Tempat Wisata Di Kota Blora

6 Tempat Wisata Blora yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Ketika Berkunjung di Kota Ini

Blora adalah sebuah kota kecil yang berada di sebelah timur Jawa Tengah, kota Blora juga berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Timur. Wilayah Blora terdiri dari berbagai dataran rendah dan juga perbukitan yang berada pada ketinggian 20-280 meter dpl. Separuh dari wilayah kota Blora merupakan wilayah hutan yang di tumbuhi pohon jati, kota ini merupakan pengexspor kayu jati terbesar di Indonesia.

Kota yang menjadi tempat bagi suku samin ini sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani, tapi potensi perekonomian yang terbesarnya ada pada hutan jati dengan kualitas terbaik, selain itu Blora juga merupakan tempat migas paling besar di pulau jawa tepatnya di blok Cepu.

Kota Blora terkenal dengan kuliner sate ayamnya yang super lezat 😀 , selain itu banyak potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain.
Berikut beberapa wisata yang ada di kota blora yang wajib kamu kunjungi:

1. Loko Wisata Cepu

Obyek Wisata Kota Blora Loko Wisata Cepu Foto
semboyan35dotcom

Keliling hutan dengan menggunakan lokomotif buatan Jerman pada tahun 1928, itulah yang ditawarkan oleh pengelola Loko Wisata Cepu. Kendati sudah tidak muda lagi lokomotif uap ini mampu menarik gerbong dengan baik, dan membawa para wisatawan untuk menyusuri rute wisata dengan jaringan rel yang dibuat pada tahun 1915.

Dengan kereta uap para wisatawan akan dibawa menyusuri hutan jati di kabupaten Blora dengan pemandangan yang indah di sepajang jalur kereta. Mayoritas para penyewa kereta uap ini adalah para tamu perhutani, pegawai pemerintahan dan juga para wisatawan mancanegara.

Selain disuguhi pemandangan yang indah di sepanjang lintasan rel kereta, anda juga di ajak untuk menyasikan proses pembiitan hingga pengolahan kayu jati menjadi funiture-funiture yang memiliki nilai jual tinggi.

Artikel Terkait :  Bisnis Jasa Unik Ini Bisa Bikin Anda Kaya

2. Goa Terawang

Tempat Wisata Blora Goa Terawang
Pesana Wisata Kota Blora, Goa Terawang yang memiliki pemandangan yang indah

Goa cerawang merupakan obyek wisata yang berupa Gowa yang terbentuk di daerah endapan batu gamping. Oh ya di Kawasan Goa Cerwang memiliki luas kurang lebih 13 hektar dan terdapat enam Goa di dalamnya, satu goa induk dan empat goa kecil.

Lokasi Goa Cerawang terletak di bagian barat kota Blora yang berjarak 30 kilometer dari pusat kota tepatnya di Desa Todanan. Keindahan goa ini di langit-langit goa terdapat beberapa lubang alami yang menjadikan sinar matahari menerobos ke dalam goa dan menerangi bagian dalam goa tersebut.

Oleh sebab itu, goa ini disebut Goa Terawang. Dengan adanya lubang-lubang itu para pengunjung bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam goa dengan lebih jelas.

3. Wisata Waduk Tempuran

Wisata Blora Waduk Tempuran
Wisata Waduk Tempuran Yang Berada Di Desa Tempuran Di Kota Blora

Waduk tempuran merupakan obyek wisata yang berada di desa Tempuran tepatnya di dusun Juwet. Obyek wisata waduk Tempuran keberadaanya melingkari dusun Juwet jadi seolah-oleh dusun Juwet seperti terapung. Untuk sampai ketempat wisata di perlukan waktu kurang lebih 10 menit dari Blora kota.

Waduk tempuran ini memiliki beberapa fungsi bagi masyarakat Blora selain sebagai tempat wisata waduk ini juga berfungsi sebagi irigasi, pembibitan ikan dan juga pembinaan untuk olahraga dayung.

4. Waduk Bentolo

Tempat Wisata Blora Waduk Bentolo
Waduk Bentolo Berada Di Todanan Blora Di Sekitar goa cerawang

Waduk bentolo ini terletak tidak jauh dari goa Cerawang, waduk yang dimanfaatkan warga setempat. Waduk ini sengaja dibuat oleh pemerintah kota Blora, luas Waduk Bentolo sekitar 270.795 meter, selain itu di sini juga terdapat lahan perkemahan yang cukup luas, tempat perkemahan ini biasa di sebut Bumi Perkemahan Pancasona.

5. Taman Budaya Dan Seni Tirtonadi

Obyek Wisata Taman Tirtonadi
Obyek Wisata Tirtonadi Ini Berada Di Jantung Kota Blora

Obyek wisata ini banyak diminati oleh kalangan remaja kota Blora. Taman tirtonadi ini terletang di jantung kota di Jl. Sudarman Blora. Di sini ada banyak sekali fasilitas yang bisa dipilih seperti kolam renang anak atau dewasa, panggung kesenian, dan juga beberapa jenis fatwa yang sudah mulai jarang ditemui.

Itulah beberapa tempat wisata di kota Blora yang bisa anda kunjungi sewaktu-waktu untuk melepas penat, dari rutinitas. selain tempat wisata anda juga bisa berkunjung ke desa kelopo dhuwur tempat suku samin tinggal, suku samin adalah suku asli dari kota blora yang hidup sederhana dan menyatu dengan alam tempat tinggalnya. Nilai-nilai budaya dan adat sangat di junjung tinggi disana.

6. Bukit Janjang

Pemandangan di Bukit desa Janjang
Pemandangan di Bukit desa Janjang

Mungkin kamu tidak tahu tempat wisata yang satu ini, tetapi percayalah di bukit Janjang kamu bisa melihat pesona pemandangan alam yang sangat indah. Kamu bisa melihat keindahan area persawahan dan hutan jati dari puncak bukit.

Selain pemandangan alam yang mempesona di desa Janjang kamu juga bisa menemukan makam dari pendiri desa yakni Eyang Jati Kusworo dan Eyang Jati Kusumo. Menurut legenda mereka adalah pegeran dari kerjaan Pajang yang menetap dan mendirikan desa Janjang.

Satu lagi yang unik dari desa ini yakni acara sedekah bumi yang diadakan setahun sekali. Acara ini mampu menyedot ribuan orang untuk datang ke tempat ini. Asyik bukan? Makanya ketika berkunjung ke Blora jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini.

2 thoughts on “6 Tempat Wisata Blora yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Ketika Berkunjung di Kota Ini

Leave a Comment