8 Tema Dekorasi Pernikahan di Rumah yang Menjadi Favorit Pengantin

Dekorasi Pernikahan – Selain ingin tampil wah dengan gaun yang menawan membuat suatu dekorasi pernikahan yang indah dan mewah merupakan impian banyak calon pengantin. Tetapi membuat dekorasi pernikahan tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari tempat pesta, tema dekorasi yang akan diusung dan juga seberapa banyak budget yang telah disiapkan.

Memang sih, tidak mudah, tetapi membuat dekorasi pernikahan yang mewah dengan budget sederhana bukanlah hal yang mustahil. Salah satu caranya dengan menentukan tema apa yang akan digunakan dalam pesta pernikahan. Sehingga dalam menentukan budget akan lebih efesien, karena tidak membelanjakan uang pada pos-pos yang tidak diperlukan.

Nah agar kamu bisa menentukan dekorasi pernikahan apa yang akan digunakan dalam pesta nanti, yuk kenali berbagai tema pernikahan yang bisa dibilang populer. Seperti pada umumnya ada beberapa dekorasi pernikahan yang dipakai di Indonesia diantaranya seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Dekorasi Pernikahan Tradisional

Dekorasi Pernikahan Khas Jawa

Dekorasi Pernikahan Khas Jawa – lkpnoeralita.wordpress.com

Tema pernikahan tradisional merupakan tema paling populer yang banyak digunakan dalam pesta pernikahan di Indonesia. Hal ini disebabkan masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman kebudayaan daerah serta dekorasi tradisional memiliki kemewahan dan nuansa sakral.

Tema tradisional biasanya memiliki prosesi yang sistematik, setiap prosesi tersebut mengandung nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh orang terdahulu. Banyaknya kebudayaan di Indonesia membuat beragam juga dekorasi tradisional serta tata cara prosesi pernikahannya.

Biasanya tema dekorasi ini menggunakan properti dengan warna-warna kuat yang mewah seperti elemen perak dan emas. Walaupun memiliki kesan kuat dan gemerlap tetapi tidak menghilangkan kesan elegan dan romantis.

Dekorasi Pernikahan Khas Jawa

Dekorasi Pernikahan Khas Jawa

Dekorasi Pernikahan Khas Jawa – aquariusdecoration.wordpress.com

Kemewahan dan kemegahan keraton yang ada di tanah Jawa sering kali dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam membuat dekorasi adat jawa. Satu satu ciri khas dari dekorasi adat Jawa adalah adanya gebyok kayu, ukiran khas Jawa serta bangunan rumah joglo dan juga pendopo keraton. Pernikahan adat Jawa selalu menggunakan gebyok kayu yang diukir dengan warna coklat tua.

Salah satu mahakarya khas Jawa tersebut dimodifikasi dan dipadukan dengan unsur modern yang menghasilkan karya baru yang tetap menjaga nilai-nilai khas Jawa. Selain gebyok ada elemen lain yang digunakan dalam pernikahan khas Jawa adalah adanya hiasan buffet kayu serta sepasang patung loro blonyo yang memiliki lambang kesetiaan suami istri dalam kehidupan berumah tangga.

Dekorasi Pernikahan Adat Sunda

Dekorasi Pernikahan Khas Sunda

Dekorasi Pernikahan Khas Sunda –  am3liuscollections.blogspot.com

Prosesi pernikahan adat Sunda pada umumnya hampir sama dengan prosesi pernikahan adat Jawa. Hal ini wajar saja, karena kedua suku ini memiliki sejarah yang hampir sama dan letaknya juga saling berdekatan. Perbedaan yang cukup signifikan terletak pada ornamen yang digunakan, bila biasanya dekorasi khas Jawa banyak ornamen dari kayu sedangkan untuk adat Sunda biasanya didominasi oleh ornamen dari bambu.

Ciri khas lain dari dekorasi adat Sunda adalah adanya bunga sedap malam pada bagian atap serta bunga melati yang menjuntai di pelaminan. Hal ini merupakan ciri khas Bumi Parahyangan.

Tema Pernikahan Vintage

Contoh Dekorasi Pernikahan Vintage

Contoh Dekorasi Pernikahan Vintage – ourlovelifejournal.wordpress.com

Tema pernikahan ini biasanya memiliki ciri khas adanya warna-warna dasar dalam pemilihan jenis rangkaian bunga, souvenir dan ornamen. Agar kesan klasik makin terasa, kamu bisa menambah dekorasi pernikahan dengan foto hitam putih, pita-pita di dinding ruangan dan juga menggunakan kursi dari kayu.

Penataan cahaya juga harus diperhatikan dengan detail, karena hal ini juga sangat berperan dalam menimbulkan kesan klasik.

Tetapi hal yang lebih penting adalah pemilihan tempat, bila kamu memilih tema ini sebaiknya hindari mengadakan pesta di gedung yang modern, karena hal itu akan terlihat kontras dengan tema pernikahan yang kamu usung. Salah satu keunggulan tema pernikahan vintage adalah bisa diterapkan di rumah dengan biaya yang cukup murah.

Dekorasi Pernikahan Glamour

Dekorasi Pernikahan Glamour

Dekorasi Pernikahan Glamour – thebridedept.com

Tema pernikahan kali ini sangat bertolak belakang dengan tema vintage. Bila pada dekorasi pernikahan yang pertama lebih menekankan pada tema klasik, maka tema pernikahan glamour mengusung gaya modern. Biasanya dekorasi glamour diadakan di tempat yang luas dan langit-langit yang tinggi.

Untuk menyiasati tingginya langit-langit tempat pesta diperlukan properti dekorasi yang memiliki ukuran besar dan tiang-tiang pilar yang tinggi. Untuk menimbulkan efek glamor kamu bisa menggunakan hiasan dari kristal ataupun swarovski. Selain itu kamu bisa juga menambahkan rangkaian bunga-bunga segara yang memenuhi lokasi mulai dari pintu masuk sampai pojok-pojok ruangan.

Tema Pernikahan dari Film-film Terkenal

Dekorasi Pernikahan Film Populer

Contoh Tema Pernikahan Breaking Down – panggilsayabella.wordpress.com

Tema ini sangat unik, mungkin di Indonesia jarang yang menggunakan tema pernikahan ini. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba tema yang satu ini. Untuk mendapatkan inspirasi mengenai dekorasi pernikahannya bisa dimulai dari film yang kamu sukai.

Intinya adalah mengambil scene terbaik yang paling mengena di hati, kemudian merealisasikannya sebagai dekorasi ruangan pesta. Jadi semua penataan properti pesta, pencahayaan, serta souvernir dan ornament yang ada di dalam pesta sama dengan yang ada di dalam film.

Beberapa film yang biasa dijadikan isnpirasi untuk menggelar pesta pernikahan adalah The Great Gatsby, Cinderella, Harry Potter, Snow White dan Lord of The Ring.

Dekorasi Shabby Chic

Dekorasi Shabby Chic

Dekorasi Shabby Chic
sumber gambar:gedungsasanakriyatmii.blogspot.com

Tema yang tampak manis ini merupakan hasil dari perpaduan yang pas antara unsur ekletik dan elegan. Inspirasi tema pernikahan ini mengikuti interior desain ala Inggris pada tahun 80-an. Ciri khas dari dekorasi pernikahan Shabby Chic adalah warna yang digunakan merupakan warna-warna soft yang kuat dengan kesan klasik dan elegan seperti warna pink, pastel, motif bunga serta nuansa romantis.

Tema pernikahan ini sangat cocok untuk diterapkan bagi pasangan yang menginginkan kesan romantis, feminim dan tampil manis. Tema ini bisa juga dikatakan sebagai penggabungan unsur ekletik dan elegan.

Dekorasi Cherry Blossoms

Dekorasi Cherry Blossoms

Dekorasi Cherry Blossoms – sentrabunga.com

Bunga sakura merupakan bunga khas Jepang yang mekar setahun sekali. Terbayang gak kalau bunga yang cantik ini dijadikan sebagai inspirasi dalam membuat dekorasi pernikahan. Dekorasi pernikahan ini didominasi oleh warna merah muda, sesuai dengan warna bunga ini.

Dekorasi Cherry Blossoms dibuat sesederhana dan tampak segar. Membuat dekorasinya juga sangat mudah, kamu cukup meletakan pot bunga di beberapa tempat yang diperlukan. Agar tampil lebih cantik, kamu bisa menggunakan lentera kertas dan taplak meja berwarna putih dengan serbet merah muda. Hal ini dilakukan untuk menguatkan kesan romantis. Selain membuat dekorasi pernikahan yang menarik untuk menambah kemewahan pernikahan kamu bisa menggunakan undangan pernikahan unik.

Kamu bisa melihat contoh dekorasi pernikahan lebih banyak lagi pada video di bawah ini.

Artikel Terkait :  Rahasia Cepat Dapat Jodoh Menurut Islam

Leave a Reply