Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang

Kerajinan dari Pelepah Pisang yang Mudah Dibuat

Kerajinan dari pelepah pisang mungkin masih agag asing di telinga kita. Memang bagi sebagian orang pelepah pisang dianggap hanya sebagai sampah kering yang berguna. Begitu pula dulu kami sering menjumpai di kampung halaman banyak pelepah pisang teronggok menjadi sampah kering yang tidak berguna. Namun kini di tangan orang-orang kreatif pelepah pisang menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomi tinggi.

Saat ini banyak sekali benda-benda unik yang dibuat dari bahan dasar pelepah pisang kering. Cara membuat kerajinan tangan dari bahan ini tidaklah terlalu sulit, kamu cukup membuat desain awal benda yang ingin dibuat. Setelah itu tentu saja siapkan peralatan serta bahan yang dibutuhkan sebagai pelengkap bahan utama yaitu pelepah pisang kering.

Tips Membuat Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang

Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang
Sumber Gambar : alvatihah.blogspot.com

Untuk membuat kerajinan yang menghasilkan produk yang berkualitas baik, tentu kita juga harus menggunakan bahan baku pelepah pisang yang baik juga. Untuk itu kita harus bisa memilih jenis pelepah pisang yang mempunyai kualitas baik. Salah satu contoh pelepah pisang yang baik adalah yang sudah kering di pohon, yaitu kondisi pelepah benar-benar kering sehingga tidak perlu lagi mengalami proses penjemuran (cukup diangin-anginkan saja).

Artikel Terkait : Kerajinan dari Anyaman Kertas

Agar kesan produk yang dihasilkan dari kerajinan ini lebih alami, sebaiknya kita tidak usah menggunakan pewarna ataupu pengawet buatan. Biasanya para pengrajin menggunakan warna alami dari pelepah pisang tersebut dengan menyesuaikan tema dari produk yang dibuat.

Untuk merekatkan potongan-potongan pelepah pisang kamu bisa menggunakan lem seperti lem kerta, atau lem fox yang biasa dijual di pasaran. Meski lem fox harganya sedikit lebih mahal, tapi itu sebanding dengan daya rekatnya yang kaut.

Artikel Terkait :  7 Kado Ulang Tahun yang Paling Berkesan untuk Cowo

Untuk membuat sebuah lukisan dari pohon pisang kamu bisa menggunakan triplek sebagai media tempat melukis. Atau bisa juga menggunakan media lain seperti karton tebal, kayu dan lain-lain. Untuk menempelkan pelepah pada media kamu bebas menggunakan cara apa saja, tetapi yang harus diperhatikan adalah sebelum menempelkan pelepah pisang tersebut apda media sebaiknya kamu membuat desain lukisan yang akan dibuat pada media.

Misalkan untuk membuat lukisan kaligrafi biasanya latar belakang dari lukisan tersebut dibuat dengan warna gelap semua. Setelah kering baru ditempel dengan huruf kaligrafi yang dibuat dari pelepah pisang yang berwarna terang. Agar pelepah pisang bisa menempel secara merata kamu bisa mengunakan pemberat ketika menempelakan pelepah pada media.

Contoh Kerajinan dari Pelepah Pisang

Pelepah pisang di tangan orang yang memiliki kreativitas serta imajinasi yang ternyata bisa menjadi sebuah kerajinan tangan dengan nilai ekonomis yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari pelepah pisang yang dibuat oleh beberapa pengrajin yang ada di Nusantara.

Artikel Terkait : Kerajinan Anyaman dari Bambu

Lukisan dari Pelepah Pisang

Lukisan Hias dari Pelepah Pisang
Salah satu kerajinan dari pelepah pisang berupa lukisan kapal

Ternyata pelepah pisang bisa dijadikan lukisan lho, caranya sangat mudah. Cukup sediakan bahan baku pelepah pisang yang sudah kering, triplek yang akan digunakan sebagai alas, frame, cat bening, gunting, dan lem.

Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu pola gambar yang akan dibuat, setelah itu gunting dan tempelkan pelepah pisang sesuai pola yang dibentuk pada media. Setelah itu oles dengan cat bening dan keringkan. Langkah terakhir adalah dengan memasang frame untuk mempercantik tampilan.

Tas Cantik dari Pelepah Pisang

Tas Cantik dari Pelepah Pisang
Tas dari Pelepah Pisang
Tas dari Pelepah Pisang
Tas dari Pelepah Pisang

Tidak hanya bisa dibuat lukisan pelepah pisang kering juga bisa dibuat tas cantik. Untuk membuat tas ini caranya sediakan pelepah pisang, benang kasur, cat pernis, pisau, warna finishing. Langkah awal untuk membuatnya dengan cara pohon pisang dibuat menjadi bilah-bilah kemudia keringkan selama 10 hari agar kandungan air pada pohon pisang hilang.

Kemudia buatlah rajutan dengan menggunakan bahan bilah pohon pisang yang sudah dikkeringkan. Agar tas kuat kamu bisa mengelem serat pelepah pisang kemudia diikat dengan benang kasur. Langkah terakhir adalah mempercantik tampilan tas dengan memberikan warna sesuai dengan selera kamu.

Sandal Unik dari Pelepah Pisang

 

Sandal dari Pelepah Pisang
Sandal Jepit dari Pelepah Pisang

 

Untuk membuat kerajinan sandal dari pelepah pisang ini langkah-langkahnya mirip dengan cara membuat tas. Cuma yang membedakannya hanya dari segi bentuk anyaman yang dibuat. Sedangkan seperti bahan dan peralatan yang digunakan sama saja.

Tempat Pensil dari Pelepah Pisang

Tempat Pensil dari Pelepah Pisang
Sumber Gambar : zhahab.blogspot

Membuat tempat pensil dari pelepah pisang bisa dibilang cukup mudah. Untuk membuatnya kamu memerlukan alat dan bahan seperti gunting, biji-bijian, lem, dan kertas karton. Cara membuatnya dengan cara membentuk kertas karton sesuai dengan bentuk tempat pensil yang diinginkan.

Tempelkan pelepah pisang pada kertas karton. Selanjutnya kamu bisa menambahkan biji-bijian sebagai hiasan tempat pensil. Jadi deh tempat pensil yang unik dan lucu hasil dari karya kamu sendiri.

Tempat Tisu dari Pelepah Pisang

Tempat Tisu dari Pelepah Pisang
Sumber Gambar : zahab.blogspot

Untuk membuat kerajinan dari tempat tisu kamu bisa mempersiapakan bahan serta peralatan yang diperlukan seperti kardus tisu bekas, lem kayu, biji-bijian, dedaunan dan bahan utamanya pelepah pisang yang sudah disetrika.

Cara membuat kerajinan ini dengan cara menyayat tipis pelepah pisang lalu keringkan setelah itu kamu bisa menempelkan pelepah pisang pada kardus bekas tisu.

Itulah kerajinan dari pelepah pisang serta tips cara membuatnya agar bisa menghasilkan hasil kreasi yang unik dan juga indah.

2 thoughts on “Kerajinan dari Pelepah Pisang yang Mudah Dibuat

Leave a Comment