Kerajinan dari Bahan Alam Nusantara yang Harus Kamu Tahu

Kerajinan dari bahan alam memang sudah menjadi warisan dari nenek buyut kita. Apalagi di Nusantara yang sangat melimpah sumber daya alamnya sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan membuat kerajinan tangan. Hasil dari kerajinan tangan Indonesia memang sudah diakui oleh berbagai kalangan di mancanegara karena hasil kerajinan yang dibuat memiliki beragam bentuk.

Kreativitas serta inovasi dari anak-anak bangsa bisa menciptakan produk kerajinan yang unggul serta berkembang mengikuti kebutuhan serta perkembangan teknologi terkini. Bahan alam sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat suatu kerajinan banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia.

Sehingga produk-produk kerajinan yang dihasilkan pun sangat beraneka ragam dan memiliki ciri khas tersendiri disetiap daerahnya. Kerajinan bahan alam adalah suatu kerajinan yang dibuat dari bahan dasar yang telah disediakan oleh alam seperti bambu, serat alam, rotan.

Disetiap daerah di Indonesia memiliki keunggulan masing-masing tergantung dengan bahan dasar alam yang paling banyak tersedia di sekitarnya. Contohnya adalah daerah di Kalimantan Tengah yang sumber daya alamnya banyak tersedia rotan dan getah nyatu sehingga kerajinan tangan yang berkembang adalah anyaman rotan dan getah nyatu.

Beda lagi di daerah Pleret (Jawa Barat) yang banyak tersedia tanah liat sehingga penduduk yang tinggal disana banyak membuat kerajinan dari tanah liat seperti kerajinan keramik, gerabah, patung dan berbagai kerajinan lain. Tanaman kayu hitam, banyak di temui di daerah Palu sehingga kerajinan yang paling berkembang disana adalah kerajinan dari kayu hitam.

Kerajinan Tangan dari Bahan Alam

Kerajinan Bahan Alam

Sumber Gambar : gresik.co

Kekayaan budaya yang ada di Indonesia merupakan salah satu hal yang menyebabkan munculnya keberagaman produk kerajinan Nusantara.

Bahan-bahan kerajinan dari alam banyak tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Bahan alam tersebutlah yang dimanfaatkan sebagai salah satu produk kerajinan yang terbuat dari tanah liat, bambu, kayu, logam, batu, serat alam dan juga kulit binatang. Berikut ini adalah berbagai contoh kerajinan dari bahan alam yang terbuat dari berbagai bahan.

1. Kerajinan dari Bahan Alam dari Tanah Liat

Kerajinan Bahan Lunak

Sumber Gambar : olviengelindur.blogspot.com

Kerajinan dari tanah liat banyak kita jumpai di Indonesia. Beragam kerajinan bisa dibuat dari tanah liat seperti gerabah, genteng, keramik dan juga jenis kerajinan lain yang dibuat sebagai hiasan ataupun sebagai perabotan rumah tangga. Tanah liat yang mempunyai sifat elastis, platis sehingga memudahkan untuk dibentuk menjadi berbagai bentuk.

Untuk proses pembuatan kerajinan ini sebagian besar masih menggunakan cara tradisional yakni masih mengandalkan ketrampilan tangan manusia. Beberapa tahapan yang biasa dilalui untuk membuat kerajinan dari tanah liat dimulai dari Persiapan tanah liat, Proses pembentukan, Penjemuran, Pembakaran, Penyempurnaan. Berikut beberapa contoh kerajinan dari tanah liat.

A. Kerajinan Keramik

Kerajinan dari Bahan Alam Keramik

Sumber Gambar : i.ytimg.com

Seni kerajinan keramik adalah kerajinan tangan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang dibuat dengan melalui berbagai proses. Teknik yang digunakan dalam proses pembuatan keramik seperti pijit, butsir, pili, pembakaran dan proses terakhir adalah glatsir sehingga biasa menghasilkan sebuah produk hias yang indah.

B. Kerajinan Gerabah

Kerajinan Bahan Alam Gerabah

Sumber Gambar : umkmjogja.com

Kalau dilihat dari kualitas bahan yang digunakan gerabah sebenarnya hampir sama dengan keramik. Namun sebagian masyarakat mengartikan terpisah antara gerabah dan keramik.

Alasan yang digunakan adalah karena keramik adalah benda pecah belah yang permukaannya halus dan mengkilat seperti porselin biasanya berupa vas bunga, tegel, guci dll. Sedangkan gerabah adalah barang yang dibuat hanya menggunakan tanah liat yang biasanya berupa periuk, belanga, tempat air dan lain sebagainya.

C. Kerajinan Teko atau Poci

Kerajinan Tangan dari Bahan Alam Teko

Sumber Gambar : rsamuslim.com

Teko atau poci adalah suatu benda yang digunakan untuk menyeduh teh atau campuran herbal lain dalam air panas. Ciri dari poci biasanya memiliki lubang dan tutup pada bagian atas dan juga gagang pada bagian belakang serta ceret pada bagian depan. Fungsi dari masing-masing bagian adalah bagian atas untuk menuangkan air panas ke dalam teko, bagian gagang untuk pegangan sedangkan ceret bagian depan untuk mempermudah menuangkan air ke dalam gelas.

2. Kerajinan Bahan Lunak dari Serat Alam

Kerajinan dari Bahan Alam Serat Tumbuhan

Sumber Gambar : yawarig.blogspot.com

Kerajinan tangan serat alam adalah kerajinan yang dibuat dari bahan serat tanaman. Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini biasanya berasal dari daun, batang dari tanaman tertentu yang memiliki serat.

Pemilihan bahan harus memperhatikan kualitas dari tanaman itu sendiri agar bisa tahu tingkat kekuatan, kelenturan serta keawetan dari bahan. Berikut adalah bahan-bahan dari alam yang biasanya digunakan untuk membuat kerajinan dari serat alam.

Artikel Terkait : Kerajinan dari bahan lunak

A. Kerajinan Bahan Serat Alam Eceng Gondok

Kerajinan Bahan Alam dari Eceng Gondok

Sumber Gambar : twimg.com

Eceng gondok adalah tumbuhan air yang hidup mengapung di atas permukaan air. Kecepatan tumbuh tanaman eceng gondong yang cepat sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang merusak lingkungan perairan. Di Indonesia sendiri eceng gondong merupakan tanaman yang mudah untuk dijumpai. Memang bagi orang awam tanaman ini di anggap sebagai tanaman pengganggu tetapi bagi orang-orang kreatif yang tinggal di Kulon Progo, Ambarawa eceng gondok menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Tanaman ini bisa di olah menjadi kerajinan karena seratnya yang kuat dan mudah untuk dibentuk. Untuk menggunakan eceng gondok sebagai bahan kerajinan terlebih dahulu harus menjemur tanaman ini sampai kering baru di ambil seratnya untuk dibuat berbagai kerajinan.

B. Kerajinan Bahan Alam dari Daun Pandan

Kerajinan Bahan Alam darii Daun Pandan

Sumber Gambar : iqmaltahir.wordpress.com

Kerajinan dari daun pandan merupakan kerajinan yang dibuat dengan cara menganyam daun pandan yang sudah dikeringkan menjadi berbagai kerajinan anyaman seperti tikar, alas sajadah, topi dan aneka kerajinan lain. Bahan baku dari daun padan bisa dikelola dengan cara yang sederhana dan menggunakan peralatan yang sederhana.

Untuk mengolah daun pandan menjadi bahan yang siap untuk di anyam memerlukan beberapa proses. Pertama daun pandan dipotong dengan ukuran mulai 1 cm hingga 3 cm tergantung keperluan, setelah itu dun pandan direbus selama 30 menit dan kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di tempat yang sejuk, hindarkan dari sinar matahari langsung.

Setelah di diamkan selama 6 jam daun pandan direndam ke dalam air biasa selama 4 jam. Setelah itu baru daun pandan dijemur di bawah sinar matahari sampai berwarna keputihan. Dan daun pandan siap untuk dibuat sebuah kerajinan tangan.

C. Kerajinan Bahan Alam dari Sabut Kelapa

Kerajinan Bahan Alam dari Sabut Kelapa

Sumber Gambar : ciputraentrepreneurship.com

Pohon kelapa memang bisa dibilang sebagai pohon yang serba guna. Karena hampir semua bagian dari pohon ini bisa di manfaatkan oleh manusia. Dari akar sampai daun kelapa bisa digunakan untuk keperluan manusia. Salah satu bagian dari kelapa yang jarang dimanfaatkan oleh orang awam adalah sabut atau serabut kelapa (bagian kulit dari buah kelapa).

Dari kulit buah kelapa inilah bisa diperoleh bahan serat alam yang bisa diolah menjadi produk kerajinan. Salah satu produk yang bisa dibuat dari bahan sabut kelapa adalah keset, sapu, coconet dan aneka kerajinan lain.

D. Kerajinan Bahan Alam dari Pelepah Pisang

Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang

Sumber Gambar : alvatihah.blogspot.com

Sebagian besar orang menganggap pelepah pisang merupakan sebuah sampah kering yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Bahkan kadang pelepah pisang dibakar dan karena di anggap sebagai sampah yang mengotori kebun. Namun kini di tangan orang-orang kreatif pelepah pisang bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi.

Banyak sekali sekarang ini kerajinan yang dibuat dari pelepah pisang seperti tempat tisu, lukisan, sandal, lukisan dan tempat pensil. Hal ini memberikan kita inspirasi jika kita sedikit lebih kreatif dan tekun bahkan sampah bisa diubah menjadi sebuah berkah. Untuk mengetahui kerajinan dari pelepah pisang kamu bisa membaca artikel lain tentang kerajinan dari pelepah pisang

E. Kerajinan Bahan Alam dari Kulit Jagung

Kerajinan Tangan dari Bahan Alam Kulit Jagung

Sumber Gambar : manfaat.co.id

Tentu kamu sudah tidak asing lagi kan dengan tanaman ini? Ya, jagung merupakan tanaman pokok yang biasa ditanam oleh sebagian petani di Indonesia. Biasa jagung yang dimanfaatkan adalah bagian buah nya saja karena bagian inilah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi sedangkan bagian kulit jagung biasanya hanya di jadikan pakan ternak atau dibakar karena di anggap sebagai sampah.

Tapi tahukah kamu bahwa kulit janggung ternyata bisa diolah menjadi produk yang mempunyai nilai jual cukup tinggi? Dengan ketrampilan dan ketekunan kulit jagung bisa dibuat produk kerajinan seperti rangkaian bunga, topi, tas dan aneka kerajinan lain tergantung kreativitas kita.

3. Kerajinan Bahan Alam dari Kayu

Kerajinan Tangan Bahan Alam dari Kayu

Sumber Gambar : smallidea.wordpress.com

Indonesia memiliki banyak hutan tropis yang menyimpan berbagai kekayaan alam kayu terbesar di dunia.

Kayu yang dihasilkan juga memiliki beragam jenis seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu ulin, kayu besi, dan jenis kayu lain dengan beragam tekstur. Kerajinan dari kayu merupakan kerajinan tangan yang memanfaatkan kayu sebagai bahan utama dalam proses pembuatannya.

Proses pembuatan kerajinan dari kayu memiliki beberapa teknik pengerjaan diantaranya teknik ukir, bubut, teknik pahat, strol, sambung baik dengan cara kontruksi atau dengan menggunakan lem perekat ataupun dengan paku. Untuk kerajinan dengan teknik ukir biasanya diawali dengan membuat sketsa pada kayu lalu di ukir dengan cara di pahat.

Kerajinan kayu merupakan kerajinan yang sudah ditekuni oleh masyarakat di Indonesia sejak dulu. Hasil kerajinan kayu pun sudah sangat dikenal hingga mancanegara karena kualitas kerajinan yang berada di atas rata-rata. Banyaknya jenis kayu yang berada di berbagai daerah menambah keberagaman hasil kerajinan dari kayu yang dibuat.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu dan Gelang Tali Warna

4 Comments

  1. Nabilakus
  2. nurul aziziyah
  3. samsy
  4. Sity Nur Halimah

Leave a Reply