Seni Rupa 2 Dimensi

Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang membentuk sebuah karya seni dengan media yang bisa ditangkap oleh mata dan dapat dirasakan dengan rabaan. seni rupa ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, titik, bidang, tekstur, warna dan pencahayaan dengan memperhatikan estetika yang berlaku.

Seni rupa berdasarkan fungsinya bisa dibagi menjadi 2 yaitu karya seni rupa murni dan seni rupa terapan. Proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa saja, misalkan lukisan. Sedangkan seni rupa terapan pada proses pembuatannya memiliki tujuan serta fungsi tertentu misalkan seni kriya.

Sedangkan bila dilihat dari segi wujudnya, seni rupa terbagi menjadi 2 yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi hanya memiliki panjang serta lebar saja sedangkan seni rupa 3 dimensi memiliki panjang, lebar dan ruang.

Pada artikel ini kita hanya akan membahas seni rupa dua dimensi dan seni rupa 3 dimensi saja sedangkan untuk seni rupa murni dan seni rupa terapan akan kita bahas pada artikel lain. Pada dasarnya karya seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari ekspresi jiwa seniman yang membuatnya. Mereka menuangkan ide serta gagasan yang dipunyai ke dalam sebuah karya seni yang bisa kita nikmati keindahannya.

Macam-macam Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Contoh Karya Seni 2 Dimensi
berkaryasenirupa.wordpress.com

Seni rupa dua dimensi merupakan karya seni yang hanya mempunyai panjang dan lebar saja serta hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang. Untuk membuat karya ini ada beberapa teknik yang bisa kamu pakai. Teknik ini pada umumnya yang digunakan oleh para seniman dalam membuat karya mereka. Berikut adalah beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk membuat karya 2 dimensi.

  1. Teknik plakat merupakan sebuah teknik melukis dengan menggunakan cat minyak, cat minyak, cat akrilik. Biasanya teknik ini dilakukan dengan cara menggoreskan cat dengan tebal sehingga memberikan hasil warna yang pekat dan padat.
  2. Teknik transparan adalah sebuah teknik melukis dengan menggunakan cat air sebagai bahannya. Pada media di sapu dengan warna yang tipis sehingga menghasilkan hasil karya yang transparan.
  3. Teknik kolase adalah teknik yang digunakan untuk membuat lukisan dengan cara memotong kertas kecil-kecil lalu menempelkan ulang sehingga membentuk sebuah lukisan yang memiliki nilai seni yang tinggi.
  4. Teknik 3M ( Melipat, Menggunting, Merekat) digunakan untuk memanipulasi sebuah lembaran kertas sehingga membentuk sebuah lukisan tiga dimensi.
Artikel Terkait :  Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman Untuk Anak-Anak

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Contoh seni rupa 2 dimensi banyak kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat oleh para seniman.

Lukisan

Lukisan 2 Dimensi
Sumber Gambar : mewarnai.us

Lukisan merupakan sebuah karya seni yang proses membuatnya dengan cara memulaskan cat dengan alat lukis seperti kuas, pisau palet atau peralatan lain. Proses melukis biasanya dilakukan dengan cara memulaskan berbagai warna ke dalam sebuah media seperti kertas atau kanvas.

Warna yang dioleskan pada media tersebut biasanya menciptakan berbagai gradasi warna serta kedalaman warna sehingga menciptakan sebuah lukisan dengan gambar yang menarik.

Seni Grafis

Seni 2 Dimensi
Sumber Gambar : yomaseptiantika.blogspot.com

Seni grafis merupakan salah satu cabang seni rupa yang cara pembuatan karyanya dengan mengunakan teknik cetak pada kanvas atau media lain. Seni grafis menggunakan berbagai media, dari media tradisional sampai media kontemporer.

Saat ini seni grafis dengan menggunakan metode digital sangat populer, dengan menggunakan metode ini kamu bisa menciptakan karya grafis meliputi plat logam, papan kayu, lembaran kaca akrilik, Batu litografi atau lembaran linoleum.

Macam-macam Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Karya Seni Rupa 3 Dimensi
Sumber Gambar : wisnujadmika.wordpress.com

Seni rupa 3 dimensi adalah sebuah karya seni yang mempunyai panjang, lebar dan tinggi atau sebuah karya yang mempunyai volume serta menempati ruangan. Dalam membuat sebuah karya seni masing-masing daerah di Indonesia mempunyai bahan serta media yang berbeda tergantung dengan lingkungan daerah tersebut. Hal ini juga berlaku pada seni rupa 3 dimensi, berikut adalah teknik yang biasa digunakan untuk membuat karya seni rupa 3 dimensi.

  1. Teknik Aplikasi yaitu sebuah karya hias dalam seni menjahit dengan cara menempelkan berbagai guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti bunga, binatang atau bentuk lain pada sebuah kain lain sebagai hiasan.
  2. Teknik Mozaik adalah teknik membuat karya seni dengan cara menempel benda 3 dimensi yang ditata dan diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.
  3. Teknik Merakit yaitu membuat sebuah karya dengan cara menyambung beberapa potongan bahan. Cara ini disebut dengan merakit, dan hasil karyanya disebut rakitan. cara menggabungkan bahan tersebut bisa dengan cara mengelas, dipatri, disekrup atau dengan cara lainnya.
  4. Teknik Pahat adalah teknik membentuk suatu karya dengan membuang bahan yang tidak diperlukan. Cara pembuatannya bisa menggunakan alat martil, pahat, kikir. Biasanya bahan media yang digunakan adalah bahan keras seperti kayu, batu, gips dan lain-lain.
  5. Teknik Menuang atau Cor yaitu karya seni yang dihasilkan dengan cara menuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan. Setelah bahan cair tadi mengeras lalu dikeluarkan dari cetakan. Bahan cair yang digunakan biasanya dibuat dari semen, karet, logam atau gips.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi bisa kita jumpai pada aktivitas kita sehari-hari. Berikut ini adalah contoh karya seni rupa 3 dimensi yang umum dan sering kita temui.

Kriya

Seni Kriya
Sumber Gambar : kosakatania.wordpress.com

Seni Kriya adalah sebuah seni yang proses pembuatan karyanya menitik beratkan pada ketrampilan tangan untuk mengolah bahan baku menjadi bahan yang memiliki nilai guna dan juga nilai estestis. Kriya juga lebih sering mengikuti tradisi daripada penemuan yang sering ditemukan secara individu oleh seorang perupa. Kriya bisa berbentuk karya dari batu, tanah, logam, kain ataupun kayu.

Artikel Terkait :

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Pengertian Seni Kriya dan Contohnya

Patung

Karya Seni Rupa Patung
Sumber Gambar : sylverhand.wordpress.com

Patung merupakan contoh yang paling mudah dari sebuah karya seni rupa 3 dimensi. Pembuatan patung bisa dibuat dengan menggunakan teknik memahat. Biasanya patung dibuat dari batu, kayu atau benda keras lain yang dipahat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk manusia, binatang atau bentuk lainnya.

Keramik

Seni Rupa Kerajinan Keramik
Sumber Gambar : yogyatrip.com

Seni keramik adalah salah satu cabang seni rupa yang mengolah keramik menjadi sebuah karya seni tradisional ataupun kontemporer. Kerajinan keramik sangat banyak dan mudah kita jumpai pada perabot rumah tangga seperti vas bunga, gucci dan lain-lain.

Cukup di sini dulu ya pembahasan kita tentang karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, jangan lupa share ya. 🙂

6 thoughts on “Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Leave a Comment