Cara Membuat Kata Pengantar

Cara Membuat Kata Pengatar Beserta Contohnya

Kata Pengantar – Jika Anda membaca karya tulis entah itu makalah ataupun skripsi, pada halaman depan pasti ada yang nama kata pengantar. Kata pengantar tersebut sangatlah penting dalam sebuah karya tulis ataupun sebuah buku, karena dengan kata pengantar seorang penulis menguraikan ungkapan rasa syukurnya dan ucapan terima kasihnya kepada semua belah pihak yang membantunya dalam penyelesaian karyanya tersebut.

Namun, dalam penulisan kata pengantar karya tulis ilmiah dengan kata pengantar buku ataupun novel akan berbeda, kata pengantar karya tulis ilmiah akan lebih rinci dibandingkan kata pengantar buku ataupun novel. Kadang penambahan kata pengantar di halaman depan sebuah buku atau novel tidak ditambahkan, hal seperti ini sering terjadi pada novel-novel jaman dulu atau novel klasik.

Kadang masih banyak orang yang bingung atau yang sulit membedakan antara kata pengantar dengan pendahuluan. kata pengantar dengan bagian pendahuluan sangat berbeda, kata pengantar merupakan ucapan rasa terima kasih penulis sedangkan pendahuluan merupakan bagian yang menjelaskan latar belakang suatu topik yang diangkat dalam sebuah karya tulis.

Jenis-jenis Kata Pengantar

Jenis Kata Pengantar
Jenis Kata Pengantar – pixabay.com

Penulisan kata pengantar untuk setiap karya tulis berbeda entah itu buku, makalah, esai, dan yang lainnya. Dibawah ini ada beberapa jenis kata pengantar, diantaranya:

Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar dalam sebuah makalah, skripsi atau karya tulis ilmiah sangat penting sekali dan sangat wajib disertakan dalam laporan karya tulis ilmiah tersebut. Hal ini bertujuan untuk menyambut pembaca karya tulis.

Kata Pengantar Pidato

Dalam sebuah pidato, penulisan kata pengantar juga diperlukan namun sangat berbeda sekali dengan penulisan kata pengantar untuk karya tulis. Kata pengantar pidato lebih dikenal dengan kata pembukaan, kata pengantar untuk sebuah pidato harus lebih menarik agar pemirsa yang mendengarkan pidato Anda merasa tidak jenuh.

Kata Pengantar Surat

Kata pengantar sebuah surat biasanya berisikan perkenalan diri, dan selanjutnya di ikuti dengan alasan surat tersebut dibuat dan rincian isi lainnya. Kata pengantar surat biasany disebut pengantar surat atau kalimat pembuka.

Kata Pengantar Esai

Esai merupakan tulisan yang berisi opini penulis tentang suatu subyek di amatinya. Dalam sebuah esai, kata pengatar harusn mengenalkan topik Anda bahas, berisi pendapat Anda, dan juga memberikan konteks dari esai Anda.

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah atau Karya Tulis Ilmiah

Membuat Kata Pengantar
Membuat Kata Pengantar – pixabay.com

Kata pengantar dalam sebuah makalah atau karaya tulis ilmiah, harus lebih padat dan rinci. Seperti dibawah ini ada beberapa isi kata pengantar yang harus ada pada karya tulis ilmiah. yakni:

  1. Bagian awal terdapat ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa.
  2. Deskripsikan secara singkat mengenai topik atau judul yang diangkat pada makalah tersebut.
  3. Memberikan ucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu penyelesaian karya tulis Anda.
  4. Dibagian bawah bubuhkan tanggal dan tanda tangan penulis.
  5. Berikan juga kalimat harapan penulis.

Dalam pembuatan kata pengantar janganlah asal-asalan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya penggunaan kata yang baik dan benar, terdapat kalimat pembuka dan kalimat penutup, isi kata pengantar yang berisi ucapan terima kasih, dan di tutup dengan dibubuhi tanda tangan penulis. Dibawah ini ada beberapa langkah membuat kata pengantar makalah, diantaranya:

1. Pada paragrap pertama sertakan ucapan terima kasih kepada Tuhan yang maha esa, disertai dengan judul makalah.

“Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul (…..).”

2. Pada paragrap kedua berisi tujuan penulisan makalah tersebut.

“Penelitian ini merupakan tugas wajib dan sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran biologi”

3. Untuk paragraph ketiga memberikan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu penyusunan makalah atau karya tulis tersebut.

“Dengan makalah biologi yang berisi tentang keanekaragaman hayati ini telah penulis susun semaksimal mungkin dan pastinya bantuan dari berbagai pihak, sehingga penulis mampu menyusun makalah ini dengan tepat waktu. Dengan itu penyusun sangat berterima kasih banyak kepada semua belah pihak yang telah membantu terselesainya makalah ini.”

4. Pada paragrap keempat berisi kritik dan saran.

“Penulis menyadari sepenuhnya bahwa banyak kekurangan baik dari dalam susunan bahasa maupun penulisan. Oleh sebab itu terbuka bagi penulis saran dan kritik dari pembaca kepada penulis sehingga penulis dapat memperbaiki karya tulis ini”

5. Paragraph kelima berisi bagian penutup, disertai dengan nama penyusun dan tanda tangan.

“Penyusun berharap semoga makalah ini memberikan manfaat dan inpirasi kepada pembaca.”
“Bandung, Januari 2014
Penyusun”

Dibawah ini ada beberapa contoh kata pengantar makalah lengkap. Baca : Contoh Kata Pengantar yang Baik

Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Kata Pengantar – infokekinian.com

Contoh Kata Pengantar Jurusan Teknik Informatika

KATA PENGANTAR

Penelitian tugas akhir mata kuliah e-bussiness ini merupakan sebuah penelitian untuk mengkaji kegiatan-kegiatan bisnis. Kajian ini bermaksud untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada obyek penelitian. Makalah ini diajukan sebagai syarat untuk megikuti ujian semester 6 di Fakultas Teknik, program studi teknik informatika di Universitas.

Dalam pelaksanaanya, penyusun melangsungkan penelitian di Perusahaan Plastik di Karawang. Dengan memberikan gambaran E-Bussiness pada pemasaran hasil produksi plastik yang berbasis Web, penyusun membuat sebuah judul penelitian “Perancangan E-Bussiness Pemasaran Hasil Produksi Plastik Berbasis Web di Karawang”

Dengan adanya makalah ini, semoga memberikan pengetahuan kepada pembaca khusunya mahasiswa. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa banyak kekurangan baik dari dalam susunan bahasa maupun penulisan. Oleh sebab itu terbuka bagi penulis saran dan kritik dari pembaca kepada penulis sehingga penulis dapat memperbaiki makalah ini. Atas perhatian dan tanggapan pembaca, penulis ucapkan terima kasih.

Karawang, 11 Desember 2011

Penulis

Contoh Kata Pengantar Mata Pelajaran PAI

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

Agama Islam merupakan agama yang memberikan pengajaran baik itu menyangkut ajaran dan pemikiran keagamaan maupun realitas sosial, politik, ekonomi dan budaya. Maka sangat penting sekali mempelajari mengenalkan agama sejak kanak-kanak.

Dalam penyusunan makalah ini, tidak sedikit hambatan. Namun semua ini diberikan kelancaran dalam penyusunan makalah ini , hal tersebut tidak lain berkat bantuan, dorongan, serta bimbingan orang tua, dan guru sehingga kendala penulis teratasi. Disusunnya makalah ini bertujuan untuk memperluas ilmu yang berkaitan dengan Agama Islam, yang penulis sajikan berdasarkan pengamatan dan sumber dari beberapa referensi.

Dengan adanya makalah semoga memberikan ilmu dan pengetahuan khususnya bagi para pembaca. Penulis sadar makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Maka dari itu, kepada pembaca memberikan masukannya berupa kritik serta saran untuk perbaikan kedepannya. Atas perhatian dan tanggapan pembaca, penulis ucapkan terima kasih.

Karawang, 11 Desember 2011

Penulis

Nah itulah cara membuat kata pengantar beserta dengan contoh yang bisa kamu jadikan sumber inspirasi dalam membuat kata pengantar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :  Contoh Jenis Karangan Teks Deskripsi Terbaik

Leave a Comment