Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Unik dan Kreatif

Membuat kerajinan dari barang bekas merupakan salah satu solusi untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dari rumah tangga. Yups, banyak sekali barang bekas yang ada di sekitar kita yang terkadang diabaikan begitu saja, sehingga terlihat sebagai sampah yang mengganggu keindahan rumah. Padahal bila kamu mau berfikir kreatif, barang tersebut bisa dibuat menjadi kreasi tangan yang bernilai seni tinggi.

Banyak sekali bahan yang bisa dibuat menjadi kerajinan tangan seperti botol bekas, kardus, mug, plastik, dan berbagai barang lain. Selain bisa digunakan untuk menghias ruangan rumah, kreasi dari barang bekas ini juga bisa dijadikan sebagai usaha yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Cara membuatnya juga cukup mudah, hanya dengan beberapa peralatan dan bahan sederhana, kamu sudah bisa membuat berbagai kerajinan dengan bentuk unik dan kreatif. Binggung? Tenag saja, kamu bisa meniru berbagai kerajinan tangan dari barang bekas ini sebagai latihan berkreasi.

Membuat Lampu dari Botol Kaca

Kerajinan Tangan dari Bekas Botol

Kerajinan Tangan dari Bekas Botol

Saat ini banyak sekali barang-barang rumah tangga yang menggunakan botol kaca sebagai kemasannya. Salah satu yang sering menggunakan botol kaca sebagai kemasannya adalah selai, bumbu dapur, bumbu serbuk, dan lain sebagainya.

Seringkali kemasan jenis ini menjadi penyumbang sampah rumah tangga yang susah untuk diuraikan oleh tanah. Oleh sebab itu sebaiknya kamu tidak membuang botol kaca begitu saja. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi lampu hias nan cantik. Untuk membuatnya kamu bisa melihat tutorialnya di sini.

Ubin Cerbin dari Kertas Karton

Kerajinan Tangan dari Kardus

Ubin Cermin

Satu lagi kerajinan tangan yang bisa dibuat dari barang bekas kardus yakni ubin cermin. Yups, kardus memang merupakan salah satu bahan yang mudah untuk dibuat berbagai kreasi unik dan kreatif. Salah satu kreasi yang bisa dihasilkan ya figura cermin seperti pada gambar di atas.

Selain itu kamu bisa mendapatkan berbagai ide kerajinan dari kardus dengan membaca artikel 10 ide kreatif membuat kerajinan tangan dari kardus bekas. Jadi, bila kamu memiliki kardus atau kertas karton yang sudah tidak digunakan, jangan buru-buru untuk membuangnya, karena kamu bisa mengubahnya menjadi barang seni yang bernilai tinggi.

 

Membuat Mug Cantik

Membuat Mug Cantik

Membuat Mug Cantik

Yang satu ini memang tidak dibuat dari barang bekas, tapi tetap menjadikan barang yang biasa saja menjadi barang yang cantik dan menarik. Ya, mug ini bisa kamu jadikan sebagai hadiah ulang tahun ataupun sebagai souvenir pernikahan.

Untuk membuat mug ini hanya menggunakan peralatan dan bahan sederhana yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jadi hanya dengan modal yang minim kamu sudah bisa membuat sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

 

Berkreasi dengan Menggunakan Paku Payung

Berkreasi dengan Menggunakan Paku Payung

Berkreasi dengan Menggunakan Paku Payung

Ternyata membuat sebuah kerajinan tidak susah kok. Buktinya kerajinan yang satu ini, hanya dengan memanfaatkan styrofoam dan paku payung sudah bisa membuat hiasan yang cantik dan menarik. Kamu bisa membentuk styrofoam sesuai dengan bentuk yang kamu sukai.

Langkah selanjutnya adalah menancapkan pak satu demi satu ke styrofoam sesuai pola yang telah dibuat. Agar tampil lebih menarik, cobalah untuk membeli paku payu yang memiliki warna favorit, bisa juga dengan memberikan warna sendiri dengan cat semprot.

 

Tali Kamera dari Tali Kaos Bekas

Camera Strap

Camera Strap

Ingin tampilan kamera kamu semakin cantik? Mungkin cara yang satu ini layak untuk dicoba. Dengan memanfaatkan kain bekas kamu bisa membuat tali untuk gantungan kamera. Bahan yang dibutuhkan juga sederhana yakni kaos bekas.

Untuk peralatan hanya menggunakan gunting, mesin jahir, bolpoin dan beberapa gantungan. Dengan membuat prkarya ini akan mengurangi isi lemari dari pakaian yang sudah tidak digunakan lagi. Bagaimana menarik bukan? Ingin membuatnya? Kamu bisa melihat tutorialnya di sini.

Artikel Terkait :  17 Foto dan Gambar Kue Ulang Tahun Ini Akan Membuat Kamu Terpesona

Leave a Reply