Contoh Surat Pengantar yang Baik

Contoh Surat Pengantar Dokumen yang Baik

Contoh Surat Pengantar Dokumen – Dalam dunia pekerjaan ataupun bisnis, anda dituntut untuk mengenal beberapa jenis surat resmi. Hal ini dikarenakan surat-surat tersebut nantinnya akan dibutuhkan pada kegiatan pekerjaan anda. Dari sekian banyak jenis surat resmi surat pengantar dokumen menjadi salah satu jenis surat resmi yang selama ini paling banyak digunakan, terlebih jika pekerjaan anda berkaitan dengan administrasi. Itu sebabnya, contoh surat pengantar dokumen memang perlu anda miliki.

Surat pengantar dokumen juga sangat beragam, tergantung dari dokumen apa yang dikirimkan. Namun,surat pengantar dokumen tersebut tidaklah jauh berbeda. Sehingga jika anda sudah memahami salah satu jenis surat pengantar dokumen saja, anda akan langsung bisa membuat jenis yang lainnya.

Tips Membuat Surat Pengantar yang Baik

Surat Pengantar Dokumen
Surat Pengantar Dokumen – pixabay.com

Sebelum langsung memberikan anda beberapa contoh surat pengantar dokumen, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat surat pengantar dokumen berikut ini terlebih dahulu :

  1. Pemilihan Bahasa

Karena surat pengantar dokumen termasuk dalam jenis surat resmi, maka bahasa yang digunakan haruslah bahasa baku yang memang sudah sesuai dengan  EYD.

Karena orang yang akan menerima dokumen dari anda biasanya orang yang sibuk, maka anda harus bisa memilih bahasa agar tidak bertele-tele namun tidak meninggalkan kesan sopan. Dengan begini, maka penerima suratpengantar akan merasa dihargai dan instansi anda akan terkesan resmi dan professional.

  1. Tanggal

Dalam surat resmi juga tidak pernah meninggalkan tanggal di dalamnya. Jadi, pada surat pengantar dokumen yang anda buat juga jangan sampai melupakan tanggal. Tanggal biasanya terletak pada bagian atas surat, juga berdekatan dengan tempat dimana anda membuat surat.

Karena ada beberapa format dalam penulisan tanggal dalambahasa Indonesia yang selama ini sering digunakan, maka anda juga haruslah bisa menggunakan format yang baik.Pada surat resmi sendiri, penulisan tanggal yang sering digunakan ialahpada tanggal dan tahun menggunakan angka, sedangkan pada bulan menggunakan tulisan.

  1. Pemberi Dan Penerima

Surat pengantar dokumen biasanya memiliki penerima yang khusus. Itu sebabnya, dalam membuatsurat pengantar anda sudah sepatutnya menuliskan penerimanya dengan jelas. Kalaupun kebetulan anda tidak mengetahui dengan jelas nama penerima, setidaknya anda menuliskan bagian atau jabatan penerima.

Begitu juga dengan anda sebagai pemberi surat, anda juga haruslah menuliskan nama dan instansi anda dengan lengkap.

  1. Kop Surat

Salah satu ciri utama darisurat resmi ialah memiliki kop atau kepala surat. Itu sebabnya pada surat pengantar dokumen anda juga sampai lupa menggunakan kop surat.

Sebagai ciri surat resmi, Kop surat juga secara langsungmenjelaskan mengenai pengirim surat, karena pada kop surat tertulis nama instansi dan alamat dari  instansi tersebut.

Jika anda sudah memahami beberapa hal mengenai surat pengantar dokumen di atas, kini baru saatnya anda mengetahui beberapa contoh surat pengantar dokumen. Jika anda belum pernah membuatnya, anda tidak perlu khawatir karena membuat surat pengantar dokumen tidaklah sulit. Berikut beberapa contoh surat pengantar dokumen.

Kumpulan Contoh Surat Pengatar Berbagai Dokumen

Contoh Surat Pengantar Dokumen
Contoh Surat Pengantar Dokumen – pixabay.com

Setelah membaca tips membuat surat pengantar di atas, tentu Anda sudah mempunyai sedikit bayangan bagiamana cara membuat surat pengantar yang baik. Tetapi jika disuruh langsung membuat, mungkian Anda akan kesulitan dalam menyusun kata-kata yang digunakan. Oleh karena itulah pada akhir artikel ini diberikan berbagai contoh surat pengantar untuk Anda gunakan sebagai refrensi bagaimana menulis surat pengantar yang baik dan benar.

Contoh surat pengantar dokumen pertama (Dokumen Penawaran)

KOP SURAT

Jakarta, 30 Mei 2017

Nomor             :

Lampiran         : (diisi dengan berapa berkas lampiran)

Perihal             : Surat Pengantar Penawaran

 

Kepada Yth,

Bagian Pengadaan Barang dan Penjualan

  1. Impor Ekspor Indonesia

Jl. Laksamana Yustanto No 12B

Jakarta Timur

 

Dengan hormat,

Setelah mempelajari dan menganalisa PT Impor Ekspor Indonesia yang kini memiliki pasar semakin luas, kami dari Perusahaan (Naman Perusahaan Anda) bermaksud untuk memberikan penawaran beberapa produk yang  kami  produksi.Bersamaan dengan surat ini kami juga melampirkan penawaran produk yang bisa Bapak / Ibu  pilih sesuai dengan paket.

Demikian surat ini kai buat, besar harapan kami agar Perusahaan Bapak / Ibu dapat bekerja sama dengan kami. Atas kebijaksanaannya kami ucapkan  terimakasih.

 

Hormat Kami

 

Nama

Jabatan

Contoh Surat Pengantar Dokumen Kedua (Pengantar Laporan)

(KOP SURAT)

KOPERASI DESA MAJU DAN MANDIRI

Desa Gunung Tawang Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo

Jl. Gunung TawangKM 07SelomertoWonosobo

Telp. 0123 086858 email: emailkoperasidesa@gmail.com

 

Nomor             : 123/12B/XX/20017

Lampiran         : 2 bendel

Hal                   :Pengantar Laporan Bulanan

 

Kepada Yth,

Kepala Dinas Koperasi dan UKM

Kabupaten Wonosobo

Di tempat

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan ketentuan  dimanasetiap Koperasi harus memberikan laporansetiap bulannya. Maka dengan surat pengantar ini, kami dari Koperasi Desa Maju Dan Mandirimengirimkan laporan tersebut. Adapun laporan yang kami kirimkan meliputi:

  1. Neraca Perubahan dan Percobaan pada Periode1 Juni – 1 Juli 2017
  2. Laporan Bulanan periode 1 Juni – 1 Juli 2017

Demikian surat ini dibuat, semoga laporan tersebut sesuai dengan  yang diharapkan Bapak / Ibu.

 

Wonosobo, 5 Juli 2017

Koperasi Desa Maju Dan Mandiri

Ketua

 

(Nama Lengkap)

Contoh Surat Pengantar yang Baik
Contoh Surat Pengantar yang Baik – pixabay.com

Contoh Surat Pengantar Dokumen Ketiga (Pengantar Laporan)

KOP SURAT

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

BELAJAR CERIA

Alamat: Jl. Mawar Merah 89B Jakarta Timur

Telp. 021 7976556

 

Kepada:

YthKepala UPT Dinas Pendidikan

Di

Jakarta Timur

SURAT PENGANTAR

Nomor123/572t/AB/IX/2017

Dengan Hormat,

Dengan ini kami sampaikan

No.SuratbanyaknyaKeterangan
1Laporan Bulanan

Periode 1 Agustus – 1 September 2017

1 bendel
2Data Guru dan Pegawai1 bendel
3Data murid1 bendel

 

Demikian untuk diketahui.

 

Jakarta Timur,  4 September 2017

Kepala PAUDBelajar Ceria

 

(nama lengkap)

 

Tembusan:

  1. Bagian Arsip
  2. Kepala Dinas pendidiakn Jakarta Timur

Dengan beberapa contoh surat pengantar dokumen di atas, diharapkan anda bisa lebih mudah dalam membuat surat pengantar dokumen yang akan anda buat.Yang  terpenting dalam surat tersebut ialah, anda bisa memasukansegala hal mengenai dokumen yang  akan diberikan. Selamat mencoba membuat surat pengantar, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman atau kerabat anda melalui media sosial dengan menekan tombol share di bawah ini.

Artikel Terkait :  Contoh Surat Pengantar Berbagai Kegiatan Penting

Leave a Comment