Kenali Teks Eksemplum dan Strukturnya Agar Lebih Mudah dalam Membuatnya

Teks Eksemplum – Di dalam dunia peribahasa, banyak sekali jenis-jenis teks yang tersedia. Teks-teks ini membantu dunia peribahasa untuk membedakan antara satu teks dengan teks yang lainnya. Dari berbagai macam teks, mungkin teks eksemplum yang masih asing disebagian besar masyarakat Indonesia.

Memang masih sedikit orang yang paham dengan teks eksemplum baik pengertian hingga strukturnya. Lantas apasejatinya teks eksemplum itu? Yuk simak beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Teks Eksemplum

Pengertian Teks Eksemplum
documents.tips

Sebenarnya teks eksemplum sangat mudah untuk dikenali. Teks jenis ini merupakan teks karya yang di dalamnya berisi cerita mengenai sebuah pengalaman hidup seorang manusia.

Di dalam teks eksemplum ini termuat cerita tokoh atau perilaku dari sebuah cerita. Pada teks eksemplum ini biasanya diawali dengan pengenalan tokoh dan diakhiri dengan interpretasi dari dalam tokoh dalam cerita tersebut.

Struktur Teks Eksemplum

Sebagai salah satu jenis teks pasti harus memiliki struktur sedemikian rupa agar menjadi teks yang berkualitas. Struktur inilah yang menjadi ciri khas dari teks Eksemplum dari teks lainnya di dalam Bahasa Indonesia. Berikut struktur teks Eksemplum yang harus anda ketahui:

  1. Orientasi merupakan bagian awal/pembukaan dari suatu teks eksemplum. Pada bagian ini pada umumnya berisi mengenai pengenalan dari tokoh didalam cerita tersebut.
  2. Insiden merupakan sebuah bagian didalam cerita yang menceritakan peristiwa atau bagian permasalahan yang terjadi atau dihadapi oleh sang tokoh didalam cerita.
  3. Interpretasi merupakan bagian pada teks eksemplum yang berisi evaluasi, moral dan akibat dari masalah yang terjadi atau dilakukan tokoh didalam cerita.

Karakteristik Teks Eksemplum

Karakteristik Teks Eksemplum

Didalam sebuah teks pasti akan memiliki karakteristik yang berbeda dari teks lainnya. Beberapa karakteristik teks Eksemplum antara lain adalah sebagai berikut:

  • Berisi tentang peristiwa yang jarang terjadi.
  • Peristiwa adalah suatu hal yang tidak diinginkan.
  • Teks eksemplum menimbulkan penyesalan untuk para partisipan.
  • Memberikan gambaran diri penulis didalam interpretasi dan koda.
  • Terdapat nilai-nilai yang disarankan pada peristiwa.

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Sebagai perbandingan dengan teks lainnya pasti terdapat ciri-ciri dari teks tersebut seperti pada teks eksemplum kali ini.untuk lebih mengenal teks eksemplum. Berikut ciri-ciri teks eksemplum yang harus anda ketahui:

  • Mengandung peristiwa yang jarang terjadi.
  • Memiliki penunjuk urutan sebuah peristiwa dengan sangat jelas.
  • Menggunakan bahasa naratif.
  • Memiliki struktur yang lengkap seperti abstrak, orientasi, insiden, interpretasi dan koda.

Contoh Teks Eksemplum

Contoh Teks Eksemplum

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pencurian

Sabtu sore aku baru pulang dari kampus.Aku baru saja mengikuti kuliah rutin seperti hari biasanya. Sampai dikos waktu menunjukkan pukul 18.30, aku langsung beranjak mandi.

Artikel Terkait :  Contoh Latar Belakang Makalah yang Baik

Setelah mandi, aku langsung sholat maghrib dan istirahat sebentar dikamar. Dikamar aku ngobrol dengan Rere teman kamar kos aku. Tidak terasa waktu cepat berlalu dan menunjuk jam 24.00 WIB. Jam 24.00 teman sekamarku lainnya pulang bernama mbak Hani. Kita bertiga ngobrol hingga jam 01.00 WIB.

Minggu pagi, kami bertiga bangun dipagi hari yang sangat kacau. Kami kemalingan.2 handphone, dua laptop, satu modem dan tasku hilang.Seseorang telah mencurinyasemalam. Diperkirakan waktu pencurian 01.00 sampai 03.00 WIB. Karena teman sebelah kamarku bangun jam 03.00 dan melihat pintu kamarku terbuka.

Teman kamar sebelahku tidak tahu kalau aku kemalingan dan baru tahu paginya. Aku tanya sama Mbak Hani, ternyata dia lupa mengunci pintu tadi malam. Aku dan Mbak Hani langsung lapor ke Bapak Kos dan Bapak Kos menyuruh kita langsung menghubungi polisi. Pagi itu juga jam 08.00 kami lapor pihak kepolisian Gunung Pati membuat keterangan, surat kehilangan dan membawa tas yang ditinggal pencuri dihalaman depan rumah.

Jam 10.00 polisi datang ke kamar kos untuk melihat dan menyelidiki. Meskipun polisi belum bisa menemukan pelaku pencurian itu, kami tidak menyangka terjadi hal seperti ini. Kejadian ini menjadi pembelajaran buat aku dan Mbak Hani. Mulai dari kejadian itu kami berdua selalu waspada, dan tidak pernah lupa mengunci pintu.

Walaupun barang-barang kami belum jelas kembali, kami bersyukur karena hanya barang-barang yang hilang, dan kami berdua selamat sampai sekarang.

Contoh Teks Eksemplum Kejadian di Parkiran

Contoh Teks Eksemplum Kejadian di Parkiran

Pengalaman yang satu ini menjadi kejadian yang tidak akan pernah aku lupakan semasa hidupku.

Minggu lalu aku baru meraih hadiah dari Lomba Fashion Show Hijab tingkat Provinsi dan aku menjadi juara 1 dari perlombaan itu. Setelah meraih hadiah itu aku mendapatkan banyak pujian dari teman-teman secara langsung maupun lewat sosial media. Selain itu keluargaku juga sangat bangga dengan keberhasilanku ini.

Untuk merayakan kemenanganku ini, aku membawa seluruh anggota keluarga makan malam di restoran setelah acara Fashion Show Hijab itu selesai. Kami menuju ke restoran bersama-sama. Sampai disana kami mengobrol dan bercanda gurau antara yang satu dengan yang lain. Tidak terasa waktu berjalan sangat cepat dan sudah menunjukkan Jam 20.00. Kami sekeluarga menuju ke parkiran untuk mengambil mobil dan pulang.

Artikel Terkait :  Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis, Serta Contoh Paragraf Persuasi

Aku mengambil mobil sendirian sedang anggota keluarga lain menunggu di depan restoran. Saat aku menuju mobil, ada seorang yang mengikuti sampai aku di dekat mobil. Laki-laki itu menarik tangan dan mendekap aku. Laki-laki itu bilang “Berikan uang atau kamu mati!”. Mendengar ancaman itu secara otomatis aku langsung mengeluarkan uang yang ada di dompetku.

Aku ambil semua uang yang ada didompet dan aku berikan ke laki-laki itu, setelah mendapatkan uang laki-laki itu pergi lari. Aku segera masuk kemobil dan melesat menuju ke depan restoran. Aku ceritakan kejadian itu ke orang tua dan anggota keluarga lain. Mereka khawatir dan menanyakan gimana keadaanku.

Aku bilang kalau aku baik-baik saja hanya uang yang habis dirampas. Orangtuaku merasa lega karena tidak terjadi hal buruk terhadap aku. Dengan kejadian ini aku sangat waspada apalagi didaerah gelap malam-malam.Jangan sampai pergi sendirian, setidaknya membawa teman.

Contoh Teks Eksemplum Makan Siang yang Terbuang

Contoh Teks Eksemplum Makan Siang yang Terbuang

Siang itu saat istirahat aku sangat lapar. Karena waktunya makan siang aku harus makan sesuatu dan mencari makanan yang akan ku makan. Karena aku malas jalan jauh aku memutuskan makan bakso mini.Bukan hanya aku saja, banyak teman-teman yang membeli bakso mini juga. Dengan lahap teman-teman makan bakso yang masih panas itu. Aku memutuskan mendiamkan bakso itu sebentar agar lebih dingin didalam plastic bening.

Karena sudah sangat lapar aku memutuskan memakan bakso mini yang lezat itu, ku buka plastik baksonya, mungkin karena terlalu lapar dan ingin cepat makan aku membuka plastik itu terlalu lebar. Bakso yang ada didalamnya tumpah semua kebaju, rok dan jilbabku.

Seketika aku merasa kaget dan malu, apalagi semua orang melihat kearahku. Sekarang bakso mini menjadi berserakan. Ada seorang teman yang bilang aku tidak boleh tergesa-gesa dan harus berhati-hati. Akhirnya siang ini bukan hanya kelaparan saja aku juga merasakan malu karena bakso yang tumpah.

Kejadian ini membuat aku harus lebih sabar dan berhati-hati dalam mengambil keputusan apapun. Karena semua yang tergesa-gesa akan membuahkan hasil yang tidak baik.

Teks Eksemplum sebenarnya sangat mudah untuk anda temukan, karena sangat banyak terdapat teks ini dikehidupan sehari-hari.Banyak sekali media yang mencantumkan teks seperti ini, namun kebanyakan orang tidak mengerti bahwa teks tersebut adalah teks eksemplum. Teks eksemplum akan berjalan begitu adanya seperti menceritakan kejadian dengan jujur dan runtut atau urut.

 

One thought on “Kenali Teks Eksemplum dan Strukturnya Agar Lebih Mudah dalam Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *