Contoh Teks Pidato Pendidikan

Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Pidato Pendidikan

Pendidikan adalah suatu kebutuhan wajib bagi seluruh manusia, baik pendidikan formal maupun nonformal.Pendidikan formal sendiri yaitu pendidikan yang bisa diperoleh di lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah.

Sedangkan pendidikan non formal adalah pendidikan yang dapat diperoleh di luar sekolah, seperti keluarga, lembaga kursus, masyarakat dan lain-lain.

Pentinnya pendidikan ini terkait dengan kehidupan masa depan generasi penerus bangsa, dimana pada masa depan bangsa yang memiliki sumber daya manusia baiklah bangsa yang akan sukses.

Contoh Pidato Pendidikan
pexels.com

Berbicara tentang pendidikan, saat ini Indonesia telah merupakan program wajib belajar 12 tahun.Sehingga diharapkan seluruh generasi penerus bangsa dapat mengenyam pendidikan yang baik dan mampu bersaing dengan warga asing.

Program wajib belajar 12 tahun yang sudah ditetapkan sejak tahun 2012 lalu banyak digencarkan melalui pidato pendidikan yang dibawakan oleh mereka yang merupakan orang-orang penting dalam dunia pendidikan, seperti menteri pendidikan, guru, komite dan lain-lain.

Ya, selain menggencarkan program wajib belajar 12 tahun, pidato pendidikan juga dapat berisikan tentang hal lain yang tentu saja masih berkaitan dengan dunia pendidikan, seperti motivasi kepada para siswa, himbauan dan masih banyak lainnya.

Karena, pada dasarnya pidato adalah suatu kegiatan atau cara yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau pemikiran melalui kata-kata kepada semua orang yang menyaksikan.

Meskipun disampaikan dalam bentuk kata-kata, namun ketika menyampaikan pidato ekspresi wajah, perilaku dan intonasi suara juga harus diperhatikan dengan baik. Karena orang tidak hanya akan mendengarkan suara pembaca pidato, namun juga menyaksikan dengan jelas ekspresi wajah dan gerak-gerik tubuh.

Struktur Teks Pidato Pendidikan

Struktur Teks Pidato Pendidikan
pexels.com

Sama seperti teks pidato lainnya, teks pidato pendidikan juga memiliki acuan struktur yang dapat membuat susunan teks pidato terkesan rapi dan urut.Secara umum, struktur teks pidato pendidikan terdiri dari bagian pembuka, isi dan penutup.

Namun dalam ketiga bagian tersebut terdapat beberapa part yang menekankan dan menggambarkan keruntutan alur atau isi teks pidato.Untuk lebih jelasnya, berikut struktur teks pidato pendidikan.

Pembuka Pidato Pendidikan

Bagian ini tentu saja terdapat pada bagian paling awal dari teks pidato. Struktur teks pidato pendidikan yang benar pada bagian pembukaan ini yaitu pertama berisikan ucapan salam.

Kemudian dilanjutkan dengan sapaan, biasanya menyebutkan beberapa orang penting yang hadir dalam acara tersebut dan baru kemudian seluruh hadiri.Setelah itu, ucapan syukur kepada Tuhan, tentang nikmatnya yang telah mengijinkan hadirin berkumpul pada waktu dan ditempat tersebut.

Selanjutnya diteruskan dengan pembukaan pidato. Pembukaan pidato ini biasanya terkait dengan isi pidato yang akan disampaikan pada isi pidato nantinya.

Isi Pidato Pendidikan

Bagian isi pidato adalah bagian terpenting dari teks pidato pendidikan. Dalam bagian inilah pembaca pidato akan menyampaikan inti dari pemikiran atau ide yang dimilikinya.

Meskipun begitu, namun biasanya isi atau topik yang disampaikan tidak secara langsung.Yaitu biasanya menggunakan perumpamaan atau gambaran. Atau juga bisa melalui anekdot maupun sebuah cerita yang terkait atau memiliki topik sama dengan topik pidato yang akan disampaikan.

Penutup Pidato Pendidikan

Bagian penutup ini terdiri dari beberapa part, untuk awal penutup biasanya pembaca pidato pendidikan akan menyampaikan kesimpulan dari isi teks pidato tersebut. Setelah itu, dilanjutkan dengan saran dari pembaca terkait topik yang disampaikan.

Selanjutnya ucapan terimakasih atas perhatian dan kehadiran para hadiri serta ucapan maaf terkait kesalahan tutur kata maupun perilaku selama menyampaikan pidato. Baru diakhiri dengan salam penutup.

Contoh Teks Pidato Pendidikan

Contoh Pidato Pendidikan yang Baik
pexels.com

Yang terhormat Bapak/Ibu …

Yang saya hormati Bapak/Ibu …

Serta yang saya muliakan seluruh hadirin.

Asalamu’alaikumwr.wb

Sebagai umat Tuhan yang tak pernah lepas dari nikmatnya, pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur atas rahmat yang Dia berikan sehingga kita semua dapat berkumpul dalam acara perkumpulan Wali Murid SMP 2 Batam di pagi hari ini.

Tak lupa juga saya mengucapkan terimakasih pada bapak, ibu atau saudara yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara ini.Kehadiran bapak, ibu atau saudara sekalian adalah bukti bertapa pedulinya anda terhadap pendidikan di negara tercinta kita, Indonesia.

Ya, kita semua memang sudah seharusnya memahami betapa pentinya pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Dimana mereka adalah orang-orang yang kelak akan meneruskan perjuangan kita semua untuk membawa bangsa Indonesia ke kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Dengan adanya kualitas pendidikan yang baik, dirasa generasi penerus bangsa pun akan mampu memajukan bangsa lebih baik dibanding saat ini. Usaha untuk memaksimalkan pendidikan di Indonesia ini wajib dilakukan oleh semua warga, tak hanya mereka yang duduk di bangku perwakilan rakyat saja, namun semua masyarakat pun wajib ikut serta dalam pembangunan dunia pendidikan di Indonesia.

Saat ini, salah satu usaha nyata yang telah berhasil dilakukan oleh pihak pemerintah Indonesia adalah program wajib belajar 12 tahun.Dimana anak-anak Indonesia diwajibkan untuk mengenyam pendidikan hingga bangku sekolah menengah atas.

Program yang sudah dijalankan sejak tahun 2012 ini sudah mulai membuahkan hasil dengan bukti kesejahteraan rakyat yang mulai menaiki tahap level menengah.Ya, seperti yang anda ketahui bahwa saat ini dunia kerja kebanyakan hanya membutuhkan mereka yang memiliki pendidikan minimal SMA/SMK.

Untuk mereka yang mengenyam pendidikan di bawah level tersebut biasanya hanya akan mendapat pekerjaan keras yang hanya membutuhkan tenaga sebagai modalnya. Tentu saja hal ini sebenarnya sudah tidak boleh lagi terjadi pada bangsa Indonesia.

Mengingat saat ini Indonesia juga mengikuti program pasar bebas ASEAN, dimana warga negara lain bebas masuk ke negara Indonesia sebagai pekerja profesional. Dan jika anak-anak muda Indonesia tak mengenyam pendidikan yang pantas, tentu saja kursi-kursi kerja yang membutuhkan kemampuan otak dan skil hanya akan diduduki oleh mereka yang berasal dari negara lain, dan anak-anak kita hanya akan mendapat sisa pekerjaan beratnya saja.

Sangat mengerikan bukan bayangan itu jika benar-benar terjadi pada bangsa tercinta kita?

Hadirin yang berbahagia,

Meskipun saat ini program wajib belajar 12 tahun sudah berjalan, namun keyataannya belum 100% berhasil. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang putus sekolah ataupun tidak meneruskan lagi setelah lulus dari bangku SLTA.

Untuk itulah, saya sebagai kepala sekolah SMP N 2 Batam meminta kerja sama bapak/ibu, saudara wali murid kelas IX SMP N 2 Batam untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program wajib belajar 12 tahun.

Jangan sampai setelah lulus dari SMP N 2 Batam ini anak-anak anda tidak meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan alasan apapun. Ingatlah, pendidikan tak hanya sebatas memberikan dampak positif kepada masa depan kehidupan ekonomi anak, namun juga berdampak positif bagi kehidupan sosial anak.

Ya, sebab anak yang berpendidikan akan lebih jauh dari kehidupan bebas yang akan merusak masa depan mereka.

Sekian dari saya, terimakasih atas partisipasi dari bapak, ibu atau saudara. Mohon maaf apa bila banyak tutur kata serta tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati bapak, ibu atau saudara.

Wasalamu’alaikumwr.wb

Artikel Terkait :  Contoh Laporan Hasil Kegiatan Sekolah yang Baik

Leave a Comment