Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Surat Lamaran Kerja – Apa itu surat lamaran kerja? Bagaimana contoh surat lamaran kerja yang baik? Lalu bagaimana supaya bisa diterima kerja di tempat yang diinginkan? Hemm…. ya, itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh lulusan baru yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk dalam dunia kerja.

Kondisi era sekarang memang tidak sesuai dengan harapan banyak orang, karena begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan tetapi lowongan pekerjaan yang tersedia tidak cukup untuk menampung mereka semua. Sehingga untuk bisa masuk dalam sebuah perusahaan harus bersaing dengan ketat. Untuk memberikan pengetahuan awal kepada Anda, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja silahkan lihat video di bawah ini.

Saat ini perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melakukan beberapa tahap seleksi yang ketat, harapannya tentu untuk memperoleh pekerja yang bisa menjalankan tugas yang diberikan dengan baik. Tahap awal tentu melalui seleksi berkas lamaran kerja.

Oleh karena itu membuat surat lamaran kerja yang baik akan sangat membantu agar bisa lolos dalam tahap seleksi awal, sehingga akan mendapatkan panggilan untuk maju ke dalam tahap selanjutnya. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas tuntas berbagai hal tentang surat lamaran kerja, jadi saya sarankan baca artikel ini sampai tuntas ya.

Pengertian dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat merupakan salah satu sarana komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara tertulis oleh pihak satu ke pihak yang lain. Saat ini fungsi surat sudah banyak tergeser oleh berbagai aplikasi chating ataupun handphone.

Saat ini surat banyak digunakan oleh para pencari kerja yaitu dalam bentuk surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat yang dibuat secara langsung dan ditujukan pada sebuah perusahaan yang menyediakan lowongan kerja.

Surat lamaran kerja masih tergolong ke dalam surat dinas atau surat resmi, bila Anda belum tahu mengenai surat dinas, Anda bisa membacanya pada artikel contoh dan cara membuat surat dinas. Oleh sebab itu pembuatannya harus mengikuti aturan tertentu yang telah dibakukan. Membuat surat lamaran kerja yang baik merupakan salah satu kunci sukses untuk bisa diterima di sebuah perusahaan yang Anda tuju.

Oleh karena itu penggunaan bahasa baik serta menghindari kesalahan dalam ejaan dan penulisan huruf harus sangat diperhatikan. Selain itu struktur surat juga akan menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerima Anda. Oleh karena itu buatlah surat dengan singkat, informatif, jelas dan tepat sasaran. Berikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Umumnya saat ini surat lamaran kerja tidak lagi ditulis menggunakan tangan tetapi lebih banyak menggunakan komputer. Di dalam komputer Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan seperti Microsoft Word yang sangat support untuk membuat dokumen. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja menggunakan aplikasi Microsoft Word.

  • Pada aplikasi Microsoft word Anda bisa menggunakan huruf times new roman dengan ukuran huruf 12pt, sedangkan untuk ukuran kertas bisa menggunakan kertas A4. Atau bisa disesuaikan dengan syarat khusus yang diberikan oleh perusahaan.
  • Tulislah surat lamaran kerja semenarik mungkin agar perusahaan yang membuka lowongan tertarik dan ingin mengetahui diri Anda lebih dalam.
  • Surat harus ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD yang berlaku. Gunakan susunan kalimat yang baik, singkat, padat dan mudah dimengerti. Tidak menguasai EYD Anda bisa mengecek tulisan Anda di KKBI.
  • Tulislah skill yang Anda miliki sehingga bisa menarik hati perusahaan yang merekrut karyawan. Selain itu masukan juga prestasi-prestasi yang Anda raih.

Hal-hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja via @entrepreneur.com

Terkadang dalam membuat surat lamaran kerja kebanyakan orang melupakan hal kecil. Padahal hal-hal kecil ini sangat penting dalam sangat berpengaruh pada nasib surat yang telah dibuat. Apakah dibuang ke tempat sampah atau disimpan untuk melanjutkan pada proses selanjutnya. Berikut hal-hal kecil yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja.

Data pribadi pelamar yang meliputi :

  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon dan/atau HP
  • E-mail (bila ada, tidak wajib)
  • Status Perkawinan

Khusus untuk nomor kontak jangan sampai lupa untuk mencantumkan di surat yang Anda buat, karena bila perusahaan itu menerima surat yang Anda kirim maka Anda akan langsung dihubungi lewat nomor yang Anda cantumkan. Bila Anda tidak memiliki nomor telepon, bisa menggunakan nomor tetangga, saudara atau siapa saja yang dekat dengan Anda.

Pendidikan

Tulislah rekam jejak pendidikan yang pernah Anda jalani. Baik itu pendidikan secara formal atau pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dijalani mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan juga perguruan tinggi. Sedangkan untuk pendidikan non formal seperti kursus, pelatihan atau hal apapun yang menunjang kemampuan Anda.

Pengalaman Bekerja

Bila Anda pernah bekerja di perusahaan lain maka tulislah pengalaman bekerja Anda. Berapa lama Anda bekerja, posisi apa saja yang pernah dijabat dan jenis pekerjaan apa saja yang pernah Anda lakukan. Tetapi bila Anda belum pernah bekerja sebelumnya, Anda bisa melewatkan bagian ini.

Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Lengkapi surat lamaran kerja Anda dengan bukti-bukti yang mendukung pernyataan Anda di dalam surat tersebut. Fungsi lampiran ini adalah untuk mempertegas surat lamaran untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan atau instansi yang menawarkan pekerjaan. Lampiran tersebut meliputi:

  1. Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  2. Foto copy Ijazah terakhir
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  4. Pas Foto terbaru
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
  6. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
  7. Itulah beberapa hal pokok yang harus ada di dalam surat lamaran kerja yang Anda buat

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima

Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima

Untuk lebih jelas tentang cara pembuatan surat lamaran kerja mungkin Anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang sudah jadi dibawah ini.

SURAT LAMARAN KERJA

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Bonafit – Digital Art
Jl. Pa Gatot – Raya No. 212
Kab. Bandung

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Bonafit – Digital Art yang termuat di harian Kompas tanggal 15 Januari 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Bonafit – Digital Art.

Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama :……………………………………………..
Tempat, tgl. lahir :…………………………….
Pendidikan Akhir :……………………………
Alamat :…………………………………………..
Telepon (HP) :………………………………….
e-mail :…………………………………………….
Status Perkawinan : (single/nikah)

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel,Word, Acces, Power Point, Out Look, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

( ______________ )

 

Itulah contoh surat lamaran kerja yang sederhana, tentu bisa Anda sesuaikan sendiri dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Untuk memperbesar kemungkinan Anda diterima lampirkan CV (Curriculum Vitae) yang menarik. Bila Anda belum bisa membuatnya silahkan baca artikel saya tentang Contoh dan Cara Membuat Curriculum Vitae yang Efektif dan Menarik.

Sebagai bonus untuk Anda kami telah mengumpulkan beberapa contoh surat lamaran kerja untuk berbagai keperluan seperti lamaran kerja PNS, lamaran kerja di Bank, lamaran kerja yang online dll. Untuk mengunduh silahkan klik link berikut Download contoh surat lamaran kerja.

Artikel Terkait :  Ciri dan Contoh Paragraf Argumentasi Paling Lengkap

Leave a Reply