33 Doa Harian Islam Bahasa Arab dan Artinya

Doa Harian Anak Islam

Doa Setelah Selesai Berwudhu

Bacaan Doa Setelah Wudhu

Salah satu fadhilah yang akan didapatkan dari membaca doa ini adalah dibukakan delapan pintu langit dan dipersilahkan masuk surga dari pintu mana saja yang diinginkan seperti yang disebutkan dalam hadis berikut.

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, ‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’ [Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.] kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu langit yang bisa dia masuki dari pintu mana saja.”

Doa Bila Ada Anggota Badan yang Merasa Sakit

Doa Apabilas sakit

Bila kamu merasakan sakit pada bagian badan, segeralah memohon kesembuhan pada Allah dengan membaca doa di atas.

Doa Ketika Bangun dari Tidur

Doa Bangun Tidur

Imam Nawawi rahimahullah sendiri menerangkan bahwa maksud kalimat ‘kami dimatikan’ adalah tidur. Sedangkan ‘kami dibangkitkan’ adalah dihidupkan lagi kelak pada hari kiamat. Intinya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin menerangkan bahwa ketika orang itu bisa bangun setelah tidur, berarti seseorang bisa pula dibangkitkan (pada hari kiamat) setelah dimatikan.

Doa Bila ada Angin Besar

Doa Bila Ada Angin

Ketika ada angin besar sebaiknya membaca doa ini agar bisa dilindungi dari hal yang tidak diinginkan.

Doa Ketika Merasa Takut

Doa Bila Merasa Takut

Sebagai seorang mukmin ketakutan merupakan hal yang sangat mengganggu. Karena hal tersebut akan menjadi sesuatu yang mengganggu hati. Oleh karena itu bila kamu merasa ketakutan sebaiknya segera membaca doa ini.

Doa Ketika Berbuka Puasa

Doa Buka Puasa

Puasa merupakan salah satu jenis ibadah yang disukai oleh Allah. Bahkan Allah sendirilah yang akan memberikan balasan bagi orang-orang yang menjalankan puasa. Selain beberapa doa yang sering dibaca ketika berbuka puasa, kamu juga bisa membaca doa ini setelah selesai berbuka sebagai rasa syukur kepada Allah.

Doa Selama Perjalanan

Doa dalam Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya membaca doa untuk memohon keselamatan di dalam perjalanan. Dan selama perjalanan disarankan untuk selalu mengingat Allah dengan dzikir takbir dan tasbih.

 

Doa Ketika Masuk WC

Doa Keluar WC

WC merupakan tempat yang kotor dan disukai oleh para setan. Mereka biasa menggunakan tempat-tempat kotor seperti WC sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu ketika di dalam WC dilarang untuk mengucapkan ayat-ayat Al-Qura’an maupun dzikir. Karena itulah ketika keluar dari WC sebaiknya berdoa meminta ampunan kepada Allah dengan membaca doa seperti yang ada di gambar.

Doa Ketika Anjing Menggonggong

Doa Ketika ada Anjing Menggonggong

إِذَا سَمِعْتُمْ نُبَاحَ الْكِلاَبِ وَنَهِيْقَ الْحَمِيْرِ بِاللَّيْلِ فَتَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنْهُنَّ فَإِنَّهُنَّ يَرَيْنَ مَا لاَ تَرَوْنَ

Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat. HR. Abu Dawud dan Ahmad

Di dalam hadis di atas dijelaskan bahwa ketika ada anjing dang menggonggong dan keledai meringkik segeralah meminta perlindungan kepada Allah dari apa yang tidak kamu ketahui.

Doa Ketika Ada Petir

Doa Ketika Ada Petir

Dari ‘Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan,

سُبْحَانَ الَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

Subhanalladzi sabbahat lahu” (Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya). Lalu beliau mengatakan, ”Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.” (Disebutkan oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 722. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).
Apabila ’Abdullah bin Az Zubair mendengar petir, dia menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan,

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih” (Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya). Kemudian beliau mengatakan,

إِنَّ هَذَا لَوَعِيْدٌ شَدِيْدٌ لِأَهْلِ الأَرْضِ

”Inilah ancaman yang sangat keras untuk penduduk suatu negeri”. (Disebutkan oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 723. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Jadi, do’a yang bisa dibaca ketika mendengar geledek atau suara petir adalah bacaan: “Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih” (Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya).

Artikel Terkait :  Rahasia Cepat Dapat Jodoh Menurut Islam

Kalau Bersin Membaca Doa Ini

Doa Ketika Bersin

Bagi muslim ketika bersin hendaklah mengucapkan Alhamdulillah sebagai rasa syukur atas apa yang nikmat yang diberikan oleh Allah. Dan bagi muslim lain yang mendengarnya maka dianjurkan untuk membalas doa tersebut dengan doa lain seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Doa Ketika Keluar Rumah 2

Doa Ketika Kagum dengan Sesuatu

Doa Ketika Kagum dengan Ssuatu

Rasa kagum yang berlebihan terhadap suatu hal akan menjadi jalan setan untuk menggoda manusia. Oleh karena itulah ketika kagum dengan suatu hal dianjurkan untuk membaca doa seperti yang ada pada gambar.

Doa Harian Ketika Keluar dari Rumah

Doa Ketika Keluar Rumah

Agar rumah yang kamu tinggalkan diberikan perlindungan dari kejahatan tangan manusia maka mintalah pada Allah untuk menjaganya dengan cara berdoa.

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

Doa Ketika Marah

Doa Ketika Marah

Manusia diciptakan dengan berbagai sifat dan salah satunya adalah sifat marah. Marah merupakan sifat yang pasti ada pada diri manusia, oleh karena itu Islam tidak melarang seseorang untuk marah. Bahkan untuk urusan tertentu seperti marah karena membela syariat yang dilanggar oleh orang.

Kita diperbolehkan untuk marah untuk hal-hal yang bersifat positif tetapi jika kita bisa menahan sifat marah akan lebih baik lagi. Oleh karena itu bila kamu merasa kesal dan ingin marah segeralah membaca doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Suatu hari saya duduk bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada dua orang yang saling memaki. Salah satunya telah merah wajahnya dan urat lehernya memuncak. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِني لأعلمُ كَلِمَةً لَوْ قالَهَا لذهبَ عنهُ ما يجدُ، لَوْ قالَ: أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ، ذهب عَنْهُ ما يَجدُ

Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang. (HR. Bukhari dan Muslim)

Bacaan Ketika Mendengar Suara Adzan

Doa Ketika Mendengar Adzan

Menjawab Adzan

Doa Ketika Mendengar Azan

Adzan merupakan pengingat bagi setiap muslim untuk menjalankan perintah sholat. Oleh karena itu orang yang mengumandangan adzan mempunyai keutamaan tersendiri. Ketika mendengar adzan kita dianjurkan untuk menjawab adzan tersebut seperti yang ada pada gambar di atas.

Doa Ketika Terkena Musibah

Doa Ketika Terkena Musibah

Musibah merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Melalui jalan inilah Allah memberikan hukuman bagi orang-orang yang kafir, menegur orang-orang yang lalai dan meninggikan derajat orang-orang yang beriman. Oleh karena itu seorang mukmin yang baik tidak boleh mengeluh bila diberikan ujian berupa musibah. Dan ketika terkena musibah sebaiknya membaca doa berikut.

“Kita milik Allah semata dan sesungguhnya hanya kepada-Nya semata kita kembali. (QS. Al-Baqarah [2]: 156). Ya Allah berilah aku pahala dalam musibah yang menimpaku, dan berilah aku ganti yang lebih baik daripada musibah yang telah menimpa.” (HR. Muslim)

Doa Ketika Berziarah di Makam

Doa Ketika Ziarah Kubur

Banyak orang yang lalai dalam melakukan ziarah kubur. Bahkan ada sebagian orang yang menjadikan ziarah kubur untuk meminta-minta pada selain Allah. Padahal perbuatan ini merupakan dosa besar yang tidak diampuni oleh Allah. Ketika memasuki area pemakaman sebaiknya membaca doa yang disebutkan pada gambar di atas.

Doa Ketika Masuk ke Pasar

Doa Masuk Pasar

Pasar merupakan tempat dilakukan jual beli. Di tempat ini banyak sekali setan yang menggoda manusia untuk melakukan kecurangan pada saat transaksi jual beli. Padahal di dalam jual beli terdapat keberkahan.

“Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL-MULKU WA LAHUL-HAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI’IN QODIIR.

Siapa yang membaca doa di atas ketika masuk pasar, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.”

Artikel Terkait :  Mengenal Bacaan Doa Iftitah Berserta Arti dan Maknanya

Doa Ketika Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah

Ketika hendak masuk rumah hendaklah membaca doa ini.

Doa Ketika Masuk WC

Doa Masuk WC

WC merupakan tempat yang disukai oleh setan. Oleh karena itu sebelum masuk WC sebaiknya membaca doa yang ada pada gambar agar dijauhkan dari tipu daya setan.

Doa Ketika Akan Melepas Pakaian

Doa Melepas Pakaian

Ketika akan melepas pakaian biasanya kita akan menggunakan tempat dimana tidak ada orang yang bisa melihatnya. Tapi kemungkinan tempat tersebut masih bisa dilihat oleh makhluk lain. Oleh sebab itu mintalah perlindungan kepada Allah dengan membaca doa bismillah

Doa Ketika Akan Mengenakan Pakaian

Doa Menggunakan Pakaian

Berbeda ketika melepas pakaian kita dianjurkan untuk minta perlindungan, maka ketika menggunakan pakaian baru kita dianjurkan untuk bersyukur atas apa yang Allah berikan.

Doa untuk Mengusir Setan

Doa Mengusir Setan

Ketika akan melakukan aktivitas apapun, hendaklah mengucapkan doa ini agar dijauhkan dari godaan setan.

Mendoakan Orang Sakit

Doa Menjenguk Orang Sakit

Selain menjenguk saudara kita yang sakit dianjurkan juga untuk mendoakan orang yang sakit dengan doa ini.

Doa Mohon Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Doa Minta Kebaikan Dunia Akherat

Doa ini merupakan doa yang singkat tetapi memiliki makna yang sangat dalam. Oleh karena ini ada yang menamakan doa ini doa sapu jagad. Sebisa mungkin bacalah doa ini ketika selesai shalat dan di waktu-waktu dikabulkannya semua doa.

Doa Ketika Naik Kendaraan

Doa Naik Kendaraan 1 Doa Naik Kendaraan 2

Ketika akan pergi dengan menggunakan kendaraan bacalah doa ini agar dilindungi oleh Allah dan dijauhkan dari hal yang tidak diinginkan.

Doa Ketika Pergi ke Masjid

Doa Pergi ke Masjid

Masjid adalah tempat ibadah, ilmu dan petunjuk hidup. Maka kepergiaan seorang muslim ke masjid hendaknya juga dilandasi oleh niatan untuk mencari cahaya petunjuk. Dalam hadits tentang kisah bermalamnya Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma di rumah bibinya, Maimunah radhiyallahu ‘anha yang juga merupakan istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam, dijelaskan bahwa saat berangkat ke masjid Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam biasa membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي لِسَانِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُورًا وَمِنْ أَمَامِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُورًا وَمِنْ تَحْتِي نُورًا اللَّهُمَّ أَعْطِنِي نُورًا

“Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku dan pada lisanku, jadikanlah cahaya dalam pendengaranku, jadikanlah cahaya pada penglihatanku, jadikanlah cahaya dari arah belakangku dan dari arah depanku, jadikanlah cahaya dari arah atasku dan dari arah bawahku, dan berilah aku cahaya!” (HR. Bukhari no. 6316 dan Muslim no. 763, dengan lafal Muslim)

Doa Sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur

Biasakan membaca Doa sebelum tidur agar kita selalu dilindungi Allah SWT.Dan semoga doa sebelum tidur ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan nya.

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

Doa Setelah Berwudhu

Doa Sebelum Wudhu

Ketika akan mengambil air wudu sebaiknya membaca doa ini sambil membersihkan tangan. Ketika pada gerakan mengusap wajah bacalah doa berikut.

Nawaitul wudu’a liraf’il hadasil asgari farda lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berwudu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah Taala.”

Doa untuk Jenazah Setelah Dimakamkan

Doa untuk Mayat yang Sudah di Makamkan

Ketika mengantarkan jenazah ke kubur, dan bila mayit sudah dikuburkan hendaklah membaca doa ini.

Doa Setelah Makan

Doa Setelah Makan

Bila selesai makan bacalah doa ini sebagai salah satu wujud rasa syukur kita pada Allah atas rezeki yang telah diberikan kepada kita.

Doa ketika Hujan Turun

Doa Ketika Turun Hujan

Hujan merupakan salah satu rejeki yang diberikan Allah pada hambanya. Sebagian orang ketika turun hujan malah berkeluh kesah. Padahal itu adalah nikmat yang baru saja Allah ciptakan. Seandainya setiap orang mengamalkan do’a-do’a ketika turun hujan tentu saja turunnya hujan jadi nikmat terindah. Berikut beberapa amalan yang Rumaysho.Com sampaikan.

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)

Mendoakan Orang Lain yang Memberikan Kebaikan pada Kita

Menjawab Adzan

Bila mendapatkan suatu kebaikan dari orang lain, sebisa mungkin untuk membalas kebaikan tersebut dengan kebaikan yang sama atau yang lebih baik. Bila tidak mampu membalasnya dengan hal yang sama minimal doakan orang tersebut dengan doa ini.

Leave a Reply