Inilah Bisnis Rumahan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Bisnis rumahan juga bisa dilakukan oleh mahasiswa. Telat membayar uang semester, menunggak pembayaran kontrakan, atau sering puasa agar bisa menghemat uang saku. Itulah beberapa keadaan yang mungkin sering dialami oleh mahasiswa.

Jika kamu juga mengalami hal yang saya sebutkan di atas, ada baiknya untuk mencoba berbisnis sambil kuliah. Tentu hal itu sangat sulit untuk dijalani, karena banyaknya materi dan tugas dari dosen yang harus kamu kerjakan. Tapi jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, hal itu bukanlah suatu kendala yang bisa kamu jadikan alasan untuk tidak membuka bisnis dari rumah walaupun masih kuliah.

Usaha rumahan untuk mahasiswa

Membuka usaha ketika masih kuliah adalah ide yang tepat bagi kamu yang secara finansial mengalami kesulitan. Dengan membuka usaha kamu bisa membantu meringankan beban orang tua. Tapi kamu harus memilih usaha yang tidak mengganggu aktifitas belajar, agar kamu juga bisa tetap berprestasi dalam akademik. Berikut ini beberapa usaha rumahan yang cocok dijalankan oleh mahasiswa.

1. Membuka bimbel

Jasa Bimbel
focusedcoaching.com

Usaha membuka bimbingan belajar pastinya membutuhkan modal besar uantuk membeli semua perlengkapan yang dibutuhkan, eits tunggu dulu, saya tidak menyuruh kamu untuk membuka bimbingan belajar sekelas Primagama atau lembaga bimbingan belajar lain.

Yang saya maksudkan membuka bimbel adalah kamu berusaha menjadi pengajar sendiri untuk memberikan les kepada siswa SD, SMP atau SMA. Jika kamu kuliah di PTN atau PTS yang terkenal di kota-besar, sangat muda bagi kamu untuk menjadi guru les. Apalagi di kota besar para orang tua sangat peduli terhadap kegiatan belajar anak-anaknya.

Apalagi menjelang ujian nasional, pasti banyak orang tua murid yang mencarikan anaknya guru privat agar lulus ujian. Bayaran sekali mengajar ini sesuai kesepakatan, jumlahnya pun bervariasi mulai 50 ribu sampai 200 ribu sekali mengajar.

2. Jasa Pengetikan dan Print

Jasa Pengetikan Untuk Mahasiswa
rmtechnical.com

Jasa ini menjadi salah satu alternatif usaha yang menjanjikan bagi mahasiswa, terlebih lagi bagi kamu yang tinggal di lingkungan kampus atau dekat dengan lokasi kos mahasiswa, bisnis ini sangat menjanjikan walaupun hanya dijadikan usaha sampingan.

Banyaknya tugas dari dosen, makalah, atau skripsi semua tugas itu mengharuskan mahasiswa untuk mengetik. Dan pada kenyataanya banyak mahasiswa yang menggunakan jasa pengetikan untuk membantu menyelesaikan tugas mereka. Alasan mahasiswa tersebut memilih menggunakan jasa, karena mereka tidak memilki perangkat cetak dan tidak mau report atau tidak memiliki keahlian yang cukup untuk mengetik atau mencetak tugas tersebut.

3. Menjadi Penulis Lepas

Writerpreneur
ciputraentrepreneurship.com

Kamu suka menulis? Atau punya kemampuan untuk menyampaikan ide melalui sebuah tulisan? Jika iya maka peluang bisnis sebagai penulis lepas ini cocok untuk kamu. Selain mudah untuk menjalankannya, bisnis ini juga tidak memerlukan banyak modal.

Peluang bisnis ini nyaris tanpa modal karena mengandalkan bisnis ini hanya mengandalkan kemampuan menulis, imajinasi serta kreatifitas kita. Selain itu yang menyenangkan dari bisnis ini bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja, sehingga kita bebas memilih waktu yang cocok untuk mengerjakannya.

Peluang menjadi penulis ini masih memiliki banyak peluang. Karena pada hakekatnya kebutuhan akan konten tulisan ini sangat dibutuhkan di media, baik di media cetak ataupun media online . Tawaran sebagai penulis bisa kamu temukan di berbagai media offline seperti koran, majalah ataupun media online seperti website atau blog yang membutuhkan penulis konten.

Salah satu bentuk tulisan yang dibutuhkan adalah menulis cerpen, novel atau buku. Sebagai contoh jika kamu menulis buku, bila naskah yang kamu buat lolos seleksi dan dicetak oleh media tersebut maka pundi-pundi rupiah akan mengalir ke kantong kamu.

Artikel Terkait :  Tips Untuk Memulai Bisnis Coklat Rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *