Rak Dinding

100 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Jual dengan Harga Mahal

Tahukah kamu bahwa barang bekas bisa dibuat berbagai kerajinan tangan unik yang bisa dijual dengan harga mahal. Barang bekas sering dipandang sebelah mata, bahkan cenderung dibuang atau dijual dengan harga yang sangat murah.

Tetapi di tangan orang kreatif barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan dijual dengan harga yang cukup mahal.

Salah satu cara memanfaatkan barang bekas adalah dengan dibuat berbagai kerajinan tangan yang memiliki banyak fungsi.

Yups kerajinan tangan dari barang bekas saat ini sedang tren di kalangan masyarakat, selain memiliki nilai ekonomis kegiatan ini juga membantu mengurangi sampah plastik.

Nah, biar gak usah lama-lama berikut adalah beberapa kumpulan kerajinan tangan yang dibuat dari berbagai barang bekas.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kaset CD

Kerajinan dari CD Bentuk Burung

Kerajinan dari CD Bentuk Burung
earthporm.com

Lihatlah betapa indahnya hasil kerajinan ini. Tahukah kamu bahwa burung cantik dan indah ini dirangkai dari kepingan-kepingan kaset CD yang sudah tidak digunakan lagi.

Ya, berawal dari barang yang sudah tidak digunakan bisa disulap menjadi barang yang bernilai seni tinggi.

Gitar Unik dari CD Bekas

Gitar dari CD Bekas
earthporm.com

Tidak hanya bisa dibuat bentuk hewan, hasil dari kepingan cd bekas juga bisa digunakann untuk membuat gitar yang indah. Lihatlah motif-motif klasik yang disusun dari pecahan-pecahan cd tersebut menambah kesan artistik pada gitar.

Pot Keramik dari CD Bekas

Pot Keramik dari CD Bekas
earthporm.com

Nah setelah melihat gambar di atas, masih berfikir untuk membuang cd bekas koleksi kamu? Pasti tidak kan, ya bila ada piring atau keramik yang sudah pecah dan tidak bisa digunakan, cobalah untuk menghiasnya dengan menempelkan kepingan cd sehingga akan terlihat menarik.

Kamu bisa meletakan hiasan tersebut di dalam ruangan ataupun untuk mempercantik tampilan taman kamu.

Kerajinan Tangan Bentuk Bingkai Kaca

Kerajinan Tangan Bentuk Bingkai Kaca
earthporm.com

CD terbuat dari plastik polikarbonat dan aluminium, yang merupakan bahan bernilai tinggi untuk dijadikan kerajinan tangan.

Dengan melakukan daur ulang kepingan cd akan membantu mengurangi bumi dari kerusakan, karena kepingan cd merupakan barang yang susah diuraikan oleh tanah.

Nah salah satu ide memanfaatkan kepingan cd tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk membuat bingkai kaca.

Hiasan Dinding dari Kepingan CD

Hiasan Dinding dari Kepingan CD
icreativeideas.com

Ingin tampilan ruangan kamu terlihat makin modis dan indah? Nah membuat hiasan diding dari cd bekas ini mungkin bisa kamu pertimbangkan.

Cara membuatnya juga mudahh kok, kamu tinggal memberikan warna hitam pada piringan kemudian lukisan dengan motif batik ataupun motif kesukaan kamu.

Membuat Lampu Hias dari Kepingan CD

Membuat Lampu Hias dari Kepingan CD
earthporm.com

Satu lagi kreasi tangan yang bisa dibuat dari cd bekas yakni lampu hias. Ya, dengan lampu hias ini suasana rumah kamu akan semakin gemerlap.

Tentu kamu juga bisa berinovasi dengan memberikan warna pada lampu sehingga suasana ruangan menjadi semakin nyaman dengan perpaduan warna lampu yang menarik.

Meja Kaca Hias

Meja Kaca Hias
earthporm.com

Meja kaca biasa akan semakin menarik bila diberikan hiasan dari kepingan cd bekas. Untuk memuat kerajinan dari barang bekas memang tidak rumit kok, buktinya meja ini. Dengan hanya menempelkan kepingan cd sudah memberikan efek unik dan menarik.

Tas Unik dengan Kepingan CD

Tas Unik dengan Kepingan CD
earthporm.com

Ingin tampil trandy? Untuk bisa tampil keren tidak harus menggunakan produk-produk dengan harga mahal kok. Dengan sedikit kreativitas kamu bisa merubah tas yang biasa aja menjadi lebih unik dan menarik. Contonya tas yang ada di gambar di atas, hanya dengan menambah kepingan cd bisa menjadikan tas kamu makin trandy.

Tempat Tisu dari CD Bekas

Tempat Tisu dari CD Bekas
earthporm.com

Bosa dengan tempat tisu yang biasa saja? Kamu bisa membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan kepingan cd bekas.

Potong kecil-kecil kaset cd kemudian tempelkan pada tempat tisu yang kamu punya. Susun sampai kepingan cd menutupi semua permukaan tempat tisu. Dan hasilnya seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Topi Unik dari CD Bekas

Topi dari Kepng CD Bekas
earthporm.com

Pengen tampil unik dan beda dari yang lain? Ya, kamu bisa mencoba mengenakan topi yang telat dihias dengan kepingan cd.

Caranya juga gak rumit kok, kamu hanya perlu menempelkan kepingan cd untuk menutupi permukaan topi seperti yang ada pada gambar di atas.

Kumpulan Kerajina Tangan dari Botol Bekas

Sering melihat botol plastik berserakan di tong sampah ataupun di jalan-jalan? Ya, botol plastik memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian masyarakat modern.

Hampir setiap produk komersil menggunakan botol plastik sebagai kemasannya seperti minuman, bumbu, makanan dan berbagai produk lain.

Seperti yang telah dketahui bahwa bahan plastik yang digunakan untuk membuat botol kemasan sangat susah untuk diuraikan oleh tanah.

Oleh sebab itu bila tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan masalah yang cukup besar. Salah satu cara untuk mengatasi sampah plastik adalah dengan mendaur ulang untuk dibuat kerajinan tangan yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa jenis kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa kamu jadikan sumber penghasilan.

Hiasan Dinding dari Tutup Botol

Dinding dari Tutup Botol
designrulz.com

Malas ngecat diding rumah? Tapi ingin punya rumah dengan tampilan unik dan menarik? Inilah solusinya. Dengan memanfaatkan limbah tutup botol kamu bisa menghias diding rumah agar tampil menawan.

Kamu bisa menggumpulkan berbagai tutup botol dengan aneka warna-warna cerah. Kemudian susun tutup botol tersebut di dinding. Kamu bisa menggunakan paku atau bila dinding tembok bisa menggunakan lem.

Lampu Hias dari Botol Minuman

Lampu Hias dari Botol Minuman
designrulz.com

Setelah diminum biasanya botol plastik kemasan di buang begitu saja di tempat sampah. Padahal jika kamu sedikit kreatif, bisa memanfaatkan botol plastik tersebut sebagai lampu hias yang unik.

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu meremas bagian badan botol dan memutarnya. Kemudian pasang lampu let kecil di dalamnya, dan nikmati keindahan cahaya yang terpancar dari dalam botol.

Bunga Hias dari Botol Plastik

Bunga Hias dari Botol Plastik
designrulz.com

Ingin menghias ruangan rumah agar tampil lebih indah? Kamu bisa memanfaatkan botol ataupun gelas plastik untuk dibentuk menyerupai bunga. Setelah itu jangan lupa diberikan warna favorit agar terlihat lebih menarik.

Tempat Lilin dan Pensil
designrulz.com

Botol bekas merupakan benda yang unik, kamu bisa membuat berbagai kreasi dengan benda ini. Salah satu contohnya bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Dengan hanya memotong bagian atasnya kemudian merapikan bekas potongannya kamu bisa menjadikan botol tersebut sebagai tempat lilin, pot bungan, tempat pensil dan tempat koran.

Pagar Rumah dari Susunan Botol

Pagar Rumah dari Susunan Botol
designrulz.com

Selain bisa dibuat kerajinan tangan, botol bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar rumah. Pagar dari botol memang tidak terlalu populer di indonesia, tetapi bila diaplikasikan dengan baik hasilnya akan memperindah tampilan rumah kamu.

Tempat Perhiasan dari Botol Bekas

Tempat Perhiasan dari Botol Bekas
epbot.com

Banyak yang memandang sebelah mata botol bekas. Oleh karena itu keberadaannya dianggap sebagai sampah yang harus dijauhkan dari rumah.

Tapi di tangan orang kreatif botol bekas bisa disulap menjadi tempat perhiasan mewah yang unik. Kamu bisa meletakan perhiasan yang kamu gunakan sehari-hari di tempat ini.

Membuat Lukisan Bunga dengan Botol

Membuat Lukisan Bunga dengan Botol
alphamom.com

Apakah kamu punya bakat untuk melukis? Kalau tidak bakat berarti kita sama hehehe. Tapi dengan memanfaatkan botol kamu bisa membuat lukisan bunga dengan mudah lho.

Contohnya pada gambar di atas, kamu hanya perlu membasahi pantat botol dengan cat kemudian tempelkan bagian bawah botol ke kertas lukis. Bagaimana, mudah bukan?

Lampu Hias dari Botol Bekas

Lampu Hias dari Botol Bekas
boredpanda.com

Pengen beli lampu hias tapi mahal? Tenang saja, kamu bisa membuat lampu hias sendiri dari kumpulan botol bekas yang ada di sekitar rumah.

Caranya mudah kok, kamu cukup memotong bagian belakang botol kemudian susun sampai menyerupai bentuk bunga. Jelasnya bisa lihat pada gambar di atas.

Celengan Unik dari Botol Bekas

Celengan Unik dari Botol Bekas
boredpanda.com

Nah kerajinan tangan yang satu ini menjadi favorit saya. Kamu bisa membuat celengan lucu dari botol bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Caranya juga simpel yakni hanya dengan menggunakan 2 bauah bagian pantat botol kemudian sambung keduanya dengan menggunakan resleting. Setelah itu lem resleting dan kedua bagaian botol menjadi satu. Celengan ini bisa kamu hadiahkan pada adik atau anak agar mereka rajin menabung.

Tempat Pensil dari Botol

Tempat Pensil dari Botol
boredpanda.com

Pensil warna ataupun alat tulis lain biasanya diletakan begitu saja, sehingga ketika butuh terkadang susuah untuk mencarinya. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu sebaiknya gunakan tempat pensil yang satu ini deh.

Selain unik bahan untuk membuat tempat pensil ini bisa kamu dapatkan gratis lho. Kamu bisa memanfaatkan botol plastik yang sudah tidak digunakan lai kemudian membentuknya seperti gambar di atas.

Mainan Anak dari Botol Kemasan

Mainan Anak dari Botol Kemasan
playideas.com

Ingin membahagiakan anak? Berilah mereka mainan menarik ini. Ya, hanya dengan 2 botol dan beberapa tambahan bahan lainnya kamu sudah bisa membuat mainan roket untuk anak. Meskipun terlihat sederhana, saya yakin anak-anak akan sangat bahagia menggunakan mainan ini.

Tempat Makanan Burung

Tempat Makanan Burung
boredpanda.com

Memelihara burung merupakan salah satu hobi yang digemari banyak orang. Ya, tentu agar burung bisa tumbuh sehat dan berkicau dengan merdu perlu perawatan yang baik.

Untuk membuat tempat makan, mungkin kamu bisa membuatnya dari botol plastik bekas minuman. Kamu bisa membuatnya seperti yang ada pada gambar.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus

Berbeda dengan botol plastik yang relatif mudah dibuat berbagai kerajinan tangan yang bagus, kardus memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan bahan lain. Untuk membuat karya dari kardus diperlukan ketrampilan dan ketelitian.

Meskipun terbilang sulit tetapi bahan kardus menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Karya yang dihasilkanpun beragam mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.

Ada yang dikerjakan hanya dengan tangan ada juga yang harus menggunakan peralatan tertentu. Berikut adalah beberapa daftar kerajinan tangan yang dibuat dari kardus.

Desktop Catchall Organizer

Desktop Catchall Organizer
bingodu.com

Kamu sering lupa tempat menyimpan hp atau barang penting lainnya? Jika iya, membuat kotak penyimpanan dari kardus ini mungkin bisa dipertimbangkan.

Cara membuat kerajinan ini cukup mudah kok, kamu hanya perlu membuat polanya kemudian potong beberapa kardus sesuai pola tersebut. Langkah selanjutnya tinggal menggabungkan kardus tersebut setinggi yang diinginkan.

Lampu Geometric dari Kardus

Lampu Geometric dari Kardus
instructables.com

Kreativitas dari bahan kardus yang satu ini patut untuk diacungi jempol. Bagaimana tidak, hanya berbekal bahan kardus bekas bisa disulap menjadi lampu yang unik dan menarik.

Kamu bisa membentuk pola tertentu dan memilih warna lampu sesuai favorit. Dengan lampu geometri ini akan menamah suasana tenang di ruangan kamu.

Kap Lampu Model Klasik

Kap Lampu Tradisional
etsy.com

Pasti kamu tidak akan mengira bila kap lampu klasik ini ternyata dibuat dari bahan kardus. Iya, itulah kreativitas yang bisa membuat sesuatu dengan imajinasi tingkat tinggi.

Untuk mengerjakan kap lampu dari kardus ini memang dibutuhkan skill dan peralatan yang cukup rumit. Denga lampu model ini tentu akan menambahkan suasan klasik pada rumah kamu.

Rak Dinding

Rak Dinding
magazinuldecase.ro

Tahu kan bahan yang digunakan untuk membuat rak diding unik ini? Yups, bener sekali, rak ini dibuat dari kardus yang digunakan pada bagian dalam lakban.

Biasanya setelah lakban habis, kardus dalamnya akan dibuang begitu saja. Nah, agar tidak menjadi sampah, kamu bisa menggunakan lakban tersebut untuk membuat rak unik seperti yang ada pada gambar di atas.

Kardus Geometric Sculpture

Kardus Geometric Sculpture
buzzfeed.com

Satu kata untuk kerajinan tangan kardus ini “AMAZING”. Kardus memang bahan yang mudah untuk dibentuk dan dibuat berbagai bentuk kerajinan.

Hasil kerajinannya juga sangat beragam, salah satunya seperti gambar di atas. Sebuah seni geometric dengan berbagai bentuknya yang unik.

Rumah Bermain Anak

Rumah Bermain Anak
naiise.com

Anak-anak memnag suka sekali bermain, terutama bila berada di rumah. Semua barang mungkin akan dijadikan mainan, untuk menghindari hal tersebut kamu bisa membuatkan rumah bermainnya sendiri.

Dengan membuatkan rumah bermain sendiri akan membuat anak-anak semakin ceria dan tentu akan lebih mudah dalam mengawasinya.

Jam Analog 2D

Jam Analog 2D
cardboard-crafts.blogspot.com

Nah, kreativitas dari kardus dalam bentuk jam analog ini sangat cocok untuk hiasan dinding. Kamu bisa menggunakan mesin jam agar bisa dijadikan sebagai jam dinding atau hanya menjadikan kerajinan ini sebagai hiasan dinding saja.

Miniatur dari Kardus

Miniatur dari Kardus
oddee.com

Kerajinan tangan dari kardus ini sangat unik. Bahkan hasil kerajinan yang satu ini sangat banyak diminati oleh masyarakat.

Miniatur di dalam kardus ini bisa digunakan sebagai hiasan, ataupun digunakan sebagai kado untuk hadiah pernikahan dan juga ulang tahun.

Miniatur Mesin SPBU

Miniatur Mesin SPBU
declutterorganizerepurpose.wordpress.com

Bahan kardus juga banyak dibuat berbagai mainan edukasi, salah satunya ya mesin pengisi bahan bakar ini. Dengan bahan dan peralatan sederhana kerajinan ini hapir mirip dengan aslinya bukan?

Mainan Robot dari Kardus

Mainan Robot dari Kardus
gilt.com

wow, keren banget ya robot yang satu ini. Dan uniknya mainan robot ini dibuat dari bahan-bahan kardus. Ya, dengan membentuk pola-pola tertentu kemudian menggabungkannya menjadi sebuah bentuk robot.

Rumah Kucing dari Kardus

Rumah Kucing dari Kardus
redesignreport.com

Kardus bekas juga bisa dimanfaatkan untuk rumah binatang peliharaan kamu lho. Salah satu contohnya rumah kucing ini. Dengan membuatkan rumah kecil ini akan membuat kucing kamu semakin betah tinggal di rumah.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Kerajinan Tangan dari Sedotan
hative.com

Sedota merupakan salah satu obyek kerajinan tangan yang bisa didapatakan dengan mudah. Selain harganya yang murah, sedotan juga mudah didapatkan di toko-toko plastik dengan berbagai variasi warna dan jenisnya.

Ada banyak sekali karya yang bisa dibuat dari bahan ini diantaranya seperti bunga hias, aneka ornamen dinding, dekorasi dan lain sebagainya.

Tidak heran bila kerajinan tangan dari sedotan banyak sekali diminati oleh banyak orang mulai dari anak-anak sampai dewasa. Berikut Adalah beberapa contoh berbagai karya seni yang dibuat dari sedotan.

Penutup Lampu Warna-Warni

Penutup Lampu dari Sedotan
javies.com

Contoh kerajinan tangan dari sedotan yang pertama adalah kap lampu warna-warni. Cara membuatnya cukup mudah kok, Kamu cukup memotong sedotan dengan ukuran kecil-kecil. Usahakan ukurannya sama semua.

Langkah selanjutnya kamu tinggal merangkai potongan sedotan kecil tadi dengan menggunakan lem. Buatlah pola seperti kota, ataupun bulat. Contoh kap lampunya bisa kamu lihat pada gambar contoh di atas.

Tirai Jendela Dengan Bunga

Tirai Jendela dari Sedotan
desainer.it

Bagi kamu yang memiliki rumah dengan banyak jendela kaca, ide yang satu ini bisa dicoba. Ya, kamu bisa memperindah tampilan jendela kamu dengan tirai bunga yang dibuat dari sedotan. Dengan sedotan warna-warni yang disusun rapi serta ornamen bunga akan membuat kamu semakin betah tinggal di rumah.

Hiasan Bunga Dari Sedotan Plastik

Hiasan Bunga Dari Sedotan Plastik
mbribik.com

Dengan menggunakan perpaduan sedotan dengan 2 warna yang berbeda, kamu sudah bisa membuat hiasan diding keren seperti yang ada pada gambar di atas.

Nah agar tampilannya lebih cantik, jangan lupa untuk menambahkan pita warna. Tidak hanya di dinding lho, hiasan ini juga cocok digantung di depan pintu.

Kreasi Lmapu Gantung dari Sedotan

Lampu Gantung dari Sedotan
montecina.net

Agar tampilan rumah kamu semakin menarik lampu gantung bisa menjadi pilihan untuk menerangi ruangan. Tapi kebanyakan lampu gantng yang beredar di pasaran bentuknya monoton.

Dengan sedikit kreativitas kamu bisa membuat lampu gantung yang biasa saja menjadi lebih menarik. Caranya? Gunakan sedotan warna putih dan tembus cahaya kemudian tempelkan satu persatu sampai terbentuk kap lampu yang unik seperti yang ada di gambar.

Keranjang dengan Berbagai Bentuk

Keranjang dengan Berbagai Bentuk
diytrade.com

Sering kita menjumpai  barang-barang kecil yang berserakan di ruamh. Kesannya kayak jorok banget kan? Tapi kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan sedotan.

Tekstur sedotan yang ringan dan mudah untuk dilipat sehingga banyak orang yang memanfaatkan bahan ini untuk dijadikan sebagai anyaman. Salah satu hasil dari anyaman dari sedotan adalah tas cantik seperti yang ada di dalam gambar.

Merakit Mainan dari Sedotan

Merakit Mainan dari Sedotan
tandapagar.com

Bermain, mungkin itulah yang ada di pikiran anak-anak. Tetapi saat ini banyak sekali mainan anak yang mengandung bahan berbahaya, selain itu juga tidak banyak membantu dalam mengedukasi anak.

Oleh karena itu untuk meningkatkan otak motorik anak, kamu bisa mengajak anak-anak untuk membuat mainannya sendiri. Salah satu mainan tersebut bisa dilihat pada gambar di atas.

Miniatur Helikopter dai Sedotan

Miniatur Helikopter dai Sedotan
wonderfuldiy.com

Mau membuat mainan yang keren seperti di atas? Caranya cukup mudah kok, kamu juga hanya perlu menyiapkan bahan sederhana seperti botol, sedotan dan bola pingpong.

Kamu bisa memulai memotong beberapa bagian botol kemudian menyatukan beberapa bahan dengan menggunakan lem. Cukup mudha bukan? Tinggal kamu aja mau melakukannya atau tidak

Thermometer dari Sedotan

Thermometer dari Sedotan
bikinide.com

Pastinya kamu tidak akan mengira bahwa termometer unik ini dibuat dari sedotan. Yups, dengan sedikit kreativitas kamu bisa membuat termometer ini dengan sedotan yang bisa kamu dapatkan di toko-toko sekitar.

Agar termometer benar-benar bekerja dengan baik kamu bisa mengikuti tutorialnya di sini.

Perahu Rakit dari Sedotan

Perahu Rakit dari Sedotan
bloglovin.com

Variasi permainan dari sedotan memang banyak banget. Salah satunya adalah perahu rakit seperti yang ada pada gambar di atas.

Seruling Musik dari Sedotan

Seruling Musik dari Sedotan
pequeocio.com

Selain digunakan untuk membuat hiasan dinding, sedotan juga bisa digunakan untuk membuat alat musik tiup. Ya, dengan menyusun beberapa sedotan kemudian mencocokan nada agar sesuai dengan bunyi yang diinginkan.

Dengan membuat alat musik ini, kamu juga berperan untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dari limbah plastik.

Kupu-kupu Lucu

Kupu-kupu Lucu
pequeocio.com

Bahan sedotan memang sangat cocok untuk dibuat berbagai aksesoris yang menarik. Bahan yang mudah dibentuk serta beragam pilihan warna cerah membuat bahan ini bisa dengan mudah dibentuk menjadi kreasi yang menarik.

Dengan memanfaatkan jepitan baju serta merangkai sedotan yang telah dipotong kecil, kamu bisa membuat kupu-kupu dengan warna sayap yang sangat menarik.

Bola Dunia dari Sedotan

Bola Dunia dari Sedotan
ehow.com

Bikin bola dengan sedotan warna-warni ini sangat seru lho. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga untuk membuatnya secara bersama-sama untuk mengisi aktivitas kosong.

Setelah jadi, kamu bisa meletakannya di meja ataupun sudut ruangan sebagai hiasan. Cara membuatnya cukup mudah kok, kamu hanya perlu ikuti tutorialnya di sini.

Bunga Plastik dari Sedotan

Bunga Plastik dari Sedotan
hative.com

Nah, siapa yang tidak tertarik dengan bunga warna mereah ini? Tapi tahukah kamu bahwa bunga ini dibuat dari sedotan. Ya, kamu bisa membuatnya hanya dengan menggunakan sedotan.

Bunga dari sedotan ini bisa kamu gunakan untuk hiasan dengan menaruhnya di pot dan meletakannya di sudut rungan sebagai pemanis ruangan tersebut. Untuk membuatnya kamu bisa mengunjungi blog ini

Membuat Panah Cinta

Membuat Panah Cinta
honeywerehome.com

Buat kamu yang bingung memilih hadiah untuk kekasih hati, mungkin hiasan panah cinta dari sedotan ini bisa menjadi pilihan kamu.

Tenang saja, kamu tidak harus mengeluarkan dana banyak ok, untuk mendapatkan hadiah ini. Kamu bisa membuatnya sendiri.

Hiasan Gantung dari Sedotan

Hiasan Gantung dari Sedotan
unifyhandmade.blogspot.co.id

Ornamen cantik ini sangat cocok untuk kamu jadikan hiasan gantung di kamar ataupun di ruangan favorit kamu. Kamu bisa memadukan berbagai warna cerah atau hanya satu warna saja.

Bagaimana indah bukan? Jangan berharap hiasan gantung tersebut bisa kamu dapatkan di toko-toko aksesoris. Karena kamu harus membuatnya sendiri, bingung? Tenang saja kamu bisa membuatnya dengan mudah. Ikuti saja step-stepnya di tutorial blog ini.

Gelang dari Sedotan Warna

Gelang dari Sedotan Warna
craftulate.com

Tampil keren gak harus mahal, dengan kreativitas kamu bisa membuat berbagai aksesoris keren. Contohnya seperti gelang tangan warna yang ada di gambar di atas.

Potong kecil-kecil sedotan warna kemudian gabungkan dengan menggunakan benang. Agar meakin kece, kamu bisa menggunakan benang wana yang dipadukan dengan sedotan warna-warni.

Kerajinan Tangan dari Tutup Botol

Air minum kemasan sudah menjadi barang wajib kita dalam menemani segala aktivitas sehari-hari. Murah dan praktis menjadi alasan untuk memimilih air minum kemasan daripada membawa botol air minum sendiri. Akhirnya botol kemasan tersebut dibuang begitu saja, begitupula dengan tutupnya.

Sementara kita dengan mudahnya membuang tutp botol begitu saja, ada sebagian orang yang memanfaatkan limbah tersebut untuk disulap menjadi berbagai barang kerajinan yang bisa dijual dengan harga mahal. Berikut adalah beberapa jenis kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari tutp botol.

Hiasan Gantung dari Tutup Botol

Hiasan Gantung dari Tutup Botol
mostepicstuff.com

Daripada membiarkan tutup botol bergeletakan begitu saja menjadi sampah yang bikin sumpek, gak ada salahnya untuk memanfaatkannya menjadi jadi hiasan ruangan. Salah satunya adalah membuat hiasan gantung.

Caranya cukup mudah kok, kamu tinggal membuat lubang kecil pada bagian samping kemudian rangkailah menggunakan peniti atau kawat kecil untuk mengaitkan dengan tali.

Gantungkan hiasan gantung ini di dalam ataupun di luar ruangan. Tiupan angin akan membuat tutup botol saling bertabrakan sehingga menimbulkan bunyi gemericik ala pantai bikin rumahmu makin asyik.

Percantik Tampilan Kamu dengan Kalung drai Tutup Botol

Kalung dari Tutup Botol
pawsrcharming.com

Tutup botol merupakan limbah yang sulit untuk diurai oleh tanah. Salah satu memusnahkannya hanyalah dengan dileburkan dengan suhu yang cukup tinggi. Nah, agar tidak menjadi sampah yang menumpuk sebaiknya kamu mendaur ulang tutp botol menjadi perhiasan.

Salah satu perhiasan yang bisa dibuat dari tutup botol adalah kalung. Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu membersihkan tutup botol kemudian kamu bisa menambahkan hiasan pada bagian tengahnya menggunakan stiker atau manik-manik.

Nah agar makin unik tambahkan aksesoris tambahan serta tali dari benang ataupun rantai kecil. Kamu bisa tampil gaya dengan kalung hasil kreasi kamu sendiri, dijamin gak ada yang sama deh :).

Dekorasi Meja dengan Tutup Botol

Meja Dekorasi dari Tutp Botol
id.pinterest.com/askurtun

Bingung memilih dekorasi untuk rumah? Pengen punya perabotan yang unik dan mewah? Mungkin kreasi dari tutup botol ini bisa menjadi alternatif untuk kamu.

Banyaknya limbah tutup botol yang ada di lingkungan sekitar bisa kamu manfaatkan sebagai dekorasi meja hias. Salah satunya adalah meja kaca yang ada pada gambar.

Kamu cukup meletakan beragam tutup botol ke dalam meja yang atasnya telah ditutup dengan kaca sehingga bisa dilihat berbagai kumpulan tutup botol yang menimbulkan kesan klasik.

Bottlecap Coasters

Alas Mangkuk dari Tutup Botol
sadtohappyproject.com

Kreativitas memang tiada batas, mungkin itulah hal yang bisa menggambarkan kreasi yang bisa dibuat dari tutup botol. Bagaimana tidak, benda yang dianggap tidak berguna dan menjadi sampah bisa disulap menjadi benda yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Kamu bisa memanfaatkan tutup botol untuk dijadikan alas gelas atau cangkir. Caranya cukup mudah, yakni kamu hanya perlu merangkai tutup botol dengan menggunakan kawat.

Replika Ikan dari Tutup Botol

Replika Ikan dari Tutup Botol
topdreamer.com

Nah, kreasi dari barang bekas yang satu ini tidak kalah keren dengan sebelumnya. Yups, kamu bisa menyusun tutup botol untuk dijadikan replika ikan hias.

Memang tidak mudah, tetapi dengan kreativitas dan kesabaran kamu bisa menyusun tutup botol menjadi sisik ikan. Agar terlihat lebih menarik kamu bisa mengumpulkan berbagai warna tutp botol kemudian menyusunnya menjadi satu.

Anting Hias dari Tutup Botol

Anting Hias dari Tutup Botol
topdreamer.com

Kamu pasti tidak akan mengira bukan kalau tutp botol bsa dibuat menjadi perhiasan yang unik dan terlihat elegan. Ya, hanya dengan sedikit kreativitas kamu bisa membuatnya sendiri.

Dengan menggunakan perhiasan ini kamu akan terlihat lebih elegan dan tentu akan menambah kepercayaan diri kamu.

Tempat Perhiasan Unik dari Barang Bekas

Tempat Perhiasan Unik dari Barang Bekas
my-creativeway.com

Kebanyakan wanita memiliki perhiasan yang disimpan di lemari. Tapi tidak sedikit yang menyimpannya sembarangan sehingga ketika akan mengunakannya sibuk mencarinya.

Nah, agar hal itu tidak terjadi pada kamu, cobalah untuk membuat tempat menyimpan perhiasan dari tutup botol. Contoh tempat perhiasan bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Hiasan Dinding dari Tutup Botol

Hiasan Dinding dari Tutup Botol
etsystatic.com

Rumah memang identik dengan lukisan dan hiasan mewah. Tapi untuk mendapatkan hiasan mewah tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan tutup botol.

Seperti kebanyakan lukisan yang lainnya kamu membutuhkan frame kemudian membuat pola lukisan. Pola lukisan bisa membuat pola pohon dengan menggunakan kawat. Setelah itu kamu bisa menempelkan tutup botl sebagai daun dan bunga dari lukisan pohonnya. Gimana, menarik bukan?

Bunga Hias dari Tutup Sedotan

Bunga Hias dari Tutup Sedotan
homesthetics.net

Biasanya bunga hias bisa dibuat dari plastik, sedotan, kertas dan juga kain flanel. Ternyata selain bahan yang disebutkan di atas, tutup botol juga bisa dibuat hiasan bunga.

Caranya cukup mudah, yakni dengan memipihkan tutup botol kemudian menyusunya menyerupai kelopak bunga. Kamu bisa menggunakan tutup botol dengan beragam warna sehingga akan menambah keindahan dari bunga yang dibuat.

Jam Dinding dari Tutup Botol

Jam Dinding dari Tutup Botol
craftionary.net

Jam dinding merupakan bagian dari dekorasi rumah yang tidak bisa dipisahkan. Penunjuk waktu ini menjadi salah satu aksesoris yang wajib ada di rumah. Meskipun fungsinya sudah banyak digantikan oleh peralatan elektronik lain tapi tanpa kehadirannya terasa kurang lengkap.

Kamu bisa membuat jam tangan unik dari tutup botol plastik. Dengan tampilan yang sederhana, jam dinding ini tampak elegan dan memberikan nuasa klasik pada ruangan kamu.

Pin Noted Magnet

Pin Noted
craftionary.net

Sering menggunakan mading untuk menempelkan catatan kecil ataupun berbgai target pekerjaan yang harus diselesaikan. Agar tidak terkesan garing kamu bisa menggunakan tutup botol sebagai gantinya.

Desain unik yang ada di belakang tutup botol bisa menjadi hiasan yang unik. Unik bukan? Untuk kerajinan tangan dari bekas lainnya, kamu bisa melihatnya di sini.

Kerajinan Tangan dari Kain Flenel

Kain flanel merupakan salah satu bahan kerajinan tangan favorit untuk dibuat berbagai kreasi yang unik dan menarik. Dari teskturnya yang lembut dengan berbagai pilihan warna yang menarik menjadikan kain flanel sebagai bahan kerajinan tangan yang banyak digunakan.

Bukan hanya itu saja, bahan ini juga mudah didapatkan di toko-toko di sekitar. Oleh karena itulah banyak pengusaha kerajinan yang memilih menggunakan bahan ini terutama ibu-ibu rumah tangga. Diantara kerajinan tangan yag dibuat dari kain flanel seperti, boneka, bros, dompet, bunga hias, dan berbagai kerajinan tangan yang lainnya.

Biasanya kerajinan tangan dari kain flanel yang banyak digemari oleh kaum hawa seperti bunga, boneka, dan juga bros. Berikut adalah beberapa jenis kreasi kerajinan yang bisa dibuat dari kain flanel.

Bunga dari Kain Flenel

Bunga dari Kain Flenel
tokopedia.com

Bunga hias banyak sekali diminati oleh masyarakat, terutama yang dibuat dari kain flanel. Tidak heran bila kerajinan ini banyak dijual melalui offline maupun online.

Dengan tekstur kain yang lembut serta warna-warna cerah dari kain flanel membuat bunga yang dibuat dari kain flanel memiliki daya tarik tersendiri. Kamu bisa membuat bunga-bunga favorit seperti mawar, melati, tulip, dan berbagai bunga lainnya dari kain flanel.

Sepatu Bayi Lucu dari Kain Flanel

Sepatu Bayi Lucu dari Kain Flanel
soloblitzc.o.id

Bayangkan bila sepatu-sepatu lucu ini dikenakan di kaki bayi yang imut, pastinya ngegemesin kan? Tekstur yang lembut dari kain flanel pastinya sangat nyaman dikenakan oleh anak-anak.

Sebaiknya sepatu ini hanya digunakan ketika bayi masih belum bisa berjalan. Karena bahan dari kain flanel tidak cukup kuat untuk digunakan sebagai alas kaki dalam waktu yang lama. Kamu bisa membuat sepatu nik ini sendiri atau membelinya di toko kerajinan.

Bando Warna Warni  dari Kain Flanel

Bando Warna Warni dari Kain Flanel
dwifuri.blogspot.com

Jika kamu mempunyai anak perempuan, hadiah bando warna-warni ini pastinya sangat menyukainya. Jadi tidak harus memberikan hadiah yang mahal, dengan sedikit kreativitas kamu sudah bisa menyulap kain flanle menjadi bando yang indah.

Agar lebih menarik, kamu bisa menggunakan kain flanel dari berbagai warna. Selain itu menggunakan tema karakter favorit anak seperti bunga, binatang, atau tokoh kartun.

Gantungan Nama dari Kain Flanel

Gantungan Nama dari Kain Flanel
aksesorisflanelkita.blogspot.com

Selain dibuat berbagai aksesoris yang bisa dipakai langsung, kain flenel juga bisa dibuat berbagai aksesoris seperti kalung nama. Ya, kamu bisa membuatkan kalung nama sesuai dengan nama anak.

Hadiah ini tentu akan menjadi hadiah istimewa buat anak-anak. Apalagi dengan warna-warna yang cerah bisa menambah keceriaan anak.

Tempat Tisu dari Kain Flanel

Tempat Tisu dari Kain Flanel
fatinia.com

Tempat tisu yang unik dan lucu ini dibuat dari kain flenel lho. Kain flanel ini mempunyai tekstur yang lembut dan mudah dibentuk sehingga memudahkan untuk dibuat berbagai macam bentuk. Salah satunya tempat tisu karakter dengan bentuk sapi.

Selain bentuk sapi, kamu juga bisa membuat tempat tisu dengan karakter lain sesuai dengan kreativitas yang kamu punya. Slain bisa dipakai sendiri, hasil kerajinan ini bisa kamu jual juga lho. Dipasaran harga tempat tisu ini cukup mahal sehingga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Bros dari Kain Flanel

Bros dari Kain Flanel
safitributik.blogspot.com

Bros menjadi salah satu aksesoris wajib bagi wanita yang menggunakan hijab. Pasalnya, dengan menambah bros bunga yang diaplikasikan pada hijab yang dipakai akan menambah keanggunan si pemakainya.

Selain itu dengan menggunakan bros akan menambah sisi feminim dari si pemakai. Untuk membuat bros dari kain flenel juga cukup mudah, bila tidak ingin repot banyak juga yang menjual aksesoris ini secara online.

Boneka Jari dari kain flanel

Boneka Jari dari kain flanel
abiummi.com

Boneka jari dengan karakter lucu ini bisa kamu buat sendiri lho. Dengan menggunakan kain flenel, kemu bisa membuat pola kemudian membentu sesuai dengan karakter yang diinginkan.

Kamu bisa menghibur anak-anak dengan memainkan boneka jari dengan karakter unik dan lucu. Selain itu dengan karakter bonek imut tersebut kamu bisa membuat cerita dongeng untuk menghibur anak-anak. Dengan kreasi kain flanel berbentuk boneka jari seperti ini kamu gak bakal kekurangan ide buat cerita pastinya.

Amplop dari Kain Flanel

Amplop dari Kain Flanel
kesekolah.com

Salah satu bentuk kerajinan tangan unik dari kain flanel adalah amplop. Dengan kain flanel kamu bisa membuat amplop unik dan berbeda dengan yang lain. Hal ini tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri pada surat kamu sehingga akan diprioritaskan oleh si penerima surat.

Amplop ini sangat cocok digunakan untuk membungkus surat pada pujaan hati, ataupun teman dan keluarga dekat. Apalagi dengan warna dan desain yang menarik akan menjadi nilai tersendiri. Tidak hanya pada sebatas amplopnya saja yang dihias, isi amplopnya pun bisa kamu hiasi dengan pernak-pernik dari kain flanel.

Miniatur dari Kain Flanel

Miniatur dari Kain Flanel
photobucket.com/user/deemozart

Miniatur merupakan tiruan dari benda ataupun mahkluk hidup yang dibuat mirip dengan aslinya hanya saja dibuat dalam ukuran lebih kecil. Ada banyak sekali obyek yang bisa dibuat miniatur seperti mobil, motor, rumah, hewan, dan bahkan kota atau negara.

Tapi untuk kerajinan dari kain flenel biasanya membuat miniatur sederhana seperti miniatur motor vespa seperti pada gambar di atas.

Gantunga Kunci dari Kain Flanel

Gantunga Kunci dari Kain Flanel
kerajinantanganbagus.blogspot.com

Salah satu kreasi yang bisa dibuat dari kain flenel adalah gantungan kunci. Gantungan kunci dari kain flanel ini banyak diminati oleh masyarakat umum.

Hal ini bisa dijadikan sebuah peluang usaha baru untuk kamu yang masih menganggur atau ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya gantungan kunci yang dibuat ada bervariasi diantaranya ada yang bentuk karakter kartun, hewan, dan juga bentuk-bentuk lain yang disukai oleh anak.

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Stik es krim, mungkin kamu sudah tidak asing dengan benda yang satu ini kan? Yup, benar sekali, biasanya kalau membeli es krim pasti ada stik kayu sebagai sendok  ketika makan es krim. Nah, biasanya setelah es krim habis, stik ini dibuang begitu saja sehingga menambah jumlah sampah di lingkungan.

Sebelum kamu membuang stik es krim tersebut sebaiknya lihat dulu deh beberapa kreasi yang bisa dibuat dari stik es krim di bawah ini.

Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Miniatur Rumah dari Stik Es Krim
designsnext.com

Tekstur stik es krim memiliki kemiripan dengan kayu, hal inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk dijadikan sebuah miniatur bangunan.

Ya, kamu bisa membuat berbagai miniatur rumah. Berbagai desain rumah bisa dibuat miniaturnya dari stik es krim, terutama rumah yang terbuat dari kayu.

Tempat Tisu dari Stik Es Krim

Tempat Tisu dari Stik Es Krim
tokopedia.com

Salah satu jenis kerajinan yang paling banyak dibuat dari barang bekas adalah tempat tisu. Salah satu barang bekas yang bisa dibuat menjadi tempat tisu adalah stik es krim.

Kamu bisa membuat berbagai desain tempat tisu dan juga menambahkan beberapa aksesoris untuk mempercantik tampilannya.

Sangkar Burung dari Stik Es Krim

Sangkar Burung dari Stik Es Krim
tasvirezendegi.ir

Sepertinya tidak ada habisnya ya, kalau membicarakan kreasi yang bisa dibuat dari barang bekas. Mulai dari barang yang bisa digunakan dalam keseharian sampai aneka aksesoris untuk mempercantik tampilan rumah kita.

Seperti gambar di atas yang memperlihatkan betapa indahnya sangka burung yang dibuat dari stik es krim. Keindahan warna bulu serta suara indah burung berpadu dengan indahnya sangkar akan mempercantik tampilan rumah kamu.

Lampu Hias dari Stik Es Krim

Lampu Hias dari Stik Es Krim
archiki.com

Ingin menghadirkan suasana romantis di ruangan rumah, mungkin hasil kreasi dari stik es krim ini menjadi salah satu pilihan.

Kap lampu ini akan menjadi salah satu aksesoris favorit di rumah  kamu. Selain bisa digunakan sendiri, kamu juga bisa menjual hasil kreasi ini dengan harga yang lumayan tinggi.

Kotak Pensil dari Stik Es Krim

Kontak Pensil dari Stik Es Krim
satujam.com
Tempat Pensil Hasil Kreasi dari Stik Es Krim
banggood.com

Seringkali peralatan kantor kantor berantakan, sehingga ketika mencari suatu barang memerlukan waktu yang cukup lama. Terutama pensil yang sering hilang.

Nah, agar kejadian di atas tidak menimpa kamu sebaiknya segera menyiapkan tempat penyimpanan untuk peralatan tulis. Dengan adanya kotak pensil akan memudahkan kamu dalam merapikan tempat kerja.

Sampul Buku dari Stik Es Krim

Sampul Buku dari Stik Es Krim
werindia.com

Tidak hanya bisa dibuat berbagai perabotan yang berguna di rumah, tapi stik es krim juga bisa digunakan sebagai sampul buku.

Dengan menyusun dan menempelkan stik es krim ini akan mempercantik tampilan buku favorit kamu. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan gambar-gambar favorit.

Kreasi dari Stik Es Krim

Kreasi dari Stik Es Krim
kompor.in

Barang bekas kalau dimanfaatkan dengan baik bisa dibuat berbagai karya yang bernilai seni tinggi. Salah satu contoh hasil karya tersebut bisa dilihat pada gambar di atas.

Banyaknya karya yang dihasilkan dari stik es krim membuat sebagain masyarakat mengidolakan hasil kerajinan dari bahan ini. Oleh karena itu banyak yang menjadikan kerajinan tangan dari stike es krim sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar.

Artikel Terkait :  Contoh Surat Resmi dan Cara Membuatnya

18 thoughts on “100 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Jual dengan Harga Mahal

  1. Bisa menjadi referensi untuk kita semua dalam mengembangkan karya.. Tetap selalu melihat kebutuhan konsumen. sukses untuk kita semua.

  2. Terima kasih, saya sudah punya ide membuat tempat perhiasan dari tutup botol untuk ibu saya. Karena cincin ibu saya sering hilang

Leave a Comment