Berkomunikasi Dalam Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli memang sangat beragam. Dalam merintis bisnis komunikasi hal hal yang sangat penting, komunikasi menjadi faktor penentu tercapainya tujuan bisnis yang kamu bangun. Tujuan yang sudah kamu tetapkan di awal merintis bisnis akan mudah tercapai bila kamu mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif.

Sebagai pemimpin bisnis yang kamu jalankan, kamu pasti akan memerintah atau memberikan instruksi kepada bawahan kamu agar membuat surat pesanan barang, menjawab atau membuat surat pengaduan, kontrak kerjasama, surat edaran umum, membuat surat balasan dan sejenisnya merupakan hal yang rutin dalam dunia bisnis dan semuanya membutuhkan komunikasi.

Agar kamu lebih mengerti tentang komunikasi bisnis secara utuh, berikut ini akan saya jelaskan pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli dalam bidang ini.

Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Menurut Purwanto (2006:4), pengertian komunikasi bisnis yaitu komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal ataupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya komunikasi bisnis ini dibagi dalam dua hal yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.

Komunikasi Verbal

Komunikasi Verbal Dalam Bisnis
thegreenlightmag.org

Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi bisnis kepada pihak lain dengan menggunakan media tulis ataupun lisan. Jenis komunikasi ini memiliki struktur terartur dan terorganisir dengan baik. Sehingga pesan-pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Contoh penggunaan komunikasi verbal dalam dunia bisnis seperti penyampaian pesan melalui surat, teknologi komunikasi modern,memo, rapat pimpinan, wawancara kerja, briefing kepada karyawan, dan presentasi, dan lain-lain.

Komunikasi Nonverbal

Komunikasi Nonverbal Dalam Bisnis
docstoccdn.com

Menurut teori Antropologi, sebelum manusia berkomunikasi dengan kata-kata, mereka telah menggunakan komunikasi non verbal dalam gerakan-gerakan tubuh. Bahasa tubuh digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan orang lain.

Beberapa contoh komunikasi non verbal seperti: sifat seseorang yang secara spontan berubah dengan mengerutkan dahi, raut wajah yang berubah, atau mata yang berkedip-kedip secara tidak kamu sengaja. Contoh lainya dari komunikasi non verbal adalah ketika kamu mendapat berita yang gembira, bagaimana reaksi kamu mendengar berita itu? Senang bercampur haru atau mungkin senang dan bahagia.

Menurut Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis bisa diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.

Menurut Rosenbaltt (1982:7), pengertian komunikasi bisnis menurut beliau ini dikemukakan dalam sebuah pernyataan komunikasi bisnis merupakan pertukaran ide, opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang disajikan secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan.

Menurut Persing (1981:108), Komunikasi bisnis menurut Persing didefinisikan sebagai proses penyampaian arti dari lambang atau kode-kode yang meliputi keseluruhan unsur yang ada hubungannya dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu berbentuk verbal ataupun berbentuk non verbal yang dilakukan di dalam organisasi yang membayar orang secara bersama-sama untuk memproduksi dan memasarkan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan.

Menurut Curtis (1992:6), Komunikasi bisnis menurut Curtis adalah komunikasi dalam organisasi bisnis yang di tunjukan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Menurutnya semakin tinggi kedudukan seseorang dalam suatu bisnis, maka dia semakin bergantung pada keahlian orang lain dalam membuat suatu keputusan dan memecahkan masalah untuk suatu keberhasilan.

Demikianlah beberapa pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli yang. Dari paparan para ahli diatas kita bisa membuat definisi sendiri tentang pengertian komunikasi bisnis yang lebih sederhana agar lebih mudah kita pahami, tapi harus tetap berpegang pada paparan para ahli tersebut. Kamu juga bisa mengambil beberapa referensi tentang komunikasi dalam bisnis dari berbagai sumber untuk menambah wawasan.

Artikel Terkait :  Tips Untuk Memulai Bisnis Coklat Rumahan

1 thought on “Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Leave a Comment