ISHOMA

17.00 –19.00               = Pengajian sore

19.00 – 22.00              = Materi Pesantren Kilat kedua

 

Hari kedua

05.00 – 06.00              = Shalat subuh dan kultum

06.00 – 07.30              = Olahraga

07.30 – 09.00              = Sarapan dan bersiap untuk materi

09.00 – 12.00              = materi Pesantren Kilat ketiga

12.00 – 13.30              = ISHOMA

13.30 –15.00               = Kegiatan Outbond

15.00 –17.00               = ISHOMA

17.00 – 19.00              = Pengajian sore sekaligus shalat maghrib dan makan malam

19.00 – 22.00              =materi Pesantren Kilat keempat

22.00                           = Istirahat

 

Hari Ketiga

05.00 – 06.00              = Shalat Subuh dan Kultum

06.00 – 08.00              = Olahraga pagi sekaligus srapan

08.00 – 10.00              = materi Pesantren kilat terakhir

10.00 – 12.00              = Penutupan acara dan pulang

 

Penutup Laporan

Demikianlaporan kegiatan acara Pesantren Kilat SMA Wirataama ini. Semoga acara ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya karena memang memberikan dampak yang sangat baik bagi pawa siswa dan siswi.

 

Itulah beberapa hal penting berserta contoh laporan kegiatan acara. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam membuat laporan kegiatan secara baik dan benar. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda melalui media sosial.

Leave a Reply