Contoh Proposal Usaha

Contoh Proposal Usaha Dan Business Plan

Contoh proposal usaha yang baik tentu harus memiliki banyak aspek, agar yang membaca proposal ini bisa mengerti dan yang paling penting adalah mau memberikan dananya untuk perkembangan usaha. Selain itu proposal usaha yang baik juga akan memudahkan kita dalam menjalankan usaha yang baru dibuka, karena langkah serta resiko yang akan dihadapi sudah dipetakan dengan baik.

Banyak orang yang ingin memulai sebuah usaha, tetapi banyak dari mereka tidak tahu harus membuka usaha apa, dan dari mana memulainya. Banyak sekali orang diluar sana yang ingin membuka usaha, tetapi mereka tidak bisa membuka usaha karena terkendala dengan modal.

Hal seperti ini seharusnya tidak akan menghalangi bila Anda bisa menyampaikan ide usaha Anda ke dalam sebuah proposal usaha. Sehingga menarik orang yang memiliki modal besar mau untuk melakukan kerja sama dengan Anda.

Artikel Terkait : Contoh Curriculum Vitae yang Menarik

Contoh Proposal Usaha untuk Mencari Investor

Proposal usaha yang baik harus mengandung tentang penjelasan bisnis atau usaha yang di jalankan. Seperti tujuan dari usaha, visi dan misi perusahaan, sejarah, struktur organisasi di dalam usaha, produk yang dijual dan yang penting adalah strategi marketing yang akan digunakan. Selain itu laporan keuangan serta analisis pasar juga tidak kalah penting dalam sebuah proposal usaha. Berikut ini adalah salah satu format proposal usaha yang bisa Anda contoh.

Secara Garis Besar Proposal Usaha Mengandung Beberapa Bagian Berikut

Contoh Proposal Usaha yang Baik
Contoh Proposal Usaha yang Baik

Cover depan proposal

Bagian ini berisi tentang sekilas judul proposal, nama usaha, dan juga nama yang membuat proposal. Buatlah sebaik mungkin cover proposal Anda, karena cover yang baik akan memberikan kesan lebih dari pembacanya. Bila ada istilah Don’t judge the book by its cover, maka istilah itu tidak berlaku untuk proposal usaha karena tampilan serta cara Anda presentasi akan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan Anda mempengaruhi investor.

Bila Anda tidak memiliki kemampuan mendesain cover, kami sarankan untuk menggunakan jasa orang lain yang memiliki kemampuan desain. Hal ini akan menjadi nilai tambah pada proposal usaha yang Anda buat. Sehingga hanya dengan melihat cover-nya akan lebih membuat orang percaya terhadap usaha yang akan Anda jalankan.

Daftar isi proposal

Daftar isi berisi tentang judul setiap bab serta nomor halaman tersebut. Hal ini bisa memudahkan seseorang untuk melihat apa saja yang ada di dalam proposal usaha tersebut. Daftar isi pada sebuah proposal ibarat sebuah peta yang akan memberikan Anda informasi sepintas tentang sebuah proposal usaha.

Salah satu tolak ukur dalam membuat daftar isi yang baik adalah adanya kesesuain daftar isi dengan isi proposal tersebut. Selain itu hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah adanya alur yang baik dalam menyusun daftar isi. Hal ini akan memudahkan orang untuk memahami setiap bagian dalam proposal usaha.

Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan sangat penting, hal ini berkaitan dengan sejarah serta rekam jejak perusahaan. Pada bagian ini Anda bisa mengisi tentang berbagai informasi tentang perusahaan mulai dari nama perusahaan, bidang usaha, produk yang dijual, struktur organisasi, biodata pemilik perusahaan, konsultan dan lain sebagainya. Semakin detail semakin baik sehingga para penanam modal yang akan percaya dengan perusahaan Anda.

Dengan memberikan semua riwayat prestasi yang sudah diraih ke dalam sebuah proposal akan meningkatkan kepercayaan orang lain pada bisnis yang sedang Anda bangun. Dengan begitu akan mudah mendapatkan investor untuk diajak bekerja sama dalam membangun sebuah bisnis.

Analisa Pasar dan Pemasaran

Analisa pasar merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah usaha, karena hal ini merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan apakah usaha yang akan kita dijalankan bisa bersaing dan berkembang atau malah sebaliknya.

Secara pastinya dengan melakukan analisa pasar Anda bisa melihat seberapa besar prosentase keberhasilan produk yang akan Anda jual. Pada halaman ini Anda bisa mengisi produk yang akan dijual, target atau segmen pasar yang akan dibidik, analisa pesaing dengan metode SWOT, strategi pemasaran serta media apa saja yang akan digunakan untuk menjual produk.

Selain itu dengan menyertakan analisa yang mendalam dan proses penyampaian dalam bentuk diagram akan memudahkan orang lain dalam memahami peluang usaha yang ditawarkan.

Artikel Terkait : Contoh Curriculum Vitae yang Akan Membuat Kamu Diterima Kerja

Analisa Produksi Produk

Jika pada halaman sebelumnya membahas analisa pasar pada halaman ini Anda bisa mengisi tentang analisa produksi. Analisa produksi merupakan hal vital juga, karena pada tahap ini produk yang akan dijual dihasilkan. Pada halaman yang membahas analisa produk, Anda bisa mengisi tentang proses produksi produk, bahan baku yang digunakan, berapa orang yang diperlukan untuk memproduksi produk pada jumlah tertentu dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan perhitungan yang matang mengenai bahan baku produk, peralatan apa saja yang akan digunakan, serta banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan akan memudahkan dalam menghitung biaya produksi. Semakin detail data yang ditampilkan semakin bagus sehingga meminimalisir kegagalan dalam proses produksi.

Contoh Isi Proposal Usaha Untuk Business Plan
Contoh Isi Proposal Usaha

Analisa Sumber Daya Manusia (SDM)

Untuk mengelola sebuah usaha yang besar tentu diperlukan banyak tenaga yang diperlukan dalam proses produksi, pemasaran serta hal lainnya. Dan mengelola sumber daya manusia tidaklah mudah. Anda harus menempatkan seseorang pada posisi yang tepat sehingga bisa maksimal dalam melakukan tugas yang diberikan.

Pada halaman ini anda bisa mencantumkan berapa banyak SDM yang dibutuhkan, kemampuan serta tingkat pendidikan yang harus dipenuhi, dan yang terakhir rencana jangka panjang untuk meningkatkan kualitas SDM. Satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu proses pemilihan karyawan sesuai dengan dengan ketrampilan. Untuk menempatkan tenaga kerja pada bidangnya maka perlu diadakan tes DISC sehingga bisa diketahui karakter dari orang tersebut.

Rencana Pengembangan Usaha

Cara Mudah Membuka Bisnis
Rencana Pengembangan Usaha – ringtoindia.com

Dalam membuka usaha tentu harus selalu berkembang dan melakukan inovasi agar bisa bertahan dalam persaingan yang sangat ketat. Dalam mengembangkan usaha banyak faktor yang harus diperhatikan agar tidak saling tumpang tindih. Pada bab ini tulislah hal mengenai strategi untuk mengembangkan pemasaran, pengembangan produksi, pengembangan keuangan serta SDM.

Salah satu contoh adalah menulis strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan usaha misal dengan cara membuka business opportunity, franchise, atau memperbanyak chanel distribusi dengan cara yang lain.

Laporan Keuangan Perusahaan

Dalam menyusun sebuah proposal laporan keuangan menjadi hal yang mutlak selalu ada. Dengan adanya laporan keuangan ini akan mempermudah orang lain untuk menilai apakah usaha Anda layak untuk diberikan dana investasi atau tidak. Tulislah laporan pemasukan dan pengeluaran harian ataupun bulanan, laporan cash flow harian, laporan laba rugi, dan juga dana yang dibutuhkan untuk investasi pengembangan usaha.

Laporan keuangan merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah usaha. Dengan membuat laporan usaha yang baik akan memudahkan dalam mengontrol pengeluaran dan pemasukan cash flow perusahaan. Saat ini banyak sekali software yang tersedia untuk membuat sebuah laporan keuangan, hal ini bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki kinerja.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Cepat Diterima

Analisa Dampak dan Resiko Usaha

Sebuah usaha selalu memiliki sisi positif serta sisi negatif, oleh karena itu seorang pengusaha harus bisa memperkirakan tingkat keberhasilan usaha yang akan dijalankan. Selain itu apa dampak yang terjadi dengan adanya usaha Anda pada masyarakat serta di lingkungan lokasi tersebut. Selain itu harus mempersiapkan hal yang akan dilakukan untuk mengantisipasi bila terjadi sebuah kegagalan.

Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif biasanya dibuat untuk orang yang super sibuk, sehingga mereka bisa membaca dengan cepat proposal usaha yang berikan. Ringkasan ini berisi semua hal yang ada di dalam proposal usaha tetapi dibuat lebih ringkas dan padat sehingga lebih cepat dalam mengetahui semua isi proposal. Biasanya pada halaman ini diisi dengan bentuk diagram ataupun gambar yang mewakili isi proposal secara keseluruhan.

Membuat Ringkasan Proposal Usaha dengan Bisnis Model Canvas
Contoh Bisnis Model Canvas – businessmodelcompetition.com

Untuk membuat ringkasan eksekutif mungkin Anda bisa membuatnya dalam bentuk business model canvas. Sehingga untuk mengetahui bisnis yang akan dijalankan cukup dengan beberapa halaman saja. Dengan begitu akan mempersingkat waktu dalam memaparkan rencana bisnis yang akan dijalankan.

Lampiran

Lampiran bisa diisi hal-hal tambahan yang perlu diketahui oleh para investor seperti detail strategi marketing yang digunakan, saluran distribusi produk, analisa SWOT dan lain sebagainya.

Itulah contoh proposal usaha yang baik dan benar, untuk lebih detailnya Anda bisa mendownload template proposal tersebut di sini >> Download Gratis Contoh Proposal Usaha<< . Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat Anda, jangan lupa untuk share ya, terima kasih.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Slime Tanpa Borax dalam Waktu Singkat

3 thoughts on “Contoh Proposal Usaha Dan Business Plan

Leave a Comment