Contoh Paragraf Eksposisi

Kumpulan Contoh Paragraf Eksposisi Paling Lengkap

Contoh Paragraf Eksposisi – Paragraf eksposisi merupakan jenis paragraf yang isinya bertujuan untuk menerangkan suatu topik kepada pembaca, agar pengetahuan pembaca bertambah.

Paragraf eksposisi bersifat ilmiah, berisikan fakta, dan memiliki sifat informatif. Penyusunan paragraf eksposisi harus berurutan sesuai struktur bagiannya, struktur paragraf eksposisi antara lain tesis, argumentasi, dan juga penegasan ulang.

Dalam menyusun paragraf eksposisi, kita harus mempunyai pembendaharaan kata yang banyak agar mempermudah penyusunan, sehingga paragraf yang disajikan mampu memberikan informasi yang menarik dan sesuai tujuannya.

Selain harus memiliki pembendaharaan kata yang banyak, informasi yang disajikan harus berdasarkan fakta-fakta yang ada.

Baca Artikel : Contoh Teks Eksplanasi Beserta Struktur yang Lengkap

Contoh-contoh Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi

Bagi Anda yang ingin membuat paragraf eksposisi pertama yang harus ditentukan adalah topik, jadi topik apa yang harus diangkat sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Menentukan tujuan, hal ini agar paragraf yabg dibuat tepat sasaran dan pembaca pun mendapat pengetahuan baru. Mencari data-data sebagai pendukung tulisan, dan juga membuat kerangka paragraf dan mengembangkannya.

Berikut adalah beberapa contoh paragraf Eksposisi tentang berbagai hal seperti tentang bahasa, ekonomi, kesehatan dan juga tentang fenomena alam dan pendidikan.

1. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Paragraf Eksposisi Kesehatan
Contoh Paragraf Eksposisi Kesehatan

Mulai tanggal 1 sampai dengan 30 Desember 2013 akan dilakukan pengobatan gratis oleh Yayasan Kesuma Bangsa Indonesia, pengobatan ini akan diadakan di berbagai daerah di Indonesia, untuk yang pertama di wilayah Jakarta Selatan.

Di Jakarta Selatan pengobatan gratis dikonsentrasikan di 4 Kecamatan, pengobatan gratis ini meliputi kesehatan umum, mata, gigi, pemeriksaan penyakit dalam dan juga kesehatan gizi.

Program pengobatan gratis ini menyiapkan 20 dokter, 40 perawat serta 100 relawan dari masing-masing kecamatan. Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh pemeritahan provinsi dan juga pemerintahan daerah.

Pengobatan ini sama sekali tidak dipungut biaya, hanya saja masyarakat harus membawa KTP dan fotocopiannya sebagai administrasi. Dalam pengobatan gratis ini masyarakat akan diberikan obat serta surat rujukan jika penyakit yang diderita harus diobati secara intensif.

Yayasan ini mengkhususkan di bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, berharap banyak fihak yang turut membantu dan mendukung program ini dengan harapan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dan menjaga kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Program pengobatan gratis ini berlangsung selama bulan Desember 2013. Untuk mengetahui informasi secara lanjut, masyarakat bisa menghubungi kantor kelurahan dan kecamatan untuk mengetahui jadwal pengobatan gratis dari Yayasan Kesuma Bangsa Indonesia.

2. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Bahasa

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Bahasa
Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Bahasa

Perkembangan bahasa Indonesia sudah beberapa kali mengalami perubahan terutama ejaan bahasa indonesia dengan menggunakan huruf latin, perubahan ini disesuaikan dengan perkembangan bahasa indonesia serta masyarakat yang menggunakannya.

Pada jaman pemerintahan Hindia Belanda ejaan resmi bahasa melayu diubah menggunakan huruf latin, dan pada tahun 1947 setelah kemerdekaan berlaku ejaan baru untuk bahasa Indonesia.

Ejaan bahasa indonesia ini ditandatangani oleh menteri yang bernama Mr. Suwandi, maka dari itu ejaan tersebut dikenal dengan ejaan Suwandi. Dan pada tahun 1972 ejaan yang disempurnakan (EYD) berlaku hingga sekarang.

Artikel Terkait : Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Strukturnya

3. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Ekonomi

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Ekonomi
Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Ekonomi

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari yaitu oikos yang artinya rumah tangga dan nomos yang artinya aturan atau hukum. Maka dari itu, pengertian ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang aktifitas manusia dalam lingkup ekonomi seperti aktifitas produksi, distribusi dan konsumsi.

Dalam ilmu ekonomi dipelajari tiga proses di antaranya adalah aktifitas produksi, aktifitas produksi merupakan aktivitas bagaimana barang atau suatu produk dibuat, mulai dari bahan baku, cara mengolahannya, biaya, dan pekerja.

Yang kedua aktifitas distribusi, pada kativitas ini pertemuannya penjual dengan konsumen, disini terjadinya proses pemasaran, pemasokan, dan tempat penjualan.

Ketiga aktifitas konsumsi, aktivitas ini yaiu aktivitas pemakaian barang atau jasa oleh konsumen. Ilmu ekonomi juga membahas tentang pembeli, alat pertukaran atau biaya, dan segala hal yang berurusan dengan keuangan.

Kesimpulannya bahwa ekonomi adalah cabang keilmuan yang membahas tentang aktivitas yang dilakukan manusia meliputi pembelian, penyaluran, dan pemakaian barang atau jasa.

4. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Fenomena Alam

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Fenomena Alam
Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Fenomena Alam

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang disebabkan ulah manusia, karena manusia jaman sekarang sering merusak alam seperti membuang sampah ke sungai, penebangan hutan secara liar, dan juga membakar hutan untuk kepentingan pribadi.

Beberapa faktor tersebut merupakan perilaku yang tidak boleh dilakukan, karena akan menyebabkan banjir apalagi jika pada saat musim hujan.

Membuang sampah ke sungai atau membuang sampai sembarangan akan mendangkalkan sungai tersebut sehingga air meluber ke pemukiman, terutama saat musim hujan. Selain membuang sampah, yaitu penebangan dan pembakaran hutan secara liar, hal tersebut juga bisa menyebabkan banjir karena air hujan tidak terserap oleh pohon-pohon tersebut.

Merawat alam merupakan salah satu solusinya untuk mengatasi bencana ini, seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan reboisasi pada tanah yang gundul terutama di daerah pegunungan. Maka dari itu, sebelum terlambat ayo kita cegah banjir di negara kita dengan cara-cara tersebut.

5. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Manfaat Tanaman

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Manfaat Tanaman
Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Manfaat Tanaman

Lidah buaya sudah dari dulu digunakan oleh nenek moyang kita untuk pengobatan-pengobatan tradisional. Manfaat tanaman lidah buaya ini bukan hanya sebagai penyubur rambut, akan tetapi sangat bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini berbentuk daun dengan memiliki ciri seperti bentuk daun panjang serta tebal, dan berwarna hijau.

Daun lidah buaya ini memiliki serat yang terdapat pada daging kulit tersebut. Walaupun sudah diketahui khasiatnya, namun para peneliti menemukan khasiat lebih seperti diantaranya seperti mengobati bekas luka bakar, ataupunluka cidera. Selain itu membantu peradangan yang disebabkan oleh cidera, dan juga sebagai obat sembelit.

Sangat beragam bukan, bukan hanya sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi lidah buaya juga bisa menjadi minuman yang menyehatkan. Tanaman herbal ini sangat bermanfaat untuk kita, asalkan kita mau menggunakannya.

6. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Pendidikan

Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi

Pendidikan sangatlah penting sekali, karena dengan pendidikan seseorang mampu mengubah dunia. Pendidikan sendiri merupakan sebuah sarana untuk manusia dimana dapat banyak hal yang bermanfaat untuk dirinya pribadi, orang lain, dan juga negaranya.

Pendidikan di Indonesia tergolong lumayan baik, pemerintah juga telah memberikan dana untuk pembangunan dan renovasi sekolah, dan juga menggratiskan sekolah. Yang harus ada pada diri pelajar adalah keinginan belajar yang tinggi dan semangat untuk meraih prestasi.

Pelajar juga harus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, karena pendidikan sudah ditopang oleh pemerintah.

Dengan hal tersebut derajat Indonesia akan diakui didunia, dan pastinya Indonesia kan banyak didatangi investor asing sehingga menigkatkan perekonomian didalam negeri.

Kini banyak sekali oknum-oknum tertentu yang mencoreng pendidikan di Indonesia, hal ini meski diberantas dengna cara merekrut tenaga pengajar yang berkualitas serta sosialisasi kepada siswa-siswa. Dengan hal tersebut, diharapkan bisa menekan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Penjelasan Struktur Analisis Lengkap

7. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang IPA

Contoh Paragraf Eksposisi
Contoh Paragraf Eksposisi

Sebelumnya tata surya kita memiliki 9 planet yang mengelilingi matahari, kini para ilmuan tengah menemukan planet baru setelah pluto, mereka memberinama planet tersebut dengan nama Sedna. Planet Sedna memiliki ukuran yang lebih besar dari pluto.

Perhitungan awal jarak planet Sedna dengan bumi adalah sekitar 7,5 milliar sampai 10 milliar kilometer dari Bumi, pada wilayah antraksi juga telah dikenal dengan Kuiper Belt, kebanyakan anggota Kuiper Belt berupa batu berlapis es dengan ukuran kecil, namun ada juga yang berukuran besar seperti Sedna.

Diusulkannya Sedna menjadi sebuah planet karena ia mempunyai orbit yang normal, objek yang sejenis dengan Sedna adalah Varuna dan Quaoar (Jajaran Kuiper Belt) namun Varuna dan Quaoar tidak mempunyai orbit yang normal.

Untuk mengetahui orbit Sedna benar-benar stabil, para astronom di observatorium Tenagra (Arizona) meneliti jalur Sedna, alhasil nantinya dapat digunakan untuk menentukan benda langit tersebut dapat digolongkan menjadi sebuah planet.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Kata Pengatar Beserta Contohnya

2 thoughts on “Kumpulan Contoh Paragraf Eksposisi Paling Lengkap

  1. Wah makasih kaka artikelnya… artikelnya benar-benar lengkap dan tulisannya enak banget dibaca, jadi menambah inspirasi saya…
    Artikelnya bermanfaat kaka..

Leave a Comment