Pengguna WordPress Wajib Install Plugin Ini

Menyambung postingan saya yang kemarin tentang bagaimana cara mengoptimasi blog agar masuk peringkat atas di mesin pencari, Selain membuat konten yang berkwalitas bagi penggunjung blog, anda juga harus memaksimalkan konten yang anda buat agar mudah diakses oleh mesin pencari. Dan untuk memudahkan anda dalam mengoptimasi konten yang anda buat, ada beberapa plugin yang bisa anda install di blog yang telah anda buat.

Plugin WordPress Wajib Install – SEO

WorsPress SEO by Yoast

WorsPress SEO by Yoast

Plugin yang paling popular untuk optimasi seo onpage adalah WordPress SEO Yoast plugin ini membantu anda untuk mengoptimalkan artikel yang telah anda buat berdasarkan keyword yang anda bidik, selain itu juga plugin ini juga memberikan intregrasi dengan beberapa sosial media seperti facebook dan juga twitter.  fitur yang dimiliki sangat membantu untuk optimasi artikel, berikut ini beberapa fitur yang dimiliki

  1. Tersedianya kolom untuk mengatur judul blog, judul artikel, serta deskripsi yang memudahkan untuk kita atur.
  2. Mengatur breadcrumbs setiap halaman post
  3. Konfigurasi meta robot: meta tags, mengatur noindex atau nofollow di sebuah halaman
  4. preview dari google seach
  5. Dan masih banyak lagi yang lainya
Seo Ultimate

Plugin Seo Ultimate

Fungsi dari plugin ini hampir serupa dengan WordPress SEO Yoast, jadi anda harus memilih salah satu pugin ini, karena kedua plugin ini tidak bisa dipakai secara bersamaan, karena akan terjadi crash. Kelebihan dari plugin ini dalah tampilanya yang sederhana dan kemudahan menampilkan schema creator ( schema.org )

Jetpack by WordPress

Plugin Jetpack by WordPress

Jetpack adalah plugin buatan developer WordPress yang berisi beberapa plugin yang sangat membantu anda dalam bloging, setiap plugin yang berada dalam jetpack bisa dihidupkan dan dimatikan sendiri-sendiri, untuk bisa menggunakan plugin ini anda harus mempunyai akun di  wordpress.com. Dengan plugin ini anda bisa meihat statistik pengunjung blog anda sehingga mempermudah untuk menganalisa dalam mengoptimalisasi keyword. selain fitur-fitur yang saya sebutkan di atas, jetpack juga akan membackup setiap media yang kita upload sebagai konten, sehingga akan meringankan beban hosting.

plugin akismet untuk mencegah spamer

Plugin akismet

Akismet adalah plugin default dari wordpress, plugin ini akan secara otomatis terinstall di dalam blog anda bila anda menggunakan worpress. Fungsi dari plugin ini adalh untuk menfilter komentar yang masuk, sehingga bisa meminimalisir komentar yang dilkukan oleh robot spam.

plugin Google XML Sitemap

plugin Google XML Sitemap

Plugin yang satu ini wajib anda install di wordpress bila semua url yang ada di web anda ingin di ketahui oleh google. Fungsi dari plugin google xml sitemaps adalah untuk membuat dan mengirimkan peta situs, agar google mengetahui tentang semua yang ada di web anda, termasuk url yang mungkin tidak ditemukan bila dicari menggunakan pencariaan biasa.

Plugin Breadcrumb NavXT

Plugin Breadcrumb NavXT

Fungsi dari plugin ini adalah membuat struktur navigasi di blog, sehingga orang yang mengunjungi blog anda, dan membuka halaman dari blog yang telah di install plugin ini bisa muncul struktur halaman yang dikunjungi. Hal ini juga berguna untuk keperluan seo sehingga crawl yang di lakukan oleh google bisa lebih merata.

Seo Friendliy Image

Plugin Seo Friendliy Image

SEO Friendly Images adalah plugin WordPress SEO yang secara otomatis update semua gambar dengan ALT yang tepat dan atribut TITLE untuk tujuan SEO. Jika gambar Anda tidak memiliki ALT dan TITLE sudah ditetapkan, SEO Friendly Images akan menambahkannya sesuai pilihan yang Anda tentukan. Dengan adalanya plugin ini akan memudahkan anda untuk mengoptimasi gambar, sehingga ketika ada yang mencari gambar dengan keyword yang sama dengan apa yang telah anda tetapkan, gambar anda akan di rekomendasikan oleh google. Hal ini akan sangat bagus untuk blog yang anda kelola sehingga bisa memenagkan persaingan.

Media File Renamer

Plugin Media File Renamer

Menggunakan Renamer File Tools, Anda dapat juga massal-rename semua file Anda sekaligus. Dengan mengunakan plugin ini anda bisa merename semua file-file yang ada di blog anda.

Itulah beberapa plugin yang menurut saya wajib anda instal di blog wordpress yang anda kelola untuk memudahkan optimasi seo. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait :  Cara Mudah Optimasi Blog

One Response

  1. berwirausaha.net

Leave a Reply