Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis, Serta Contoh Paragraf Persuasi

Contoh Paragraf Persuasi – Mungkin anda sering kali menjumpai iklan dalam bentuk yang tertera di surat kabar atau media lainnya yang tertuang dalam bentuk tulisan.

Umumnya, iklan tersebut berbentuk paragraf dimana isinya berisi tentang ajakan agar pembacanya mengikuti atau melakukan apa yang tertulis dalam paragraf tersebut. Ya, jenis paragraf seperti yang digunakan dalam iklan-iklan tersebut ialah jenis paragraf persuasi.

Contoh Paragraf Persuasi
kakakpintar.com

Atau lebih jelasnya, paragraf persuasi adalah suatu paragraf yang isinya berisi ajakan atau bujukan agar pembacanya mengikuti atau melakukan apa yang dijelaskan dalam paragraf tersebut.

Pembuatan paragraf ini berdasarkan asumsi bahwa setiap pandangan atau pendapat para pembaca bisa saja berubah-ubah setiap saat. Sehingga, paragraf dibuat sedemikian rupa agar pembaca benar-benar tertarik dengan isinya dan melakukannya tanpa ragu lagi.

Tujuan pembuatan paragraf persuasi sendiri yaitu untuk membujuk atau mengajak pembaca, sehingga tak heran jika pemilihan kata lebih kepada keunggulan barang atau objek yang ditawarkan.

Selain itu, pada paragraf persuasi juga sering kali ditemui kata-kata ajakan seperti “ayo” “mari” “segera” dan masih banyak lainnya. Agar para pembaca lebih percaya dengan isi dari paragraf tersebut, sering kali dalam paragraf juga disertai dengan bukti akurat yang menunjukkan kejujuran dari iklan tersebut.

Ciri-ciri dan Jenis Paragraf Persuasi

Contoh Paragraf Persuasi

Dari ulasan di atas, mungkin dapat disimpulkan secara umum jika ciri utama dari paragraf persuasu adalah adanya unsur ajakan atau bujukan yang lebih mengacu pada iklan. Namun jika diteliti lebih lanjut, ciri-ciri paragraf persuasi tak hanya berpacu pada ajakan atau bujukan tersebut.

Ciri Paragraf Persuasi

  1. Karena tujuan utama pembuatan paragraf persuasi adalah untuk mengajak, maka paragraf persuasi ini dibuat dengan berbagai alasan yang disertai dengan bukti nyata.
  2. Susunan kata dan tata letak kata dibuat sedemikian rupa agar pembaca mempercayai dan melakukan apa yang tertuliskan dalam paragraf tersebut.
  3. Kata-kata yang banyak digunakan dalam paragraf persuasi adalah kata-kata ajakan, seperti ayo, mari, lakukan, dan masih banyak lainnya.
  4. Penulisan paragraf persuasi biasanya akan sangat menghindari konflik, seperti perbedaan pendapat antara penulis dan pembaca pada umumnya. Hal ini bertujuan agar pembaca lebih percaya dan kesepakatan antara pembaca dan penulis tentang isi paragraf tercapai.

Selain memiliki ciri-ciri yang cukup jelas dan cukup mudah dideteksi, paragraf persuasi ternyata juga memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis paragraf persuasi ini sebenarnya lebih mengacu pada dimana paragraf persuasi ini akan dituliskan atau dipublikasikan.

Artikel Terkait :  Contoh Naskah Drama Singkat Anak Sekolah

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis paragraf persuasi :

Paragraf Persuasi Politik

Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik adalah paragraf yang isinya berintikan ajakan atau bujukan kepada pembaca agar terjun ke dunia politik. Selain itu, yang paling menonjol dari paragraf ini biasanya isinya akan mengandung bujukan agar pembaca setuju dengan apa yang tertulis dalam paragraf tersebut.

Penulis paragraf persuasi politik ini biasanya adalah mereka yang sudah berkecimpung lama di dunia politik.

Dan dibuat dengan tujuan mencapai kepentingan partai maupun kepentingan Negara.

Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf Persuasi Pendidikan
kakakpintar.com

Paragraf persuasi pendidikan adalah paragraf yang biasanya dibuat dan dipublikasikan disekolah. Biasanya, paragraf persuasi pendidikan ini berisikan tentang ajakan, himbauan maupun motivasi.

Penulis paragraf persuasi pendidikan sendiri adalah mereka yang termasuk orang-orang yang berpengaruh dalam dunia pendidikan. Misalnya guru yang membuat paragraf persuasi pendidikan dengan isi himbauan kepada muridnya agar rajin belajar.

Paragraf Persuasi Advertensi

Paragraf Persuasi Advertensi
Paragraf Persuasi Advertensi Tentang Bahaya Rokok

Paragraf persuasi advertensi ini adalah jenis paragraf persuasi yang mungkin paling sering anda jumpai di berbagai tempat. Ya, dikarenakan jenis paragraf persuasi advertensi ini dibuat dengan tujuan untuk mengiklankan suatu produk ataupun objek, sehingga pempublikasiannya pun harus pada tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang.

Isi dari paragraf persuasi advertensi sendiri biasanya tentang ciri-ciri barang/objek, keunggulan serta hal lain yang berkaitan dengan sisi positif barang/objek tersebut. Pembuat paragraf persuasi advertensi sendiri biasanya merupakan pihak yang berkepentingan dengan pemasaran barang/objek tersebut.

Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf Persuasi Propaganda
kakakpintar.com

Paragraf persuasi propaganda yaitu paragraf persuasi yang isinya bertujuan agar para pembaca mempercayai apa yang tertulis dalam paragraf tersebut. Jenis paragraf persuasi yang satu ini sering kali anda jumpai di media sosial, majalah, surat kabar dan media cetak lainnya.

Bisa dibilang paragraf persuasi propaganda ini merupakan jenis paragraf persuasi yang isinya jauh lebih luas dibanding dengan jenis-jenis sebelumnya, karena tidak ada topik khusus untuk bisa menuliskan paragraf persuasi propaganda ini, seperti topik tentang politik, pendidikan maupun suatu produk/objek.

Contoh Paragraf Persuasi

Paragraf Persuasi
malickinew.blogspot.com

Penjelasan di atas mungkin akan lebih mudah dipahami apabila anda melihat dan mengamati bagaimana contoh-contoh paragraf persuasi.

Berikut ini contoh paragraf persuasi berdasarkan jenisnya.

Artikel Terkait :  Contoh Daftar Isi Makalah yang Sesuai Kaidah Penulisan Ilmiah

Contoh Paragraf Persuasi Politik

Pemilihan umum akan tiba sebentar lagi. Jangan sia-siakan kesempatan ini dengan menjadi warga yang golput. Pilihlah salah satu calon presiden yang terbaik, demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

1 suara yang anda berikan akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan Indonesia 5 tahun ke depan. Oleh sebab itu, jangan sampai tidak memilih pada 1 Oktober mendatang.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan

Pernahkah anda sadari betapa pentingnya pendidikan untuk kehidupan di masa mendatang? Mereka yang berilmu sebab mengenyam pendidikan dengan serius adalah mereka yang akan menguasai masa depan.

Jadi jangan sampai anda menjadi orang yang tertinggal jaman dan terbengkalai di masa depan hanya karena enggan untuk mengenyam pendidikan. Tetap semangat mencari ilmu dan jangan pernah menyepelekan pendidikan, demi mencapai kesuksesan di masa depan.

Contoh Paragraf Persuasi Advertising

Mengonsumsi susu setiap hari adalah suatu kebutuhan wajib bagi setiap individu. Sebab, susu mengandung banyak kalsium dan protein yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Namun tahukah anda, Fresh Milk adalah jenis susu yang tidak hanya mengandung banyak kalsium dan mineral saja.

Fresh Milk banyak mengandung vitamin dan mineral lain yang juga sangat dibutuhkan anda. Mulai dari sekarang, segera ganti susu anda dengan Fresh Milk. Maka anda akan mendapatkan kandungan gizi yang jauh lebih baik.

Contoh Paragraf Persuasi Propaganda

Saat ini, nama Islam di mata dunia menjadi begitu jelek karena perbuatan beberapa orang yang salah mengartikan jihad. Mereka yang tega membunuh sesama dengan alasan melakukan jihad di jalan Allah membuat umat agama lain beranggapan Islam adalah agama yang mengajarkan kekerasan pada umatnya.

Padahal sebenarnya, Islam adalah agama yang cinta dengan kedamaian dan penuh toleransi. Hanya mereka yang sudah terpengaruh dengan kelompok-kelompok aliran sesat sajalah yang merusak nama Islam dengan perbuatan kejinya. Untuk itulah, sebagai umat Islam yang menaati semua perintah Allah,kuatkan diri anda agar jangan sampai tergoda dan terayu untuk ikut pada aliran-aliran sesat yang merugikan diri anda dan orang-orang di sekitar anda.

Bagaimana, cukup jelas bukan pengertian, ciri-ciri dan jenis, serta contoh paragraf persuasi di atas? Anda akan lebih memahami lagi ketikamenjumpai contoh-contoh paragraf persuasi di kehidupan nyata dan dapat mengidentifikasi bahwa paragraf tersebut benar paragraf persuasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *