Ciri dan Contoh Paragraf Deskripsi Paling Lengkap

Istilah “deskripsi” berasal dari verba to describe (Ing), yang memiliki arti memerikan, menguraikan, atau melukiskan. Paragraf deskripsi bisa diartikan sebagai teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan.

Paragraf deskripsi bisa diartikan sebagai teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan pengalaman, perabaan, pendengaran, penciuman, dan perasaan situasi ataupun masalah. Paragraf deskripsi mengutamakan kejadian dan keadaan yang bisa merangsang pancaindra.

Dalam paragraf deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan, hasil pengamatan, dan perasaannya kepada para pembaca dengan cara menyampaikan sifat dan semua perincian yang bisa ditemukan pada objek tersebut.

Ini bertujuan supaya pembaca seakan-akan melihat serta merasakan apa yang digambarkan oleh sang penulis. Penggambaran dengan menggunakan rangkaian kata, jadi apa yang ditulis dengan kata tersebut seakan-akan terpampang di depan mata pembaca.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Ciri Paragraf Deskripsi yang Perlu Kamu Tahu

  1. Menggambarkan atau melukiskan suatu objek seperti tempat, benda, atau suasana tertentu.
  2. Melibatkan panca indra seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, serta perabaan.
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik serta sifat objek tertentu seperti ukuran, warna, bentuk, dan kepribadian secara terperinci.
  4. Banyak ditemukan kata atau frase yang bermakna keadaan atau kata sifat.

Jenis Paragraf Deskripsi

Secara umum paragraf deskripsi bisa dibedakan menjadi tiga yakni paragraf deskripsi spasial, objektif, dan subjektif. Ketiganya mempunya ciri dan kegunaan masing-masing. Untuk bisa memahami ketiga jenis paragraf ini kami akan membahasnya secara lebih lanjut pada bahasan di bawah ini.

Paragraf Deskripsi Spasial

Paragraf Deskripsi Spasial

ehowcdn.com

Pola spasial merupakan paragraf yang dibuat berdasarkan ruang dan waktu. Pada paragraf ini kamu bisa menjelaskan atau mengambarkan ruangan dari segala penjuru arah seperti di dalam, di luar,. Selain itu kamu juga bisa menjelaskan keadaan ruangan tersebut seperti gelap, terang , rapi, berantakan, sepi dan sebagainya.

Kamu bisa juga menjelaskan benda yang ada di dalam ruangan mulai dari teta letak barang dan benda-benda yang ada di sekitarnya. Hal ini bertujuan agar pembaca bisa mendapatkan gambaran ruangan yang diceritakan dalam peragraf deskripsi spasial.

Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

Ruangan berukuran 7m x 8m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Dindingnya dicat dengan warna putih dengan sedikit corak hitam pada bagian bawahnya. 3 buah sofa empuk berwarna biru dan sebuah meja kayu diletakkan di tengah-tengah ruangan.

Sebuah rak buku yang lumayan besar diletakkan di pojok ruangan bersandar pada dinding. Disana banyak terdapat buku-buku seperti majalah, buku pelajaran, novel yang disusun dengan rapih dan urut. Sebuah pot yang berisi pohon palem kecil disandingkan dengan rak buku itu yang seakan-akan menyatu dengan rak buku yang dicat dengan warna hijau muda.

Sirkulasi udara di dalam ruangan itu sangat lancar karena memiliki 2 buah jendela yang cukup besar.  Diluar ruangan, terdapat sebuah taman bunga kecil berukuran 3m x 4m yang ditanami beberapa tanaman hias seperti mawar, melati dan bougenvil. Indahnya taman bunga itu turut menambah kesejukan suasana di ruang OSIS SMA N 3 Suka Maju.

Artikel Terkait :  Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Strukturnya

====================================

Interior mobil itu telah dirancang sedemikian rupa.  Jok kulit berwarna krem terang dengan desain bagian depan member kesan mewah. Begitu pula kemudian tampilan dasbor  yang secara otomatis dapat membuat terang jika cahaya di luar mulai gelap.

Mobil tersebut sangat nyaman untuk digunakan. Tidak ketinggalan juga kotak-kotak penyimpan barang dan tempat meletakkan gelas tersebar dari kabin depan sampai bagian belakang mobil.

===================================

Ruang kelas ku sangat rapih serta nyaman, didalam kelas bangku-bangku tertata sangat rapih empat kesamping delapan kebelakang, dan satu lagi meja untuk guru didepan pojok samping berlawanan dengan pintu, ada dua jendela masing-masing disisi kanan dan kiri dinding.

Tepat ditengah-tengahnya menambah sejuk ruang belajar karena semilir angin, seperti sedang berada di pegunungan, di depan bangku-bangku murid ada papan tulis saat guru membuat tulisan bisa dilihat sangat jelas meski murid berkaca mata minus duduk dibangku paling belakang, lantai ruang kelas selalu bersih seolah semut pun terpeleset jika memasukinya.

Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf Deskripsi Objektif

kumpulan-contoh.com

Deskripsi objektif merupakan jenis paragraf yang menjelaskan sesuatu secara objektif atau apa adanya. Oleh karena itulah isi dari paragraf ini merupakan gambaran suatu obyek secara realitis tanpa adanya tambahan opini dari penulis. Berikut adalah beberapa contoh paragraf deskripsi objektif.

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif

Sungai merupakan tempat bertemunya air dari parit- parit kecil di sekitar daerah tersebut. Diantaranya adalah sungai Ciliwung yang merupakan tempat bertemunya beberapa sungai kecil di Jakarta. Sungai ini terletak di Jakarta Selatan.

Sungai Ciliwung juga mengalir di bawah jembatan besar tempat menghubungkan beberapa daerah. Keadaan sungai ini sebenarnya sangat besar, dan dapat di jadikan sebagai pemandangan yang indah.

Tetapi keadaannya tidak di manfaatkan dengan baik, melainkan digunakan sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah-limbah pabrik yang ada di sekitarnya sehingga sungai ini sangat kotor, bau, dan airnya berwarna biru kehitaman.

Walaupun demikian sungai ini tetap dimanfaatkan oleh beberapa penduduk di sekitar sungai ini. Contohnya untuk mencari barang-barang bekas bagi pemulung, tempat mencari ikan, mencuci dan lain-lain.

Dalam penelitian sebenarnya keadaan air di sungai ini sudah tidak layak guna lagi, bahkan air ini bila digunakan terus menerus juga dapat berakibat fatal bagi penggunanya. Di tepi-tepi sungai terdapat banyak rumah warga yang juga sangat memperihatinkan.

Bahkan keadaannya sangat reot, kumuh, kotor, dan tidak sedikit pula yang di bawah rumahnya tersangkut sampah-sampah plastik. Itu semua pula yang menjadikan sungai ciliwung tidak sedap untuk di pandang mata.

Artikel Terkait :  Kenali Teks Eksemplum dan Strukturnya Agar Lebih Mudah dalam Membuatnya

===================================

Jangan terkecoh membeli ikan. Kadang-kadang kita kecewa membeli ikan. Disangka masih baru ternyata sudah busuk. Caranya supaya tidak terkecoh? Ikan yang segar dagingnya masih keras kalau dipegang.

Sisiknya atau kulitnya masih mengkilap, insangnya berdarah merah segar. Matanya masih bening. Kalau sudah tidak sesuai dengan ciri-ciri berarti ikan itu sudah busuk.

===================================

Candi Borobudur merupakan situs purbakala yang dimiliki oleh Indonesia yang merupakan peninggalan dari kerajaan Budha. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi Borobudur dibangun sekitar pada tahun 800 masehi.

Candi Borobudur berbentuk stupa ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang terdapat tiga pelataran melingkar di atasnya. Dinding dari candi Borobudur dihiasi oleh 2.672 panel reflief dan 504 arca Budha. Stupa utama candi Borobudur terletak di tengah-tengah bangunan dan dikelilingi oleh barisan stupa yang melingkar dengan jumlah 72 stupa.

Stupa tersebut memiliki lubang di dalamnya dan terdapat arca Budha yang sedang duduk bersila dengan posisi teratai secara sempurna.

Paragraf Deskripsi Subjektif

Paragraf Deskripsi Subjektif

kakakpintar.com

Berbeda dengan paragraf deskripsi objektif, janis paragaraf yang satu ini ditulis berdasarkan pandangan penulis ketika melihat suatu objek tertentu.

Penulis akan membahas tentang objek tersebut berdasarkan apa yang dilihat dan dirasakan oleh penulis. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Ibu Dina adalah salah satu guru di Sekolah Darma Sentosa. Rambut ibu Dina berwarna hitam dan panjang. Warna rambut Ibu Dina terlihat sangat kontras dengan warna kulitnya yang putih. Ibu Dina memiliki mata yang besar dan berwarna biru.

Ibu Dina juga memiliki alis yang cukup tebal dan memiliki tubuh yang tinggi dan langsing. Tingginya sekitar 165 cm dengan berat 50 kg. Tubuhnya yang sangat proporsional itu membuat Ibu Dina bercita-cita menjadi pramugari, tetapi nasib yang membawanya menjadi seorang guru. Kini Ibu Dina menjadi salah satu guru matematika di Sekolah Darma Sentosa.

==================================

Pak budi merupakan salah satu guru disekolahku. Rambut pak budi berwarna hitam serta pendek dan rapih. Warna rambut pak budi begitu kontras dengan warna kulit sawo matangnya. Pak budi juga memiliki mata yang begitu sipit dan berwarna biru.

Dan juga memiliki alis yang begitu tebal. Dai memiliki tubuh tinggi dan besar. Tingginya sekitar 170 cm dengan berat 60 kg. Tubuhnya yang sangat atletis itu membuat pak budi bercita-cita menjadi seorang polisi,tetapi nasib yang telah membawanya menjadi seorang guru. Dan kini sekarang pak budi menjadi salah satu guru IPA disekolahku.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai paragraf deskripsi. Semoga informasi paragraf deskripsi bisa bermanfaat.

Leave a Reply