Karya Seni Rupa Terapan

Karya Seni Rupa Terapan yang Ada di Nusantara

Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia. Sedangkan karya seni rupa nusantara adalah karya seni yang ada di Indonesia yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktik masyarakat.

Di Indonesia yang memiliki beragam suku dan kebudayaan sehingga memiliki banyak sekali aneka seni rupa terapan. Karya seni rupa terapan dibuat bukan untuk dijadikan pajangan atau hiasan rumah, tetapi karya seni ini dibuat untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup.

Seni rupa terapan merupakan karya seni yang tidak bisa di lihat keindahannya, melainkan lebih kepada fungsi karya tersebut yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada karya seni terapan sulit sekali untuk menjelaskan atau menilai hasil dari karya seni tersebut, karena masing-masing individu yang membuatnya memiliki pandangan tersendiri. Secara harfiah karya seni terapan bisa diartikan sebagai sebuah benda seni yang mempunyai wujud dan bisa digunakan.

Artikel Terkait : Aneka Kerajinan Bahan Lunak

10 Contoh Karya Seni Terapan Nusantara

Luasnya wilayah serta daerah yang berbentuk kepulauan membuat nusantara atau Indonesia memiliki beragam karya seni rupa terapan. Pada masing-masing daerah dan suku memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat karya seni ini. Misalkan karya seni terapan berbentuk batik, disetiap masing-masing daerah memiliki motif yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Berikut ini adalah berbagai karya seni rupa terapan yang ada di Nusantara.

1. Seni Rupa Terapan pada Rumah Adat

Karya Seni Rupa Terapan Rumah Adat
Sumber Gambar : tasik-cyber.blogspot.com

Budaya Indonesia yang kayak membuat setiap daerah di Nusantara memiliki rumah adat masing-masing. Misalkan rumah Joglo di Yogyakarta, Gadang di Padang, Candi Bentar di Bali dan lain sebagainya. Bentuk-bentuk rumah adat itu masih digunakan hingga saat ini walaupun banyak juga rumah yang telah menggunakan desain modern.

Contoh rumah khas daerah yang masih tetap digunakan sampai sekarang adalah rumah panggung di Kalimantan dan Sumatra. Bentuk rumah panggung dipilih karena daerahnya sebagian besar berupa hutan dan rawa, sehingga dengan menggunakan rumah panggung akan menghindarkan dari binatang buas dan banjir.

2. Karya Seni Terapan Berupa Alat Transportasi Tradisional

Karya Seni Rupa Terapan Pada Transportasi Tradisional
Sumber Gambar : https://ahmedfikreatif.wordpress.com

Alat transportasi tradisional masih tetap eksis di tengah perkembangan alat transportasi modern yang makin pesat. Setiap daerah di Nusantara memiliki alat transportasi yang berbeda, seringkali alat transportasi itu diberi sentuhan seni agar terlihat menarik. Contoh alat transportasi tradisional yang masih eksis sampai sekarang adalah delman, becak, perahu tradisional dan lain-lain. Selain itu ada juga alat transportasi modern yang yang menjadi ciri khas di suatu daerah misalkan bajaj di Jakarta.

3. Karya Seni Terapan Berupa Batik

Karya Seni Rupa Pada Batik
fabricbatik.com

Tentu kamu sudah tidak asing lagi kan dengan batik? Ya, karya seni dari Nusantara ini sudah menjadi ciri khas dari Indonesia dan memiliki banyak penggemar di berbagai wilayah dunia. Teknik membatik sudah dikenal sejak lama, seni membatik merupakan warisan budaya leluhur yang dilestarikan secara turun temurun sampai sekarang ini. Salah satu kerajinan batik yang populer adalah batik Solo, batik Pekalongan. Keistimewaan yang ada pada kain batik membuat kain ini dijadikan pakaian untuk kegiatan formal bahkan untuk kegiatan Internasional.

4. Karya Seni Terapan pada Senjata Tradisional

Karya Seni Terapan Pada Keris
kotamanusia.wordpress.com

Saat ini kalau mengatakan senjata mungkin yang terbayang di benak kamu adalah senapan, pistol, pisau dan senjata tajam lainnya. Tapi pada zaman dahulu senjata merupakan benda pusaka yang digunakan untuk untuk membantu pekerjaan. Senjata tradisional memiliki nilai yang sangat tinggi. Salah satu contoh senjata tradisional seperti Keris dari Jawa, Celurit dari Madura, dan Mandau dari Kalimantan. Senjata tradisional termasuk kerajinan dari bahan keras.

5. Karya Seni Terapan Untuk Anyaman

Seni Rupa Terapan Pada Ayaman
chlorophilia.wordpress.com

Ayaman merupakan keahlian untuk merangkai suatu helaian menjadi suatu bentuk kerajinan seperti piring, tas, mebel dan lain-lain. Kerajinan ayaman sering digunakan oleh ibu rumah tangga yang sedang ke pasar. Kerajinan ini hampir bisa ditemui di seluruh wilayah Nusantara.

6. Kerajinan Sepatu

Karya Seni Rupa Terapan Pada Sepatu
Sumber Gambar : pixabay.com

Untuk karya seni rupa terapan berupa sepatu bisa dibilang yang menjadi sentral saat ini ada di Cibaduyut. Hasil kerajinan sepatu dari kota ini tidak hanya dipasarkan di Nusantara tapi juga dunia. Sepatu merupakan salah satu karya seni bernilai tinggi yang digunakan untuk melindungi kaki dari bahaya. Pada umumnya sepatu dibuat dari bahan kulit.

7. Karya Seni Terapan Berupa Gagang Pintu

Seni Rupa Terapan Pada Gagang Pintu
desainrumahmudah.com

Ternyata gagang pintu juga termasuk karya seni rupa terapan, mungkin benda inilah yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya gagang pintu terbuat dari bahan logam atau kuningan.

8. Karya Seni Rupa Berupa Cobek

Seni Terapan Pada Cobek

Cobek adalah alat masak tradisional yang terbuat dari batu. Pada zaman dahulu cobek digunakan untuk mengaluskan berbagai bumbu rempah-rempah. Saat ini cobek juga masih sering digunakan untuk membuat sambel, bumbu-bumbu tradisional dan juga jamu.

9. Karya Seni Rupa Gerabah

Seni Rupa Terapan Pada Gerabah
Sumber Gambar : www.baskaragerabahbatiktulis.blogspot.com

Gerabah merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Gerabah mempunyai banyak bentuk dan kegunaan tersendiri. Salah satu contoh kerajinan gerabah yang biasa kita temui seperti kendi, asbak, peralatan makan dan lain sebagainya.

10. Karya Seni Rupa Tenun

Seni Rupa Terapan Pada Kain Tenun
Sumber Gambar : https://akirana.wordpress.com

Tenun merupakan proses membuat kain dengan cara tradisional. Kain tenun merupakan salah satu ciri khas Nusantara selain batik. Di Nusantara kain tenun memiliki jenis motif yang khas setiap daerahnya. Untuk menenun satu lembar kain bisanya memakan waktu yang lama, tergantung pada motif yang akan dibuat. Oleh karena itulah harga kain tenun sangat mahal karena semua proses dilakukan dengan cara tradisional dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Artikel Terkait :  Inilah Cara Membuat Bunga dari Kertas Krep yang Bisa Kamu Tiru

Leave a Comment