Contoh Laporan Kegiatan Sekolah

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah yang Baik dan Benar

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah Pada sekolah memang biasanya banyak sekali acara yang dilaksanakan. Setelah cara-acara tersebut selesai digelar, maka hal berikutnya yang harus dilakukan membuat laporan kegiatan tersebut. Membuat laporan kegiatan sekolah sebenarnya bukanlah hal yang sangat sulit dilakukan, namun orang-orang biasanya langsung berpikir bahwa hal ini akan sulit dan lebih memilih meminta orang lain untuk melakukannya.

Yang terpenting dari membuat laporan kegiatan sekolah ialah memahami terlebih dahuluapa saja yang harus terdapat di dalamnya, termasuk sistematikapenulisannya. Jika anda sudah paham betul denganhal tersebut, maka anda tidak akan menemukan kendala lagi dalam menyusun laporan kegiatan sekolah.

Pelajari Juga : Contoh Kata Pengantar Makalah

Membuat Laporan Kegiatan Sekolah

Contoh Laporan Kegiatan Acara
Contoh Laporan Kegiatan Sekolah – pixabay.com

Tidak berbeda jauh dengan laporan lainnya, biasanya laporan kegiatan sekolah terdiri dari tiga bab, yakni bab pendahuluan, babisi laporan dan bab penutup.  Pada bab kedua atau bab isilah tempat dimana anda menuliskan laporan dengan sejelas-jelasnya.

Namun ada juga yang langsung membuatnya berurutan tanpa menggunakan format Bab. Yang perlu anda pahami disini, jelas bukan berarti anda merangkumnya secara berlebihan, melainkan tetap dengan bahasa yang singkat namun dapat menggambarkan seluruh dari kegiatan sekolah yang dilaksanakan.

Banyak dari anda yang mungkin masih bertanya-tanya, mengapa laporan kegiatan sekolah perlu  untuk dibuat. Oleh karena itu, anda sebaiknya mengetahui beberapa manfaat dari membuat laporan kegiatan sekolah berikut ini :

  1. Manfaat pertama dari laporan kegiatan sekolah ialah dijadikan bukti bahwa kegiatan tersebut sudah berlangsung. Bukti ini erat kaitannya dengan pertanggungjawaban terhadap pihak yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut, misalnya pihak pemberi dana.
  2. Sedangkan manfaat keduanya ialah untuk dijadikan sebagai arsipsebuah organisasi. Arsip ini juga nantinya bisa dimasukkan ke dalam program rencana kerja, baik yang saat ini sedang dijalankan maupun rencana kerja pada waktu yang akan datang.
  3. Dan manfaat laporan kegiatan sekolah terakhir adalah untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi. Dalam kegiatan yang sedang berlangsung, biasanya ada kondisi dimana terjadi sesuatu yang tidak ada dalam jadwal atau rencana, dengan laporan kegiatan sekolah yang dibuat, anda bisa menjadikannyabahan evaluasi setelah kegiatan dan dijadikan pelajaran untuk kegiatan selanjutnya.

Dari beberapa poin penting di atas, barulah kini saatnya anda mulai belajar membuat laporan kegiatan sekolah. Agar lebih mudah dan lebih jelas, berikut contoh laporan kegiatan sekolah.

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah
Contoh Laporan Kegiatan Sekolah

 

Contoh Laporan Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS)

SMA NEGERI 3 LANGSA

TAHUN AJARAN 2016 / 2017

1. Pendahuluan

Masa Orientasi Siswa atau yang sering disingkat oleh MOS merupakan kegiatan yang tujuannya untuk mengenalkan lingkungan sekolah baru bagi siswa siswi yang baru saja akan mulai belajar disebuah sekolah. Mengingat perlunya adaptasi pada proses tersebut, maka sangat diperlukan bimbingan dan arahan untuk mengenallingkungan sekolah tersebut.

Tidak hanya untuk sekedar mengenal lingkungan yang baru, MOS jugamemberikan ilmu dan nilai lainnya yang berkaitan erat dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi mengingat usia para calon peserta MOS yang masih remaja dan lebih mudah untuk terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik. Dengan beragam kegiatan pada MOS kali ini diharapkan bisa mengurangi pengaruh buruk tersebut pada siswa siswi baru SMA N 3 Langsa.

2. Dasar

Penerimaan siswa siswi baru SMA Negeri 3 Langsayang sudah berhasil menyaring kurang lebih 100 anak dari sistem ujian. Banyaknya jumlah tersebut membuatguru kewalahan jika harus mengenalkan lingkungan sekolah secara pribadi.

3. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari dilaksanakannya MOS SMA N 3 Langsaialah :

  1. Mengenalkan siswa siswi baru dengan lingkungan sekolah
  2. Memberikan materi dan ilmu yang berkaitan dengan problematika anak mudasehingga dapat dijadikan pegangan untuk masa muda mereka
  3. Menanamkan rasa kebersamaan dan saling menghargai antar sesama siswa SMA N 3 Langsa

4. Kepanitiaan

Susunan Panitia dalam kegiatan MOS adalah sebagai berikut

Penanggung Jawab                 : Djalalludin Raden M.Pd

Ketua Panitia                           : ArdianArda

Sekretaris                                : Sinta Mulia

Bendahara                              : Aprinawati

Anggota                                   : 1. Anggota 1

2. Anggota 2, dst

5. Peserta

Jumlah peserta yang didapatkan dari jumlah siswa baru baru ialah

Laki-laki           : 48 orang

Perempuan     :52 orang

Jumlah             : 100 orang

6. Jadwal Kegiatan

Kegiatan MOS SMA N 3 Langsa akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 1 dan 2 Januari 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA N 3 Langsa. Adapun rincian jadwalnya adalah sebagai berikut.

Hari Pertama

07.30 – 08.00              = Pembukaan MOS

08.00 – 08.30              = istirahat

08.30 –09.30               = PBB

10.00 –12.00               = Materi MOS pertama

12.00 – 13.00              = ISHOMA

13.00 –14.30               = Materi MOS kedua

Hari Kedua

07.30 –08.30               = PBB

08.30 – 09.00              = Istirahat

09.00 –11.30                = materi MOS ketiga

11.30 – 13.00               =ISHOMA

13.00 –14.00               = Materi MOS keempat

14.00 s/d selesai         = Perpisahan MOS

7. Hasil

Dari berbagai kegiatan di atas, hasil yang didapatkan antara lain :

  1. Meningkatkan jiwa kepemimpinan dari pada masing-masing siswa baru
  2. Mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa juga Visi Misi SMA Negeri 3 Langsa
  3. Meningkatkan nilai etika dan agama yang dijadikan sebagai pegangan dalam menjalani kehidupan sebagai seorang individu
  4. Meningkatkan kesadaran akan kedisiplinan dan ketertiban pada aturan sekolah
  5. Menyalurkan minat juga bakat dari setiap siswa pada kegiatan ekstrakurikuler yang ada pada SMA N 3 Langsa

8.Saran

Berkaca dari kegiatan MOS di atas, maka kami mengusulkan agar

  1. Kegiatan MOS ini agar diselenggarakan setiap tahunnyadi SMA N 3 Langsa
  2. Semakindidukungnyakegiatan MOS ini dengan menghadirkan pemberi materi yang lebih beragam dan professional dalam setiap bidangnya
  3. Semua guru dapat ambil bagian dari pelaksanaan kegiatan MOS

9. Penutup

Demikianlah laporan kegiatan MOS SMA N 3 Langsa Tahun Ajaran 2016 / 2017 nini dibuat. Dengan mengucapkan alhamdulillah kegiatan MOS ini dapat berjalan dengan lancar.

Tanggal

Kepala Sekolah                                                            Ketua Panitia

Nama Lengkap                                                            Nama Lengkap

 

Itulah contoh laporan kegiatan sekolah yang biasa dibuat kegitan sekolah mengadakan acara MOS. Semoga dengan adanya contoh tersebut bisa memudahkan Anda dalam menulis laporan.

Artikel Terkait :  Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif Lengkap

2 thoughts on “Contoh Laporan Kegiatan Sekolah yang Baik dan Benar

Leave a Comment