Cara Membuat Kliping Beserta Contohnya

Contoh Kliping – Pembuatan kliping seringkali dijadikan tugas oleh guru kepada siswanya, namun di masyarakat aktivitas pembuatan kliping juga sering dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga dengan tujuan hanya sekedar koleksi resep dari media cetak seperti majalah ataupun koran. Tidak hanya pelajar, tugas-tugas kliping juga seringkali di berikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi.

Pengertian kliping itu sendiri yaitu suatu aktivitas pengumpulan bahan dengan cara menggunting artikel-artikel beserta gambar dari surat kabar, majalah, maupun dari sumber lainnya yang mendukung proses pembuatan kliping, dengan tujuan untuk mendokumentasikan. Potongan artikel beserta gambar dalam sebuah kliping harus berisikan tema yang sama, misalanya kliping resep masakan maka artikel dan gambar didalamnya membahas tentang resep masakan.

Cara Membuat Kliping

Cara Membuat Kliping

Kliping – pixabay.com

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kliping biasanya berasal dari media cetak seperti majalah, surat kabar ataupun media cetak lainnya, namun dengan berkembangnya media elektronik seperti internet kebanyakan orang beralih untuk mencari bahan dari internet. Sekarang tidak sedikit tugas-tugas dari sekolah maupun perguruan tinggi yang mengambil sumber dari internet, entah itu kliping ataupun makalah.

Manfaat kliping sebenarnya banyak sekali, misalnya seorang guru memberikan tugas PR untuk siswanya, hal ini sebenarnya bermanfaat untuk melatih kreativitas dan menambah wawasan mereka. Dalam pembuatan kliping juga siswa akan belajar mencari bahan-bahan yang relevan dari sumber-sumber berbeda, sehingga ketika di perguruan tinggi mereka tidak keteteran dengan tugas-tugas seperti itu.

Manfaat kliping berbeda-beda sesuai dengan tujuannya, seperti pelajar membuat kliping bertujuan untuk memenuhi tugas sekolahnya, ibu-ibu rumah tangga membuat kliping untuk keperluan masaknya, dan para pembisnis membuat kliping untuk keperluan usahanya.

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan pembuatan kliping, selanjutnya kita akan belajar membuat kliping yang baik dan benar. Dibawah ini ada beberapa langkah membuat kliping, diantaranya:

1. Sebelum membuat kliping, tentukan tema yang akan diambil dalam sebuah kliping terlebih dahulu. Contohnya tema kliping yang diambil adalah bidang pertanian, maka isi seluruh kliping membahas masalah pertanian jangan memasukan artikel yang tidak setema dalam satu kliping.

2. Pengumpulan bahan kliping, dalam pengumpulan bahan kliping carilah bahan kliping dari media cetak seperti surat kabar, majalah, ataupun media lainnya seperti internet. Untuk media internet sebaiknya dicetak terlebih dahulu, agar kliping terlihat menarik.

3. Untuk pengumpulan bahan disarankan mencari dari media cetak dari tahun-tahun lalu sampai yang terbaru, jika memang di media cetak tidak terdapat artikel yang relevan maka boleh mencari di internet. Namun untuk keseluruhan kliping disarankan jangan seluruhnya mengambil dari internet.

4. Setelah bahan kliping terkumpul, selanjutnya siapkan juga alat-alat seperti gunting penggaris, dan juga lem. Bila Anda ingin menghias kliping siapkan juga hiasan aksesoris untuk menghiasi kliping.

5. Sebelum proses pengguntingan bahan kliping, siapkan dulu beberapa lembar kertas HVS atau Folio yang Anda butuhkan lalu buatkan jilid. Selain menjilid kertas HVS atau Folio bisa juga dengan menggunakan buku tulis atau buku gambar.

6. Selanjutnya proses pengguntingan, pilih bahan yang akan digunting, lalu tempelkan bahan tadi dengan lem ke lembaran kertas HVS. Lakukan hal yang sama pada lembaran HVS berikutnya.

7. Dalam proses penempelan artikel susunlah secara sitematis mulai dari tanggal sampai dengan tahun terbitnya, sehingga kelihatan lebih rapih dan menarik. Jangan lupa tempelkan pula sumber artikel entah itu surat kabar ataupun internet.

8. Dalam proses penempelan Anda bisa menempelkannya sesuai keinginan Anda, seperti menempelkan hiasan bunga ataupun lainnya pada halaman kliping, agar halaman lebih menarik untuk dibaca.

9. Setelah proses penempelan isi kliping selanjutnya membuat cover atau sampul kliping dengan tampilan lebih menari, hal ini agar membuat pembaca lebih penasaran dan tertarik untuk membaca kliping tersebut.

10. Setiap lembaran HVS sisakan satu atau dua lembar dihalaman depan untuk membuat daftar isi, selain itu beri nomer halaman di footer HVS agar pembaca dengan mudah menemukan halaman yang sesuai dengan daftar isi.

Mudah bukan cara membuatnya, tinggal kreasikan sendiri agar kliping lebih menarik perhatian pembaca.

Sistematika Penyusunan Kliping

Sistematika Penyusunan Kliping

Penyusunan Kliping – dolldiaries.com

Seperti halnya membuat karya tulis membuat kliping yang baik harus menggunakan sistematika yang benar sehingga terlihat lebih tersusun dan rapi, terus apa saja sistematikanya:

1. Sampul Kliping

Sampul atau cover merupakan bagian yang harus ada dalam pembuatan kliping, agar keliping tersebut menarik perhatian pembaca. Buatlah sampul kliping yang menggambarkan isi seluruh keliping sehingga pembaca atau guru Anda tahu, apakah judul dan gambar yang berada di sampul tersebut sesuai isi dari pembahasan atau tidak.

2. Kata Pengantar Kliping

Kata pengantar sebenarnya jarang di sisipkan di dalam kliping, namun tidak salahnya lembaran kata pengantar di tambahkan ke kliping Anda. Buatlah kata pengantar yang baik dan benar seperti halnya membuat karya tulis ilmiah seperti makalah salah satunya.

3. Daftar Isi Kliping

Daftar isi sangat penting sekali untuk sebuah kliping, karena dengan adanya daftar isi pembaca tidak akan susah mencari artikel dari beberapa halaman isi. Selain itu membuat kliping Anda terlihat lebih rapi.

4. Isi atau Pembahasan Kliping

Isi kliping atau pembahasan kliping disarankan agar sesuai dengan judul pada sampul kliping Anda, sehingga isi dengan judul kliping saling berkaitan. Pada isi bubuhkan juga sumber dari artikel yang dibahas dibawah artikel tersebut, contoh sumber: Harian Rakyat, Tanggal 20 Januari 1990. Susunan isi juga harus terurut mulai dari artikel terbaru sampai artikel terlama, atau bisa sebaliknya.

5. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dan saran juga penting sekali di tambahkan kedalam sebuah kliping, agar pembaca tahu kesimpulan dari pembahasan atau isi dari kliping tersebut.

6. Daftar Pustaka

Selain kesimpulan dan saran tambahkan juga daftar pustaka dari sumber-sumber yang didapatkan entah dari media internet ataupun media surat kabar.

Dengan menyusun secara sistematika pada kliping akan membuat kliping Anda lebih propesional, selain itu tambahkan juga berbagai ornamen-ornamen untuk menghiasi kliping tersebut. Agar kliping lebih menarik dan menarik minat pembaca.

Contoh-contoh Kliping

Contoh Kliping

Contoh Kliping – instructables.com

Kalau Anda pergi kesebuah perpustakaan pasti Anda akan menemukan kumpulan-kumpulan kliping, entah itu kliping dari hasil tugas ataupun dari sumbangan-sumbangan mahasiswa.

Dibawah ini ada beberapa contoh kliping yang bisa menjadi referensi Anda dalam membuat kliping, diantaranya:

1. Kliping Agama

Kliping agama ini berisikan tentang permasalahan keaagaaman atau kerohanian, ataupun panduan belajar seperti kliping dengan judul kliping belajar alquran dan hadist.

2. Kliping Resep Masakan

Kliping resep masakan biasanya dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga yang nantinya digunakan sebagai panduan yang digunakan untuk memasaknya, contoh kliping resep yaitu dengan judul Kliping Resep Masakan Daerah.

3. Kliping Komputer

Kliping komputer biasanya berisi panduan atau permasalahan yang ada pada komputer, biasanya kliping ini sering dijadikan tugas mahasiswa atau siswa yang berjurusan RPL atau ilmu komputer. Contoh judul kliping seperti Kliping Panduan Merakit Komputer.

Di atas merupakan sebagian contoh kliping yang sering dibuat, namun selain diatas masih banyak lagi contoh-contoh kliping yang lainnya.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

3 Comments

  1. Rifqi "Deathcore"
  2. Niken Dwi Subastin
  3. Miqdad

Leave a Reply