Contoh Proposal Skripsi Beserta Cara Membuatnya

Contoh Proposal Skripsi – Setiap mahasiswa pasti akan mengalami yang namanya skripsi atau tugas akhir untuk jenjang sarjana (S1). Mereka akan mempersiapkan proposal skripsi untuk diajukan kepada dosen pembimbing. Tapi kadang skripsi menjadi momok yang menakutkan untuk para mahasiswa, terutama pada saat sidang ataupun takut salah pada saat menyusun skripsi.

Skripsi itu sendiri merupakan sebuah karya tulis ilmiah dan merupakan tugas wajib mahasiswa semeter akhir, yang berisikan hasil penelitian sesuai bidang keilmuannya masing-masing. Dalam menyusun skripsi setiap kampus mempunyai ciri khas tersendiri, sehingga kampus satu dengan kampus lainya berbeda proses penyusunannya. Oleh karena itulah banyak yang mencari contoh proposal skripsi yang baik.

Sebelum proses penyusunan skripsi dimulai, biasanya dilakukan terlebih dahulu proses pembuatan proposal skripsi, hal ini bertujuan untuk mengajukan penelitian yang akan dilakukan. Biasanya proses pembuatan atau penyusunan proposal skripsi tidak berlangsung lama, sekitar satu atau dua mingguan.

Artikel Terkait : Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Definisi dan Contoh Proposal Skripsi

Contoh Proposal Skripsi
Contoh Proposal Skripsi – pixabay.com

Belajar membuat skripsi ataupun proposal skripsi harus dilakukan sejak semester awalan, dengan banyak membaca contoh proposal skripsi sehingga pada saat semester akhir mahasiswa tidak akan kewalahan dalam menyusun laporan tersebut.

Terus apakah proposal skripsi itu? Proposal skripsi merupakan laporan usulan penelitian tugas akhir mahasiswa (skripsi), dala sistematika penulisan proposal skripsi setiap kampus akan berbeda, hal tersebut agar tiap kampus memiliki ciri khas tersendiri dan juga mencegah adanya plagiat.

Apabila seorang mahasiswa telah selesai membuat laporan proposal maka akan ada yang namanya seminar uji proposal (UP), biasanya seminar UP dihadiri oleh mahasiswa dari semester 7 serta beberapa dosen penguji. Jika uji proposal diterima maka akan lanjut ke tahap penelitian untuk tugas akhir, namun jika gagal maka laporan proposal skripsi harus diperbaiki lagi dan melakukan seminar uji proposal (UP) susulan.

Menurut bentuknya proposal skripsi terbagi menjadi dua bagian diantaranya proposal skripsi mini dan proposal skripsi penuh, untuk lebih lengkap definisinya bisa disimak dibawah ini:

1. Proposal skripsi mini

Proposal skripsi mini merupakan bentuk proposal yang terdiri dari tiga bab skripsi menjadi satu bab, bentuk model proposal seperti ini memiliki kelemahan, yaitu lamanya waktu penulisan skripsi, karena setelah setelah mahasiswa mengajukan proposal penelitian, maka mahasiswa harus mengerjakan bab-bab pada skripsi secara terpisah.

2. Proposal skripsi penuh

Proposal skripsi penuh merupakan bentuk proposal skripsi dengan susunan dalam bentuk bab, dengan sistematika penulisannya pun dari bab 1, bab 2, bab 3 dan daftar pustaka.

Namun ada juga kampus yang menerapkan sampai bab 4, keuntungan penulisan proposal skripsi penuh yaitu penyusunan skripsi semakin singkat, karena bab yang ada pada proposal skripsi tersebut nantinya dijadikan sebagai bab skripsi itu sendiri.

Tetapi setiap bab skripsi tersebut akan banyak perubahan dan revisi sesuai peneliatian yang dilakukan. Dan kelemahannya dari bentuk proposal ini, yaitu jika uji proposal gagal maka mahasiswa harus mengajukan dengan proposal yang lain, dan mengikuti seminar susulan.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Sistematika dan Contoh Penulisan Proposal Skripsi

Contoh Tulisan Proposal Skripsi
Proposal Skripsi – pixabay.com

Sistematika penulisan proposal skripsi setiap kampus berbeda-beda, dibawah ini adalah sistematika yang sering digunakan oleh berbagai kampus:

COVER

LEMBAR JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Bag. Ladasan Teori
2.2 Kerangka Pikir

BAB III. METODE PENELITIAN
3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian
3.2 Teknik Pengumpulan Data
3.3 Teknik Analisis Data
3.4 Analisis Sistem

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Penjelasan sistematika proposal skripsi

1. Cover Proposal

Cover proposal merupakan halaman depan yang pertama kali dilihat oleh penguji, cover proposal skripsi berisi judul skripsi, nama penyusun, nomor induk mahasiswa, logo universitas, nama program study, jurusan, nama universitas, dan paling bawah tahun pembuatan.

2. Lembar Judul

Biasanya setiap perguruan tinggi berbeda-beda ada yang pakai ada juga yang tidak pakai, lembar judul ini merupakan lembaran yang hanya berisi judul skripsi yang diajukan.

3. Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan merupakan halaman untuk mengesahkan skripsi yang dibuat, biasanya pada uji proposal lembar pengesahan dibuat hanya saja tidak dibubuhi tanda tangan dosen pembimbing. Namun, pengesahan proposal skripsi biasanya hanya berupa acc dari dosen pembimbing utama di halaman cover.

4. Daftar Isi

Daftar isi adalah daftar halaman dari isi proposal skripsi yang dibuat, daftar isi dibuat agar pembaca atau penguji dengan mudah menemukan bagian-bagian dari proposal skripsi.

5. Kata Pengantar

Kata pengantar berisi sebuah pernyataan pengantar dari penulis yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari penulisan skripsi beserta ucapan terima kasih dari penulis kepada pihak-pihak kampus dan pihak-pihak yang membantu penulis.

6. Daftar Tabel

Daftar tabel merupakan daftar judul-judul tabel yang berada pada proposal skripsi, daftar tabel berfungsi untuk mempermudahkan pembaca dalam mencari tabel yang berkaitan dengan pembahasan.

7. Daftar Gambar

Daftar gambar merupakan daftar-daftar gambar yang berada pada selusuh isi dari proposal, daftar gambar dipakai jika proposal skripsi terdapat gambar jika tidak terdapat gambar sebaiknya jangan sisipkan lembaran daftar gambar.

8. Daftar Lampiran

Daftar lampiran merupakan halaman yang berisi daftar-daftar lampiran seperti lampiran surat penelitian, lampiran berkas, dan lampiran-lampiran yang dibutuhkan dalam penyelesaian skripsi.

9. BAB 1

Bab 1 merupakan bab pendahuluan dari proposal skripsi yang didalamyan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, serta manfaat penelitian.

10. BAB 2

Bab 2 merupakan bab isi dari proposal, disarankan pada landasan teori jangan terlalu banyak hanya yang dibutuhkan saja untuk proposal.

11. BAB 3

Bab 3 merupakan bab yang berisi metode penelitian seperti lokasi dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan juga analisis sistem.

12. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi daftar bahan-bahan referensi atau literature yang telah digunakan untuk penelitian. Referensi tersebut baik diambil dari buku, jurnal, maupun sumber elektronik maka harus disertakan dalam halaman daftar pustaka. Baca panduannya di artikel Cara Menulis Daftar Pustaka.

13. Lampiran

Lampiran merupakan halaman yang berisi scanan atau potokopi lampiran berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi data-data penelitian dalam tugas akhir. Baik berupa surat penelitian ataupun berkas-berkas dari tempat penelitian.

Langkah-langkah Membuat Proposal Skripsi yang Baik dan Benar

Menyusun Proposal Skripsi
Menyusun Proposal Skripsi – pixabay.com

Ada beberapa langkah dalam menyusun sebuah laporan skripsi, diantaranya:

1. Pertama yang harus dilakukan sebelum membuat proposal penelitian adalah mencari ide penelitian, apa yang akan di teliti dan menjadi pembahasan dalam skripsi. Usahakan dalam pencarian ide penelitian dilakukan jauh-jauh dipikirkan sejak semester-semester awal.

2. Mencari referensi atau study literatur sebanyak-banyaknya untuk mendukung penelitian nantinya. Bahan-bahan referensi bisa berupa buku, jurnal, maupun media elektronik, usahakan literature yang Anda cari sesuai atau berhubungan dengan penelitian yang akan diajukan nanti.

3. Tentukan terlebih dahulu rumusan masalah berupa latar belakang masalah beserta masalah, ini nantinya akan menjadi latar belakang masalah dan rumusan masalah pada BAB 1 pendahuluan.

4. Buatlah tahapan-tahapan penelitian dengan menggunakan diagram alir.

5. Setelah menyusun tahapan-tahapan penelitian, setelah itu menyusun metode penelitian untuk memecahkan rumusan masalah yang telah dibuat beserta batasannya.

6. Jika rumusan masalan dan metode penelitian berhasil dibuat, maka buat pula judul skripsi yang akan diajukan. Judul skripsi harus sesuai dengan permasalahan diteliti, disarankan dalam membuat judul jangan terlalu luas dan juga jangan terlalu sempit. hal tersebut agar nantinya judul tidak menjadi penghambat penyusunan skripsi Anda.

7. Setelah memecahkan rumusan masalah dan menghasilkan judul, susunlah BAB 1 dengan benar mulai dari latar belakang sampai tujuan penelitian. Selanjutnya, pembuatan tinjauan pustaka. Dalam tinjauan pustaka masukan teori-teori yang mendukung penelitian, dan nantinya sumber-sumber teori tersebut dimasukan kedalam daftar pustaka.

8. Selajutnya lengkapi draft-draft bab yang telah dibuat. Agar proses pembuatan proposal skripsi sesuai yang diharapkan usahakan untuk selalu berdiskusi dengan dosen pembimbing, guna kelancaran skripsi Anda.

Kumpulan Contoh Proposal Skripsi

Kumpulan Contoh Proposal Skripsi
Kumpulan Contoh Proposal Skripsi – pixabay.com

Sebagai pelangkap artikel ini tentu tidak lupa akan saya berikan beberapa contoh poposal skripsi yang sudah dibuat oleh mahasiswa dari berbagai jurusan. Sebenarnya contoh skripsi bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai perpustakaan kampus. Biasanya berbagai jenis skripsi tersimpan rapi di tempat tersebut, kamu bisa meminjam untuk dibawa pulang untuk disalin.

Tetapi bila kamu tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan contoh proposal skripsi untuk pengajuan skripsi kamu. Meskipun tidak selengkap yang ada di perpustakaan kampus, beberapa contoh proposal skripsi berikut mungkin bisa membantu dalam menyelesaikan tugas kuliah.

Untuk contoh proposal skripsi berbagai jurusan bisa langsung anda download dibawah ini:

  • Contoh proposal skripsi hukum
    Kampus : Universitas veteran
  • Contoh proposal skripsi pai
    Kampus : STAIN Ponorogo
  • Contoh proposal skripsi bahasa indonesia
    Kampus : UIN Sunan Kalijaga
  • Contoh proposal skripsi keperawatan
    Kampus : Stikes Bina Sehat PPNI
  • Contoh proposal skripsi bahasa inggris
    Kampus : Universitas Brawijaya
  • Contoh proposal skripsi manajemen / Ekonomi
    Kampus : Universitas Diponegoro
  • Contoh proposal skripsi akuntansi
    Kampus : Universitas Widyatama
  • Contoh proposal skripsi pendidikan
  • Contoh proposal skripsi bahasa arab
    Kampus : UIN Sunan Kalijaga
  • Contoh proposal tugas akhir d3
    Kampus : Universitas Sumatera Utara
  • Contoh proposal Tesis
    Kampus : Universitas Indonesia

Semoga artikel tentang contoh proposal skripsi beserta cara membuatnya ini bisa memberikan manfata lebih bagi kamu. Jangan lupa untuk membatu menyebakan informasi ini ke media sosial dengan menekan tombol shere di bawah ini. Terima kasih

Artikel Terkait :  Contoh Paper Makalah Kuliah dan Cara Membutnya

One thought on “Contoh Proposal Skripsi Beserta Cara Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *