Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot Penjelasan Struktur Analisis Lengkap

Contoh Teks Anekdot – Jika Anda ingin membuat sebuah artikel atau teks cerita, maka harus mengetahui jenis teks yang akan dipakai terlebih dahulu sebelum memulai menyusun cerita tersebut. Teks anekdot merupakan salah satu jenis teks yang dipakai untuk membuat teks cerita dari pengalaman seseorang, dimana teks tersebut berisikan cerita singkat dan juga menghibur.

Selain berisi cerita yang menghibur, terdapat juga cerita peristiwa-peristiwa menarik, ataupun ungkapan tentang kebenaran. Jika seseorang mempunyai pengalaman pribadi yang lucu dan ingin menulis cerita singkatnya, maka ia harus menggunakan teks anekdot dalam pembuatan cerita tersebut.

Apa Itu Teks Anekdot?

Contoh Teks Anekdot
Contoh Teks Anekdot

Teks anekdot sendiri berisikan cerita singkat, menghibur, dan selalu disajikan berdasarkan kejadian nyata, jadi bukan kejadian dibuat-buat (tidak sebenarnya). Tujuan dari teks anekdot adalah membangkitkan tawa atau menghibur para pembaca.

Teks anekdot biasanya dimanfaatkan untuk menyidir, seperti menyindir terhadap pelayanan yang kurang baik, lingkungan yang kurang sehat. Sindiran tersebut dijadikan sebuah kemasan cerita yang menghibur. Teks anekdot seperti ini bisa kita temukan di surat kabar seperti majalah ataupun koran. Penggunaan kata pada teks anekdot yaitu dengan menggunakan kata-kata kias, pengandaian, perbandingan, antonim, ungkapan, konjungsi, serta pertanyaan retoris.

Sebelum menyusun teks anekdot, tentukanlah terlebih dahulu topik yang akan diambil untuk teks anekdot tersebut, selain itu persiapkan juga bahan lainnya seperti referensi. Jika Anda mempunyai pengalaman pribadi, maka akan dengan mudah membuat teks anekdot. Sebelum membuat teks anekdot, sebaiknya Anda baca artikel-artikel yang berisi teks anekdot pada surat kabar atau media online sebagai referensi.

Teks anekdot memiliki ciri yang khas, ciri-ciri tersebut diantaranya, pertama teks anekdot hampir serupa dengan dongeng, namun tak sama karena tek anekdot memiliki tujuan sendiri. Kedua partisipannya biasanya orang terkenal, atau orang yang memiliki kepentingan. Ketiga teks yang disuguhkan penuh humor, sindiran, serta lelucon yang realistis.

Struktur Teks Anekdot

Struktur Teks Anekdot
ytimg.com

Struktur teks sangat penting sekali dalam penyusunan teks, seperti halnya menyusun teks anekdot maka harus diketahui terlebih dahulu struktir teksnya. Struktur teks anekdot berbeda dengan teks eksposisi ataupun jenis teks lainnya, struktur teks anekdot yaitu abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, dan koda. Struktur teks tersebut berfungsi sebagai kerangka dalam penyusunan teks anekdot. Untuk lebih jelas bisa simak penjelasan bagian-bagian srtuktur teks anekdot dibawah ini:

1. Bagian Abtraksi

Bagian abstraksi merupakan bagian yang terdapat pada paragrap pertama (bagian awal), pada bagian ini merupakan bagian yang berisi abstrak atau gambaran umum dari isi teks anekdot. Pada bagian ini menceritakan tentang apa yang akan diceritakan, tentang topik yang Anda angkat.

Contoh abstraksi teks anekdot

“Disebuah rumah terdapat seekor kucing dan seekor tikus, seekor tikus berlari setelah melihat seekor kucing”

2. Bagian Orientasi

Bagian orientasi merupakan bagian pendahuluan atau bagian latar belakang peristiwa terjadi pada cerita tersebut. Di bagian ini berisikan pengenalan tokoh, waktu peristiwa, tempat kejadian.

Contoh orientasi teks anekdot

“Hadi sangat kebingungan, ketika ia sedang mengerjakan PR. Ia pun pergi ke kakak sepupunya yang sekarang sudah kuliah, siapa tahu kakak sepupunya membantunya. Namun, kakak sepupunya tidak bisa membantunya.”

3. Bagian Event

Bagian event merupakan serangkaian peristiwa dalam cerita, biasanya berisikan percakapan atau dialog.

4. Bagian Krisis

Bagian krisis merupakan bagian yang mulainya munculnya masalah, biasanya pada bagian ini orang yang diceritakan mulai mengalami permasalahan atau kemelut. Contoh bagian krisis yaitu:

“Akhirnya Hadi punya akal panjang yaitu dengan membuat contekan untuk ujian besok. Dia berangkat ke sekolah dengan tenang. Temannya menyambut datangnya hadi, salah satu teman hadi bertanya “Gimana kamu buat gak untuk hari ini?. Aku buat tapi hanya sampai pertengahan bab saja.”

5. Bagian Reaksi

Bagian reaksi merupakan bagian yang berisi penyelesaian masalah pada bagian krisis, atau juga bagian ini merupakan bagian tindakan untuk merespon suatu masalah. Contoh untuk bagian reaksi, yaitu:

“Pada hari ketiga, hadi dan kawan-kawan kembali mencontek. Ketika hendak mencontek Hadi ketahuan guru pengawas ujian, sehingga pada hari itu hadi dikeluarkan dari kelas dan tidak mengikuti ujian.

“Maaf bu saya tidak akan mengulanginya lagi”. Kata Hadi sambil nunduk.
“Sekarang kamu dihukum hanya dikeluarkan dari kelas, jika besok ketahuan nyontek lagi, sekolah tidak akan menaikan kamu ke kelas dua” . Kata Guru pengawas ujian.

6. Bagian Koda

Pada bagian ini merupakan bagian yang berisi perubahan tokoh, dan sebuah pelajaran yang dipetik dari cerita anekdot. Contoh bagian koda, bisa dilihat dibawah ini:

“Setelah kejadian tersebut, Hadi terus belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa naik kelas. “Saya harus naik kelas, gak akan nyontek lagi”. Kata Hadi dalam hati.”

Jenis-jenis Teks Anekdot

Teks Anekdot
Teks Anekdot

Teks anekdot terdiri dari 2 jenis yaitu anekdot lisan dan teks. Untuk anekdot lisan, seperti teks singkatan yaitu kudis artinya kurang disiplin. Sedangkan anekdot teks berupa rangkaian teks cerita yang disusun sesuai dengan struktur teksnya.

Contoh-contoh Teks Anekdot

1. Contoh Teks Anekdot Tentang Pendidikan

Judul “Sekolah Bertaraf Internasional”

Senin pagi ini di sekolah ujang, tepat pukul 10 pagi masuk seorang guru kedalam kelas dan memberitahukan kepada para murid bahwa sekolah mereka akan berubah status menjadi sekolah SBI. “Para murid, ada kabar gembira nih. Sebentar lagi Sekolah kita akan menjadi sekolah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional).

Nah, untuk menyambutnya apa yang kalian siapkan? Tanya sang guru. “Ujang, sebentar lagi sekolah mau berganti status, Apa yang kamu siapkan?” Tanya guru tersebut lebih lanjut. Dengan sigap Ujang pun langsung menjawab pertanyaan guru. “Belajar komputer bu, agar nanti kita pandai belajar komputer” jawab Ujang.

“Keren jang. Kalau kamu, Jono?” tanya guru kepada Jono

“Harus siapkan uang, Pak” Jawab Jono

“Kok, uang?” Tanya guru lebih lanjut

“Ya Pak. Soalnya jika sekolah kita menjadi SBI, pasti bayarnya akan mahal Pak. Masa sih bayarnya sama kayak sekolah biasa?” Jelas Jono lebih lanjut.

“Jawaban kamu kok sinis sekali jono? Jadi gini, jika sekolah kita bertaraf internasional berarti sekolah kita setara dengan sekolah luar negeri.” Sang guru melanjutkan penjelasannya.

“Owh gitu, tapi kalau menurut saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Internasional Pak.” Lanjut Jono menjelaskan.
Akhirnya guru tersebut kebingungan membalas kata-kata Jono dan langsung membahas materi pelajaran.

2. Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum

Judul “Maling Sendal”

Setelah beberapa hari melewati proses peradilan, seorang narapidana akhirnya pun dimasukan ke sel tahanan. Pada hari pertama, ada seorang napi yang kayaknya sudah cukup lama dipenjara “Kamu masih muda kok masuk bui, gara-gara apa kamu masuk sini?”

“Saya nyuri sendal mas”, jawab napi muda tersebut.

“Di vonis berapa tahun disini”, tanya napi senior.

“Saya dihukum seumur hidup, masa percobaan 2 tahun”, jawab napi muda.

Napi senior merasa heran dan bertanya lagi “Kok bisa sampai dihukum seumur hidup, apa yang kamu curi sendal Raja”

“Bukan mas, saya nyuri sandal tetangga”, jawab napi muda.

“Kasus kamu sebenernya cukup damai ajah di tempat kan beres” kata napi senior.

“Masalahnya saya waktu dikejar warga, saya tabrak beberapa orang yang menghalangi saya hingga tewas”. Kata napi muda

Napi senior tertawa terbahak mendengarkan cerita napi muda, berawal dari maling sendal jadi penjara seumur hidup.

3. Contok Teks Anekdot Sindiran

Judul “TRANSTV milik Raffi Ahmad”

TRANSTV, merupakan stasiun TV swasta yang terkenal kini mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia. Bagaimana tidak, stasiun TV ini dianggap menyiarkan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan cara yang berlebihan.

Hal itu dirasa tidak bermanfaat untuk publik. Akhirnya, terungkap bahwa TRANSTV adalah singkatan dari Televisi Raffi Ahmad Nagita Slavina, hehehe.

Artikel Terkait :  Cara Menulis Tinjauan Pustaka Secara Sistematis

1 thought on “Contoh Teks Anekdot Penjelasan Struktur Analisis Lengkap

Leave a Comment