Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Sebagai Mainan Edukatif

Kerajinan tangan dari botol bekas memang sebagai salah satu solusi mengatasi sampah yang semakin tidak terurus. Oleh karena itu dengan memanfaatkan botol bekas yang sudah tidak terpakai bisa membantu melestarikan lingkungan hidup.

Saat ini banyak sekali kemasan minuman yang menggunakan botol plastik dan biasanya setelah diminum botolnya dibuang begitu saja, sehingga membuat banyak sekali sampah yang menjadi sumber masalah. Sampah itu bisa menjadi penyebab banyak penyakit dan juga malah bisa menjadi penyebab banjir karena mengganggu aliran air di dalam selokan.

Terus bagaimana cara kita memanfaatkan botol bekas agar bisa memiliki nilai guna buat kehidupan sehari-hari? Jawabanya sederhana yaitu dengan membuat kerajinan tangan dari botol bekas. Dengan sedikit kreativitas kamu bisa membuat botol bekas menjadi sebuah benda yang memiliki nilai fungsi dan juga estetika tinggi. Banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dibuat dari botol bekas seperti, lampu hias, pot bunga, miniatur mobil, tempat pensil unik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas untuk Melatih Kreativitas Anak

Permainan Botol Termal dari Botol Bekas
Sumber Gambar : montessorialbum.com

Usia anak-anak merupakan fase paling penting untuk menggali, menumbuhkan serta mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak tersebut. Pada masa inilah anak memiliki rasa ingin tahu yang kuat, selalu ingin mencoba hal-hal baru yang belum diketahuinya. Ketika masih anak-anak biasanya keinginan untuk bermain sangat besar, oleh karena itulah kamu bisa membuat mainan yang bisa menumbuh kembangkan kreativitas anak melalui aktivitas yang dilakukan.

Untuk mengembangkan kreativitas anak bukanlah hal yang sulit, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar anak. Misalnya membuat kerajinan dari botol bekas.

Mengapa Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Alasan memilih kerajinan tangan dari botol bekas untuk memicu kreativitas anak adalah:

1. Sering Dijumpai dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam keseharian kita kerap tidak bisa dipisahkan dari keberadaan botol, baik botol-botol yang berasal dari obat-obatan, minuman kemasan, ataupun bumbu masak. Sehingga akan lebih baik bila kita memanfaatkan keberadaan botol bekas tersebut daripada membiarkannya tergeletak begitu saja dan menjadi sampah yang tidak terpakai.

Dengan demikian kamu bisa ikut serta dalam upaya mengurangi sampah dan juga kelak anak-anak kamu akan menjadi anak yang kreatif memanfaatkan dan mengolah benda-benda yang ada di sekitarnya.

2. Karena Botol Memiliki Tutup

Keberadaan tutup pada botol akan sangat membantu kamu dalam membantu mengembangkan gerak motorik anak. Selain itu juga bisa menjaga isi dalam botol agar tidak tumpah keluar.

Inilah aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama Si kecil dengan memanfaatkan botol bekas sebagai kerajinan tangan untuk mengembangkan kreativitas anak. Mainan ini kami kutip dari buku karangan Elizabeth G. Hainstock yang berjudul : Metode Pengajaran Montessi untuk Anak Pra Sekolah.

Botol Suara

Agar bisa melakukan aktivitas ini kamu harus melakukan beberapa hal seperti dibawah ini.

  1. siapkan 6 pasang botol plastik bekas dengan ukuran yang sama
  2. masukan berbagai macam bumbu dapur seperti kayu manis, garam, merica, beras, gula, dll, masing-masing satu jernih bumbu kedalam 2 botol berbeda.
  3. bungkuslah botol tersebut dengan kertas warna yang telah ditulisi nama bumbu yang di masukan ke dalam botol.

Demontrasi yang akan kita pertunjukan di depan anak kita.
Letakan botol-botol tersebut ke atas meja.

  • Ambil salah satu botol lalu kocoklah.
  • Dengan memakai botol yang berbeda-beda, kocoklah sampai suara yang diinginkan ditemukan.
  • Pasangkan semua botol dengan menggunakan cara ini.
  • Bila anak telah belajar permainan ini, mintalah pada anak untuk mencari pasangan botol dan menentukan tingkat suaranya: keras, sedang, atau lembut.

Tujuan dari dilakukan permainan botol bunyi ini adalah untuk melatih perkembangan sensitivitas indra pendengaran.

Botol Aroma

Untuk melakukan permainan ke dua ini, kita bisa memanfaatkan bahan yang dipakai pada permainan pertama tadi. Langkah-langkahnya membuat mainan botol aroma juga sama dengan botol suara. Yaitu dengan memanfaatkan bumbu-bumbu dapur yang memiliki aroma tajam.

  1. Demontrasi kegiatan permainan yang dilakukan
  2. Bawalah botol-botol yang telah diisi dengan bumbu tersebut ke depan anak lalu buka tutupnya
  3. Mintalah anak kamu untuk mencium bau botol dan beri tahu kepada anak bagaimana cara mencari pasangan dari botol tersebut berdasarkan bau dari botol, dan tutup kembali botol tersebut.
  4. Lalu mintalah anak untuk mengulangi apa yang telah kamu tunjukan tadi.

Tujuan dari permainan botol aroma adalah untuk melatih anak mengembangkan indra penciuman dan membuat anak memahami tentang perbedaan.

Botol Termal

Untuk membuat permainan botol termal kamu harus menyiapkan 6 botol bekas plastik, kemudia isilah setiap botol tersebut menggunakan air yang temperatur yang bervariasi mulai dari yang sangat panas sampai yang sangat dingin.

Demontrasi permainan botol termal.

  1. Sentuhlah masing-masing botol yang telah diisi air dengan tanpa suara dan hati-hati.
  2. Berilah penjelasan pada anak bahwa botol ini panas, botol ini dingin, botol ini lebih dingin/panas daribotol yang lain.
  3. Lakukan cara ini untuk setiap botol, lalu biarkan anak kamu merasakan sendiri dengan jari-jarinya.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengembangkan indera peraba dan juga mengindentifikasikan suhu-suhu yang sama dan yang tidak sama dan untuk membedakan botol-botol tersebut.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu dan Gelang Tali Warna

1 thought on “Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Sebagai Mainan Edukatif

  1. Wah menarik sekali idenya, akan lebih menarik lagi jika diberikan contoh dalam bentuk gambar sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti aktivitas yang dilakukan.

Leave a Comment