Kerajinan dari Bahan Keras yang Harus Kamu Ketahui

Kerajinan dari Bahan Keras – Kerajinan dari barang keras sering kita jumpai dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari kerajinan yang kecil sampai yang besar. Kamu bisa mengubah benda-benda seperti biji-bijian, kayu, besi bekas menjadi barang yang memiliki nilai seni bahkan memiliki jual tinggi.

Tentu itu diperlukan sebuah kreatifitas serta inovasi dari kamu. Kerajinan bahan keras bisa di definisikan sebagai kerajinan yang pada proses pembuatannya menggunakan bahan yang bersifat keras. Berdasarkan sifat bahannya karya kerajinan dapat di bagi menjadi tiga jenis yaitu kerajinan bahan keras, kerajinan tangan bahan lunak, dan kerajinan tangan bahan semi keras.

Untuk kali ini kita hanya akan mengulas tentang beberapa contoh kerajinan bahan keras. Biasanya kerajinan bahan keras terbuat dari bahan-bahan seperti logam, kerajinan bahan kayu, kerajinan bahan bambu, kerajinan bahan batu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh Kerajinan dari bahan keras

Contoh Kerajinan Bahan Keras

Sumber Gambar : seputarukm.com

Untuk memudahkan kita dalam memahami kerajinan dari bahan keras mari kita bagi menjadi 2 bagian yaitu kerajinan dari bahan keras yang bersifat alami artinya bahan-bahan yang digunakan menggunakan bahan dari alam. Sedangkan yang satunya kerajinan dari bahan keras buatan yaitu kerajinan yang bahan utamanya menggunakan bahan buatan manusia.

artikel terkait : Kerajinan dari barang bekas

Kerajinan Bahan Keras Alami

Kerajinan dari Bahan Keras

Sumber Gambar : jatengpromo.com

Di sekitar kita banyak sekali tersedia bahan yang disediakan oleh alam dan bisa kita olah menjadi kerajinan tangan yang indah. berikut ini beberapa bahan kerajinan bahan keras yang telah tersedia di alam sekitar.

1. Kerajinan kayu

Kerajinan dari Kayu

Sumber Gambar : kreasijepara.blogdetik.com

Hutan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengrajin. Bahan sekali karya yang dihasilkan dari bahan ini, yang paling banyak yang diminati orang adalah ukiran. Seni ukir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing, biasanya bahan yang digunakan untuk ukiran berasal dari kayu jati, mahoni, waru dll.

2. Kerajinan Bahan Keras dari Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu

Sumber Gambar : peluangusahakulinerterbaru.com

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Kerajinan ini memiliki beraneka ragam jenis dengan tampilan menarik dan artistik. Salah satu bentuk kerajinan tangan dari bambu yang diakui oleh dunia adalah kerajinan ayaman.

Keahlian masyarakat Indonesia dalam membuat kerajinan ayaman sudah tidak diragukan lagi, berbagai motif dan bentuk menarik telah memikat masyarakat dari mancanegara.

3. Kerajinan Bahan Keras dari Rotan

Kerajinan dari Bahan Keras Rotan

Sumber Gambar : zarnellyzulkifli.wordpress.com

Sifat dari tanaman rotan yang lentur dan kuat menjadikannya tumbuhan ini mudah untuk dibuat berbagai kerajinan tangan. Contoh hasil kerajinan dari bahan rotan seperti meja, kursi, lemari, tempat makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Kerajinan Tangan Bahan Keras dari Batu

Kerajinan Tangan dari Batu

Sumber Gambar : indonetwork.co.id

Banyak sekali kerajinan tangan di Indonesia yang terbuat dari batu. Teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan pada batu menggunakan teknik pahat serta teknik ukir. Hasil kerajinan tangan dari batu seperti batu hias, asesoris, serta berbagai hiasan luar ruangan yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Kerajinan Bahan Keras Buatan

Contoh Kerajinan Bahan Keras dari Logam

Sumber Gambar : indonesia.travel

Bahan utama dari kerajinan ini adalah bahan-bahan alam yang telah mengalami pengolahan oleh manusia. Faktor manfaat yang mendasari manusia untuk mengolah bahan ini. Beberapa contoh bahan keras buatan seperti logam, kaca dan lain sebagainya.

1. Kerajinan Bahan Keras dari Logam

Kerajinan Bahan Keras dari Logam

Sumber Gambar : djoglomoeljo.com

Bahan logam biasanya di dapat dari hasil tambang seperti besi, emas, perak dan lain-lain. Untuk membuat kerajinan dari bahan logam biasanya menggunakan tehnik cor, ukir, tempa. Yaitu teknik dengan melelehkan kembali logam tadi sehingga menjadi cair lalu dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Saat ini banyak sekali kerajinan dari bahan logam yang dijadikan perhiasan yang memiliki nilai tinggi seperti gelas, kap lampu, kalung dan cincin emas bahkan logam juga dijadikan simbol kejuaraan.

2. Kerajinan Bahan Keras dari Kaca Serat atau Fiberglass

Kerajinan Bahan Keras dari Serat Kaca

Sumber Gambar : ririsaspizaeni.blogspot.com

Kaca serat adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat tersebut kemudian dipintal menjadi benang atau bisa juga ditenum menjadi kain. Benang dan kain tersebut bisa juga diresapi dengan resin, sehingga membuat bahan tersebut menjadi kuat dan tahan korosi.

Membuat kerajinan fiberglass membutuhkan beberapa campuran dalam proses pembuatannya. Campuran tersebut terdiri dari dari cairan resin, katalis, met, polish, serta talnk untuk membuat warna.

Tahapan Dalam Membuat Kerajinan Bahan Keras

Ada beberapa tahapan-tahapan penting yang perlu diperhatikan untuk membuat kerajinan ini agar mendapatkan hasil kerajinan yang memiliki kualitas tinggi. Berikut ini beberapa tahapan-tahapan dalam membuat kerajinan bahan keras.

Membuat Rancangan

Membuat rancangan adalah hal yang harus kamu lakukan ketika sudah menemukan ide suatu kerajinan yang akan kamu buat. Kamu bisa menggambar rancangan kamu pada satu kertas atau bisa juga membuatnya menggunakan software pada komputer. Hasil dari rancangan yang kamu buat akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir kerajinan yang kamu bikin.

Siapkan Alat serta Bahan yang Akan Digunakan

Langkah selanjutnya setelah membuat sebuah rancangan adalah menyiapkan semua peralatan serta bahan yang akan digunakan. Dengan menyiapkan alat serta bahan akan memudahkan kita dalam membuat kerajinan tangan ini. Hal ini diperlukan agar ketika dalam proses pengerjaan tidak ada lagi kekurangan bahan atau tidak tersedianya alat bantu, hal ini kan menghambat proses pekerjaan kamu.

Proses Pengerjaan Kerajinan Bahan Keras

Setelah semua bahan dan alat tersedia saatnya untuk memulai pekerjaan Anda. Lakukanlah pengerjaan kerajinan ini langkah demi langkah sesuai dengan rancangan yang telah kamu buat di awal. Jangan terburu-buru dan mengabaikan proses yang memerlukan pengerjaan yang mendetail. Dengan begitu kamu akan menyelesaikan pekerjaan kamu dengan lebih cepat dan efisien.

Finishing Kerajinan yang Kamu Buat

Setiap kerajinan yang dibuat pasti memerlukan sentuhan akhir untuk menyempurnakan kerajinan yang kamu buat. Pada tahap akhir ini kamu bisa merapikan atau memberi hiasan untuk memberikan nilai tambah atau kualitas dari kerajinan dari bahan keras yang kamu buat.

Artikel Terkait :  Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Unik dan Kreatif

One Response

  1. home screen

Leave a Reply