Inilah Ciri-Ciri Dan Jenis Paragraf Narasi Yang Wajib Kamu Ketahui

Paragraf narasi merupakan jenis paragraf yang menceritakan kejadian yang benar-benar terjadi atau disebut juga paragraf nonfiksi seperti dalam bentuk autobiografi dan biografi. Paragraf narasi juga menggambarkan rangkaian suatu rangkaian peristiwa secara informatif dan tujuannya untuk memberikan pengetahuan.

Lebih jelasnya, paragraf narasi adalah satu jenis paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan urutan waktu.Suatu paragraf narasi bisa saja menceritakan kejadian nyata atau benar-benar terjadi namun bisa juga karangan fiktif seperti roman, cerpen, dan karangan fiktif yang diceritakan secara runtut.

Paragraf narasi memiliki tiga unsur utama yaitu; adanya para tokoh, adanya kejadian dan adanya latar baik tempat kejadian, waktu kejadian serta suasana kejadian.

Untuk membedakan antara paragraf narasi dengan jenis paragraf lain dapat dilihat ciri-cirinya sebagai berikut :

  1. Adanya unsur tindakan atau perbuatan
  2. Adanya unsur rangkaian cerita
  3. Adanya sudut pandang dari pengarang
  4. Adanya keterangan nama-nama tokoh dalam cerita
  5. Mengutamakan unsur pikiran dibanding unsur perasaan
  6. Menggunakan bahasa seperti sehari-hari

Adapun jenis-jenis paragraf narasi adalah sebagai berikut

Narasi Ekspositoris

Jenis Paragraf Narasi Ekspositoris
kakapintar.com

Jenis paragraf narasi ekspositoris menjelaskan suatu rangkaian yang menceritakan perbuatan yang disampaikan secara informatif sehingga pembaca bisa mengetahui dengan pasti bagaimana kejadian dalam cerita itu berlangsung.

Tujuan utama paragraf narasi ekspositoris adalah memperluas pengetahuan pembaca tentang suatu cerita dan ditulis berdasarkan pengalaman yan sebenar-benarnya atau peristiwa yang nyata.

Kebanyakan paragraf ini menceritakan tentang kisah seseorang dari kelahiran seseorang hingga kematiannya. Paragraf narasi ekspositoris bersifat sangat obyektif dan tidak subyektif sehingga kebanyakan adalah biography.

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris

Soekarno merupakan seseorang yang memiliki sikap dan sifat nasionalis yang sangat tinggi. Beliau adalah Presiden pertama Republik Indonesia. Ia adalah seorang pahlawan besar yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Iahir di Blitar pada tanggal 6 Juni tahun 1901.

Di masa kecil, beliau tinggal bersama orang tuanya hanya beberapa tahun saja di Blitar. Karena semasa Soekarno SD sampai tamat sekolah, beliau bertempat tinggal di kota Surabaya.

Di Surabaya beliau tinggal bersama dengan Bapak Haji Oemar Said Tokroaminoto, seorang politisi besar dan senior yang mendirikan syarikat Islam.Setelah itu, beliau melanjutkan di HBS atau Hoogere Burger School.

Kemudian, setelah lulus dari Hoogere Burger Scholl di tahun 1920, beliau pindah ke kota Bandung dan melanjutkan studinya ke THS kepanjangan dari Technische Hoogeschool atau yang saat ini berubah menjadi ITB. Beliau meraih gelar “Ir” di tanggal 25 Mei pada Tahun 1926.Beliau wafat pada hari minggu tanggal 21 juni 1970 di RSPAD.

Artikel Terkait :  Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta Lengkap Beserta Format Dokumennya

Narasi Sugestif

Contoh Paragraf Narasi Sugestif

Paragraf narasi sugestif, merupakan jenis paragraf yang menceritakan cerita khayalan, imajinasi atau rekaan pengarang.Kebanyakan jenis paragraf narasi sugestif ada di cerita novel, roman, hikayat dan dongeng.

Saat membaca narasi sugestif pembaca seolah-olah akan ikut merasakan peristiwa-peristiwa yang dilalui oleh tokoh dalam cerita  karena paragraf narasi sugestif melibatkan imajinasi dan daya khayal pembaca.

Contoh Paragraf Sugestif

Yuna berdiri di depan cermin kamarnya, ia sedih memikirkan nasib yang terjadi padanya. Hatinya sakit dan bergetar, wajahnya murung dan pucat, ia menarik nafas panjang.

Yuna hari itu baru saja dipecat dari tempat ia bekerja, Yuna sudah mengabdi selama tiga tahun di perusahaan tersebut. Namun, keadaan yang memaksa perusahaan untuk mengambil keputusan dengan mengurangi jumlah karyawan dikarenakan krisis ekonomi.

Walaupun Yuna menjadi Salah satu karyawan yang rajin, baik dan juga disiplin namun tetap saja ia termasuk yang menjadi korban PHK.Ada banyak perusahaan yang menawarkan atau mengajak untuk bergabung ke perusahaan itu, namun Yunamenolaknya.

Alasan Yuna menolak adalah karena rasa loyalitas Yuna terhadap perusahaan yang selama ini menjadi tempat mengabdi selama 3 tahun.

Yuna merasa banyak hal yang telah diberikan oleh perusahaan, seperti sebuah pengalaman dan teman-teman yang begitu baik.Namun, sangat disayangkan sekali krisis ekonomi membuat Yuna dipecat.

Ia berputus asa, mencari lowongan pekerjaan kesana kesini namun tak juga mendapatkan pekerjaan. Sebulan telah berlalu, tetapi belum juga mendapat panggilan dari perusahaan manapun. Akhirnya, ia diminta oleh temanya untuk mengembangkan butik miliknya. Dan akhirnya Yuna menerima tawaran itu, sekarang Yuna tak lagi bersedih hati karena dipecat.

Paragraf Narasi Informatif

Paragraf Narasi Informatif

Paragraf narasi informatif adalah paragraf yang menyampaikan informasi secara akurat mengenai suatu peristiwa dengan maksud memperdalam pengetahuan orang tentang kisah seseorang.

Contoh narasi informatif

Pada tanggal 10 November, terjadilah sebuah perlawanan dari rakyat Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo.Perang ini bermula ketika pemimpin Inggris Brigadir Jenderal Mallaby terbunuh. Dan itu membuat tentara Inggris dan sekutunya memberikan ultimatum atau vonis kepada rakyat Surabaya untuk menyerah.

Artikel Terkait :  Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Namun bukanya menyerah, mereka menganggap ancaman itu menjadi sebuah hinaan oleh para pejuang yang ada di Surabaya.Mereka membuat rencana untuk menghadapi musuh dari Inggris tersebut.

Perlawanan atau perang yang terjadi di Surabaya berlangsung kurang lebih sekitar 3 minggu dan pihak sekutulah yang memenangkanya.Meskipun pihak sekutu yang memenangkan perang tersebut, rakyat Surabaya justru bangkit dan bersemangat untuk tetap berjuang membela dan memerdekakan mereka dari jajahan sekutu.

Paragraf Narasi Artistik

Paragraf Narasi Artistik
ciputrauceo.net

Paragraf ini berusaha memberikan maksud tertentu, menyampaikan maksud secara terselubung kepada pendengar atau pembaca sehingga seolah-olah seperti melihat.Ketentuannya berdasarkan bahasa yang masuk akal, tidak memasukkan unsur sugestif ataupun bersifat obyektif dan juga berdasarkan fakta yang sebenarnya.

Berikut untuk lebih jelasnya contoh-contoh paragraf narasi

Contoh Teks Narasi

Kami menyusuri jalanan ibukota yang begitu ramai akan hiruk pikuk keadaan ibukota. Jakarta merupakan kota besar yang pembangunanya jauh lebih maju dibandingkan di  daerah tempat kami tinggal.

Kemacetan yang mengular membuat mobil-mobil dari yang paling bagus sampai yang jelek tidak bisa menggerakkan rodanya dan hanya berjalan beberapa meter saja lalu kembali terhenti. Gedung-gedung mewah dan mall-mall besar ada di kota ini.

Barang-barang yang dijualpun sangat mahal dan tidak sesuai dengan pendapatan orang desa seperti kami, hanya mereka yang berkantong tebal saja yang mampu berbelanja di tempat seperti ini.Harga sepasang sepatu saja bisa mencapai jutaan rupiah.

Contoh Paragraf Narasi

Hari ini begitu melelahkan bagi Zulva, sepulang sekolah sesampainya di rumah secara tidak sengaja ia memecahkan piring yang ada di atas meja.

Padahal ketika itu banyak teman-teman ibunya yang sedan arisan dirumahnya. Sontak mereka terkejut akansuara piring yang jatuh sehingga seorang teman ibunya yang ikut serta dalam arisan itu menghampiri dan menanyakan apa yang sedang terjadi lalu membantu membereskan pecahan piring yang berserakan di lantai.

Muka Zulva sangat merah menahan malu karena semua pandangan tertuju padanya.Pikirannya memang sedang kacau karena memikirkan nilai ulangan matematikanya yang merah.

Demikianlah pengertian paragraf Narasi dan ciri-ciri dari paragraf Narasi beserta macam dan contoh-contohnya. Semoga membantu dan bermanfaat bagi anda yang membacanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *