Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat dan Menarik

Mungkin dari kalian Ada yang belum tahu apa itu dialog interaktif. Dialog interaktif merupakan percakapan yang dilakukan di media televisi atau radio yang bisa melibatkan pendengar dan pemirsa lewat telepon.

Narasumber dipilih dari orang yang tahu mengenai informasi yang hendak disampaikan. Kamu bisa mendapatkan informasi dengan bertindak seperti pihak yang pasif.

Caranya yaitu dengan mendengarkan suatu dialog interaktif yang dilaksanakan orang lain. Dari kegiatan ini kamubisa mencatat hal yang penting sehingga bisa menyimpulkan apa yang didengar tersebut.

Tips Membuat Dialog Interaktif

Tips Membuat Dialog Interaktif

pixabay.com

Dalam menerapkan dialog interaktif, kamu perlu menerapkan prinsip 5W+1H, antara lain:

  1. What : apa yang akan didialogkan
  2. Who : siapa yang sedang berdialog
  3. When : kapan dialog tadi dilakukan
  4. Where : dimana dialog tadi dilakukan
  5. Why : mengapa dialog tadi dilakukan
  6. How : bagaimana hasil dari dialog tadi

Daripada kalian semakin penasaran apa saja contoh teks dialog interaktif singkat itu, simaklah contoh teks dialog interaktif singkat dibawah ini.

Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat Mata Najwa Metro TV

Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat Mata Najwa

pixabay.com

Acara : Mata Najwa Metro Tv

Tanggal : 16, Juni 2016

Pukul : 22.26 WIB

Host : Najwa

Najwa : Apa yang diharapkan oleh keluarga korban?

Yoga : Mohon maaf sebelumnya, Ibu pejabat mengatakan proses. Pers dan BPOM mengatakan kewenangan, Ikatan Dokter mengatakan sama, dan Mbak Najwa saat ini berbicara itu. Intinya hingga detik ini, kami tidak memperoleh apapun. Pemerintah tidak datang untuk mediasi dengan keluarga.

Sehingga keadaan kami kini masih ricuh. Kami sekeluarga berjuang untuk mendapatkan keadilan. Jika antibiotik hanya berisi NaCl, larutan hepatitis yang diencerkan, bagaimana jika antibiotik itu mengandung virus didalamnya dan berbahaya untuk kami. Sampai saat ini kami sekeluarga tidak merasa bahwa pemerintah hadir untuk kami.

Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat di Televisi

Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat di Televisi

pixabay.com

Acara : Di sekolah Bekasi

Tanggal : 16, januari 2016

Pukul : 20.16 WIB

Kenakalan Anak Muda

Mila dan Widya: “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”

Mila : “Selamat siang pemirsa semuanya, jumpa lagi dengan saya Mila Wijayanti

Widya  : “Dan saya Widya Ayu Safira.”

Mila: “Selama 30 menit ke depan kami akan menemani Anda dalam acara “Dialog Interaktif”.”

Widya : “Siang ini kita akan membahas mengenai “Kenakalan anak muda.”

Mila : “Untuk membahas tema yang satu ini kami tidak hanya berdua saja, karena kita ditemani narasumber yaitu Bu Siska selaku wali murid. Apa kabar Ibu Siska?”

Ibu Siska : “Alhamdulilah baik.”

Widya : “Dan sampingnya ada Ibu Citra guru BK dari SMP Negeri 2 Bekasi. Selamat pagi Ibu Citra?”

Ibu Citra: “Selamat pagi Dialog Interaktif.”

Mila : “Terima kasih Ibu Siska dan Ibu Mila atas kedatangannya di studio kami. Karena tema dialog hari ini yaitu kenakalan anak muda, lalu menurut ibu Siska apa sih kenakalan anak muda itu?”

Siska : “Kenakalan anak muda atau kenakalan remaja itu sering dikenal dengan

juvenile delinquency. Yaitu gejala sosial pada anak muda yang diakibatkan oleh beberapa faktor.Jadi mereka melakukan perilaku yang tidak baik.”

Widya : “Iya pemirsa saat ini banyak sekali kasus-kasus kenakalan anak muda di belahan dunia manapun. Lalu apa pendapat Ibu Siska mengenai kenakalan anak muda di Indonesia saat ini?”

Ibu Siska : “Pendapat saya mengenai kenakalan anak muda di Indonesia sangat memprihatinkan.”

Widya : “Baiklah, saya akan bertanya kepada Ibu Citra yang setiap hari mengawasi perilaku anak-anak di sekolah.Sebenarnya apa jenis-jenis perilaku para anak muda yang perlu diperbaiki?”

Ibu Citra : “Banyak sekali sebenarnya jenis-jenis kenakalan anak muda sekarang ini,

Misalnya saja membolos sekolah sebab tidak suka dengan mata pelajaran, dan guru. Kemudian karena anak muda yang berpacaran lalu tidak berangkat ke sekolah. Kemudian contoh lainnya seperti anak sekolah yang hamil di luar nikah, merokok, dan lain sebagainya.

Dan contoh yang mengecawakan lagi hamil diluar nikah.”

Widya : “Oke kalo gitu pemirsa, membicarakan mengenai merokok, saat ini Indonesia menduduki urutan ke-5 sebagai negara pengonsumsitembakau tertinggi di dunia. Lantas apa pendapat ibu Citra akanhal tersebut?”

Ibu Citra: “Sungguh parah dan mengecewakan ya, apalagi efek merokok itu kan sangat membahayakan bagi kesehatan.Merokok juga memengaruhi IQ dan juga psikoligis, khususnya bagi anak muda.”

Mila : “Ibu Siska sebagai orang tua, bagaimana ini cara memberitahukan kepada anak-anak ibu bahwa berpacaran waktu muda itu sangat berisiko? Pastinya kananak muda sekarang ini sudah tahu dengan lawan jenis. Monggo Ibu Siska.”

Ibu Siska : “Saya selalu memberikan nasehat untuk anak-anak saya dengan baik. Saya selalu menasehati anak-anak saya untuk tidak berpacaran dulu. Karena sekarang ini anak kecil saja sudah tau apa itu pacaran. Bahkan bahayanyahingga melakukan hubungan seperti pasangan sudah menikah.

Widya : “Menurut Ibu Siska sendiri sebenarnya apa sih yang membuat anak mudah semakin menyimpangsekarang ini?”

Ibu Siska : “Banyak faktor yang menyebabkan kenakalan anak muda saat ini, seperti faktor pergaulan di lingkungan masyarakat. Anak yang baik bisa mengubah perbuatan anak menjadi positif. Begitupun sebaliknya, anak yang kelakuannya tidak baik akan berdampak buruk dan negatif. Karena itu, jangan salah memilih teman.”

Mila : “Baiklah. Saya menanyakan pada Ibu Citra tentang bagaimana

cara mengawasi anak supaya tidak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik atau negatif?”

Ibu Citra : “Cara menjauhkan anak dari pergaulan yang negatif atau buruk yaitu dengan meluangkan waktu bersama keluarga. Dengan begituakan menciptakan suasana yang harmonis, sebab keluarga sangat berpengaruh kepada anak. Caranya yaitu dengan memberikan pendidikan karakter seperti tanggung jawab, kesopanan, dan kejujuran.”

Mila : “Akan tetapi bu, faktor keluarga dapatmenyebabkan kenakalan anak muda. Misalnya sajaanak yang orang tuanya bercerai, maka bisa membuat anak itu tidak terkendali sebab tidak ada yang mengontrolnya. Bagaimana solusi ibu untuk hal ini?”

Ibu Citra : “Pendapat saya untuk hal ini bahwa anak tidak sepenuhnya salah. Hanya saja sebagai orangtua yang wajib mengontrol anaknya, kenapa mengurusi urusan pribadinya sendiri. Sebagai anak juga tidak boleh putus asa ketika orang tuanya bercerai. Solusinya untuk para orang tua, jika belum siap memiliki anak, sebaiknya jangan bikin anak dulu. Sebab kalau sudah lahir takutnya anaknya yang akan menjadi korban.”

Widya : “Benar sekali. Bagaimana sih harapan Ibu Citrauntuk anak-anak muda sekarang inisupaya tidak terjerumus ke dalam jurang pergaulan yang negatif?”

Ibu Citra  : “Para anak muda saat ini sebaiknya manfaatkan waktu kaliandengan melakukan hal-hal positif. Karena jika akan merugikan dirinya sendiri. Selain itu pilihlah perilaku mana yang sesuai untuk ditiru.”

Itulah contoh teks dialog interaktif singkat. Semoga bermanfaat untuk kalian ya.

Artikel Terkait :  Contoh Jenis Karangan Teks Deskripsi Terbaik

Leave a Reply