Kumpulan Contoh Penutup Makalah Mahasiswa

Contoh Penutup Makalah – Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas tentang bagaimana cara membuat sebuah makalah yang baik. Seperti yang diketahui bahwa makalah mempunyai beberapa bagian diantaranya adalah bagian penutup makalah. Jika kamu belum pernah membuat makalah sebelumnya sebaiknya membaca artikel tentang cara membuat makalah yang baik dan benar.

Untuk membuat sebuah makalah yang baik harus memperhatikan sistematika pembuatan mulai dari urutan dari bagian pembuka sampai bagian penutup makalah. Setiap bagian dari makalah merupakan bagian penting karena bila ada bagian yang kurang tepat maka karya ilmiah yang kamu buat tidak akan diterima oleh dosen. Pada artikel kali ini akan diberikan contoh penutup makalah yang benar.

Contoh Penutup Makalah yang Baik dan Benar

Contoh Penutup Makalah

Penutup Makalah – pixabay.com

Pada bagian penutup makalah biasanya berisi 2 sub bab yakni simpulan dan saran. Pada bab simpulan penulis akan menjabarkan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan serta poin-poin yang sudah dicapai selama melakukan penelitian.

Sedangkan bagian saran merupakan harapan dari penulis kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan penelitian yang dilakukan. Saran bisa diberikan juga kepada pembaca untuk melakukan tindakan tertentu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

Terkadang bagian penutup makalah tidak menggunakan sub bab simpulan ataupun saran. Jadi penutupnya langsung dibuat dalam satu halaman, meskipun isinya juga tidak akan berbeda jauh dengan simpulan dan saran. Oleh karena itu kamu bisa menyesuaikan penutup makalah yang cocok dengan karya ilmiah yang kamu kerjakan.

Contoh Kata Penutup Makalah Bagian 1

Bab 5

Penutup

5.1 Kesimpulan

Dari data dan fakta yang telah dijabarkan di atas maka penulis memberikan kesimpulan bahwa penggunaan bahan pengawet pada jajanan anak sekolah sangat berbahaya sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan. Tindakan tersebut meliputi menyediakan jajanan sehat di katin sekolah dan melarang anak-anak untuk jajan sembarangan. Pengawasan dari orang tua dan guru sangat berperan dalam tindakan ini.

5.2 Saran

Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini tetapi kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan yang penulis miliki. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan ke depannya.

Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan

Contoh Penutup Makalah Lingkungan

Contoh Penutup Makalah Lingkungan – pixabay.com

Pelestarian lingkunga hidup perlu dilakukan agar tercapai keaadaan seimbang antara manusia dengan alam. Akan banyak dampak negatif yang akan terjadi bila keseimbangan alam yang telah hampir rusak ini diabaikan. Dampak negatif yang terjadi bisa berupa penyakit ataupun bencana alam.

Dengan melestarikan dan menjaga alam dengan baik akan bisa memberikan dampak positif bagi kehiduan manusia. Diantarnya adalah tersedianya udara, air, dan bahan makanan yang berkualitas. Upaya pelestarian alam bisa dilakukan dengan menanam pohon.

Penulis memahami masih banyak kekurangan dalam menyusun makalah ini, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan untuk kebaikan penulis. Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca secara umum terlebih bagi penulis sendiri.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik

Contoh Penutup Makalah Bagian 3

Bab 3

PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “Penggunaan Bahasa Baku dalam junalistik ” menyimpulkan bahwa bahasa dalam junalistik tidak diharuskan menggunakan satu bahasa namun bisa juga dengan mamadukan dengan bahsa lain tetapi dengan penggunaan yang tepat. Bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan dipadukan dengan bahasa melayu maupun bahasa asing yang lain dalam penerapannya di dunia jurnalistik

3.2 Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber–sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.

Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah dijelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah.

Cukup sampai di sini dulu ya, pembahasan tentang contoh penutup makalah. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan manfaat dan jangan lupa untuk membantu kami menyebarluaskan informasi ini dengan menekan tombol share.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Esai dan Contoh Esai yang Baik dan Benar

Leave a Reply