Jenis Mesin Cutting Sticker

Mungkin ada diantara kamu yang suka dengan stiker? Atau malah menjadi salah satu pengusaha yang bergerak dalam pembuatan stiker. Bagi yang sering membuat stiker tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin cutting sticker. Ya, mesin ini akan memudahkan dalam pencetakan stiker yang telah didesain di software desain grafis.

Pada ulasan kali ini kami akan mengulas berbagai merek mesin cutting sticker yang biasa dipakai di Indonesia. Dengan mengetahui jenis mesin serta kegunaanya tentu akan membantu Anda dalam memilih mesin yang tepat sesuai jenis usaha serta budget yang dimiliki. Dengan begitu akan membuat usaha yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik.

Apa Itu Mesin Cutting Sticker

Bagi yang masih awam dengan bisnis percetakan pasti akan bertanya-tanya apa itu mesin cutting sticker? Mesin cutting stiker adalah sebuah mesin yang digunakan untuk memotong kertas sticker atau jenis kertas lain yang memiliki tekstur dan fungsi serupa. Mesin ini biasanya juga disebut dengan sebutan alat potong stiker, vinyl cutter atau cutting plotter. Di negara Indonesia biasanya mesin ini digunakan untuk membuat sticker motor, mobil serta sticker lainnya. Mesin ini biasa digunakan oleh perusahaan percetakan ataupun percetakan sekala ukm untuk memproduksi berbagai sticker untuk mobil, motor, atau bahkan garmen.

Mesin ini memiliki banyak sekali fungsi serta jenis yang bermacam-macam. Saat ini mesin yang banyak beredar di Indonesia merupakan mesin buatan Jepang, Amerika dan juga Cina. Tentu setiap negara memiliki standart tersendiri dalam membuat mesin tersebut dan menyesuaikan dengan harga jual. Berikut ini adalah beberapa daftar mesin cutting sticker yang dijual di Indonesia.

Mesin Cutting Sticker Buatan Jepang

Seperti yang telah Anda tahu, Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki paling maju di Asia. Banyak sekali mesin yang berupa otomotif, listrik dan aneka teknologi lain yang dihasilkan negara ini salah satunya adalah mesin cutting stiker ini. Mesin yang diproduksi Jepang ini tentu memiliki keunggulan dibanding dengan mesin buatan lain. Dengan kualitas yang tinggi tentu harga jualnya juga lumayan mahal, tetapi itu semua sebanding dengan kualitas mesin yang ditawarkan. Berikut adalah berbagai mesin cutter sticker yang banyak digunakan.

Artikel Terkait :  Sintesa Merubah Kebiasaanku

Mesin Cutting Sticker Roland

Mesin Cutting Sticker Roland Camm
Mesin Cutting Sticker Roland Camm

Mesin yang satu ini merupakan jenis mesin cutting sticker dari Jepang yang pertama kali meask ke Indonesia. Para pengusaha sticker yang telah memakai mesin ini sangat loyal dan susah untuk berpindah ke jenis mesin yang lain. Ya, kualitas serta kemudahan dalam mengoprasikan mesin ini menjadikan penggunanya sangat puas. Diantara mesin produksi Jepang yang lain mesin ini merupakan mesin dengan harga paling tinggi. Tentu harga buka segalanya karena hal itu akan terganti dengan kualitas sticker yang dihasilkan oleh mesin ini.

Mesin ini sangat cocok bagi para pengusaha yang sudah mapan untuk berinvestasi jangka panjang. Sparepart mesin ini juga sangat mudah untuk didapatkan, jadi tidak usah kawatir bila terjadi kerusakan. Berikut beberapa keunggulan mesin cutting sticker merk Roland.
Bisa digunakan langsung dengan software Corel Draw

  • Didukung dengan countur-cut
  • Memiliki Servo Motor
  • Mempunyai sensor sehingga bisa langsung memotong hasil print dan masih banyak kelebihan lain.

Mesin Cutting Sticker Merk Mimaki

Mesin Cutting Sticker Mimaki
Mesin Cutting Sticker Mimaki

Mesin cutting sticker asal Jepang ini memiliki kualitas setara dengan mesin pabrikan Roland. Mesin merk Mimaki ini sudah banyak digunakan di Indonesia dan mendapatkan respon yang positif. Banyak para pelaku usaha besar ataupun kecil yang menggunakan mesin cutting sticker jenis ini sebagai mesin andalan.

Kualitas dari mesin yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi, bahkan sebagian kalangan menilai kualitas mesin ini lebih baik dari pada Roland. Dari segi harga mesin cutting sticker ini lebih murah dari mesin merk Roland. Selain itu tampilan dan desain yang elegan dari mesin Mimaki akan membuat tempat kerja makin nyaman. Kelebihan mesin cutting sticker merk Mimaki adalah sebagai berikut.

  • Memiliki kedalaman mata pisau atau force yang mencapai 500 gf, cocok untuk memotong jenis bahan yang agak tebal
  • Bisa Print and Cut atau memotong bahan sesuai hasil print
  • Harga yang relatif lebih murah
  • Memotong dengan kecepatan yang tinggi

Mesin Cutting Sticker Produksi Amerika

Selain dari Jepang mesin cutting sticker juga bisa di import dari Amerika. Mesin yang didatangkan dari Amerika hanya ada satu merk yaitu Silhouette cameo. Mesin ini sudah banyak digunakan di industri percetakan. Beberapa orang bahkan menyamakan produk ini dengan produk Jepang karena berada pada satu induk perusahaan yaitu Graphtec.

Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo

Cutting Sticker Merek Silhouette Cameo New
Cutting Sticker Merek Silhouette Cameo New

Mesin cutting sticker ini walaupun berada dalam satu perusahaan tetapi memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan mesin yang diproduksi di Jepang. Untuk urusan teknologi mungkin Amerika merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang perkembangan teknologinya semakin pesat. Jadi untuk kualitas mesin ini sudah tidak perlu diragukan lagi bukan? Berikut adalah keunggulan dari mesin cutting sticker silhouette cameo

  • Hasil potong yang presisi
  • Support countur cut
  • Kualitas lebih baik dibandingkan mesin Cina
  • Didukung oleh software yang cukup baik, Silhouette Studio
  • Kekurangan dari silhouette cameo antara lain mata pisau yang relatif mahal, ukuran yang kecil (hanya 30 cm) dan tidak support dengan corel draw maupun adobe ilustrator.

Mesin Cutting Sticker Produksi Cina

Cina merupakan negara di kawasan Asia yang cukup berkembang. Produk dari Cina merupakan solusi bagi yang memiliki dana terbatas tetapi menginginkan mesin dengan kualitas tinggi. Banyak orang beranggapan bahwa produk asal Cina memiliki kualitas kurang baik, padahal banyak sekali produk Cina yang memiliki kualitas baik contohnya adalah mesin cutting sticker ini. Customer kami banyak yang sudah membuktikan kualitas mesin-mesin Cina. In fact, mayoritas customer kami banyak membeli mesin cutting sticker pabrikan Cina untuk bisnis mereka. Berikut daftar mesin cutting sticker yang berasal dari Cina.

Mesin cutting sticker Jinka

Mesin Cutting Sticker Merek Jinka
Mesin Cutting Sticker Merek Jinka

Hemm, untuk para pelaku industri tentu sudah tidak asing lagi dengan merk yang satu ini. Jinka merupakan salah satu merk mesin cutting stiker yang terbaik dikelasnya. Kelebihan dari brand ini adalah sebagai berikut:

  • Mesin bandel dan tahan lama. Bahkan bisa dipakai bertahun-tahun dan masih berfungsi dengan baik.
  • Harga yang relatif terjangkau dibandingkan produk lain.
  • Memiliki banyak pilihan area potong.
  • Kekurangan dari mesin ini adalah tidak bisa langsung digunakan dengan software Corel Draw dan hanya support dengan software artcut.

Mesin Cutting Sticker Redsail

Mesin Redsail Vinyl Cutter 2
Mesin Redsail Vinyl Cutter 2

Merek Redsail sudah sangat familiar di kalangan pengusaha percetakan stiker. Ya, itu dikarenakan Redsain merupakan merk dari Cina yang pertama kali masuk Indonesia. Banyak dari pemakai mesin ini yang mengatakan bahwa mesin ini memiliki kualitas yang lebih baik dari merk Jinkai. Oleh karena itu banyak yang menggunakan mesin ini sebagai andalan dalam memproduksi stiker dalam jumlah besar.

Itulah beberapa review kami tentang mesin cutting sticker yang biasa di pakai di Indonesai. Bila Anda memerlukan mesin cutting sticker dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau bisa langsung ke distributor mesin cutting sticker terlengkap. Sebaiknya sebelum membeli mesin tersebut bisa berkonsultasi dengan cutumer service toko tersebut agar mendapatkan mesin yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

2 thoughts on “Jenis Mesin Cutting Sticker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *