Kerajinan dari Bahan Lunak

Kerajinan dari Bahan Lunak yang Ada di Nusantara

Kerajinan dari bahan lunak biasanya terbuat dari bahan-bahan yang mempunyai tekstur lunak baik secara alami maupun buatan. Benda kerajinan termasuk dalam bagian karya seni rupa yang dibuat secara manual. Kerajinan dari bahan lunak bahan baku utamanya ada yang sengaja dibuat atau bahan imitasi tapi ada juga yang menggunakan bahan alami. Untuk pembuatan kerajinan ini di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dan mempunyai produk unggulan pada masing-masing produk.

Pada umumnya kerajinan dari bahan lunak terbagi menjadi dua bagian yaitu kerajinan bahan lunak alami dan kerajinan bahan lunak buatan. Masing-masing bahan ini memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing.

Jenis Kerajinan dari Bahan Lunak

Kerajinan Bahan Lunak
Sumber Gambar : olviengelindur.blogspot.com

Bahan kerajinan tangan memiliki sifat tertentu yang mempengaruhi hasil dari kerajinan itu sendiri. Pada jenis kerajinan bahan lunak bahan baku yang dipakai lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan dari alam seperti tanah liat dan kayu.

Di setiap daerah di Indonesia memiliki sumber daya unggulan yang bisa dijadikan bahan kerajinan. Misalkan Kalimantan yang banyak tersedia rotan dan getah nyatu sehingga masyarakat di sana banyak membuat kerajinan dari rotan dan getah nyatu. Sedangkan di kota Yogyakarta banyak tersedia tanah liat sehingga kerajinan yang berkembang kerajinan keramik. Kerajinan bahan lunak biasanya menggunakan bahan baku dari bahan alami serta bahan buatan.

artikel terkait : Kerajinan dari Bahan Keras

1. Kerajinan Bahan Lunak Alami

Kerajinan dari Bahan Lunak dari Tanah
Sumber Gambar : vmg2.wordpress.com

Jenis kerajinan ini cenderung menggunakan bahan baku dengan tekstur lunak yang telah disediakan oleh alam serta pengolahannya dilakukan secara alami tidak dicampur dengan bahan buatan.

Contoh dari kerajinan bahan lunak alami adalah kerajinan dari tanah liat, kerajinan dari serat alam dan kerajinan dari kulit. Berikut ini contoh kerajinan dari bahan lunak alami.

Kerajinan bahan lunak alami dari tanah liat

Kerajinan Bahan Lunak dari Tanah
Sumber Gambar : mataharicourse.com

Di Indonesia sendiri tanah liat sudah lazim digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Berbagai jenis kerajinan tangan tercipta dari bahan ini. Tanah liat terbentuk melalui proses pelapukan kerak bumi dan memiliki karakteristik sulit menyerap air, mempunyai tekstur tanah lengket bila basah dan kuat menyatu dengan tanah lain.

Selain itu tanah liat bila dalam keadaan kering butirannya terpecah secara halus. Salah satu contoh kerajinan yang terbuat dari tanah liat adalah tembikar, gerabah, genteng, vas bunga, guci dan masih banyak lagi yang lain.

Kerajinan bahan lunak alami dari serat alam

Kerajinan dari Bahan Lunak Serat Alam
Sumber Gambar : i.ytimg.com

Bahan serat alam bisa menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang unik dan memiliki nilai tinggi. Kerajinan yang dihasilkan dari bahan ini bisanya berupa kerajinan hias seperti tas, dompet topi dan lain-lain. Proses pembuatan kerajinan dari serat alam sebagian besar dibuat dengan cara dianyam.

Kerajinan bahan lunak dari kulit

Kerajinan dari Bahan Lunak Kulit Binatang
Sumber Gambar : semarang.indonetwork.co.id

Kulit merupakan bahan eksklusif untuk membuat kerajinan tangan. Keterbatasan bahan serta lamanya proses pembuatan membuat kerajinan yang terbuat dari kulit menjadi mahal. Kerajinan kulit menggunakan bahan baku kulit yang sudah disamak lalu dibuat kerajinan seperti tas, sepatu, wayang, dompet, jaket kulit serta asesoris seperti gantungan kunci dll. Bahan kulit biasanya didapat dari kulit binatang seperti sapi, domba, kerbau, buaya, hewan-hewan ini biasanya dibudidayakan untuk diambil kulitnya.

2. Kerajinan Bahan Lunak Buatan

Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun
kerajinanmanikmanik.wordpress.com

Bahan lunak buatan adalah bahan baku yang digunakan untuk karya kerajinan yang diolah agar menjadi lunak. Berbagai karya kerajinan dari bahan bisa dibuat berdasarkan bahan yang digunakan. Contoh bahan lunak buatan seperti bubur kertas, gips, lilin, fiberglass, sabun dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa kerajinan yang di buat dari bahan lunak buatan.

Baca Juga : Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas

Kerajinan bahan lunak dari sabun

Kerajinan dari Bahan Lunak sabun
Sumber Gambar : bondowoso-jawa.blogspot.com

Kerajinan dari bahan sabun sangatlah unik. Bahan utama untuk membuat kerajinan ini adalah sabun batangan, cara mengolah sabun untuk dijadikan kerajinan tangan bisa dengan dua cara. Yang pertama dengan mengukir sabun menjadi sebuah karya seperti binatang, buah, flora ukiran dan lain-lain.

Sedangkan cara pengolahan yang kedua bisa dengan memarut sabut batangan sehingga menjadi bubuk, kemudian dicampur menggunakan sagu dan sedikit air. Dengan bubuk sabun tadi kamu bisa membuat adonan dan membentuk adonan tersebut menjadi sebuah kerajinan.

Kerajinan bahan lunak dari gips

Kerajinan dari Bahan Lunak Gips
Sumber Gambar : abadigemilang.com

Gips adalah bahan mineral yang lama larut dengan air bila sudah menjadi padat. Di dalam gips sendiri mengandung zat seperti hidrat kalsium sulfat, dan juga mineral seperti karbonat, sulfat, nitrat dan sulfat yang dapat terlepas sehingga proses pengerasan gips akan terasa panas.

Untuk membuat kerajinan dari bahan gips, proses awalnya gips harus dicairkan dulu lalu di tuang ke dalam cetakan kerajinan yang dibuat. Kerajinan dari bahan gips biasanya berupa mainan, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Kerajinan bahan lunak dari lilin

Kerajinan dari Bahan Lunak lLilin
Sumber Gambar : pysselbolaget.se

Kerajinan dari bahan lilin sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Kamu bisa langsung mengukir berbagai bentuk pada media lilin, selain itu lilin juga bisa dicairkan untuk membuat kerajinan dalam bentuk yang unik. Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari lilin adalah patung tokoh-tokoh terkenal. Pembuatan patung dari lilin sangatlah detail sehingga mirip dengan orang aslinya.

Cukup sampai disini dulu ya kita membahas kerajinan dari bahan lunak, semoga bisa membantu kamu memahami serta bisa praktek membuat kerajinan tangan dari bahan ini.

Artikel Terkait :  7 Kado Ulang Tahun yang Paling Berkesan untuk Cowo

1 thought on “Kerajinan dari Bahan Lunak yang Ada di Nusantara

Leave a Comment